Memulai Bisnis Afiliasi Lewat Facebook

Memulai Bisnis Afiliasi Lewat Facebook

Bisnis Afiliasi Lewat Facebook

Facebook telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dari awalnya hanya sebagai media pertemanan hingga saat ini banyak digunakan untuk mencari uang atau berbisnis. Salah satu jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan menggunakan facebook adalah bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi online merupakan jenis bisnis online dimana kita bisa mendaftarkan diri untuk menjadi mitra afiliasi suatu perusahaan/website. Tugas kita sebagai mitra afiliasi adalah membantu memasarkan produk milik partner afiliasi kita dan nantinya untuk setiap produk yang berhasil terjual kita akan mendapatkan sejumlah komisi yang telah ditetapkan.

Idealnya, berbisnis afiliasi bisa dilakukan dengan menggunakan website karena dengan menggunakan website kita bisa melakukan kontrol penuh terhadap website kita, selain itu calon konsumen pun akan lebih percaya dan yakin terhadap produk yang kita tawarkan. Namun jika karena satu dan lain hal anda belum bisa membuat website sendiri untuk bisnis afiliasi, facebook merupakan salah satu solusi media yang bisa digunakan.

Untuk memasarkan produk milik mitra afiliasi anda, anda bisa membuat satu page/halaman khusus di facebook yang berisi review serta promo dan penawaran produk yang anda pasarkan. Buat deskripsi produk semenarik mungkin, serta cantumkan review dan testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk tersebut. Setelah halaman/page tersebut jadi, anda bisa mempromosikan page buatan anda. Pertama-tama anda bisa mengundang teman-teman di facebook anda untuk melike dan share page buatan anda.

Ajak sebanyak mungkin teman anda untuk menshare halaman produk afiliasi anda. Perhitungan sederhananya adalah sebagai berikut, jika anda saat ini memiliki 1000 teman di facebook, dan masing-masing teman anda memiliki 1000 teman. Maka apabila semua teman anda berhasil anda bujuk untuk membantu menshare halaman anda, maka halaman anda akan dilihat oleh 1.000 x 1.000 = 1 juta pengguna facebook! Angka yang cukup fantastis untuk suatu permulaan, bukan? Bayangkan jika dari keseluruhan orang yang melihat halaman anda, ada 1% saja yang kemudian tertarik membeli, maka anda sudah bisa menghitung komisi yang bakal anda dapatkan.

Cara lain yang bisa dilakukan setelah memanfaatkan teman-teman anda untuk membantu promosi produk anda adalah dengan masuk ke grup-grup atau halaman yang terkait dengan produk yg anda pasarkan. Misalkan anda menjual suatu produk kesehatan, anda bisa mencari grup-grup di facebook yang membahas mengenai kesehatan, dan mengajak orang-orang di grup tersebut untuk membeli produk anda atau bergabung ke halaman facebook yang anda buat. Namun ingat, jangan pernah melakukan spamming ke grup-grup tersebut atau anda akan di banned yang membuat reputasi anda menjadi jelek. Lakukan promosi secara sopan dan “smooth” sehingga orang lain tidak terganggu dengan promosi yang anda lakukan.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 4 Maret 2018 | Share artikel ini di :