Cara Mendapatkan Uang dari Website Kita

Tutorial bagaimana cara mendapatkan uang dari website kita, penjelasan lengkap bagaimana cara menghasilkan uang dari website sendiri dengan mudah dan cepat!
Cara Mendapatkan Uang dari Website Kita

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Website?

Untuk anda yang sudah memiliki sebuah website atau blog namun bingung bagaimana cara menghasilkan uang dari situs yang anda miliki, anda berada di halaman website yang tepat! Disini akan dijelaskan metode-metode yang bisa anda gunakan sehingga website anda bisa menjadi mesin penghasil uang untuk anda! Metode yang kami jelaskan disini merupakan metode yang cukup mudah diikuti dan bisa memberikan anda penghasilan tambahan yang sangat menjanjikan terutama jika anda fokus dan disiplin untuk menjalankan metode tersebut.

Tutorial Lengkap Cara Mendapatkan Uang dari Situs Website

Ada banyak metode berbeda yang bisa anda gunakan untuk memanfaatkan website anda agar bisa menghasilkan uang. Pada artikel ini kami akan menjelaskan secara garis besar beberapa metode paling umum dan menguntungkan yang bisa anda gunakan untuk membuat website anda menjadi sebuah mesin penghasil uang. Anda bisa memilih salah satu metode atau bahkan menggabungkan beberapa metode sekaligus untuk diaplikasikan di situs anda.

Namun sebelum mulai masuk ke bahasan utama kita mengenai metode-metode menghasilkan uang dengan menggunakan website, terlebih dahulu saya akan bahas kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh pebisnis online. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pemula yang baru memulai bisnis websitenya adalah, mereka pada umumnya membuat website terlebih dahulu, baru kemudian mencari metode penghasil uang untuk diintegrasikan kedalam website mereka. Memang, hal ini tidak sepenuhnya salah, namun apabila anda ingin fokus dan serius ingin menggeluti bisnis internet marketing, maka sebaiknya pola ini dirubah.

Jadi sangat disarankan, sebelum anda membuat suatu website, terlebih dahulu anda fokus menentukan metode penghasil uang manakah yang akan digunakan. Setelah itu baru anda membuat website yang di optimasi khusus untuk metode tersebut sehingga bisa menghasilkan uang secara maksimal.

Oke sekarang kita masuk ke bahasan utama kita mengenai metode penghasil uang melalui website. Secara sederhana, anda mendapatkan uang dengan memasang iklan di website anda, dan pemasang iklan tersebut membayar anda menggunakan beberapa metode perhitungan yang berbeda. Untuk lebih memahami hal ini, kami jelaskan terlebih dahulu tentang metode perhitungan pendapatannya :

Metode dan Cara Dapat Uang dari Website Kita

1. CPC (Cost Per Click)

Metode cost per click merupakan metode paling mudah dan sederhana yang sering digunakan sebagai metode menghasilkan uang untuk situs web. Cara kerja pola cost per click yaitu anda akan dibayar tergantung berapa banyak iklan anda di klik oleh pengunjung website anda. Nilai tiap kliknya juga bervariasi tergantung kategori iklan yang dipasang.

Untuk lebih mudah memahami pola cost per click ini mari kita gunakan contoh sebagai berikut :

Anda memiliki sebuah website yang membahas mengenai gadget dan elektronik. Kemudian anda mendaftarkan diri untuk mengikuti program cost per click yang akan anda gunakan untuk menghasilkan uang dari web. Setelah mendaftar, anda memasang code iklan di website anda, dan ketika pengunjung membuka website anda, mereka akan melihat iklan tersebut di halaman website anda. Iklan yang akan ditampilkan tentunya bermacam-macam dan ditentukan oleh sistem, namun pada umumnya iklan yang ditampilkan merupakan iklan yang berhubungan dengan isi konten dari website anda. Jika dalam hal ini website anda membahas mengenai gadget dan elektronik, maka mungkin iklan produk smartphone terbaru atau produk-produk elektroniklah yang akan muncul.

Kembali ke contoh, ketika pengunjung melihat iklan tersebut namun tidak mengklik iklan anda, maka anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Namun ketika ada pengunjung yang tertarik dan kemudian mengklik iklan di website anda, anda akan dibayar sesuai dengan rate yang berlaku. Sangat sederhana bukan? Yang perlu anda lakukan adalah membuat sebanyak mungkin pengunjung yang mengklik iklan anda sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar, karena semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan anda, semakin besar pula pendapatan yang akan anda dapatkan.

Keunggulan Metode Cost Per Click :

Metode cost per click memiliki beberapa keunggulan ketika digunakan sebagai metode untuk menghasilkan uang, diantaranya :

Mudah dan Cepat diimplementasikan

Metode ini merupakan salah satu metode paling mudah untuk menghasilkan uang menggunakan website anda. Proses pendaftaran hingga instalasi code iklan pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, dan website anda bisa langsung mulai menghasilkan uang setelah anda selesai melakukan set up code iklan di website anda.

Bisa digunakan untuk website apapun

Jika memilih menggunakan metode cost per click sebagai cara mendapatkan uang dari website kita, anda juga bisa mendapatkan kemudahan yaitu anda bisa menggunakan metode ini untuk website apapun. Bahkan bisa digunakan untuk website yang sudah anda punya sekalipun. Selain itu, berbeda dengan metode lainnya, anda bisa lebih leluasa dan bebas membuat website dengan tema maupun isi konten apapun karena iklan cpc yang akan ditampilkan di website andalah yang nantinya akan menentukan jenis iklan apa yang akan ditayangkan di website anda. Beda dengan metode lain yang mengharuskan anda membuat website yang didesain khusus untuk suatu kategori untuk metode penghasil iklan tertentu.

Iklan akan selalu tersedia

Banyaknya advertiser atau pengiklan yang mengandalkan metode ini untuk memasarkan jasa atau produk mereka menjadi suatu keunggulan tersendiri. Karena anda tidak akan pernah kehabisan iklan yang tersedia untuk ditayangkan di website anda, apapun kategori dan isi tema dari website anda.

Kekurangan Metode Cost Per Click :

Dibalik semua kemudahan yang diberikan oleh cara hasilkan uang dari website dengan metode cost per click, tentunya ada juga beberapa kekurangan yang harus menjadi pertimbangan anda, diantaranya :

Hasil yang didapat tidak akan terlalu besar

Karena cara menghasilkan uangnya yang sangat mudah, cukup menunggu pengunjung mengklik iklan di website anda, tentunya akan sejalan dengan penghasilan yang akan anda dapatkan. Rate per klik iklan cpc pada umumnya sangat kecil, seringkali anda hanya akan mendapatkan 50-200 rupiah untuk sekali pengunjung mengklik iklan anda. Jadi untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan menggunakan metode ini, anda perlu memiliki website dengan pengunjung yang sangat banyak setiap harinya. Karena jika pengunjung website anda sedikit, penghasilan yang dihasilkan pun akan sangatlah kecil jika anda menggunakan metode cost per click.

Setelah memahami cara kerja dan keunggulan serta kerugian dari metode cost per click, selanjutnya anda perlu mengetahui lebih detail bagaimana sebenarnya metode ini bekerja.

Metode penghasil uang cost per click bekerja kolaborasi antara tiga pihak, yaitu pemasang iklan/advertiser, lalu anda sebagai penyedia space iklan, dan terakhir adalah perusahaan perantara. Cara kerjanya sangatlah sederhana, pemasang iklan mendaftarkan iklan mereka kepada perusahaan perantara, lalu perusahaan perantara inilah yang akan memasang iklan di website-website yang sudah bekerjasama dengan mereka, termasuk website anda. Para pemasang iklan ini nantinya akan ditagih bayaran ketika iklan mereka di klik oleh pengunjung website, dan mereka akan membayar kepada perusahaan perantara. Lalu perusahan perantara inilah yang kemudian membayar kepada anda yang menyediakan space iklan tentunya setelah dipotong komisi dan biaya jasa mereka.

Lalu siapa yang mententukan besaran nilai biaya yang harus dibayarkan oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang mereka dapatkan? Perusahan perantara lah yang menentukannya dengan metode lelang. Kembali kita gunakan contoh agar memudahkan anda memahami cara kerja metode lelang ini. Menggunakan contoh diatas, anda memiliki website mengenai gadget dan elektronik. Disisi lain, ada 10 pemasang iklan dari perusahaan gadget berbeda yang ingin memasang iklan di website anda (diasumsikan tidak ada website lain yang membahas mengenai gadget dan elektronik), dan pemasang iklan ini saling berlomba-lomba memberikan penawaran tertinggi. Dan ketika suatu pemasang iklan memenangi lelang dengan memberikan harga tertinggi dan tidak ada pemasang iklan lainnya yang berani menandingi penawaran mereka, maka dialah pemenangnya sehingga iklan milik pemasang iklan yang memenangi lelang inilah yang akan dipasang di website anda.

Tentunya sistem yang berjalan jauh lebih rumit karena melibatkan sangat banyak website yang serupa dengan anda, dan pemasang iklan memiliki banyak pilihan untuk menentukan pilihan di website mana mereka akan menawar harga tinggi, dan di website mana mereka hanya akan menawar dengan harga rendah.

Salah satu cara agar anda bisa mendapatkan harga yang tinggi adalah membuat website anda populer dan memiliki banyak pengunjung. Tentunya semakin populer dan terkenal website anda, maka semakin tinggi penawaran harga yang berani diajukan oleh pemasang iklan. Namun apabila website anda kurang terkenal dan hanya memiliki sedikit pengunjung, tentunya pemasang iklan akan menawar harga rendah.

Tips untuk sukses berbisnis website dengan metode cost per click
Seperti sudah dijelaskan diatas, traffic atau jumlah pengunjung merupakan faktor paling penting agar anda bisa mendapatkan banyak penghasilan dengan menggunakan metode ini. Karena nilai per klik nya yang cenderung kecil, maka tentu anda perlu bermain dengan kuantitas agar bisa sukses dengan metode cost per click.
Selain itu, dengan memiliki banyak pengunjung akan meningkatkan nilai tawar website anda di mata pemasang iklan. Sehingga jika anda memiliki banyak pengunjung yang datang ke website anda tiap harinya, selain mendapatkan lebih banyak klik iklan, anda juga bisa menaikan rate biaya per klik setiap iklannya.

2. Cost Per Acquisition/Cost Per Action (CPA)

Pada dasarnya, metode ini mirip dengan metode sebelumnya yaitu cpc, dimana dengan cara monetizing website kita menggunakan metode ini anda harus memasang iklan dari pemasang iklan di website anda. Namun letak perbedaannya dari cara pembayaran yang anda dapatkan. Jika di metode cost per click anda mendapatkan bayaran untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung website anda, untuk metode ini anda belum mendapat bayaran apabila pengunjung website anda mengklik iklan. Anda baru akan mendapatkan bayaran apabila pengunjung yang mengklik iklan melakukan action yang diwajibkan setelah mereka mengklik ikaln tersebut. Jenis actionnya tentu berbeda-beda, namun kebanyakan mewajibkan pengunjung website anda membeli produk di halaman iklan yang mereka klik. Dan anda akan mendapatkan komisi baik itu fixed commission maupun persentase dari nilai penjualan.

Metode CPA ini seringkali juga disebut dengan metode bisnis affiliasi.

Oke kembali untuk memudahkan anda, ilustrasi tentunya merupakan cara termudah agar anda lebih memahami metode CPA ini.
Kembali menggunakan contoh yang sama, anda memiliki sebuah website mengenai gadget dan elektronik. Kemudian anda mendaftarkan diri untuk mengikuti suatu program CPA yang memberikan anda komisi 5% dari setiap penjualan, dan anda mendapatkan kode iklan untuk dipasang di website anda. Setelah melakukan setup code iklan, maka iklan tersebut akan muncul ketika pengunjung membuka website anda.

Setelah anda selesai melakukan setting iklan. Ada pengunjung yang masuk ke website anda dan membaca-baca artikel di website anda tersebut. Pengunjung tersebut kemudian tertarik dengan iklan suatu produk gadget yang ada di website anda dan mengklik iklan tersebut yang mengarah ke halaman situs pemasang iklan gadget tersebut. Namun ternyata saat masuk kehalaman pemasang iklan, pengunjung situs anda tidak jadi tertarik dan tidak membeli gadget yang diiklankan tersebut dan keluar dari situs pengiklan. Untuk kasus pengunjung ini anda tidak mendapatkan apa-apa meskipun dia sudah menglik iklan anda, sedangkan pada metode cpc anda akan mendapatkan penghasilan karena dia sudah mengklik iklan di website anda.

Tidak lama berselang ada pengunjung lain yang masuk ke website anda, kemudian dia melihat iklan yang sama, mengklik iklan tersebut, dan karena sang pengunjung memang sedang mencari barang tersebut, maka ia membelinya, misalkan dengan harga Rp 2.000.000 rupiah. Setelah pengunjung tersebut selesai melakukan transaksi, anda akan langsung mendapatkan komisi sebesar 5% x Rp 2.000.000 yaitu sebesar Rp 10.000. Cukup besar bukan? Ya meskipun sedikit lebih sulit untuk mendapatkan pengunjung yang berhasil membeli produk pengiklan, namun reward yang diberikan untuk setiap penjualan tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan metode cpc.

Keunggulan Metode CPA

Komisi jauh lebih besar

Salah satu alasan banyak internet marketeer yang memilih metode CPA dibanding CPC sebagai cara dapatkan uang dari website yaitu karena komisi yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan dengan CPC. Tidak jarang ada program CPA yang bahkan menawarkan komisi hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah untuk setiap produk yang berhasil terjual melalui website anda, sangat menarik bukan?

Tidak perlu traffic yang banyak

Jika untuk sukses dengan metode CPC anda memerlukan sangat banyak pengunjung yang mendatangi website anda, ketika menggunakan metode CPA anda bisa mendapatkan penghasilan yang sama besarnya hanya dengan sedikit pengunjung. Dan tentunya jika anda mendapatkan pengunjung yang jauh lebih banyak, maka otomatis penghasilan anda akan bertambah besar.

Kekurangan Metode CPA

Anda harus memiliki pengunjung yang “targeted”

Jika anda memiliki website gadget dan elektronik seperti contoh kita, ketika website anda dikunjungi oleh mereka yang hanya sekedar membaca-baca dan tidak berniat membeli maka anda mungkin tidak akan mendapatkan penghasilan. Anda harus mendapatkan pengunjung yang pas, dalam hal ini pengunjung website anda haruslah mereka yang memang sedang berniat untuk membeli barang-barang gadget atau elektronik, karena anda baru akan mendapatkan penghasilan apabila pengunjung anda ini membeli barang yang dijual oleh pengiklan.

Berbeda dengan konsep CPC, jika anda ingin sukses berbisnis online dengan menggunakan metode CPA maka sangat disarankan anda terlebih dahulu memilih produk atau jasa apa yang akan anda pasarkan di website anda, kemudian lalu anda membuat suatu website yang membahas produk tersebut. Tentunya hal ini juga dikarenakan pengiklan yang menggunakan metode CPA tidak sebanyak mereka yang memilih metode CPC. Jadi apabila anda terbalik, yaitu membuat website dahulu kemudian mencari produk CPA, anda akan kesulitan karena pilihan produk yang tergabung dalam program CPA cukup terbatas.

3. Fixed Cost Ads

Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan sebagai cara mendapatkan uang dari blog atau website kita. Dengan metode ini anda menetapkan bayaran yang fix, misalkan Rp 500.000/bulan untuk pemasang iklan yang ingin memasang iklan di website anda. Namun kendalanya ialah untuk mendapatkan pengiklan yang mau memasang fixed cost ads di website anda, butuh effort yang tidak mudah seperti ketika anda mengikuti program CPA atau CPC karena sampai saat ini belum ada situs perantara yang menyediakan jasa ini. Sehingga menurut pengalaman penulis, metode ini jarang sekali digunakan oleh para pebisnis internet. Kecuali anda mempunyai website yang besar dengan jutaan pengunjung perharinya, maka anda akan lebih mudah mencari pemasang iklan yang mau memasang iklan di situs anda dengan konsep fixed cost.

Keunggulan fixed cost ads diantara lain adalah anda akan mendapatkan penghasilan yang tetap, tidak peduli berapa banyak pengunjung website yang datang ke website anda, anda akan tetap mendapatkan penghasilan yang sama sesuai kesepakaan diawal. Keunggulan lainnya adalah anda bisa mendapatkan uang diawal, berbeda dengan metode lainnya dimana anda baru akan mendapatkan uang dibelakang, pada konsep fixed cost ads, begitu anda mendapatkan kesepakatan dengan pemasang iklan, mereka akan membayar terlebih dahulu didepan.

Sementara itu kekurangan dari metode ini adalah anda akan cukup kesulitan mendapatkan advertiser yang mau memasang iklan dengan metode ini. Dan untuk itu anda perlu mengeluarkan sedikit effort untuk mencari pemasang iklan yang mau memasang iklan di situs milik anda.

Setelah memahami ketiga metode umum untuk menghasilkan uang tersebut, maka tentunya anda sudah memiliki pilihan atau setidaknya gambaran metode mana yang akan anda gunakan. Selanjutnya kita akan bahas platform/website yang bisa anda gunakan untuk mendaftar salah satu program tersebut diatas.

1. Google Adsense (CPC)

Google adsense merupakan salah satu platform penghasil uang dengan konsep cpc yang paling populer. Salah satu keunggulannya adalah banyaknya pemasang iklan/advertiser yang bergabung dengan program google adsense ini sehingga para pemilik website tidak akan kehabisan stok iklan untuk dipasang di website mereka.

Jika anda serius ingin menggeluti bisnis website berbasis CPC, tentunya google adsense merupakan pilihan yang tepat sebagai partner anda. Nama besar google tentunya sudah menjadi jaminan bahwa program ini terpercaya. Terlebih saat ini google adsense sudah mendukung bahasa indonesia, dan banyak pengiklan dari indonesia yang mendaftarkan diri di jaringan google untuk mencari website berbahasa indonesia yang mau menampilkan iklan mereka.

Untuk membaca tutorial dan penjelasan lengkap mengenai google adsense, bisa dibaca disini.

2. Clickbank (CPA)

Clickbank merupakan situs perantara CPA yang paling terkenal di dunia. Pebisnis online top banyak yang menghasilkan hingga ratusan juta rupiah perbulan menggunakan clickbank. Pilihan produk mereka pun sangat beraneka ragam sehingga anda bisa memilih produk mana yang akan anda tawarkan di website anda.

Namun tentunya untuk bisa efektif mengikuti program clickbank, anda harus memiliki website berbahasa inggris, karena seluruh produk yang dijual di clickbank merupakan produk internasional yang berbahasa inggris.

Kelebihan dari clickbank yang membuatnya banyak diminati adalah tawaran komisi yang sangat besar, bahkan bisa mencapai 75% dari harga jual produk!

Penjelasan lengkap mengenai clickbank mulai dari cara mendaftar hingga bisa sukses berbisnis clickbank bisa anda baca di artikel ini.

3. Lazada (CPA)

Lazada merupakan salah satu marketplace terkemuka di indonesia yang berasal dari german. Saat ini lazada tidak hanya merupakan salah satu pemimpin pasar marketplace di indonesia, tetapi juga di negara-negara asia tenggara lainnya seperti singapura, malaysia, philiphina dan thailand.

Dalam mengembangkan bisnis mereka sehingga bisa menjadi besar seperti sekarang, lazada banyak dibantu oleh peran para pemilik website untuk membantu memasarkan produk-produk yang mereka jual melalui program affiliasi mereka yang berkonsep CPA. Dimana anda sebagai pemilik website bisa menggunakan lazada sebagai salah satu metode penghasil uang dari website anda dimana anda akan mendapatkan penghasilan atau komisi untuk setiap produk yang dibeli di lazada melalui website anda. Rate komisi di lazada beragam antara 2% hingga 11% tergantung kategori produk yang anda jual.

Keunggulan dari program affiliasi/cpa lazada adalah banyaknya produk yang bisa anda tawarkan. Jadi apapun tema atau bahasan website anda, anda bisa mencari produk lazada yang related yang bisa anda jual di website anda.

Kiat-kita sukses berbisnis online dengan lazada bisa dibaca di halaman ini.

4. Ratakan (CPA)

Ratakan merupakan marketplace khusus produk dan jasa digital di indonesia. Ratakan menawarkan program affiliasi yang berbasis CPA dimana para pemilik website bisa membantu menawarkan produk-produk yang dijual oleh ratakan dan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang berasal dari website anda. Rate komisi yang diberikan oleh ratakan untuk para affiliasinya cukup tinggi, bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu produk yang berhasil terjual.

5. Accesstrade (CPA)

Accesstrade merupakan platform CPA indonesia yang berasal dari jepang. Disini anda bisa mendapatkan banyak penawaran produk yang bisa anda jual di website anda. Kelebihan lain dari accesstrade ialah ada beberapa penawaran lain berbasis CPA yang mana anda tidak perlu menjual produk, namun anda hanya perlu membuat pengunjung website anda melakukan action tertentu, seperti misalnya anda akan mendapatkan bayaran sebesar Rp 5.000 rupiah untuk setiap pengunjung yang mendownload aplikasi tertentu. Sangat menarik bukan?

5. CPABuild (CPA)

Cpabuild merupakan platform cpa yang banyak digunakan saat ini, meskipun secara umur belum berusia terlalu lama, namun perkembangan CPABuild cukup signifikan berkat banyaknya advertiser atau pemasang iklan yang bergabung disini.

Menggunakan platform CPABuild, anda bisa memasang iklan berbasis CPA, dimana anda akan mendapatkan bayaran ketika pengunjung website anda menjalankan perintah yang diwajibkan. Perintah-perintahnya cenderung mudah, diantaranya seperti mengisi form, mendaftarkan email, mendownload aplikasi, menginstall aplikasi atau mengisi survey. Cukup mudah bukan? Tidak heran conversion rate untuk CPABuild bisa sangat tinggi.

Keunggulan lainnya dari CPABuild adalah registrasi yang mudah, sehingga pemula sekalipun bisa diterima dan memulai bisnis website CPA nya dengan menggunakan CPABuild. Ini tentunya sangat menguntungkan para publisher dimana sebagian besar platform CPA menggunakan sistem verifikasi yang ketat sehingga para pemula cukup kesulitan untuk bisa diterima bergabung di platform CPA.

6. OGads (CPA)

Ogads merupakan platform CPA yang sudah terkenal sejak dahulu dan menjadi salah satu pelopor bisnis CPA. Hanya saja dikarenakan sangat banyaknya pengguna platform ini, maka sekarang mereka menggunakan sistem persetujuan pendaftaran yang sangat ketat. Untuk pemula yang memiliki website dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak, besar kemungkinan akan ditolak ketika mendaftar di OGads.

Untuk itu, jika anda memilih menggunakan OGads, sangat disarankan anda harus memiliki website dengan pengunjung harian yang banyak. Selain itu anda harus memahami tentang bisnis CPA karena jika anda sama sekali belum pernah menjalankan bisnis CPA, besar kemungkinan anda juga akan ditolak.

Namun tentunya jika berhasil mendaftar, anda bisa bergabung di platform CPA yang memberikan banyak penawaran iklan yang mudah dan menarik, dan tentu saja bayarannya sangat tinggi dibandingkan dengan platform CPA lainnya.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 23 Januari 2018 | Share artikel ini di :