Cara Daftar Website di Google

Tutorial cara daftar website di google sehingga bisa muncul di halaman hasil pencarian google. Panduan cara submit url ke google.
Cara Daftar Website di Google

Bagaimana Cara Daftar Website di Google?

Panduan Cara Memasukan Website ke Google

Pertanyaan ini sangat sering dilontarkan oleh mereka yang baru selesai membuat sebuah website, namun ternyata website buatan mereka tidak muncul saat dicari di mesin pencari google. Melalui artikel ini, akan kami jelaskan langkah demi langkah cara submit url ke google sehingga website anda bisa ditemukan oleh orang-orang yang mencari situs anda di google search engine.

Sebenarnya, cara submit url ke google sangatlah mudah dan hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk mendaftarkannya. Namun, google memerlukan waktu antara 1 jam hingga 7 hari sampai website anda bisa benar-benar muncul di halaman hasil pencarian google.

Ada dua cara untuk membuat website anda terdaftar di google, caranya yaitu :

1. Cara Submit Url ke Google Menggunakan tools google add url

Google add url merupakan satu form sederhana dimana anda bisa memasukkan alamat website anda disana untuk didaftarkan kedalam antrian google bot. Cara mengisinya pun sangatlah gampang, anda tinggal memasukkan alamat halaman utama website anda, lalu klik submit. Dan selamat! Website anda sudah terdaftar di google. Namun biasanya diperlukan waktu beberapa saat hingga akhirnya website anda bisa terindex dan muncul di halaman hasil pencarian google untuk kata kunci yang relevan dengan website anda.

Untuk mengakses tools google addurl, anda bisa mengaksesnya di halaman ini :

http://www.google.com/addurl

2. Cara Submit Url ke Google Menggunakan Google Webmaster Tools

Cara ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan cara pertama dimana anda hanya perlu memasukkan link website anda. Menggunakan metode ini, anda terlebih dahulu harus mempunyai account google, dan mendaftarkan diri ke Google webmaster tools. Untuk mendaftarkan diri di program google webmaster tools, anda bisa mengaksesnya di alamat berikut :

https://www.google.com/webmasters/

Setelah mendaftar dan memiliki account google webmaster tools, selanjutnya anda harus mendaftarkan situs anda sebagai property anda. Caranya adalah dengan masuk ke menu add property, lalu masukkan alamat website anda. Setelah itu, anda harus melakukan verifikasi untuk membuktikan bahwa website tersebut benar-benar milik anda. Ada 2 cara verifikasi yang bisa dilakukan, diantaranya :

Menggunakan kode google webmaster.

Jika memilih cara ini, anda harus mengcopy kode html/javascript yang disediakan oleh google dan masukkan kode tersebut kesetiap halaman website anda. Anda bisa menyimpan kode tersebut diantara tag head di setiap halaman website.

Sedangkan cara kedua, menggunakan file.

Cara ini lebih mudah karena anda tidak perlu mengcopy paste kode ke seluruh halaman website anda yang tentunya akan menyita cukup banyak waktu terutama jika website anda memiliki banyak halaman. Dengan cara ini, yang perlu anda lakukan adalah mendownload file html yang disediakan google. Setelah itu upload file html tersebut ke directory utama website anda.

Setelah melakukan salah satu dari dua pilihan metode verifikasi diatas, anda bisa mengklik tombol verify. Jika anda melakukan langkah-langkah dengan benar, maka website anda bisa langsung terverifikasi.

Setelah website anda berhasil terdaftar sebagai property anda di account google webmaster tools, selanjutnya anda bisa masuk ke menu crawl, dan pilih fetch as google. Dihalaman fetch ini, anda bisa langsung mengklik tombol fetch and render, dan setelah proses fetching selesai, anda bisa mengklik pilihan request indexing. Setelah google bot merender dan memeriksa seluruh halaman website anda, maka google akan secara otomatis mengindex situs anda di search engine mereka.

Ya, memang metode kedua ini terkesan lebih rumit dibandingkan dengan metode pertama. Namun, ada beberapa kelebihan, diantaranya waktu proses website bisa lebih cepat sampai website bisa ditemukan di halaman hasil pencarian google. Kelebihan lainnya, menggunakan webmaster tools anda bisa melihat data analisis kinerja website anda di mesin pencari google. Jadi, anda bisa tau peringkat berapa website anda untuk kata kunci tertentu, dan berapa jumlah klik dari search engine yang masuk ke website anda menggunakan setiap kata kunci.

Cara Mengecek Website Telah Terdaftar di Google

Setelah mengikuti kedua metode atau cara submit url ke google diatas, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengecek secara berkala apakah website anda telah berhasil terdaftar dengan benar atau belum di google. Caranya sangat gampang.

Bukalah browser favorit anda, lalu buka halaman pencarian google.

Ketikkan kata kunci berikut di kolom pencarian : site:namasitusanda.com

Jika google tidak menemukan hasil pencarian apapun, berarti website anda masih belum terdaftar.

Namun jika google mengeluarkan hasil pencarian berupa halaman website anda, maka selamat! Website anda telah berhasil terdaftar di google.

Mengapa Website Saya Tidak Terdaftar di Google?

Banyak yang menanyakan pertanyaan ini kepada kami, yaitu meskipun sudah mengikuti cara-cara diatas, namun setelah ditunggu selama beberapa hari bahkan bulan, website tidak kunjung muncul di halaman hasil pencarian google. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, diantaranya yaitu :

Kualitas Website

Kualitas website bukan berarti kualitas dari tampilan saja, tetapi juga kualitas dari isi website tersebut. Jika anda mengalami masalah yang sama, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat lagi isi dari website anda, apakah konten-konten ataupun artikel serta isi dari website anda berkualitas atau hanya merupakan hasil copy paste dari website lain? Jika sebagian atau seluruh isi dari website anda hanya merupakan hasil copy paste dari sumber lain, maka bisa jadi website anda terdeteksi sebagai duplikat content yang membuat google tidak memasukkan website anda kedalam index mereka.

Selain itu, harus dicek berapa banyak kata didalam setiap halaman website anda. Google cenderung kurang menyukai website dengan thin content, atau dalam artian halaman website yang “sedikit” isinya. Untuk itu, pastikan setiap halaman website anda memiliki paling tidak 300 kata di setiap halamannya agar google mau memasukkan website anda ke daftar mereka.

Website Blacklist

Meskipun sangat jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin website anda masuk kedalam daftar blacklist google. Memang, mungkin anda membeli alamat domain baru, namun tahukah anda bahwa google juga menyimpan data-data terdahulu termasuk data website yang mereka blacklist. Jadi, ketika anda membeli alamat domain baru namun terkena blacklist, bisa jadi hal itu disebabkan oleh pengguna alamat domain tersebut sebelumnya menggunakan alamat tersebut untuk membuat website yang berbahaya ataupun melanggar ketentuan.

Cek Robot Indexing Status

Hal ini terkesan sepele, namun banyak terjadi terutama pada mereka yang tidak terlalu paham tentang Search Engine Optimization (SEO). Secara prosedur, saat google akan memasukkan website kita kedalam database mereka, google akan mengirimkan googlebot atau spyder mereka untuk melihat isi website kita.

Di setiap website, ada perintah untuk menghandle ketika suatu robot termasuk googlebot masuk ke website tersebut. Secara default, website akan mempersilahkan robot untuk masuk dan memasukkan hasil crawling halaman website ke database mereka. Namun kadangkala, ada template website ataupun platform yang melarang robot untuk memasukkan website ke database google.

Namun jangan takut, cara mendeteksi hal ini sangat mudah. Yang perlu anda lakukan adalah melihat source code halaman website anda atau dengan menekan keyboard ctrl + u di halaman website anda. Maka tab baru akan terbuka yang berisi source kode website anda. Setelah itu coba anda cari kode sebagai berikut :

<meta name=”robots” content=”noindex,nofollow”>

Jika anda menemukan kode sama persis seperti diatas, maka bisa dipastikan inilah penyebab website anda tidak terdaftar di google, karena setiap ada robot masuk ke website anda, akan diperintahkan untuk tidak mengindex atau memasukkan data website ke database google.

Cara memperbaikinya sangat mudah, yaitu buka file html website anda, dan rubah setiap kode diatas terutama pada bagian content menjadi “index,follow” seperti contoh berikut :

<meta name=”robots” content=”index,follow”>

Simpan perubahan anda, dan daftarkan kembali website anda di google. Tunggu beberapa saat dan anda bisa melihat website anda akhirnya bisa muncul di halaman hasil pencarian google.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 3 Maret 2018 | Share artikel ini di :
Artikel Sebelumnya Biaya Membuat Website