Cara Menjadi Affiliate Marketing

Cara Menjadi Affiliate Marketing

Tutorial Cara Jadi Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate Marketing

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk menjadi seorang affiliate marketter, anda harus memahami terlebih dahulu tentang affiliate marketing, dan bagaimana cara kerja/sistem kerja dari bisnis affiliate marketing.

Affiliate marketing adalah suatu program dimana kita sebagai mitra affiliasi diperbolehkan membantu memasarkan produk milik penyedia program affiliasi, dan untuk setiap produk yang berhasil kita jual, kita akan mendapatkan sejumlah komisi. Contoh sederhananya adalah sebagai berikut :

Anda sebagai affiliate marketing mendaftar untuk menjadi mitra affiliasi sebuah perusahaan yang menjual produk kesehatan herbal, dan pendaftaran anda diterima. Selanjutnya, yang harus anda lakukan adalah memasarkan produk-produk kesehatan milik perusahaan tersebut menggunakan media-media yang anda miliki, seperti website, blog, sosial media, dan media lainnya.

Pada saat memasarkan produk tersebut, di iklan ataupun promosi yang anda buat, anda akan mencantumkan link affiliasi produk anda, jadi apabila ada seseorang yang melihat iklan maupun promosi anda dan tertarik membeli produk tersebut, mereka akan mengklik link affiliasi yang anda pasang dan secara otomatis calon pembeli ini akan diarahkan ke situs perusahaan partner affiliasi anda.

Pekerjaan anda sebagai affiliate marketing sebenarnya hanya sampai disini saja, yaitu membuat calon pembeli masuk ke website/situs partner affiliasi anda melalui link affiliasi anda, selanjutnya untuk urusan transaksi, tanya jawab produk, pembayaran, pengiriman barang, dan hal-hal lainnya akan langsung dihandle oleh perusahaan partner affiliasi. Anda hanya perlu menunggu report, apabila ternyata konsumen yang anda bawa jadi membeli produk, maka anda akan mendapatkan komisi.

Langkah-langkah Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Setelah mengetahui sistem dan cara kerja dari bisnis affiliate marketing, selanjutnya akan dibahas cara ataupun langkah-langkah untuk menjadi affiliate marketing.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih program affiliate marketing mana yang akan anda ikuti. Saat ini tersedia sangat banyak tawaran bisnis affiliate yang bisa anda ikuti. Disarankan anda mempelajari secara detail kelebihan dan kekurangan, serta mempelajari secara detail produk atau jasa yang harus anda pasarkan nantinya sebelum memutuskan program mana yang akan diikuti. Lebih baik lagi apabila anda mengikuti program affiliate yang menawarkan produk yang sudah familiar atau pernah anda gunakan. Misalkan, jika anda penggemar smartphone merk tertentu, anda bisa mengikuti program affiliate yang memiliki produk smartphone yang bisa anda pasarkan. Dengan memiliki pengetahuan dan pengalaman terhadap suatu produk, tentunya akan memudahkan anda untuk memasarkannya ketimbang ketika harus memasarkan suatu produk atau jasa yang anda sama sekali tidak pernah mencobanya.

Selanjutnya setelah memutuskan program affiliate mana yang akan diikuti, anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program affiliate tersebut. Proses pendaftaran/registrasi affiliate marketing umumnya cukup mudah dengan tidak banyak persyaratan yang ketat. Namun beberapa program affiliate ada yang mengharuskan para pendaftar sudah memiliki website/blog terlebih dahulu.

Jika proses pendaftaran anda berhasil, maka secara resmi anda telah menjadi seorang affiliate marketing. Langkah selanjutnya adalah membuat media promosi untuk memasarkan produk atau jasa milik partner affiliate anda. Jika memiliki dana, anda bisa membuat website khusus untuk menawarkan produk affiliate anda. Dengan memiliki website, proses promosi produk akan jauh lebih mudah. Webiste yang dibuat tidak perlu website yang mewah dan berharga mahal, website sederhana pun sudah lebih dari cukup, karena nantinya isi konten dari website tersebut akan jauh lebih berharga dibandingkan dengan desain dari website itu sendiri.

Namun jika anda tidak memiliki cukup dana untuk membuat sebuah website, maka anda bisa memulai promosi dengan memanfaatkan berbagai media gratis seperti blog gratis,email marketing, ataupun sosial media seperti facebook, twitter, instagram maupun youtube. Namun satu hal yang perlu diingat, para pemilik program affiliate sangat mengharamkan spamming dalam mempromosikan produk mereka. Jadi ketika menggunakan sosial media, lakukanlah promosi dengan etika promosi yang baik. Jangan melakukan spamming. Tawarkan produk secara elegan tanpa harus dengan melakukan spamming. Jika anda kedapatan melakukan spam, maka program affiliate yang anda ikuti bisa memblokir account anda dan anda bisa kehilangan seluruh penghasilan yang sudah didapatkan.

Setelah membuat media promosi baik itu berupa website, blog ataupun halaman di sosial media. Anda bisa menggencarkan promosi anda dengan mempromosikan halaman website anda dengan menggunakan berbagai jenis promosi online, seperti SEO, promosi berbayar/PPC, ataupun promosi di account-account sosial media pribadi milik anda.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 4 Maret 2018 | Share artikel ini di :