Apa itu Affiliate Marketing?

Apa itu Affiliate Marketing?

Mengetahui Apa itu Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan suatu konsep bisnis dimana kita sebagai marketing bisa ikut membantu memasarkan produk milik partner affiliate dan mendapatkan bayaran berupa komisi untuk setiap produk yang berhasil terjual. Dalam dunia nyata, konsep ini mirip dengan konsep yang sering digunakan saat berjualan property, dimana agen property sebagai marketing bisa mendapatkan komisi antara 1,5-3% untuk setiap property yang berhasil mereka jual.

Model bisnis affiliate banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan saat ini karena merupakan metode pemasaran yang efektif serta minim biaya, karena para affiliate mereka lah yang nantinya akan gencar menawarkan produk kepada para calon konsumen potensial. Disisi lain, para affiliate marketeer juga mendapatkan keuntungan lebih karena mereka bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus mengeluarkan modal besar seperti menyetok barang/produk terlebih dahulu seperti pada model bisnis lainnya.

Jadi bisa dibilang, model bisnis affiliate adalah model bisnis yang sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Tidak heran dalam beberapa tahun terakhir bisnis afiliasi berkembang sangat pesat, tidak hanya di seluruh dunia, tetapi juga di Indonesia.

Untuk anda yang memiliki ilmu, pengetahuan serta skill di bidang marketing terutama di bidang internet marketing, anda bisa memanfaatkan ilmu anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memulai bisnis afiliasi. Caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkah untuk memulai bisnis affiliate marketing :

Pilih Program Afiliasi yang Sesuai

Saat ini sangat banyak tawaran program afiliasi yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih program afiliasi mana yang sesuai dengan kemampuan dan bidang anda. Disarankan anda mengikuti program afiliasi untuk suatu produk yang memang anda kuasai. Misalkan, anda memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang kesehatan, anda bisa mencari program afiliasi untuk produk-produk kesehatan. Dengan memiliki pengetahuan serta pengalaman di bidang tersebut, anda akan memiliki suatu kelebihan dan bisa dipandang sebagai seorang expert ketika menawarkan produk tersebut kepada calon konsumen, sehingga calon konsumen anda akan percaya dengan penawaran anda dan akhirnya akan membeli produk tersebut. Sebaliknya, jika anda tidak memiliki pengetahuan dasar tentang suatu produk, maka orang akan cenderung ragu untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Daftar Program Afiliasi

Setelah memilih program mana yang ingin anda ikuti, anda bisa langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti program tersebut. Persyaratan yang disyaratkan oleh partner afiliasi terkadang memang berbeda-beda, namun pada umumnya mereka tidak memasang persyaratan yang begitu ketat untuk bisa menjadi mitra afiliasi karena para perusahaan ini memang membutuhkan banyak mitra afiliasi untuk membantu penjualan produk mereka.

Menyusun Strategi Pemasaran

Setelah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya yang harus disiapkan adalah menyiapkan strategi pemasaran untuk memasarkan produk milik mitra afiliasi anda. Dalam dunia internet, ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk, diantaranya menggunakan website, blog, youtube, instagram, facebook, dan masih banyak lagi media lainnya. Pilih media yang paling bisa menjangkau calon konsumen potensial untuk produk yang dipasarkan, dan promosikan lah produk tersebut dengan tepat sehingga anda bisa mulai mendapatkan penghasilan.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 4 Maret 2018 | Share artikel ini di :