Memulai Bisnis Afiliasi Lewat Facebook

Panduan lengkap langkah-langkah memulai bisnis afiliasi lewat facebook untuk pemula.
Memulai Bisnis Afiliasi Lewat Facebook

Bisnis Afiliasi Lewat Facebook

Facebook telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dari awalnya hanya sebagai media pertemanan hingga saat ini banyak digunakan untuk mencari uang atau berbisnis.

Salah satu jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan menggunakan facebook adalah bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi merupakan salah satu jenis bisnis online yang sedang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan diprediksi akan semakin berkembang dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk anda yang ingin memulai bisnis afiliasi dengan menggunakan media facebook. Setelah membaca artikel ini, diharapkan anda segera bisa memulai bisnis afiliasi anda dan merasakan nikmatnya mendapatkan penghasilan dari internet. Selamat membaca!

Daftar isi artikel ini :

  • Pengenalan dan Cara Kerja Bisnis Afiliasi
  • Keuntungan dan Kerugian Berbisnis Afiliasi Menggunakan Facebook
  • Tutorial Bisnis Afiliasi Menggunakan Facebook
  • Tips dan Trik Berbisnis Afiliasi di Facebook

Pengenalan dan Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi online merupakan jenis bisnis online dimana kita bisa mendaftarkan diri untuk menjadi mitra afiliasi suatu perusahaan/website.

Tugas kita sebagai mitra afiliasi adalah membantu memasarkan produk milik partner afiliasi kita dan nantinya untuk setiap produk yang berhasil terjual kita akan mendapatkan sejumlah komisi yang telah ditetapkan.

Contoh sederhananya adalah sebagai berikut :

Anda bergabung program afiliasi di website XYZ, yang menjual produk kesehatan dan memberikan komisi sebesar 10% dari harga jual produk. Selanjutnya, anda membagikan link afiliasi yang anda dapatkan kepada teman-teman anda menggunakan media sosial yang anda miliki.

Ternyata, salah satu teman anda tertarik dengan produk tersebut. Lalu ia mengklik link afiliasi yang anda bagikan, dan secara otomatis ia akan masuk ke website XYZ.

Setelah melihat-lihat beberapa barang, ia akhirnya memutuskan untuk membeli beberapa item dengan harga total Rp 600.000. Setelah ia melakukan pembayaran dan menyelesaikan transaksi, maka anda sebagai mitra affiliate akan mendapatkan Rp 600.000 x 10% = Rp 60.000.

Sangat mudah dan menguntungkan bukan? Ya, dengan menjalankan bisnis afiliasi, anda tidak perlu repot-repot melakukan hal lain selain promosi. Karena proses pembelian barang, transaksi, dan lain sebagainya akan diurus seluruhnya oleh website penyedia program afiliasi.

Keuntungan dan Kerugian Berbisnis Afiliasi Menggunakan Facebook

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya diatas, dalam berbisnis afiliasi, yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan promosi, promosi dan promosi.

Ada banyak media yang umum digunakan untuk mempromosikan produk afiliasi, diantaranya :

  • Website
  • Blog
  • Facebook
  • YouTube
  • Forum
  • Whatsapp Group
  • Twitter
  • Dan masih banyak media lainnya…

Menurut pengalaman kami, media paling ideal untuk berbisnis afiliasi adalah dengan menggunakan website. Karena dengan menggunakan website, anda bisa melakukan kontrol penuh terhadap website. Selain itu, calon konsumen akan lebih yakin ketika anda memiliki website khusus untuk menawarkan produk afiliasi anda.

Namun jika karena satu dan lain hal anda belum bisa membuat website sendiri untuk bisnis afiliasi anda, facebook merupakan salah satu solusi media yang bisa digunakan.

Berikut ini kekurangan dan kelebihan Facebook untuk digunakan sebagai media promosi bisnis afiliasi :

Kelebihan :

  • Gratis
  • Memiliki Banyak Pengguna
  • Mudah untuk Digunakan

Kekurangan :

  • Sulit Untuk Dikembangkan
  • Banyaknya Aturan yang Mesti Dipatuhi

Bisa disimpulkan, Facebook sangat cocok untuk digunakan sebagai awal bisnis afiliasi karena selain gratis, facebook juga mudah untuk digunakan dan memiliki banyak pengguna harian dari seluruh penjuru dunia.

Namun, jika anda ingin mengembangkan bisnis afiliasi anda lebih besar lagi, anda akan menemui berbagai kendala apabila hanya mengandalkan Facebook.

Untuk itu, kedepannya ketika ingin mengembangkan bisnis afiliasi anda, sangat disarankan untuk beralih menggunakan media lain seperti Website atau Blog.

Tutorial Bisnis Afiliasi Menggunakan Facebook

Setelah memahami tentang cara kerja bisnis afiliasi, mari kita mulai tutorial bisnis afiliasi lewat facebook.

1. Daftarkan Diri di Program Afiliasi

Untuk berbisnis afiliasi tentunya anda harus terdaftar di program afiliasi terlebih dahulu. Ada banyak sekali pilihan program afiliasi yang bisa anda ikuti baik dari dalam maupun luar negeri.

Jika anda sudah terdaftar di salah satu program afiliasi, maka anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Namun jika belum, ada baiknya anda terlebih dahulu mendaftarkan diri di program afiliasi yang tersedia. Silahkan kunjungi halaman ini untuk melihat daftar lengkap program afiliasi yang bisa anda ikuti.

2. Simpan Link Serta Tools Affiliate

Setelah terdaftar di program afiliasi, anda bisa memilih produk apa saja yang akan anda pasarkan. Selanjutnya, anda bisa mengambil link afiliasi untuk produk-produk tersebut beserta tools marketing yang disediakan seperti gambar banner.

Jika anda baru memulai bisnis afiliasi, disarankan untuk fokus pada 2-3 produk saja terlebih dahulu sampai anda betul-betul memahami bagaimana cara kerja bisnis afiliasi. Selanjutnya, baru anda bisa menambah produk-produk lain untuk anda pasarkan.

3. Promosikan Link Afiliasi Menggunakan Status Facebook

Cara ini adalah cara yang paling mudah. Namun, tingkat kesuksesan dari cara ini sangat bergantung dari banyaknya teman yang anda miliki di facebook, dan apakah teman-teman tersebut masuk kedalam target market untuk produk afiliasi yang anda tawarkan.

Contohnya sebagai berikut, jika anda memiliki banyak teman yang bergelut di bidang IT, maka salah satu produk afiliasi yang paling pas untuk anda promosikan di status facebook anda adalah produk Web Hosting, karena kemungkinan besar banyak dari teman anda yang membutuhkan produk tersebut.

Namun jika anda menawarkan produk Web Hosting kepada teman-teman anda yang mayoritas adalah sarjana ekonomi, tentu tidak akan efektif.

Setelah memahami tentang target pasar dari produk afiliasi, mari kita lanjut cara mempromosikan link afiliasi dengan menggunakan status Facebook.

Caranya sangatlah mudah, sama seperti anda membuat status seperti biasanya.

Promosikan produk afiliasi anda dengan kata-kata dan kalimat yang menarik sehingga orang tertarik ingin membelinya, tambahkan gambar produk atau banner, dan jangan lupa untuk mencantumkan link afiliasi dengan kata-kata kurang lebih seperti berikut :

“Jika anda berminat dengan produk ini, silahkan langsung kunjungi : www.link-afiliasi-anda.com/123”

Buat semenarik mungkin, dan setelah yakin anda bisa mempublish status tersebut.

Anda bisa mempromosikan produk afiliasi menggunakan status secara rutin, namun sebisa mungkin jangan menggunakan kata-kata ataupun bahasa yang sama karena akan terlihat seperti spam dan akan mengganggu teman-teman Facebook anda.

Jangan pula melakukannya terlalu sering. Paling banyak lakukan dua atau tiga hari sekali.

Jika jumlah teman di Facebook anda cukup banyak dan masuk ke dalam target pasar produk afiliasi anda, maka anda akan bisa mendapatkan komisi pertama anda dari bisnis afiliasi hanya dengan menggunakan status Facebook ini saja.

4. Buat Group Facebook Khusus Calon Konsumen

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah dengan membuat group khusus Afiliasi anda. Di group ini anda bisa mengundang teman-teman anda yang sekiranya berminat untuk membeli produk afiliasi anda.

Selanjutnya, didalam group, anda bisa berbagi informasi seputar produk afiliasi yang anda tawarkan. Anda juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar produk tersebut.

5. Buat Page/Halaman Khusus Produk Afiliasi

Untuk memasarkan produk milik mitra afiliasi anda, anda bisa membuat satu page/halaman khusus di facebook yang berisi review serta promo dan penawaran produk yang anda pasarkan. Buat deskripsi produk semenarik mungkin, serta cantumkan review dan testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk tersebut. Setelah halaman/page tersebut jadi, anda bisa mempromosikan page buatan anda. Pertama-tama anda bisa mengundang teman-teman di facebook anda untuk melike dan share page buatan anda.

Ajak sebanyak mungkin teman anda untuk menshare halaman produk afiliasi anda. Perhitungan sederhananya adalah sebagai berikut, jika anda saat ini memiliki 1000 teman di facebook, dan masing-masing teman anda memiliki 1000 teman.

Maka apabila semua teman anda berhasil anda bujuk untuk membantu menshare halaman anda, maka halaman anda akan dilihat oleh 1.000 x 1.000 = 1 juta pengguna facebook! Angka yang cukup fantastis untuk suatu permulaan, bukan? Bayangkan jika dari keseluruhan orang yang melihat halaman anda, ada 1% saja yang kemudian tertarik membeli, maka anda sudah bisa menghitung komisi yang bakal anda dapatkan.

6. Promosikan Link Afiliasi di Group Lain

Cara lain yang bisa dilakukan setelah memanfaatkan teman-teman anda untuk membantu promosi produk anda adalah dengan masuk ke grup-grup atau halaman yang terkait dengan produk yg anda pasarkan.

Misalkan anda menjual suatu produk kesehatan, anda bisa mencari grup-grup di facebook yang membahas mengenai kesehatan, dan mengajak orang-orang di grup tersebut untuk membeli produk anda atau bergabung ke halaman facebook yang anda buat.

Namun ingat, jangan pernah melakukan spamming ke grup-grup tersebut atau anda akan di banned yang membuat reputasi anda menjadi jelek. Lakukan promosi secara sopan dan “smooth” sehingga orang lain tidak terganggu dengan promosi yang anda lakukan.

Tips dan Trik Berbisnis Afiliasi di Facebook

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 4 Maret 2018 | Share artikel ini di :