Cara Upload Aplikasi ke Playstore Gratis

Tutorial cara upload aplikasi ke Playstore gratis sehingga anda bisa menghasilkan uang dari aplikasi Android yang telah anda buat.
Cara Upload Aplikasi ke Playstore Gratis

Ketika berkontribusi dalam pengembangan Android melalui aplikasi-aplikasi yang dibuat dan diunggah ke Playstore, maka pembuat aplikasi berpeluang mendapatkan penghasilan dari aplikasi tersebut.

Penghasilan didapat melalui pembelian aplikasi berbayar, biaya berlangganan yang tersedia dalam aplikasi, produk fisik yang dijual sehubungan dengan aplikasi dan iklan yang muncul dalam aplikasi. Untuk memasukkan iklan ke dalam aplikasi Anda, Anda hanya perlu mendaftarkannya akun pengembang Anda ke Google dan membuat tempat iklan dalam aplikasi Anda.

Iklan dapat dilakukan dengan beberapa metode di antaranya iklan bayar per klik atau iklan bayar per tayang. Namun, Anda juga dapat memberikan pilihan kepada pengguna untuk membayar biaya langganan apabila tidak ingin ada iklan ketika sedang menggunakan aplikasi Anda.

Cara ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan untuk menambah penghasilan. Oleh karena itu, pengembang Android semakin bertambah dengan aplikasi yang semakin beragam.

Bagi seorang pemula dalam pengembangan Android, seorang pembuat aplikasi yang dapat diunduh di Playstore, tentu menginginkan fasilitas unggah gratis yang dapat dilakukan dalam Playstore. Tidak hanya seorang pemula, seseorang yang sudah berpengalaman sebagai pengembang Android juga masih menginginkan fasilitas unggah gratis ini.

Fasilitas unggah gratis ke Playstore ini juga dapat dilakukan oleh semua orang. Untuk bisa mendapatkan fasilitas unggah gratis ini juga tidak sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah yang akan dijelaskan berikut ini :

1.Buat Aplikasi Android yang akan Anda Unggah di Playstore.

Berikan usaha yang maksimal selama proses pembuatan aplikasi ini supaya aplikasi Anda disukai oleh banyak orang. Anda dapat membuat aplikasi jenis apapun dengan sasaran pengunduh usia berapapun, semua diserahkan pada kreativitas yang Anda miliki.

Gunakan pula tema, warna, grafik, string, dan ikon yang menarik serta berkualitas tinggi, namun usahakan supaya aplikasi Anda tidak memakan memori yang besar karena hal ini akan membuat orang enggan mengunduh aplikasi Anda. Optimalkan kretivitas dan kemampuan yang Anda miliki untuk membuat berbagai jenis aplikasi yang menarik bagi semua orang.

2.Membuat perjanjian distribusi pengembang terhadap aplikasi.

Sebelum dapat mengunggah aplikasinya ke Playstore, ada perjanjian yang dilakukan antara pengembang Android (Anda) dengan pihak Playstore. Perjanjian tersebut berisi hal-hal yang harus diatur sebelum aplikasi dapat diunduh oleh pengguna secara umum.

Perjanjian diperlukan untuk menghindari hal-hal yang menimbulkan konflik dan dapat merugikan kedua belah pihak. Isi perjanjian umumnya mengenai aturan dalam pengunduhan aplikasi pada Playstore, biaya dan pendapatan yang terjadi antara pengembang dengan pihak Playstore, dan hal penting lainnya.

3.Jadikan aplikasi buatan Anda menjadi aplikasi yang tertandatangani atau tersertfikasi.

Seluruh aplikasi yang berada di Playstore harus memiliki sertifikat. Sertifikat tersebut membuat aplikasi Anda menjadi aplikasi yang tertandatangani. Sertifikat biasa dikenal dengan nama sertifikat kunci publik, sertifikat digital, atau sertifikat identitas.

Sertifikat berisi kunci-kunci yang terdiri dari kunci publik/privat yang berpasang-pasangan dan metadata lain yang menjadi identitas pemilik kunci. Untuk mendapatkan sertifikat aplikasi, Anda dapat menggunakan keystore. Keystore merupakan sebuah file biner yang berisi kunci-kunci privat.

Masuklah ke dalam akun Gmail Anda

Setelah berhasil masuk ke akun gmail anda, kemudian bukalah tautan berikut ini https://play.google.com/apps/publish/

Https://play.google.com/apps/publish/ merupakan tautan Playstore untuk mengunggah segala jenis aplikasi ke dalam Playstore, tautan tersebut dapat diakses oleh seluruh orang baik pengembang Android maupun bukan.

5.Apabila Anda sudah berada di dalam tautan tersebut, buatlah akun pengembang Anda.

Akun pengembang dibutuhkan untuk dapat mengunggah aplikasi Android di Playstore. Akun ini berguna sebagai identitas pembuat aplikasi tersebut. Langkah-langkah membuat akun pengembang ini sangat mudah, ikuti tahapan yang akan diarahkan oleh Playstore.

Satu hal yang harus diketahui dari pembuatan akun pedagang ini yaitu Anda harus membayar $25 ketika pertama kali membuat akun pengembang. Biaya tersebut tidak mahal karena hanya dibayarkan sekali seumur hidup dan dapat dibayarkan melalui kartu kredit maupun debet. Setiap negara memiliki pihak ketiga dan jenis kartu yang berbeda-beda yang menjadi wadah untuk menyelesaikan pembayaran ini.

6.Isilah informasi lengkap mengenai aplikasi yang akan Anda unggah.

Informasi menjadi sesuatu yang sangat penting bagi setiap hal. Dalam aplikasi Android, informasi dibutuhkan untuk menjelaskan kepada pengguna mengenai aplikasi yang Anda buat.

Informasi terbagi menjadi dua yaitu informasi yang wajib Anda isi dan yang tidak wajib Anda isi, namun akan lebih bagus jika Anda mengisi seluruhnya.

Beberapa informasi yang wajib Anda isi sebelum mengunggah aplikasi ke Playstore adalah informasi mengenai :

  • Judul aplikasi
  • Deskripsi singkat yang menjelaskan aplikasi secara singkat
  • Deskripsi penuh yang menjelaskan aplikasi secara rinci
  • Tangkapan layar yang menggambarkan aplikasi Anda. Dalam format JPEG atau 24-bit PNG tanpa alfa dengan jumlah paling sedikit 2 dan paling banyak 8 gambar. Gambar tersebut memiliki batasan ukuran yaitu dengan rentang ukuran 320px sampai 3840px.
  • Ikon aplikasi harus beresolusi tinggi dengan ketentuan 512×512 dan format PNG 32-bit dengan alfa.
  • Grafis dalam aplikasi harus memiliki ukuran 1024 w x 500 h dengan format JPG atau PNG 24-bit tanpa alfa.
  • Jenis aplikasi
  • Kategori aplikasi
  • Peringkat konten dalam aplikasi
  • Identitas pengembang/email perusahaan pengembang aplikasi
  • URL berisi kebijakan privasi yang sebelumnya sudah dibuat pengembang
  • Beberapa informasi detail lainnya yang akan tertera dalam proses pengunggahan aplikasi.

7. Promosikan Aplikasi Anda.

Promosi ini dapat Anda lakukan di seluruh media sosial yang saat ini memiliki fasilitas pengiklanan baik gratis maupun berbayar.

Anda bebas memilih jenis promosi yang akan dilakukan, semua harus disesuaikan dengan target pengguna dan anggaran yang Anda miliki. Selain itu, Anda dapat mempromosikan aplikasi Anda melalui pihak ketiga atau marketplace yang bersedia menampilkan aplikasi-aplikasi dalam Playstore. Pihak ketiga tersebut salah satunya Amazon.

Kegiatan promosi ini tidak wajib Anda lakukan, namun sebaiknya dilakukan agar aplikasi Anda cepat diketahui dan diunduh oleh banyak orang. Keuntungan lain baik finansial dan non-finansial juga akan dapatkan apabila aplikasi Anda mendapat respon bagus dari pengguna.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 20 Januari 2019 | Share artikel ini di :