Cara Mempromosikan Website – Cara Promosi Online

Cara Mempromosikan Website – Cara Promosi Online

Tutorial Cara Mempromosikan Website Online Secara Gratis maupun Berbayar

Anda mungkin dapat menciptakan website dengan tampilan terbaik dan sudah memonetize website anda tersebut agar bisa menghasilkan uang, namun tanpa promosi ataupun marketing, semua usaha anda akan sia-sia. Apabila tidak ada orang datang mengunjungi website anda, anda tidak akan pernah mendapatkan penghasilan. Sebaliknya, website dengan tampilan buruk sekalipun, apabila cara mempromosikan website nya dilakukan dengan baik dapat menghasilkan banyak uang untuk pemiliknya.

Konsep ini sebenarnya sama dan belaku untuk semua jenis bisnis. Bisnis apapun, meskipun anda menawarkan produk terbaik dengan harga termurah sekalipun namun tanpa promo yang baik, anda tetap akan kalah oleh bisnis lain yang melakukan promo lebih effisien.

Tujuan utama dari mempromosikan website adalah mendapatkan traffic atau pengunjung untuk masuk ke website anda. Lebih banyak pengunjung tentu akan menghasilkan lebih banyak uang untuk anda. Namun satu hal penting lain selain jumlah pengunjung adalah relevansi pengunjung. Memiliki banyak pengunjung website namun tidak sesuai dengan target website anda, maka akan sia-sia. Contoh pengunjung yang tertarget adalah sebagai berikut :

Anda memiliki website affiliasi membahas seputar handphone merk tertentu, misalkan merk samsung. Di website tersebut anda menaruh link affiliasi agar orang yang membaca artikel anda mengklik link tersebut dan membeli produk handphone samsung dan anda akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yg terjual melalui website anda.

Website anda dapat dikatakan memiliki pengunjung relevan apabila orang yang masuk ke situs anda adalah orang-orang yg memang tertarik ingin membeli handphone samsung. Jika anda mendapatkan pengunjung yang masuk kedalam kategori ini, maka potensi anda menghasilkan penjualan sangatlah besar.

Selanjutnya ada kategori semi relevan. Untuk contoh website samsung ini, pengunjung yang masuk kedalam kategori semi relevan yaitu orang yang memang memiliki niat untuk membeli handphone, namun belum menentukan merk apa yang akan mereka beli. Mereka mungkin saja mengunjungi situs anda untuk membanding-bandingkan keunggulan samsung dibandingkan merk lainnya seperti apple, lg, atau merk-merk handphone lainnya. Tugas anda sedikit lebih berat jika mendapatkan pengunjung kategori ini, karena anda perlu membuat artikel ataupun isi website untuk dapat meyakinkan orang ini untuk memilih handphone samsung dibandingkan handphone lainnya. Apabila berhasil dan pengunjung tersebut memilih handphone samsung dan membeli melalui link affiliasi anda, maka anda akan mendapatkan penghasilan. Namun bila anda gagal meyakinkan mereka, maka konsumen ini akan pergi dari website anda dan mencari handphone merk lain.

Terakhir adalah jenis pengunjung yg sama sekali tidak relevan. Jenis pengunjung ini dapat dibilang sia-sia dan “tidak berguna” untuk website anda. Mereka adalah orang-orang yang sama sekali tidak berminat membeli handphone baik merk samsung yang anda pasarkan atau bahkan merk lain sekalipun. Orang ini bisa sampai ke website anda karena beberapa hal, salah satunya adalah karena promo anda tidak tepat sasaran. Hindari mendapatkan visitor website seperti ini karena hanya akan menghabiskan waktu, tenaga dan juga biaya iklan anda.

Pada cara mempromosikan website, ada tiga kategori utama promo/marketing yang banyak digunakan. Yaitu promo berbayar, promo gratis via social media ataupun website lain, dan terakhir jenis promo paling powerfull,efisien dan efektif adalah promo menggunakan SEO. Ketiga jenis metode promo ini akan kita bahas secara detail diartikel cara mempromosikan website ini.

Promo Berbayar

Apabila anda memiliki dana lebih untuk mempromosikan website agar mendapatkan pengunjung. Marketing website berbayar yang banyak digunakan pada umumnya terbagi dua, yaitu dengan sistem pay per click atau sistem pembayaran langsung.

Beberapa situs yang menawarkan metode iklan pay per click yang bisa anda manfaatkan diantaranya adalah :

Google Adwords

Google adwords merupakan divisi khusus dari google group khusus untuk fokus di bidang periklanan. Dengan bergabung ke program adwords, anda bisa membuat iklan berbasis pay per click untuk website milik anda. Iklan adwords sendiri pada umumnya akan ditempatkan di dua tempat berbeda, pertama yaitu di halaman hasil pencarian google. Yang kedua yaitu di website partner.

Memasang iklan adwords di halaman hasil pencarian google sangatlah banyak diminati, meskipun memberikan rate per click sedikit lebih tinggi, namun mereka yang mengklik iklan anda merupakan pengunjung yg sangat relevan. Karena google adwords hanya akan menampilkan iklan anda di halaman hasil pencarian google yang sesuai dengan kata kunci yang mirip dengan website milik anda. Misalkan website anda merupakan website yang menjual spare part otomotif, maka iklan anda akan ditampilkan di halaman hasil pencarian google saat seseorang mencari dengan kata kunci “toko otomotif online” atau “beli spare part otomotif murah” di google. Sedangkan untuk pencarian dengan kata kunci lain yang tidak berhubungan, iklan anda tidak akan ditampilkan oleh google adwords.

Selanjutnya adalah penempatan di website partner. Website partner ini merupakan website-website yang mendaftarkan diri untuk bergabung di program iklan google dan siapapun pemilik website bisa ikut ke program ini. Nantinya, google adwords akan mencari website partner yang memiliki halaman dengan tema sesuai dengan situs anda, misalkan dalam hal ini situs anda merupakan toko spare part otomotif, maka google akan menampilkan iklan anda di website-website yg membahas mengenai otomotif seperti website yg mereview mobil-mobil terbaru ataupun website yang membahas mengenai tips-tips otomotif.

Facebook Ads

Media promosi pay per click lainnya yang banyak digunakan yaitu facebook ads. Sebenarnya facebook ads menawarkan banyak sistem pembayaran selain pay per click, diantaranya yaitu pay per impression dan metode metode lain. Namun untuk mendapatkan efektifitas lebih tinggi sangat disarankan anda memilih metode pay per click.

Jika anda mengikuti program facebook ads, nantinya iklan website anda akan tampil di halaman pengguna facebook yang anda targetkan. Namun sedikit berbeda dengan google adwords, agak sedikit sulit untuk mengatur agar anda mendapatkan pengunjung relevan di facebook ads ini. Karena pada facebook ads settingan yang ada lebih menitik beratkan kepada karakteristik pengguna facebook yang akan anda target, seperti misalkan usia, lokasi, pekerjaan, dan lain sebagainya. Namun disisi lain anda akan kesulitan untuk mengetahui apakah mereka berminat dengan produk anda atau tidak.

Sistem pay per click merupakan sistem promo yg sangat banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan sistem ini, anda hanya perlu membayar biaya promo disaat iklan/media promosi anda di klik oleh visitor. Jadi, anda hanya perlu membayar untuk setiap visitor masuk ke website kepunyaan anda. Rate untuk biaya pay per click sangatlah bervariasi, umumnya mulai dari ratusan hingga ribuan rupiah untuk setiap klik nya Jika anda menggunakan sistem iklan pay per click, anda perlu sangat berhati-hati karena jangan sampai anda membayar biaya iklan jauh lebih besar dibandingkan dengan penghasilan yang anda dapatkan dari website milik anda. Ada rumus sederhana untuk menghitung efektifitas iklan par per click, yaitu sebagai berikut :

Profit per sale / (rate per click / conversion rate) = ratio

Rate per click merupakan biaya per klik untuk setiap klik ke website anda. Misalkan untuk setiap kliknya anda harus membayar Rp 150.

Conversion rate merupakan persentase rata-rata jumlah pengunjung yang melakukan pembelian di website milik anda. Misalkan dari 100 orang yg datang ke website anda, 10 diantaranya sukses membeli produk di situs anda, maka conversion rate website anda berada di angka 10%.

Profit per sale merupakan nilai rata-rata keuntungan yang anda dapatkan untuk setiap penjualan produk dari website anda. Dalam contoh ini kita asumsikan anda mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 25.000 untuk setiap penjualan.

Masukkan angka-angka ini kedalam rumus, sehingga menghasilkan 25.000/(150 / 10%) = 16x. Maka rasio ini sangatlah baik. Dimana dengan kata lain profit yang anda dapatkan dari setiap penjualan adalah sebesar 16x lipat dari biaya promosi anda. Sekarang mari kita coba rubah parameternya agar anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik.

Kali ini rate per click yang harus anda bayarkan adalah sebesar Rp 2000, lalu persentase pembelian dari website anda hanya sebesar 5% dari total pengunjung dengan profit masing-masing penjualan rata-rata adalah sebesar Rp 35.000. Maka jika kita masukkan ke rumus menghasilkan 35.000/(2000/5%) = 0,8x atau anda hanya mendapatkan 0,8 x dari investasi promosi anda, dengan kata lain anda malah mengalami kerugian karena investasi promosi anda bahkan tidak mencapai BEP (1x nilai investasi).

Lalu bagaimana jika ternyata rasio website saya seperti ini? Beberapa solusi bisa digunakan, diantaranya yaitu mencari media iklan yang mampu memberikan rate iklan per klik lebih rendah, memperbesar conversion, ataupun memperbesar penghasilan untuk setiap penjualan anda.

Untuk mendapatkan rate iklan per klik lebih rendah, anda bisa mencoba untuk mencari sarana promosi pay per click lain selain yang saat ini anda gunakan. Di internet ada sangat banyak media promosi menawarkan metode pay per click yang bisa anda gunakan sebagai perbandingan.

Untuk memperbesar conversion rate, beberapa cara bisa anda lakukan. Diantaranya yaitu membuat website anda lebih menarik ataupun memperbaiki kata-kata promosi penjualan di website anda, sehingga lebih banyak pengunjung akan membeli produk di website anda.

Terakhir yaitu dengan memperbesar penghasilan. Menaikkan harga jual tentunya cara paling mudah, namun sangat tidak disarankan. Anda bisa lebih kreatif mencari cara untuk mendapatkan penghasilan per penjualan lebih besar seperti misalnya mengurangi cost/biaya yg harus dikeluarkan untuk setiap penjualan ataupun mencari supplier lain untuk mendapatkan harga modal lebih rendah.

Promo Gratis

Jika budget iklan website anda terbatas, anda dapat memanfaatkan banyak metode untuk promosi gratis website anda. Berikut ini beberapa cara promo website gratis yang bisa anda terapkan untuk website anda :

Promo Website di Sosial Media

Semakin hari, pengguna sosial media semakin banyak termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, sosial media seringkali dijadikan alat promo yang sangat baik dan efektif guna mendapatkan banyak pendatang ke website anda. Jika anda sering menggunakan beberapa media sosial seperti facebook, twitter, serta media sosial lainnya, mungkin anda sering melihat banyak sekali orang maupun perusahaan melakukan promo website mereka ataupun artikel di website mereka di account sosial media resmi mereka. Anda boleh mengikuti cara ini, terutama jika anda memiliki banyak teman ataupun follower di sosial media anda. Untuk menarik minat banyak orang, cobalah untuk menshare artikel-artikel bermanfaat dari website anda di account sosial media anda.

Memanfaatkan Search Engine

Sejak awal ditemukannya search engine, mesin pencari ini terus berkembang sampai akhirnya bisa dikatakan search engine merupakan salah satu sumber traffic terbesar ke website. Bayangkan saja, ada triliunan pencarian dilakukan setiap harinya di mesin pencari! Jadi dengan kata lain ada triliunan traffic website yang sedang mencari website mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. jangan lupakan juga bahwa traffic pengunjung dari search engine ini bisa anda dapatkan secara gratis. Jadi jika website buatan anda sudah berada di peringkat pertama hasil pencarian di search engine seperti google, setiap orang yang mencari di google dan mengklik website milik anda, anda akan mendapatkan calon konsumen tanpa perlu membayar biaya promosi apapun.

Namun tentunya untuk bisa berada di posisi atas pencarian google tentu tidak mudah. Ada ratusan, ribuan bahkan jutaan website yg saling bersaing menempati posisi teratas untuk masing-masing kata kunci berbeda. Coba anda ketikkan “toko online” di google, dan anda akan menemukan jutaan website toko online yang saling berebut posisi teratas, namun tentunya orang yang mencari di google hanya akan masuk ke website yang berada paling tidak di halaman pertama hasil pencarian. Jika website buatan anda berada di halaman ke 5 bahkan ke 10, agak sedikit mustahil untuk bisa mendapatkan pengunjung. Untuk itu anda harus mengoptimalkan website sehingga bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian google. Cara atau metode yang digunakan untuk mendapatkan ranking tinggi ini disebut dengan SEO atau Search Engine Optimization.

SEO adalah suatu cara mempromosikan website dengan mengoptimalkan website dimata search engine sehingga bisa mendapatkan posisi tinggi di halaman hasil pencarian google. Untuk mengoptimasi SEO memang tidaklah mudah, ada puluhan hingga ratusan faktor yang mempengaruhi kualitas SEO website, dan mengoptimalkan seluruh faktor-faktor tersebut tentu tidaklah mudah. Apalagi jika anda salah mengoptimasi, bukannya website anda akan muncul di halaman pertama, namun malah bisa jadi anda terkena penalti dan website tersebut akan terhapus dari halaman pencarian google. Oleh karena itu jika anda ingin mengoptimalkan SEO website milik anda, anda haruslah sangat berhati-hati.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 23 Januari 2018 | Share artikel ini di :

Artikel Lainnya

Panduan Lengkap SEO untuk Website Anda Panduan SEO

Panduan SEO terlengkap untuk membuat website anda bisa muncul di halaman depan hasil pencarian google dan search engine lainnya.

Rekomendasi Kursus SEO Terbaik di Indonesia Kursus SEO Terbaik

Rekomendasi kursus SEO terbaik bagi anda yang menginginkan website anda bisa berada di posisi pertama hasil pencarian google.

Tips dan Trik SEO Buat Blog Trik SEO Blog

Beragam tips dan trik SEO buat blog untuk membuat blog bisa tampil di halaman depan mesin pencari google

Tutorial Cara Membuat Iklan di Facebook Membuat Iklan di Facebook

Cara efektif membuat iklan di facebook untuk mempromosikan produk atau bisnis anda.