Biaya Membuat Website

Berapa biaya membuat website? Disini akan dijelaskan secara rinci estimai biaya pembuatan website yang harus anda siapkan untuk membangun sebuah website.
Biaya Membuat Website

Berapa Biaya Membuat Website?

Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan oleh mereka yang ingin membuat website sendiri untuk berbagai keperluan, seperti membuat website pribadi, membuat website bisnis, membuat website toko online, membuat website company profile, dan berbagai keperluan website lainnya. Di artikel ini kami akan menjelaskan secara detail dan rinci biaya-biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat suatu website, serta bagaimana cara menghemat biaya-biaya tersebut sehingga total estimasi biaya pembuatan website anda bisa menjadi lebih murah.

Kenapa Biaya Buat Website Berbeda-beda?

Banyak sekali faktor yang menentukan sehingga membuat biaya bikin website bisa sangat berbeda-beda antara satu website dengan website lain. Salah satu hal yang mempengaruhi ialah jenis website apa yang akan anda buat. Sebelum melanjutkan membaca tentang estimasi cost pembuatan website, sebelumnya anda perlu mengetahui jenis-jenis website, berikut diantaranya :

Website Profil

Jika anda berencana membuat suatu website seperti website profil perusahaan, website profil sekolah, atau bahkan website pribadi anda, maka website tersebut masuk kedalam kategori ini. Karakteristik dari web jenis ini diantarnya memiliki halaman dibawah 100 halaman, bersifat web statis, dan tidak memiliki fitur pendaftaran atau login untuk pengunjung.

Situs jenis ini merupakan situs yang tidak terlalu memakan biaya besar, karena tidak banyak fungsi-fungsi custom atau pemrograman website yang perlu dibuat. Sehingga, cukup menggunakan template website yang murah atau bahkan gratisan, anda bisa membuat website seperti ini.

Selain itu, anda juga tidak memerlukan hosting yang mahal karena untuk situs jenis seperti ini terkadang tidak memiliki pengunjung yang sangat banyak, serta tidak memerlukan kapasitas hosting yang besar. Kadangkala, hosting dengan biaya atau spek terendah pun sudah mencukupi untuk membuat website profil.

Begitu pula dengan biaya promosi. Umumnya, website profile adalah website yang memberikan informasi seputar organisasi, perusahaan ataupun diri anda kepada siapapun yang membutuhkannya. Jadi, untuk website seperti ini tidak diperlukan promosi, karena promosi seringkali sudah dilakukan secara konvensional maupun offline.

Website Toko Online

Website toko online dapat digolongkan lagi kedalam dua jenis toko yang berbeda. Pertama, yaitu website yang memang memiliki toko real atau konvensional, dan fungsi dari website tersebut hanya sebagai display atau pajangan produk-produk yang anda jual di toko real anda. Transaksi untuk jual beli pun masih dilakukan secara konvensional atau paling tidak dilakukan dengan media chat atau sms/telfon, tanpa menggunakan sistem yang terintegrasi di website anda.

Untuk jenis situs toko online seperti ini, biaya yang diperlukan tidak akan terlalu besar dan cenderung mirip dengan website profil sebelumnya. Karena anda bisa cukup menggunakan hosting yang murah serta template website yang juga murah bahkan gratis. Hanya saja, ada biaya promosi yang harus dikeluarkan terutama jika anda ingin website toko online anda memiliki banyak calon konsumen potensial.

Jenis lainnya yaitu website toko online yang sudah berupa e-commerce. Website jenis ini bisa memakan biaya yang sangat-sangat besar, tergantung dari seberapa besar dan canggih sistem yang anda inginkan.

Untuk membuat website e-commerce, anda memerlukan hosting website yang berkualitas dengan bandwitch dan kapasitas yang tentunya besar atau bahkan unlimited. Selain itu, sangat sulit untuk mencari template toko online berjenis e-commerce dimana pengunjung website anda bisa bertransaksi langsung dari situs anda, kalaupun ada, anda harus melakukan beberapa modifikasi sesuai kebutuhan anda, serta harganya pun tidaklah murah.

Solusi lain yaitu menggunakan jasa pembuatan website, namun tentu saja biaya yang harus dikeluarkan akan sangat besar karena banyak sekali fungsi-fungsi custom yang perlu diintegrasikan ke website anda seperti pembayaran, stok produk, dan masih banyak lagi.

Website Artikel / Blogging

Contoh website seperti ini adalah website inflazz.com, yaitu website dimana anda bisa menulis dan berbagi macam-macam informasi didalam website anda. Contoh lainnya adalah situs yang berisi berita-berita terbaru.

Untuk kategori web seperti ini, biaya yang diperlukan untuk pembuatan websitenya sendiri tidak akan memakan terlalu banyak biaya, hanya saja, anda perlu menyiapkan cukup besar dana untuk promosi. Karena website jenis ini membutuhkan biaya promosi yang cukup besar terutama jika anda ingin website milik anda bisa dikunjungi oleh lebih banyak orang.

Biaya Hosting Website

Hosting merupakan server atau tempat dimana anda akan menyimpan file website anda. Hosting merupakan hal paling vital dalam pembuatan website karena tanpa memiliki hosting, tentunya anda tidak akan bisa membuat sebuah website.

Beberapa tahun yang lalu, biaya sewa hosting sangatlah mahal. Namun kita sangat beruntung, karena berkat teknologi yang semakin hari semakin murah, maka para provider hosting sudah mulai menurunkan harga sewa hosting mereka. Sekarang, tidak sulit untuk menemukan hosting yang berharga kisaran 100.000 sampai 200.000 pertahun dengan kapasitas dan bandwitch yang sudah cukup memadai.

Dalam memilih hosting, baik provider hosting maupun pilihan paketnya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya :

Pilih hosting yang berkualitas – Dengan memilih provider hosting yang berkualitas, tentunya bisa membuat website anda lebih baik, diantaranya akses website yang cepat serta uptime yang tinggi. Jika anda memilih hosting yang “abal-abal”, bisa merusak reputasi website anda karena mungkin saja website anda akan sering sulit diakses karena gangguan ataupun pengunjung website yang tidak jadi mengunjungi website anda dikarenakan loading website yang sangat lama.

Perhatikan Kapasitas dan Bandwitch yang diberikan – Ketika memilih beberapa paket hosting yang tersedia, masing-masing paket seringkali memberikan kapasitas penyimpanan serta bandwitch traffic yang berbeda-beda. Dalam menentukan pilihan, anda harus terlebih dahulu mengukur website yang akan anda buat.

Misalkan, anda berencana membuat suatu website dengan ukuran website diestimasi sekitar 3 Gb karena di website tersebut anda memerlukan banyak gambar, serta estimasi pengunjung website mencapai 10.000 pengunjung halaman perbulan dengan ukuran halaman website anda rata-rata 2Mb/halaman. Maka anda harus mencari hosting yang menyediakan kapasitas minimal 3GB serta bandwitch sebesar 2 Mb x 10.000 = +- 20 Gb.

Cari Hosting dengan Fitur Lengkap

– Meskipun sebagian besar provider hosting sudah menggunakan cpanel, namun ternyata fitur-fitur yang diberikan seringkali berbeda-beda. Anda bisa memilih provider yang memiliki banyak fitur tambahan terutama fitur yang memang anda butuhkan untuk website anda. Selain fitur, anda juga bisa mempertimbangkan bonus-bonus yang ditawarkan. Contohnya, saat ini banyak provider hosting yang memberikan bonus free SSL selama 1 tahun, dimana dengan bonus ini website anda bisa menggunakan protokol https yang tentunya lebih aman.

Perhatikan Limit Subdomain serta Add on Domain

– Jika anda berencana menggunakan hosting ini untuk lebih dari 1 buah website, anda tentunya membutuhkan hosting dengan fasilitas addon domain ataupun subdomain. Dimana dengan fitur ini, anda bisa melakukan share hosting anda untuk lebih dari 1 website yang anda miliki. Hal ini sangat penting terutama jika anda berencana membuat banyak website sehingga nantinya untuk website baru yang anda buat, anda tidak perlu menyewa hosting lagi sehingga bisa lebih menghemat biaya.

Namun jika memang anda tidak berencana membuat website lain, anda bisa memilih paket hosting tanpa tambahan subdomain serta addon domain yang tentunya biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan paket yang memberikan tambahan kuota domain.

Biaya Domain Website

Domain merupakan alamat situs anda di dunia maya. Berbeda dengan harga hosting yang sangat bervariasi tergantung dari providernya, harga domain relatif sama dimanapun anda membelinya. Untuk domain dengan ekstensi .com rata-rata ditawarkan dengan harga sekitar Rp 100.000/tahun, sedangkan untuk ekstensi domain lain seperti .co.id ataupun .org ditawarkan sedikit lebih mahal.

Sangat disarankan anda memilih domain .com, karena selain termasuk domain dengan harga yang paling murah, domain .com merupakan TLD atau top level domain yang paling familiar dan banyak digunakan, hindari pemilihan domain-domain dengan ekstensi yang kurang begitu familiar seperti .xyz ataupun ekstensi lainnya karena bisa membuat website anda terlihat kurang professional meskipun harga yang ditawarkan untuk domain-domain tersebut memang cukup murah dan terjangkau.

Berikut ini rincian harga domain pertahunnya untuk berbagai macam ekstensi berbeda :

Domain .com : Rp 115.000/tahun

Domain .net : Rp 123.000/tahun

Domain .org : Rp 170.000/tahun

Domain .id : Rp 250.000/tahun

Domain .info : Rp 170.000/tahun

Domain .biz : Rp 150.000/tahun

Domain .web.id : Rp 55.000/tahun

Domain .my.id : Rp 55.000/tahun

Domain .co.id : Rp 110.000/tahun

Domain .xyz : Rp 18.000/tahun

Biaya Template Website

Apabila anda memiliki kemampuan untuk mendesain website dari awal, tentu anda tidak perlu mengeluarkan biaya ini karena anda bisa menggunakan desain website milik anda sendiri. Namun pada realitasnya, hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan untuk mendesain website, sehingga template menjadi solusi untuk bisa membuat situs dengan cepat dan mudah.

Jika anda menginginkan tampilan website yang profesional, anda bisa membeli template-template website premium di berbagai situs marketplace terkenal seperti themeforest. Kisaran harga template website ini mulai dari 5$ hingga mencapai 100$ lebih untuk template-template tertentu. Solusi lain adalah mencari template situs gratisan yang juga bisa banyak anda temukan di internet. Namun kekurangan dari template gratis adalah tampilannya yang kurang begitu menarik, hingga anda harus berhati-hati karena banyak template gratis yang disusupi virus/malware yang nantinya bisa membahayakan website anda.

Biaya Promosi Website

Biaya jenis ini merupakan jenis biaya paling variable dalam proses pembuatan website. Anda bisa tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk promosi, atau bahkan menghabiskan miliaran rupiah untuk mempromosikan website anda.

Sekali lagi kembali kepada keperluan anda, jika memang anda tidak menjual sesuatu pada website anda, maka anda bisa menghemat biaya ini dengan tidak perlu mengeluarkan biaya promosi dan lebih melakukan promosi dengan media gratis seperti menggunakan sosial media anda. Namun jika website yang anda buat adalah website e-commerce, anda perlu melakukan promosi yang cukup gencar terutama untuk membuat website baru anda bisa bersaing dengan website-website lain yang sudah lama ada.

Rincian Biaya Bikin Website

Setelah memahami biaya-biaya yang akan timbul, maka selanjutnya kita coba membuat rincian biaya pembuatan website. Rincian biaya ini merupakan rincian biaya yang konservatif, artinya biaya ini tentunya masih bisa naik atau turun tergantung dari beberapa hal, namun biaya yang kami buat ini merupakan biaya yang paling realistis yang anda butuhkan untuk bisa membuat sebuah website profesional.

Biaya Pembuatan Website Termurah

Biaya Hosting : Rp 30.000

Biaya Domain (dot xyz) : Rp 18.000

Biaya Tempate (gratis) :

Biaya Promosi :

Total Biaya : Rp 48.000

Biaya diatas merupakan biaya termurah yang bisa anda keluarkan untuk membuat website. Dengan biaya tersebut, anda bisa mendapatkan website dengan domain .xyz dengan hosting yang cukup terbatas dimana anda tidak bisa menyimpan banyak file di website anda serta website anda memiliki kapasitas bandwitch yang juga terbatas sehingga tidak bisa menerima terlalu banyak pengunjung setiap bulannya.

Biaya Website Profil / Profil Perusahaan / Website Sekolah

Biaya Hosing : Rp 100.000

Biaya Domain (dot com) : Rp 115.000

Biaya Template : Rp 50.000

Biaya Promosi :

Total Biaya : Rp 265.000

Dengan biaya diatas anda bisa memiliki sebuah website dengan hosting yang cukup berkualitas dan kapasitas bandwitch serta hosting yang cukup mumpuni sehingga website anda masih sanggup untuk menampung hingga 1-2 Gb data serta 5 Gb traffic setiap bulannya. Selain itu anda sudah mendapatkan template berbayar sehingga tampilan website anda bisa lebih profesional dibandingkan dengan ketika menggunakan template gratisan.

Biaya Website Toko Online

Biaya Hosing : Rp 1.000.000

Biaya Domain (dot com) : Rp 115.000

Biaya Template : Rp 800.000

Biaya Promosi : Rp 750.000

Total Biaya : Rp 2.665.000

Biaya diatas adalah biaya minimum jika anda ingin membuat website toko online.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 3 Maret 2018 | Share artikel ini di :