Cara Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Tutorial lengkap cara membuat website yang menghasilkan uang untuk anda. Bangun aset digital anda dengan mengikuti cara membuat website gratis yang menghasilkan uang sekarang juga.
Cara Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Panduan Cara Membuat Website yang Menghasilkan Uang Untuk Anda

Apabila anda bisa sampai ke halaman ini, berarti anda sudah atau sedang merencanakan untuk memulai bisnis online anda sendiri, selamat! Karena anda merupakan salah satu dari sedikit orang yang mau belajar dan serius mencari informasi mengenai bisnis online terutama dengan memanfaatkan website.

Bisnis online merupakan peluang yang sangat besar karena nominal uang yang bisa anda hasilkan boleh dikatakan tidak terbatas! Semuanya tergantung dari seberapa besar niat anda dan kemauan anda untuk mempelajari bisnis online berbasis website.

Apakah Website Bisa Menghasilkan Uang?

Jawabannya tentu saja bisa! Jika tidak bisa, untuk apa orang-orang berlomba-lomba membuat website? Namun tentunya masing-masing website mempunyai metode berbeda mengenai darimana mereka membuat website menghasilkan uang. Di halaman ini selain diajarkan cara membuat website akan diajarkan juga beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk membuat website anda bisa menghasilkan uang.

Selain metode bagaimana cara website menghasilkan uang, salah satu faktor terpenting yang membedakan antara situs yang menghasilkan uang dengan banyak dibandingkan dengan website yang hanya menghasilkan sedikit uang adalah traffic atau pengunjung. Ya, semakin banyak pengunjung suatu website, maka kemungkinan besar website tersebut akan mendapatkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan website dengan traffic atau pengujung yang lebih sedikit. Oleh karena itu, selain berfokus pada pembuatan website, anda pun harus fokus mengembangkan website anda sehingga bisa mendapatkan banyak pengunjung yang secara otomatis akan meningkatkan pendapatan website anda.

teknik-dasar-html
Belajar HTML Mudah dan Cepat

Ingin membuat website sendiri? Pelajari cara membuat website HTML dengan sangat mudah, siapapun pasti bisa!

Download

Di halaman ini kami akan memberikan anda tutorial lengkap step by step cara membuat website dan mensettingnya agar menghasilkan uang. Namun, sebelum melanjutkan membaca artikel ini, saya ingin bertanya sesuatu kepada anda. Apakah anda sudah memiliki bayangan bagaimana anda ingin website anda ini menghasilkan uang nantinya? Metode menghasilkan uang mana yang akan anda gunakan? Apabila anda belum memiliki ide atau gambaran mengenai hal ini, disarankan anda terlebih dahulu membaca artikel ini sebelum melanjutkan, karena membuat website yang profesional dan profitable tentunya diperlukan perencanaan yang matang, termasuk perencanaan bagaimana nantinya website ini menghasilkan uang untuk anda.

Apabila anda sudah membaca artikel tersebut diatas dan sudah memiliki bayangan metode mana yang anda gunakan, berarti anda sudah berada di langkah yang tepat. Menentukan metode penghasil uang diawal merupakan langkah krusial karena beda metode, maka beda juga konsep website yang akan anda buat. Kesalahan fatal ini sangat sering dilakukan terutama oleh mereka yang baru ingin mencoba bisnis online.

Biaya yang Perlu anda Siapkan untuk Membuat Website

Membuat website tentu saja memerlukan biaya. Memang anda bisa membuat website secara gratis, namun bukan itu yang akan kita bahas disini. Jika anda memang tidak bisa menyisihkan sebagian uang saku anda sebagai modal untuk membuat website, anda bisa masuk ke kategori blog/website gratis di kategori lain di halaman ini. Karena untuk kategori website ini, kita akan membahas website profesional dengan nama domain serta hosting sendiri yang tentunya bisa menghasilkan banyak uang untuk anda kedepannya. Namun jika anda memang ingin memulai secara gratis, teruskan membaca, karena setelah membahas website profesional, akan kami jelaskan cara membuat website gratis yang menghasilkan uang. Mari kita mulai.

Berikut rincian dana yang perlu anda siapkan untuk membuat suatu website :

Biaya Nama Domain

Nama domain merupakan hal penting karena ini merupakan identitas website anda. Memiliki nama domain yg profesional dengan ekstensi .com atau .net ataupun ekstensi-ekstensi utama lainnya sangat penting untuk meningkatkan popularitas serta authority website anda. Memang ada situs-situs yang memberikan nama domain secara gratis yang bisa anda gunakan, namun apabila anda ingin serius berbisnis online, maka sisihkanlah sebagian dana anda untuk menyewa nama domain sendiri.

Biaya untuk nama domain : +- 120.000/tahun

Biaya Sewa Hosting/Server

Setelah memiliki nama domain, anda memerlukan hosting/server tempat dimana anda menyimpan data-data website anda. Saat ini tersedia beragam pilihan hosting yang bisa anda pilih, mulai dari hosting dengan harga murah hingga mahal dengan fasilitas lengkap. Salah satu yang membedakan harga hosting adalah kapasitas dari paket hosting. Anda bisa mendapatkan hosting yang murah namun kapasitas serta bandwitch yang tersedia untuk anda terbatas, atau hosting yang sedikit mahal namun memiliki kapasitas serta bandwitch yang tanpa batas/unlimited, semuanya tergantung pilihan anda. Apabila anda baru memulai bisnis online dan memiliki modal terbas, pilihlah hosting murah dengan kapasitas yang seadanya terlebih dahulu, lalu upgrade ke paket yg lebih besar saat bisnis anda sudah mulai menghasilkan.

Biaya hosting : Rp 100.000 / tahun.

Biaya tema/template website

Mendesain website sendiri dari awal tentunya merupakan pekerjaan yang sulit terutama untuk anda yang tidak memiliki background IT atau web designer. Solusi lain dengan membayar jasa pembuatan desain website juga bukan merupakan solusi yang baik untuk anda terutama pemula dengan modal terbatas karena cost yang diperlukan cukup tinggi. Untuk hal ini saya sangat menyarankan anda membeli tema/template website siap pakai yang bisa anda install dan setting dengan mudah di website anda. Tidak hanya itu, apabila anda mau tekun mencari, anda bisa mendapatkan beberapa template/tema website gratis yang bisa anda download dan gunakan untuk website anda, namun tentunya dengan kualitas yang sedikit dibawah tema/template berbayar.

Biaya Template : Gratis hingga Rp 500.000/template.

Biaya Promosi

Website sebagus apapun tanpa promosi yang memadai akan menjadi sia-sia karena tidak akan mempunyai pengunjung.

Biaya Promosi : Gratis hingga tak terbatas / unlimited.

Dari rincian diatas, maka biaya minimum pembuatan website yaitu sekitar Rp 220.000 dengan biaya maksimum tak terhingga. Bagi pemula, biaya minimum sudahlah cukup untuk modal awal memulai bisnis online berbasis website. Namun apabila anda tidak memiliki modal bahkan untuk biaya minimum tersebut, disarankan anda mencoba metode bisnis online lainnya selain metode berbasis website karena usaha anda tidak akan maksimal dan efektif. Angka Rp 220.000 bukanlah angka yang cukup besar untuk memulai sebuah bisnis, bandingkan dengan bisnis offline/konvensional lain, adakah bisnis yang bisa berjalan dengan modal hanya Rp 220.000 saja? Tentu sangatlah jarang.

Pertanyaan lainnya yang mungkin anda tanyakan yaitu berapa lama modal tersebut bisa kembali / BEP? jawaban dari hal ini sangat bergantung dari 3 hal, bagaimana kualitas website yang anda buat, metode penghasil uang mana yang anda gunakan, serta promosi apa saja yang anda lakukan. Bila anda melakukan ketiga hal tersebut dengan baik, investasi anda bisa kembali dalam jangka waktu cukup 2-3 bulan saja, dan anda sudah bisa menikmati keuntungan di bulan berikutnya (Dan tentu saja nilainya akan terus bertambah setiap bulannya, karena semakin populer/berumur website anda semakin besar juga penghasilan anda). Namun apabila anda masih mencoba-coba dan belum menemukan setting yang pas untuk website anda, maka persiapkan mental untuk menunggu hingga bulan ke 6 untuk sekedar balik modal.

Selanjutnya kita masuk ke langkah-langkah cara membuat website yang menghasilkan uang. Berikut ini dijabarkan secara detail step-by step cara membuat situs web yang menghasilkan uang. Diharapkan anda mengikuti setiap step tanpa meloncat-loncat karena bisa menghasilkan website yang kurang optimal.

Cara Membuat Web yang Menghasilkan Uang

Tentukan Tema/Topik Website Anda

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan tema-topik dari website anda. Tema/topik website anda ini sangat berpengaruh terhadap metode menghasilkan uang yang anda gunakan, itulah sebabnya diawal artikel ini saya memaksa anda menentukan metode penghasil uang yg akan anda gunakan. Jika anda sudah menentukan metodenya, maka anda akan lebih mudah untuk menentukan topik/tema website anda.

Contoh penentuan tema website anda adalah sebagai berikut : Anda sudah memilih akan memonetize website anda dengan metode CPA atau affiliasi dengan menjual produk-produk dari website marketplace lazada. Setelah itu yg perlu anda lakukan adalah mencari jenis atau kategori atau bahkan produk apa yg akan anda jual di website anda dari marketplace tersebut. Misalkan anda ingin menjual handphone atau gadget merk X, maka tema atau topik yang bisa anda gunakan untuk website anda adalah review smartphone merk X atau Info seputar smartphone merk X.

Memilih Domain dan Hosting

Setelah menentukan tema, anda selanjutnya perlu membeli domain untuk website anda. Usahakan memilih domain yang related dengan tema website anda. Menggunakan contoh diatas, anda bisa memilih domain seperti reviewsmartphoneX.com atau infohpX.com atau nama-nama domain lainnya yang berhubungan dengan tema website anda.

Sedangkan untuk memilih hosting, cara termudah adalah dengan membeli hosting di tempat yang sama dengan tempat anda membeli domain, atau dengan kata lain anda membeli secara paket yaitu paket hosting + domain di satu provider yang sama.

Ketika memilih paket hosting, anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan paket yang bergantung kepada kapasitas, bandwitch,
jumlah add on domain, dan lain sebagainya. Jika memiliki budget terbatas anda bisa memilih paket yang termurah, namun pastikan paket tersebut memiliki kapasitas setidaknya 1 Gb dengan bandwith minimal 1 Gb/bulannya. Hindari membeli paket hosting dengan kapasitas dibawah kapasitas tersebut.

Berikut ini beberapa rekomendasi penyedia jasa hosting + domain terpercaya dengan harga yang terjangkau yang bisa anda gunakan sebagai provider hosting dan domain website anda :

Idwebhost

Idwebhost adalah webhosting asli dari indonesia dan merupakan salah satu webshoting lokal paling berpengalaman. Ketika memilih hosting, anda bisa memilih untuk menggunakan jasa webhosting lokal ataupun luar negeri, masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun tentunya satu keunggulan penting dari webhost lokal seperti idwebhost yaitu metode pembayaran yang mudah menggunakan transfer bank, sedangkan apabila anda memilih menggunakan webhosting luar, harus menggunakan credit card atau metode pembayaran lainnya seperti paypal yang tentunya akan membuat proses transaksi sedikit lebih rumit.

Kelebihan lain dari idwebhost yaitu harganya yang relatif terjangkau namun tetap mengedepankan kualitas terbaik. Idwebhost juga sering memberikan promo-promo khusus, termasuk saat ini promo gratis domain dan SSL cukup dengan memesan paket hosting seharga Rp 18.000/bulan!

Untuk info lengkap silahkan langsung kunjungi situs idwebhost disini.

Menginstall CMS

Setelah setting hosting dan domain anda selesai dan website anda bisa diakses. Langkah selanjutnya adalah anda perlu menginstall cms untuk memudahkan anda mengatur website anda. CMS paling populer dan mudah digunakan adalah wordpress.

Langkah-langkah menginstall wordpress di hosting anda yaitu sebagai berikut :

Login ke cpanel hosting anda. Alamat, username dan password cpanel biasanya dikirimkan ke email setelah proses pembelian hosting anda selesai.

Di halaman cpanel, scroll ke bawah dan cari menu Softaculous apps installer. Dibawah menu ini terdapat beberapa aplikasi yang bisa anda install di website anda. Cari pilihan wordpress dan klik icon wordpress tersebut.

Install wordpress - cara membuat web yang menghasilkan uang

Anda akan masuk ke halaman instalasi wordpress. Klik tombol Install Now.

Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman setting instalasi wordpress di website anda. Berikut ini penjelasan masing-masing kolom instalasi yang perlu anda isi untuk memulai instalasi wordpress di server anda :

Choose Protocol :

Pilih protokol website anda, jika anda memiliki ssl baik membeli secara terpisah maupun bonus dari paket pembelian hosting dan domain anda, maka pilihlah protokol https, namun jika anda tidak memiliki ssl, pilih protokol http.

Choose Domain :

Pilih alamat domain / alamat website dimana anda akan menginstall wordpress.

In Directory :

Tentukan alamat directory dimana anda akan menginstall wordpress di situs anda. Apabila anda ingin menginstall wordpress di alamat utama website anda, biarkan kolom ini kosong.

Site Name:

Isi kolom ini dengan nama website anda.

Site Description :

Di kolom site description, anda bisa menuliskan deskripsi singkat mengenai website anda.

Setelah semua kolom terisi, klik tombol install. Tunggu beberapa saat, jika proses instalasi berhasil anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa proses instalasi sukses beserta seluruh informasi lengkap mengenai instalasi wordpress di situs anda.

Instalasi wordpress sukses

Menginstall Tema/Template

Setelah CMS berhasil diinstall, selanjutnya anda perlu menginstall tema di menu admin website anda. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah masuk ke menu admin wordpress website anda, caranya dengan menuju ke halaman : namasitusanda.com/wp-admin/

Login ke situs yang menghasilkan uang

Masukkan username dan password yang anda pilih saat melakukan instalasi wordpress dan klik tombol login. Jika login berhasil, anda akan masuk ke halaman admin website anda.

Untuk mengganti tema, klik menu appareance lalu klik sub menu themes. Disini anda akan menemukan tema-tema default bawaan wordpress. Jika anda memiliki tema lain yang ingin digunakan, klik add new. Setelah itu pilih file tema yg anda miliki dan klik upload. Setelah proses upload berhasil, tema anda akan tampil di daftar tema, namun tema anda belum diterapkan di situs anda. Untuk mengganti tampilan tema situs anda, klik tombol aktifkan di tema yang baru anda upload. Selamat, tema baru anda berhasil terinstall,
untuk mencobanya silahkan kunjungi website anda untuk melihat apakah tema berhasil terinstall dengan baik.

website-2-hari
Video Tutorial Membuat Website

Video tutorial lengkap cara membuat website sendiri dalam 2 hari dengan mudah dan cepat!

Download

Tulis Konten

Setelah instalasi website anda selesai, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengisi konten untuk website anda. Cara mengisi konten di website berbasis wordpress cukup mudah, caranya yaitu di halaman admin website anda, klik menu post dan klik add new. Anda akan diarahkan ke halaman post baru. Disini anda bisa menentukan judul dan mengetik isi konten untuk website anda. Setelah selesai, klik tombol publish. Maka konten yang baru saja anda tulis akan langsung muncul di halaman situs anda. Cukup mudah bukan?

Ketika menulis konten untuk website anda, hindari membuat konten hasil copy paste dari website lain karena akan menurunkan rating website anda sekaligus beresiko terkena penalty dari google. Cobalah untuk membuat konten yang bermanfaat sesuai dengan tema website anda, ingat semakin banyak informasi yang bermanfaat yang terdapat di website anda, maka semakin banyak pengunjung yang akan datang ke situs anda dan tentunya semakin besar juga penghasilan anda.

Jika anda tidak mempunyai cukup waktu untuk menulis konten, maka ada beberapa alternatif yang bisa anda lakukan, diantaranya :

Menggunakan Jasa Penulisan Content – Jasa penulisan content saat ini sangat banyak dan mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan jasa professional untuk menulis konten website anda, namun dengan biaya yang sedikit lebih tinggi, atau menggunakan jasa freelance/penulis lepas untuk menuliskan konten untuk website anda.

Menggunakan Artikel Spinner – Spinner artikel adalah suatu tools yang dapat digunakan untuk membuat konten unik. Dengan menggunakan artikel spinner, anda bisa mencari konten apapun di internet, memasukkannya kedalam tools, dan secara otomatis tools tersebut akan membuat konten hasil copy paste anda menjadi unik dan berbeda dengan konten awal. Artikel ini sangat bermanfaat bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menulis konten, karena anda bisa mengambil konten dari website manapun di internet dan merubahnya menjadi konten baru.

Membuat Website Anda bisa Menghasilkan Uang

Website anda telah selesai dan telah berisi konten-konten yang informatif, langkah selanjutnya untuk cara membuat situs yang menghasilkan uang adalah melakukan setting terakhir agar website anda bisa menghasilkan uang untuk anda. Namun setting ini tentunya sangat bergantung kepada jenis program penghasil uang apakah yang anda pilih.

Menggunakan Google Adsense

Jika anda memilih untuk menggunakan google adsense, anda bisa meletakkan kode iklan adsense di dalam website anda. Beberapa lokasi potensial untuk menyimpan kode iklan adsense yaitu di sidebar, header maupun di dalam artikel website anda. Untuk menyimpan iklan di sidebar, anda bisa masuk ke menu setting wordpress, pilih tombol appearance, lalu klik widget. Pilih jenis widget text/html, copy paste kan kode adsense yang anda dapatkan dari account adsense anda, lalu save widget tersebut di bawah menu sidebar.

Menggunakan Affiliasi

Jika anda ingin menggunakan website anda agar bisa menghasilkan uang dengan mengikuti program affiliasi, ada dua metode berbeda yang bisa anda gunakan agar pengunjung website anda bisa mengklik link affiliasi anda. Cara pertama yaitu menggunakan iklan banner yang bisa anda tempatkan di sidebar,header maupun footer website anda. Cara kedua yang terbukti lebih profitable adalah membuat review mengenai produk affiliasi yang anda pasarkan, dan memasukkan link affiliasi anda didalam review tersebut.

Promosikan Website Anda

Langkah terakhir setelah semua setting website anda selesai adalah mempromosikan website agar bisa mendapatkan banyak pengunung. Karena tanpa pengunjung, website yang sudah dibuat tidak akan bisa menghasilkan uang sama sekali.

Sebagian besar orang terutama yang baru memulai bisnis website online seringkali mengabaikan bagian ini, padahal, promosi merupakan hal terpenting dari keseluruhan proses bisnis website ini. Anda bahkan bisa membuat website paling bagus, namun tanpa promosi dan pengunjung, website anda akan menjadi sia-sia dan tidak menghasilkan uang. Sebaliknya, website yang “seadanya” bisa menjadi mesin penghasil uang yang baik jika sang pemilik website bisa melakukan promosi website tersebut dengan maksimal.

Ada beberapa metode untuk mempromosikan website. Berikut beberapa diantaranya :

Promosi Berbayar – Jika anda memiliki modal lebih, anda bisa menggunakan promosi berbayar. Promosi berbayar merupakan metode paling cepat yang bisa anda gunakan agar website anda bisa langsung mendapatkan pengunjung. Namun tentunya untuk menjalankan metode promosi ini, dana yang harus disiapkan cukup besar.

Promosi Gratis di Sosial Media – Pengguna sosial media yang semakin banyak setiap harinya menjadi suatu peluang bisnis yang sangat besar. Jika anda sudah mempunyai account sosial media dengan banyak follower ataupun teman, anda bisa memanfaatkan sosial media anda untuk mempromosikan website yang sudah anda buat.

Promosi Menggunakan SEO – Tahukah anda, sumber traffic/pengunjung paling potensial saat ini adalah dari search engine seperti google, yahoo maupun bing. Setiap harinya, tidak kurang dari 1 miliar pencarian dilakukan oleh pengguna internet menggunakan mesin pencari. Jika website anda bisa tampil di halaman depan hasil pencarian google, maka anda bisa mendapatkan pengunjung website secara gratis dengan jumlah yang sangat banyak! Metode untuk bisa tampil di halaman depan google inilah yang disebut dengan SEO atau search engine optimization.

Demikian tutorial mengenai cara membuat website yang menghasilkan uang.

Selanjutnya, bagi anda yang ingin membuat website secara gratis namun bisa menghasilkan uang, berikut kami berikan langkah-langkahnya :

Cara Membuat Website Gratis yang Menghasilkan Uang

Ketika memilih membuat website secara gratis, tentunya anda akan dihadapkan pada beberapa konsekusensi, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kerugian Website Gratis dibandingkan Website Berbayar untuk Menghasilkan Uang

Pilihan domain yang terbatas dan terlihat tidak profesional – Seperti kita tahu, sebuah nama domain merupakan alamat yang harus kita sewa pertahun untuk dapat menggunakan nama domain tersebut. Jika anda tidak ingin mengeluarkan dana untuk menyewa domain, maka mau tidak mau anda harus menggunakan domain gratis – yaitu berupa sub domain dari website/domain yang memberikan layanan website gratis.

Untuk lebih mudahnya mari kita gunakan contoh, ketika misalnya anda bersedia mengeluarkan sedikit uang, maka webiste anda bisa memiliki domain seperti : inflazz.com, yang mana domain tersebut terlihat lebih menarik dan profesional. Namun, jika anda menggunakan website gratis, maka alternatif alamat domain yang digunakan antara lain : inflazz.wordpress.com atau inflazz.blogspot.com. Bisa dilihat perbedaannya cukup signifikan bukan?

Anda tidak leluasa merubah tampilan website – Provider website gratis umumnya memberikan template bawaan dimana anda tidak bisa secara leluasa merubah tampilan template tersebut. Hal ini tentunya membuat kita sedikit kesulitan ketika akan menyesuaikan tampilan website dengan tema website yang akan dibuat.

Pilihan Monetizing yang Terbatas – Ada beberapa penyedia website gratis yang masih longgar memberikan keleluasaan untuk memasang berbagai metode penghasil uang di platform mereka. Namun tidak jarang, beberapa provider ada yang menolak pemasangan iklan ataupun cara-cara penghasil uang di website gratis yang dibuat di platform mereka, dan apabila anda ketahuan, maka website anda akan dibanned.

Untuk itu, pastikan anda memilih platform website gratis yang tepat sebelum memutuskan membuat website gratis di platform tersebut, terutama menyangkut aturan mengenai pemanfaatan website gratis mereka untuk menghasilkan uang. Karena ada beberapa platform yang hanya membolehkan website gratis yang dibuat ditempat mereka hanya sebagai sarana menulis, bukan sebagai sarana untuk mencari uang.

Lebih Sulit Mendapatkan Pengunjung – Ketika anda sudah memiliki sebuah website (gratis ataupun berbayar) tugas selanjutnya adalah mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung untuk masuk ke website anda. Meskipun tugasnya sama, namun ada perbedaan besar ketika menyangkut website gratis vs website berbayar, terutama ketika anda ingin mendapatkan traffic/pengunjung website dari mesin pencari atau search engine seperti google.

Ketika memiliki website berbayar, anda memiliki keleluasaan penuh untuk mengedit dan merubah website tersebut, berbeda dengan ketika menggunakan website gratis. Disini letak kelemahan website gratis, ketika anda harus melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan rating website anda di search engine google. Tanpa optimasi SEO, sangat sulit untuk membuat website anda bisa muncul di posisi pertama bahkan untuk sekedar muncul di halaman pertama di hasil pencarian di google.

Setelah membaca beberapa kerugian website gratis dibandingkan dengan website berbayar, mungkin anda bisa memilih akan menggunakan website jenis mana.

Namun jika anda tetap ingin menggunakan website gratis, tidak masalah. Berikut ini akan kami berikan panduan membuat website gratis yang menghasilkan uang :

Membuat Website Gratis yang Menghasilkan Uang

Mendaftar di Situs Penyedia Website Gratis

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mendaftar di situs yang menyediakan website gratis dimana anda bisa mendaftar disana dan membuat website anda menggunakan platform mereka. Beberapa situs yang sering digunakan antara lain blogspot maupun wordpress.

Saat mendaftar, anda bisa memilih nama domain anda serta template website yang nantinya akan menjadi base tampilan website anda.

Lengkapi Situs Anda

Selanjutnya setelah berhasil mendaftar dan membuat website, anda harus melengkapi situs anda dengan berbagai konten yang sesuai dengan tema yang ingin anda buat. Selain itu jangan lupa untuk membuat beberapa artikel yang menarik dan bermanfaat, dan selalu ingat, usahakan untuk membuat artikel hasil karya anda sendiri dan bukan merupakan hasil copy paste dari website lain karena bisa merusak reputasi website anda di mata mesin pencari google.

Monetize Situs Anda Sehingga Bisa Menghasilkan Uang

Setelah dirasa cukup lengkap dan memiliki beberapa artikel, maka anda sudah bisa memasukkan iklan atau apapun yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari website anda. Untuk metode monetize ini anda bisa baca diatas pada bagian website berbayar, karena kurang lebih metodenya sama. Namun anda harus memastikan metode tersebut diperbolehkan oleh platform penyedia website gratis anda, karena jika tidak, website anda bisa jadi akan di banned.

Promosikan Situs Anda

Jika seluruh metode penghasil uang berhasil dipasangkan, maka selamat! Anda berhasil melewati tahapan pertama membuat website gratis yang menghasilkan uang. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan, adalah mempromosikan website anda, baik menggunakan sosial media, comment di website lain, ataupun dengan menggunakan SEO sehingga bisa mendapatkan banyak pengunjung. Ingat, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, semakin banyak pengunjung maka semakin banyak uang yang bisa dihasilkan oleh website anda.

Selamat Mencoba!

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 23 Januari 2018 | Share artikel ini di :