Pengertian Bootstrap – Bootstrap Adalah

Pengertian Bootstrap – Bootstrap Adalah

Apa itu Bootstrap?

Apa itu Bootstrap? Bootstrap merupakan suatu framework yang dapat digunakan untuk membuat tampilan website menjadi dinamis. Seiring berjalannya waktu, pengguna internet yang menggunakan devices berupa smartphone dan tablet semakin meningkat setiap harinya. Sayangnya, tampilan website pada umumnya sangat tidak nyaman ketika dibuka menggunakan perangkat smartphone maupun tablet yang memiliki layar kecil. Beberapa kendala yang sering dirasakan oleh pengakses website yang menggunakan perangkat layar kecil diantaranya tampilan website yang berantakan, huruf ataupun font yang terlalu kecil sehingga sulit dibaca, serta tombol yang terlalu kecil yang membuat susah untuk di klik.

Dengan banyaknya pengunjung yang menggunakan perangkat yang berbeda, sangat sulit untuk memprediksi device apa yang digunakan pengunjung untuk mengakses suatu website. Jika anda sebagai pemilik website mengabaikan tampilan website untuk perangkat yang berlayar kecil misalkan, anda akan kehilangan potensi penghasilan dari website anda, karena bisa jadi ketika pengunjung tersebut membuka website anda dan tampilan website menjadi berantakan ketika dibuka di smartphone, maka pengunjung website anda akan mengclose website anda karena sangat tidak nyaman untuk dibaca dan ini tentunya menjadi suatu kerugian dan kehilangan potensi pendapatan bagi anda sebagai pemilik website.

Sebelum diciptakannya boostrap, banyak web developer yang membuat dua website terpisah untuk versi mobile dan versi desktop/laptop. Namun tentunya hal ini menjadi kurang efektif karena selain rumit dan melelahkan dimana web developer harus membuat dua website berbeda, tampilan versi mobile pun seringkali mengalami gangguan karena banyaknya versi smartphone dan tablet dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Banyak layar smartphone yang berlayar sangat kecil, namun ada juga smartphone dan tablet dengan layar yang cukup besar sehingga untuk mendesain tampilan yang sempurna untuk masing-masing perangkat tentunya menjadi pekerjaan yang sangatlah melelahkan.

Framework bootstrap diciptakan sebagai solusi untuk mengatasi hal-hal tersebut. Dengan menggunakan bootstrap, para pembuat website cukup membuat satu buah website saja namun tampilan dari website tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan perangkat dan ukuran layar yang digunakan oleh pengunjung website. Jadi misalkan ketika pengunjung website menggunakan smartphone dengan layar kecil, tampilan website akan menyesuaikan dengan smartphone tersebut dan membuat halaman website tetap nyaman untuk dibaca, begitupun apabila pengunjung menggunakan tablet yang berukuran lebih besar, maupun ketika pengunjung membuka website menggunakan komputer dengan layar lebar. Semua ini bisa dicapai cukup dengan membuat 1 website yang sama namun dengan tampilan yang dinamis berkat bantuan dari bootstrap.

Dengan menggunakan bootstrap, tampilan website dapat berubah-ubah secara dinamis sesuai dengan ukuran dan resolusi layar yang digunakan oleh pengunjung website. Jadi anda tidak perlu takut akan kehilangan pengunjung karena perangkat apapun yang digunakan oleh pengunjung website anda, tampilan website anda akan tetap terlihat sempurna berkat teknologi canggih dari framework bootstrap.

Selain untuk kepentingan pengunjung website anda, bootstrap saat ini sangat berguna juga untuk SEO website anda. Karena search engine seperti Google bahkan sudah mempublikasikan secara gamblang bahwa mereka sangat menilai tinggi suatu website dari tampilan versi mobile/smartphone. Jadi apabila website anda sudah menggunakan teknologi bootstrap dan dapat terbuka dengan sempurna di browser-browser mobile, maka hal tersebut bisa menjadi suatu keunggulan tersendiri untuk website anda dimata Google dan Google dapat memberikan peringkat yang tinggi untuk website anda di halaman mesin pencari/SERP.

Bootstrap dibuat dengan menggunakan teknologi javascript serta css, sehingga sangat mudah untuk diinstall dan diterapkan di website manapun. Instalasi bootstrap pun sangatlah mudah, cukup mengcopy paste kan file-file bawaan bootstrap di folder/directory website anda, maka framework bootstrap segera bisa digunakan.

Perbedaan Bootstrap dengan HTML

Banyak orang yang menanyakan pertanyaan ini, apakah sebenarnya perbedaan antara bootstrap dengan HTML. Perlu diketahui bahwa bootstrap dan HTML adalah dua hal yang berbeda. HTML adalah suatu kode yang dibuat untuk menampilkan halaman website di browser, sedangkan bootstrap merupakan suatu framework yang khusus diciptakan untuk membuat tampilan halaman website menjadi responsive. Bootstrap berfungsi dengan cara memodifikasi tampilan website dengan menggunakan css, javascript dan tentunya HTML sehingga halaman website bisa menjadi sempurna saat dibuka menggunakan perangkat apapun.

Jadi jika ada yang menanyakan, bisakah kita membuat website hanya dengan mempelajari bootstrap tanpa mengerti HTML sama sekali, jawabannya tentu saja tidak. Karena bootstrap “ujung-ujungnya” tetap harus menggunakan kode HTML. Sehingga bila anda ingin belajar membuat website dengan tampilan yang responsif, tahap pertama yang harus anda pelajari yaitu membuat website dengan kode HTML. Setelah anda memahami HTML dan bisa membuat website dengan HTML, baru anda bisa melanjutkan ilmu anda dengan mempelajari bootstrap sehingga website yang anda buat sebelumnya bisa menjadi responsive.

Seberapa Pentingkah Penggunaan Bootstrap untuk Suatu Website?

Apabila anda bisa melakukan sendiri coding HTML, CSS dan javascript website anda sehingga bisa menjadi responsif untuk semua jenis perangkat, tentu saja anda tidak memerlukan bootstrap. Bootstrap sekali lagi hanya merupakan framework tambahan yang bisa digunakan untuk mempermudah proses coding sehingga anda bisa membuat tampilan website yang responsive hanya dengan beberapa baris kode saja.

Sehingga yang perlu ditekankan disini adalah, hal yang terpenting yaitu membuat website anda tampil sempurna untuk segala ukuran layar, terlepas dari metode, tools dan framework apa yang anda gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Dan bootstrap merupakan salah satu metode untuk bisa mempermudah anda membuat website menjadi mobile friendly.

Contoh Web Menggunakan Bootstrap

Untuk lebi memahami apa itu bootstrap, akan lebih baik jika anda melihat contoh website yang menerapkan teknologi bootstrap.

Untuk melihat apakah suatu website menggunakan bootstrap sangat mudah, anda bisa mencoba membuka suatu website menggunakan browser favorit anda, lalu coba kecilkan tampilan browser tersebut. Apabila halaman website tersebut otomatis berubah mengikuti ukuran browser, maka kemungkinan besar website tersebut menggunakan bootstrap.

Contoh web menggunakan bootstrap salah satunya adalah website inflazz ini. Website ini sudah menggunakan teknologi bootstrap terbaru sehingga bisa diakses di berbagai ukuran layar dan perangkat. Anda bisa mencoba dengan cara diatas yaitu coba mengecilkan ukuran browser yang anda gunakan untuk membuka situs inflazz ini, atau coba mengaksesnya menggunakan hp atau perangkat smartphone anda. Anda bisa melihat bahwa website inflazz ini akan menyesuaikan tampilannya tergantung ukuran layar.

Download Bootstrap Terbaru

Untuk men download bootstrap terbaru, anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi link berikut :

Download Bootstrap Terbaru

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 7 Februari 2018 | Share artikel ini di :