Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Panduan Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Bisnis online semakin hari semakin menarik minat banyak orang untuk turut berkecimpung didalamnya. Hal ini dikarenakan selain dapat memberikan profit yang cukup menggiurkan, bisnis online juga dapat dijalankan dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet sehingga anda tidak terikat akan tempat dan waktu. Anda bisa mengerjakan bisnis online anda dari rumah atau bahkan saat anda sedang berlibur.

Namun meskipun sangat menarik, banyak kendala yang dihadapi oleh mereka yang ingin memulai bisnis online. Salah satunya adalah kebingungan untuk memulai dari mana. Di artikel ini akan kami coba kupas lengkap mengenai cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula sehingga diharapkan setelah membaca artikel ini anda sudah bisa langsung memulai bisnis online anda saat ini juga. Karena semakin lambat anda memulai, anda akan semakin tertinggal jauh oleh para saingan anda, karena jujur saja persaingan bisnis online semakin hari semakin ketat dengan banyaknya pemain baru yang masuk ke dunia ini.

Bagaimana Memulai Bisnis Online?

Banyak orang yang mengajukan pertanyaan tentang bagaimana cara memulai bisnis online kepada kami, berikut dalam artikel ini akan kami berikan langkah-langkahnya untuk anda sehingga anda bisa segera menjalankan peluang bisnis yang sangat menjanjikan ini.

Menentukan Jenis Bisnis Online

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memulai langkah anda di dunia bisnis online adalah mengetahui jenis bisnis online manakah yang akan anda jalankan. Untuk anda ketahui, sangat banyak cara, metode, jenis maupun program bisnis online yang tersedia saat ini. Boleh dikatakan sebagian besar bisnis-bisnis tersebut sangatlah profitable, meskipun anda harus sedikit berhati-hati karena tidak jarang juga ada bisnis online yang merupakan penipuan. Untuk lebih mendapatkan gambaran mengenai bisnis online mana yang akan anda pilih, berikut ini beberapa jenis bisnis online rekomendasi kami yang bisa anda pilih.

Bisnis online shop – Bisnis online shop merupakan salah satu bisnis online yang paling banyak diminati karena konsepnya yang sangat sederhana. Inti dari online shop adalah memindahkan toko konvensional menjadi sebuah toko online. Keuntungan atau pendapatan dari bisnis online jenis ini yaitu dari selisih harga jual barang dan harga modal yang dikeluarkan.

Namun kekurangan dari jenis bisnis online ini adalah sulit untuk menjadikan bisnis ini berjalan secara autopilot, kecuali apabila anda mau menghire atau membayar karyawan untuk membantu anda menjalankan bisnis seperti membalas pertanyaan konsumen, melakukan transaksi serta mengirim barang.

Bisnis online publisher iklan – Jenis bisnis online ini saat ini sudah mulai booming dan banyak orang fokus di bidang ini. Ya, dengan menjadi publisher iklan, yang perlu anda lakukan adalah membuat sebuah blog atau website yang memiliki banyak pengunjung, setelah itu anda bisa memasukkan iklan didalam blog atau website anda, dan anda akan mendapatkan sejumlah uang ketika iklan tersebut diklik oleh visitor website anda. Memang terdengar sederhana, namun nyatanya bisnis ini bisa menghasilkan sangat banyak uang, terutama jika anda bisa membuat sebuah platform yang memiliki sangat banyak pengunjung setiap harinya.

Dan hal menarik lainnya adalah bisnis ini bisa berjalan secara autopilot, atau dengan kata lain ketika anda berhasil menjalankan bisnis ini, maka anda hanya perlu menunggu saja karena bisnis ini akan berjalan sendiri. Jadi, apapun yang anda lakukan bahkan ketika anda sedang tidur maupun sedang berlibur, website/blog anda tetap bisa bekerja menghasilkan uang untuk anda.

Bisnis online affiliate/cpa – Jenis bisnis online ini mirip dengan online shop, namun bedanya, jika pada online shop anda menjual produk milik anda sendiri, namun pada bisnis affiliate tidak. Dalam bisnis ini, yang anda lakukan adalah menawarkan produk atau jasa milik mitra affiliate anda, dan nantinya anda akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan.

Dan satu hal, bisnis affiliate ini berbeda dengan dropship atau reseller yang juga banyak digandrungi oleh pemain baru bisnis online. Dalam dropship atau reseller, anda diharuskan menjawab pertanyaan serta melakukan transaksi, sedangkan dalam bisnis affiliasi jauh lebih sederhana. Cukup buat orang tertarik membeli suatu produk, arahkan orang tersebut ke website/aplikasi milik mitra affiliate anda, dan anda cukup menunggu saja. Tidak perlu lagi anda harus menjawab pertanyaan atau hal-hal lain karena hal tersebut akan dilakukan oleh mitra afiliasi anda.

Buat Platform Bisnis Online Anda

Setelah menentukan jenis bisnis online yang akan anda pilih, langkah selanjutnya adalah membangun platform atau media bisnis online anda. Platform bisnis online ini diantaranya adalah website, blog, account instagram, account youtube, maupun platform-platform lainnya yang tentunya menyesuaikan dengan jenis bisnis online yang anda pilih. Jika kita ibaratkan ke dalam bisnis konvensional, platform ini bisa diibaratkan sebagai toko. Jadi sama seperti ketika akan memulai bisnis konvensional, ketika akan memulai bisnis online pun yang pertama kali perlu anda lakukan adalah mempersiapkan toko anda beserta dengan konsep mengenai barang-barang atau produk apa yang akan anda jual di toko tersebut.

Pada umumnya, platform yang paling sering digunakan serta paling menguntungkan menurut pendapat para master bisnis online adalah website. Karena dengan memiliki sebuah website, anda tentunya bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari para calon konsumen anda. Selain itu, dengan memiliki website, anda bisa lebih leluasa mengatur segala macam hal karena bisa dibilang website tidak memiliki batasan apapun dan anda bebas melakukan apapun dengan website anda.

Jika anda memiliki dana lebih, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk membantu anda membuatkan website untuk bisnis online anda. Namun jika dana yang anda miliki terbatas, anda bisa membuat website anda sendiri yang tentunya bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa pembuatan website. Untungnya, saat ini kita sudah dimudahkan dengan banyaknya teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website sendiri. Tidak hanya itu, kita juga bahkan tidak perlu repot-repot mendesain website karena saat ini sangat banyak tersedia template/tema website yang bisa kita pilih sesuai dengan desain yang kita inginkan. Cukup dengan beberapa kali klik saja, tema pilihan anda bisa langsung digunakan di website anda dan anda bisa langsung memiliki website dengan tampilan profesional.

Setelah memiliki website, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengisi website tersebut dengan konten-konten atau artikel yang bermanfaat. Ingat, dengan banyaknya artikel yang bermanfaat di website anda, akan membuat website anda mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hindari memasukkan artikel hasil copy paste dari website lain karena akan membuat rating website anda jelek.

Monetize Blog/Website Anda

Langkah terakhir setelah website anda memiliki beberapa artikel adalah dengan memonetize website anda. Memonetize yaitu membuat website anda menghasilkan uang. Caranya kembali bergantung kepada metode apa yang akan anda gunakan, namun pada umumnya anda harus memasang iklan baik itu iklan CPC maupun iklan produk affiliasi di website anda agar website anda bisa menghasilkan uang. Cara memasang iklan di website sangat sederhana, cukup copy paste kode iklan ataupun banner iklan beserta link nya di tempat yang anda inginkan di halaman website.

Promosi, Promosi dan Promosi

Setelah semua hal tersebut diatas anda lakukan, maka anda telah memiliki sebuah website bisnis online yang bisa menghasilkan uang. Namun tentunya website tersebut tidak akan bisa menghasilkan uang tanpa memiliki pengunjung. Maka PR selanjutnya yaitu bagaimana mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung ke website kita agar website tersebut bisa menghasilkan banyak uang. Untuk hal ini anda bisa menggunakan berbagai metode promosi.

Metode promosi yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan media sosial anda. Dengan promosi menggunakan media sosial, anda bisa melakukan share website bisnis online anda kepada teman-teman ataupun follower anda. Selain itu, anda bisa membagikan situs website anda di forum-forum atau group yang berhubungan dengan website anda. Namun anda perlu berhati-hati agar tidak terlihat seperti spam yang bisa membuat reputasi anda menjadi buruk.

Demikian tutorial cara memulai usaha online yang bisa anda ikuti, semoga bermanfaat! Untuk artikel lain yang lebih detail mengenai masing-masing step di tutorial ini, anda bisa membacanya di artikel lain di situs inflazz.com ini.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 3 Februari 2018 | Share artikel ini di :