Cara Membuat Website Toko Online Dengan WordPress

Tutorial lengkap cara membuat website toko online dengan wordpress secara mudah dan cepat!
Cara Membuat Website Toko Online Dengan WordPress

Membuat Website Toko Online Dengan WordPress

WordPress telah berkembang sejak beberapa tahun terakhir. Mulanya, engine wordpress diciptakan untuk menjadi suatu engine yang bisa digunakan untuk membuat suatu website dengan konsep blogging, namun semakin hari semakin berkembang sampai akhirnya saat ini semua jenis website bisa dibuat dengan mudah dengan menggunakan wordpress, salah satunya website toko online.

Jika anda ingin membuat website toko online sendiri, menggunakan engine wordpress tentunya merupakan solusi paling mudah, cepat serta murah untuk membuat toko online dibandingkan dengan anda harus menggunakan jasa pembuatan website toko online yang mahal atau membuat sendiri toko online menggunakan HTML, CSS, PHP maupun Javascript yang sangatlah rumit dan sulit. Dengan menggunakan wordpress, cukup dengan beberapa kali klik saja bahkan tanpa pengetahuan dan skill coding sekalipun, anda bisa membuat toko online sendiri dengan mudah.

Baca Juga : Tutorial membuat website yang menghasilkan uang

Keunggulan Membuat Toko Online Menggunakan WordPress

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuat website toko online dengan wordpress, akan kami jelaskan terlebih dahulu mengapa anda harus menggunakan cms wordpress sebagai engine toko online anda.

WordPress sebenarnya hanya salah satu alternatif membuat toko online. Selain menggunakan wordpress, masih banyak metode lain yang bisa digunakan untuk membuat toko online misalnya membuat toko online menggunakan html dan css, dan metode-metode lainnya.

Namun menggunakan engine wordpress sangat direkomendasikan karena memiliki sangat banyak keunggulan, diantaranya adalah :

Banyak Template Toko Online untuk WordPress

Kelebihan utama wordpress yaitu banyak template yang tersedia dan bisa langsung digunakan untuk website wordpress, termasuk diantaranya template toko online. Sehingga anda bisa memilih template yang sesuai dengan konsep toko online anda, dan untuk menginstallnya di website anda pun hanya memakan waktu dibawah 5 menit saja.

Tidak Perlu Mengerti Coding HTML

Masih berhubungan dengan keunggulan sebelumnya diatas, ketika menggunakan template toko online siap pakai, anda tidak perlu repot untuk mengerti cara membuat ataupun mengedit HTML. Karena sebagian besar template sudah dilengkapi fitur pengeditan dan setting tampilan yang mudah. Jadi, anda bisa mengganti warna website, mengganti jenis font, mengganti layout cukup dengan satu kali klik saja dari menu setting template tersebut tanpa perlu mengedit file htmlnya.

Keamanan yang Lebih Terjamin

Sejak pertama kali diluncurkan, cms wordpress telah terkenal berkat security nya yang handal. Tentunya hal ini sangatlah penting bagi toko online untuk mencegah tindakan-tindakan baik yang iseng maupun yang berniat menjatuhkan toko online anda. Ketika menggunakan wordpress, website anda akan lebih aman berkat tingkat security kelas tinggi yang diterapkan di wordpress.

SEO Friendly

Jika anda merupakan pemain baru di bisnis website ataupun toko online, mungkin anda tidak akan terlalu memperhatikan hal ini. Namun percayalah, seiring berjalannya waktu, anda akan semakin memahami betapa pentingnya memiliki website yang SEO friendly. Keunggulan lain dari menggunakan wordpress adalah, sebagian besar template wordpress yang tersedia sudah di optimalkan untuk SEO, sehingga bisa membuat website anda berada di posisi yang tinggi di hasil pencarian search engine seperti google dan bing.

Jenis Website Toko Online

Sebelum memulai tutorial cara membuat toko online di wordpress, terlebih dahulu anda harus memahami tentang jenis toko online.

Toko online secara umum terbagi atas dua jenis, yaitu semi toko online dan full toko online.

Semi Website Toko Online

Website toko online yang termasuk kedalam kategori ini adalah website yang hanya menampilkan informasi, produk serta kontak dan form pemesanan pada halaman websitenya. Sehingga, pengunjung ataupun calon pembeli tetap harus berkomunikasi dengan pemilik toko online untuk bertransaksi, baik itu menggunakan telepon, sms, whatsapp, email, ataupun fitur chating di website.

Toko online seperti ini umumnya hanya menggunakan website sebagai display, dan banyak fungsi termasuk transaksi dan pemesanan masih harus dilakukan secara manual.

Jadi secara umum, website semi toko online memiliki konsep tampilan yang sama dengan website maupun blog biasa, dengan perbedaan hanyalah website semi toko online akan menampilkan display produk dagangan di halaman website serta anda bisa menambahkan halaman formulir pemesanan jika ada pengunjung yang tertarik untuk membeli.

Jika tujuan anda membuat toko online berjenis seperti ini, biaya yang dikeluarkan tentunya bisa jauh lebih murah, atau bahkan anda bisa menggunakan fitur website gratis seperti wordpress.com.

Kekurangan dari website jenis ini adalah tampilan website anda akan terlihat kurang begitu profesional. Selain itu, karena sebagian proses masih harus dilakukan secara manual, anda akan kerepotan menghandle konsumen ketika toko online anda sudah mulai ramai pengunjung.

Website Full Toko Online / E-Commerce

Untuk website dengan konsep e-commerce atau full toko online, semua sistem sudah dilakukan secara terintegrasi didalam website. Sehingga, calon pembeli anda bisa memilih produk, melihat stok produk, melakukan checkout, membayar, perhitungan ongkos kirim, serta menerima konfirmasi dan status pemesanan semua otomatis didalam website. Fungsi manual sudah diminimalisir seminim mungkin, dan jikapun anda, umumnya hanya merupakan customer services yang menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen.

Beberapa tahun yang lalu, untuk membuat website jenis ini membutuhkan biaya yang sangat sangat besar. Namun sekarang tidak lagi, berkat banyaknya developer template wordpress yang menyediakan template full toko online siap pakai, sehingga anda bisa memiliki website toko online lengkap dengan fitur yang canggih dengan menggunakan template wordpress khusus toko online.

Step by Step Cara Membuat Toko Online dengan WordPress

Membuat Website Full Toko Online dengan WordPress

Seperti sudah dijelaskan diatas, website full toko online merupakan website e-commerce dimana seluruh fungsi toko online mulai dari display produk, pemesanan, stok produk, pembayaran dan fitur-fitur lainnya terintegrasi di dalam sebuah website. Untuk membuat website seperti ini, anda harus menggunakan hosting dan domain sendiri serta menginstall wordpress di hosting anda. Karena, untuk bisa membuat full toko online dengan wordpress, harus menggunakan template khusus yang hanya bisa diinstal ketika anda menggunakan domain dan hosting milik anda sendiri, dan tidak bisa digunakan pada website wordpress gratis yang menggunakan situs wordpress.com.

Sewa Domain dan Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara membuat toko online di wordpress adalah dengan menyewa domain dan hosting di provider hosting langganan anda. Harga domain dan hosting yang tersedia sangatlah bervariasi tergantung dari berbagai macam hal seperti kapasitas, bandwitch serta fitur-fitur lainnya. Jika memiliki dana terbatas, anda bisa memulai terlebih dahulu dengan menyewa paket hosting termurah, nantinya seiring berjalannya waktu dan website anda sudah memiliki banyak pengunjung, anda bisa mengupgrade hosting anda ke spesifikasi yang lebih tinggi.

Namun untuk domain, anda harus memilih diawal dan tidak bisa diganti lagi. Memang bisa mengganti domain di tengah jalan, namun hal tersebut bukanlah suatu hal yang baik ditinjau dari berbagai sisi termasuk SEO dan branding toko online anda. Untuk itu, gunakanlah domain yang terbaik untuk website anda. Harga domain .com saat ini berkisar antara 100-120 ribuan pertahun, tentunya bukan merupakan harga yang sangat mahal bukan?

Ketika anda menyewa domain dan hosting, usahakan membeli keduanya dari provider yang sama agar setting website anda bisa dilakukan dengan lebih mudah. Ketika anda membeli terpisah, misalnya membeli domain di provider A sedangkan hosting di sewa di provider B, maka anda perlu melakukan setting nameserver yang akan sedikit membingungkan terutama untuk pemula. Untuk itu, sangat disarankan membeli keduanya ditempat yang sama.

Install WordPress

Ketika domain dan hosting anda sudah berhasil diaktifkan, langkah selanjutnya adalah menginstall wordpress. Sebagian besar control panel hosting saat ini sudah dilengkapi fitur instal wordpress otomatis dengan mudah, anda bisa menggunakan fitur ini untuk menginstall engine wordpress di domain anda.

Jika instalasi berhasil, anda bisa mencoba membuka alamat domain website anda, dan ketika situs anda menampilkan halaman wordpress maka selamat, anda berhasil menginstall wordpress di situs anda!

Memilih Template Toko Online WordPress

WordPress yang anda install memang sudah dilengkapi dengan template bawaan, namun untuk keperluan toko online tentu saja kita membutuhkan template yang didesain khusus untuk toko online. Untuk itu, anda harus mencari ataupun membeli template wordpress toko online yang banyak tersedia di pasaran.

Salah satu tempat terbaik untuk mencari template wordpress adalah di themeforest, disini tersedia ribuan template wordpress termasuk template toko online dengan berbagai jenis tampilan serta design yang bisa anda pilih yang sesuai dengan konsep toko anda.

Selain itu, template yang tersedia di themeforest merupakan template pilihan, artinya hanya template berkualitas saja yang bisa masuk ke dalam situs ini. Sehingga, template manapun yang akhirnya akan anda pilih, dipastikan anda sudah memilih template toko online yang memiliki kualitas yang baik.

Install Template Toko Online WordPress

Setelah memiliki template toko online, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menginstall template tersebut di website anda.

Cara menginstallnya sangat mudah, anda hanya perlu login ke admin panel wordpress anda, lalu pilih menu appearance / tampilan, lalu pilih tema. Klik tombol upload tema, dan pilih template yang sudah anda siapkan. Setelah template berhasil di upload ke server anda, anda bisa memilih template tersebut dan mengklik tombol aktifkan, maka template toko online anda telah berhasil terinstall dan diaktifkan di webiste anda.

Selanjutnya anda bisa mengecek dengan membuka website anda untuk memastikan tema telah diaktifkan. Jika tampilan website anda sudah berubah sesuai dengan template yang anda gunakan, maka berarti template tersebut sudah bisa berjalan dengan baik di situs anda.

Langkah selanjutnya adalah mengatur settingan template. Setiap template memiliki fitur settingan yang berbeda-beda, untuk itu guna mengatur settingan yang pas, anda perlu membaca panduan template yang biasanya disertakan pada file download yang anda dapatkan saat mendownload template tersebut.

Membuat Website Semi Toko Online dengan WordPress Gratis

Jika memang tujuan toko online anda hanya sebagai display produk saja dan fungsi lainnya bisa anda lakukan secara manual, maka anda bisa memanfaatkan wordpress gratis untuk membuat toko online semi seperti ini.

Mendaftar Situs di WordPress.com

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan diri di situs wordpress.com. Disini anda bisa membuat blog/situs wordpress gratis yang nantinya akan anda gunakan sebagai toko online anda.

Isi data-data yang dibutuhkan saat mendaftar, serta pilih nama domain untuk toko online anda. Ingat, ketika menggunakan wordpress gratis, maka nama domain anda nantinya akan memiliki akhiran wordpress.com. Jadi, misalnya anda memilih nama “toko-onlineku”, maka alamat website anda akan menjadi toko-onlineku.wordpress.com.

Memilih Template Situs

Sayangnya, ketika menggunakan wordpress gratis, anda tidak bisa leluasa memilih template untuk situs anda. Sehingga, yang bisa anda lakukan adalah memilih template yang tersedia dan memilih template mana yang paling sesuai dengan tema/konsep toko online anda.

Menambahkan Halaman

Setelah berhasil membuat website toko online anda berjalan, pertama-tama anda harus membuat halaman utama yang akan ditampilkan ketika pengunjung mengakses situs anda. Ada beberapa opsi yang bisa ditampilkan di halaman pertama.

Misalnya, anda bisa memasukkan deksripsi atau sambutan serta penjelasan tentang toko online anda, produk apa saja yang anda jual, dan kenapa pengunjung harus membeli dari toko online anda.

Pilihan lain adalah menampilkan produk-produk terbaru dihalaman utama anda, dengan begitu ketika pengunjung toko online anda masuk ke situs anda, mereka akan langsung melihat produk-produk anda.

Menambahkan Produk

Untuk menambahkan produk, disarankan anda menggunakan fitur post pada wordpress. Caranya sangat mudah, klik menu post, dan klik add new post.

Anda bisa mengisi judul post dengan merk produk anda, lalu mengisi konten dengan deskripsi produk anda beserta harga yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk menambahkan gambar produk pada setiap post sehingga bisa membuat tampilan halaman produk anda menjadi lebih menarik.

Tambahkan Widget

Widget merupakan sebuah elemen yang bisa anda tambahkan di halaman toko online website anda. Banyak sekali kegunaan widget ini, diantaranya anda bisa memasukkan kontak info anda ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan toko online anda. Anda juga bisa memasukkan kontak form pada widget untuk setiap produk anda, sehingga ketika ada konsumen yang tertarik dengan produk yang anda pasarkan, mereka bisa mengisi form tersebut untuk memesan, dan anda akan mendapatkan notifikasi email jika ada konsumen yang mengisi form tersebut.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 3 Maret 2018 | Share artikel ini di :
Artikel Selanjutnya Biaya Membuat Website
Artikel Sebelumnya Cara Bikin Website Lewat Hp