Cara Buat Website Murah Hanya 20 Ribuan!

Cara Buat Website Murah Hanya 20 Ribuan!

Cara Buat Website Murah dengan Biaya 20 Ribuan

Kata siapa membuat website itu mahal? Tahukah anda bahwa dengan dana yang terbatas, anda bisa membuat website dengan hosting dan nama domain sendiri.

Ya, dengan modal biaya 20 ribuan saja, atau setara dengan harga sebungkus rokok, anda bisa memiliki website sendiri yang bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk website pribadi, website bisnis online, website jualan anda, dan keperluan lainnya.

Yang perlu anda lakukan adalah ikuti langkah-langkah yang kami ajarkan di artikel ini, dan anda akan memiliki sebuah website dengan tampilan yang profesional dengan biaya yang sangat sangat murah.

Tutorial Buat Website Murah

Pilih Domain – Biaya Rp 18.000

Pertama-tama, yang harus anda lakukan adalah memilih domain untuk alamat website yang akan anda buat.

Karena budget yang terbatas, maka dalam tutorial ini kita tidak akan menggunakan domain populer seperti .com ataupun .net yang harganya diatas Rp 100.000. Namun ektensi domain yang akan kita gunakan adalah domain .xyz

Ya, domain .xyz adalah domain dengan harga sewa termurah yaitu RP 18.000 pertahun nya. Anda bisa menggunakan domain ini sehingga nantinya alamat website anda akan menjadi : websiteanda.xyz

Tentunya tidak terlalu buruk bukan untuk sebuah website yang dibuat bahkan dengan biaya yang lebih murah dari harga segelas kopi di cafe?

Untuk membeli domain .xyz anda bisa mengunjung penyedia layanan domain favorit anda, atau bisa menggunakan jasa penyedia domain rekomendasi kami yaitu idwebhost.

Sangat direkomendasikan untuk membeli domain anda di tempat yang sama dengan anda membeli hosting untuk memudahkan pengaturan website anda nantinya.

Sewa Hosting – Biaya Rp 10.800

Selain domain, yang dibutuhkan untuk membuat website adalah hosting. Hosting merupakan server dimana file website anda akan disimpan dan nantinya bisa diakses oleh para pengunjung website anda.

Harga sewa hosting per tahunnya sangat beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu bahkan jutaan pun bisa anda temukan. Harga yang berbeda-beda ini disebabkan oleh banyak hal, diantaranya kapasitas penyimpanan, bandwitch, subdomain, addon domain, dan masih banyak fitur lainnya.

Karena itu, setelah melakukan pencarian di penyedia-penyedia hosting, kami menemukan hosting dengan harga sewa termurah, yaitu Rp 900/bulan atau sama dengan Rp 10.800 per tahun.

Memang fitur dan spesifikasinya cukup terbatas, diantaranya kapasitas hosting yang hanya 90 MB, serta bandwitch yang dibatasi 1GB perbulannya. Namun, sebenarnya untuk awalan membuat website ini sudah lebih dari cukup, apalagi jika memang website yang rencananya anda buat hanyalah website yang memiliki tidak lebih dari 30 halaman serta pengunjung yang kurang dari 1.000 orang perbulan.

Kedepannya jika anda ingin membuat website anda lebih besar atau website anda sudah mendapatkan lebih banyak pengunjung, anda bisa mengupgrade hosting anda ke paket yang lebih tinggi lagi.

Penyedia layanan hosting yang menyediakan paket murah tersebut adalah idwebhost. Anda bisa mendaftarkan diri untuk membeli paket hosting di idwebhost dengan mengklik link berikut : http://idwebhost.com

Untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya, diharapkan anda terlebih dahulu sudah mendaftar sewa hosting dan domain untuk bisa mengikuti tutorial ini dengan mudah.

Menginstall WordPress – Gratis

Jika anda memiliki keahlian untuk membuat website sendiri, maka anda bisa melewatkan langkah ini.

Namun jika tidak, ada baiknya anda memanfaatkan engine wordpress sehingga bisa membuat website dengan mudah dan cepat.

WordPress merupakan engine cms atau content management system, dimana dengan menggunakan wordpress, anda bisa dengan mudah memaintenance website anda seperti membuat halaman baru, mengedit halaman, menambahkan gambar, dan masih banyak lagi kemudahan berkat menggunakan wordpress.

Ada 2 cara menginstall wordpress di hosting yang sudah anda miliki. Cara pertama yaitu dengan mendownload engine wordpress di situs wordpress.org. Setelah memiliki file wordpress, anda bisa mengupload nya ke hosting anda lalu menginstall engine wordpress di website anda.

Namun kami rekomendasikan cara kedua yang lebih mudah, yaitu menggunakan tools instalasi wordpress yang sudah disediakan di control panel / cpanel hosting anda.

Caranya yaitu cukup login ke cpanel anda. Cari menu SOFTACULOUS APPS INSTALLER, lalu pilih wordpress. Atur settingan yang dibutuhkan seperti directory (kosongkan), pilih domain yang sudah anda beli, tentukan nama website, username admin, password, dan settingan lainnya. Setelah itu klik tombol install. Tunggu berapa menit, maka wordpress berhasil terinstall di website anda!

Untuk mengecek apabila wordpress sudah berhasil terinstall dengan baik di website anda adalah dengan mencoba membuka alamat domain website anda, apabila muncul halaman website wordpress maka berarti instalasi telah berhasil dengan baik.

Menginstall Template – Gratis

WordPress secara default memang telah memiliki pilihan template, jika anda merasa cukup dengan menggunakan template yang ada, maka tahap ini bisa anda lewati. Namun jika anda ingin website anda terlihat lebih menarik, anda bisa mencari template wordpress yang banyak tersedia.

Saat ini, bahkan template wordpress gratis pun banyak yang sudah memiliki desain yang profesional dan menarik. Anda bisa mencari di internet karena banyak sekali situs yang menyediakan template wordpress gratis. Setelah menemukan template yang cocok, anda bisa mendownloadnya dan simpan di komputer/laptop anda.

Untuk menginstall template yang telah anda dapatkan, anda bisa login ke admin panel wordpress website anda. Caranya dengan mengakses alamat url : namasitusanda.xyz/wp-login

Masukkan username dan password yang anda buat saat menginstall wordpress, dan anda akan masuk ke halaman admin panel website anda.

Pilih menu tampilan (appearance), lalu klik tema (theme). Setelah itu klik tombol add new. Masukkan file template yang sudah anda download sebelumnya, lalu aktivasi. Maka website anda telah sukses menggunakan template baru menggantikan template default dari wordpress.

Sampai disini anda sudah berhasil membuat website dengan biaya yang sangat murah! Langkah selanjutnya anda hanya perlu merapihkan website dan menambah konten-konten yang diperlukan seperti halaman, posting, menambah gambar, dll yang bisa dilakukan didalam admin panel wordpress website anda.

Rekap Biaya Bikin Website Murah

Dari langkah-langkah diatas, berikut kita buat rekapan pengeluaran biaya pembuatan website pada tutorial ini.

Domain : Rp 18.000

Hosting : Rp 10.800

WordPress : 0

Template : 0

Total Biaya : Rp 28.800

Sangat murah bukan? untuk membuktikannya anda bisa mencobanya sendiri. Selamat Mencoba!

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 12 Agustus 2018 | Share artikel ini di :