Tutorial Bisnis Aplikasi Mobile

Artikel Terbaru Seputar Aplikasi Mobile

Aplikasi Mobile : Sejarah dan Pekembangannya

Aplikasi mobile ini adalah program perangkat lunak yang dikembangkan untuk perangkat mobile seperti smartphone dan juga tablet. Adanya beragam aplikasi ini akan mengubah perangkat mobile menjadi beragam fungsi terkini dan beragam kesenangan yang ditawarkan kepada sang pengguna smartphone. Beberapa perangkat hadir dengan beberapa aplikasi mobile milik produsen mereka atau penyedia layanan seluler yang dikaitkan dengan mereka, Namun masih banyak lagi aplikasi yang tersedia melalui aplikasi khusus untuk beragam jenis perangkat.

Fungsi Aplikasi Mobile

Tujuan dari aplikasi mobile atau seluler ini adalah mengambil fungsi yang akan berjalan secara keseluruhan, mulai dari utilitas, produktivitas, dan navigasi hingga hiburan, olahraga, kebugaran, dan hampir semua hal lain yang bisa dibayangkan. Media sosial adalah salah satu bidang pengembangan dan adopsi aplikasi seluler yang paling populer. Sebenarnya, Facebook adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di tahun 2017 di semua platform.

Banyak komunitas online memiliki situs web seluler dan aplikasi seluler. Secara umum, perbedaannya terletak pada tujuannya : Aplikasi biasanya lebih kecil cakupannya daripada situs web seluler, menawarkan lebih banyak interaktivitas dan menghadirkan informasi yang lebih spesifik dalam format yang mudah dan intuitif untuk digunakan pada perangkat seluler.

Kompatibilitas Sistem Operasi Aplikasi Mobile

Pengembang aplikasi seluler membuat aplikasi khusus untuk sistem operasi yang menjalankannya. Misalnya, aplikasi seluler untuk iPad didukung oleh iOS Apple, bukan dari Android Google. Aplikasi Apple tidak bisa berjalan di ponsel Android dan begitu juga sebaliknya.Seringkali, adanya beragam pengembangan atau update membuat versi untuk masing-masing aplikasi mobile misalnya, aplikasi seluler di Apple Store mungkin ada mitra di Google Play.

Mengapa Aplikasi Seluler berbeda dari aplikasi "Reguler"

Banyak aplikasi seluler memiliki program yang sesuai yang dimaksudkan untuk berjalan di komputer desktop. Aplikasi mobile harus bekerja dengan kendala yang berbeda dari pada padanan desktop mereka.Perangkat mobile memiliki berbagai ukuran layar, kapasitas memori, kemampuan prosesor, antarmuka grafis, tombol, dan fungsi sentuh, dan pengembang harus mengakomodasi semuanya.

Misalnya, pengguna aplikasi seluler (seperti pengunjung situs web) tidak ingin menggulir ke samping untuk melihat teks, gambar, atau titik kontak interaktif, juga tidak ingin berusaha untuk membaca teks kecil. Pertimbangan tambahan untuk pengembang aplikasi seluler adalah antarmuka sentuh yang umum untuk perangkat seluler.

Pengembangan Aplikasi Mobile Pertama

Sebelum adopsi perangkat bergerak secara luas, perangkat lunak pertama kali dikembangkan untuk berjalan di desktop dan laptop, dengan versi mobile yang menyusul. Penggunaan tablet dan smartphone melebihi komputer desktop dan laptop, tercermin dalam tren penjualan aplikasi. Faktanya, 197 miliar aplikasi diperkirakan akan diunduh pada tahun 2017. Akibatnya, banyak pengembang beralih ke pendekatan "mobile-first" atau memudahkan pengguna ponsel, yang mencerminkan kecenderungan serupa dalam desain web. Untuk aplikasi ini, versi mobile mereka adalah versi defaultnya dengan versi desktop diadaptasi untuk layar lebih besar dan spesifikasi yang lebih luas.

Penemuan dan Penginstalan Aplikasi Mobile

Pada 2017, tiga perusahaan utama dan terbesar di ruang aplikasi mobile adalah:

  • Google Play : untuk perangkat Android
  • Apple's App Store : untuk iPads dan iPhone
  • Amazon AppStore : untuk perangkat Amazon

Banyak situs juga menawarkan aplikasi yang sesuai dan menyediakan link download. Kemudahan lain yang di tawarkan oleh aplikasi mobile adalah kemudahan dalam penggunaan. Instalasi cepat dan mudah: Cukup arahkan ke toko yang sesuai, temukan aplikasi yang Anda inginkan, dan download. Perangkat Anda akan menginstalnya secara otomatis setelah download selesai.