Cara Menulis Blog Lewat HP

Update blog anda darimanapun anda berada, berikut ini cara menulis Blog lewat HP anda sehingga anda bisa menulis konten baru di blog kapanpun dan dimanapun dengan mudah.
Cara Menulis Blog Lewat HP

Blog atau situs yang dapat dibuat secara mandiri merupakan salah satu sarana untuk mengekspresikan diri maupun menjual produk. Para pemilik blog bahkan memiliki komunitas untuk saling mengunjungi blog lain sehingga popularitas blog semakin naik dari tahun ke tahun.

Hal inilah yang memicu berbagai pihak platform terus berlomba untuk mendukung fasilitas bagi para penulis blog.

Salah satu upaya ampuh untuk mendatangkan penulis blog atau blogger ialah fasilitas menulis blog pada handphone. Alat canggih yang dibawa kemana pun oleh hampir seluruh penduduk dunia ini menjadi sasaran platform untuk memungkinkan para blogger beraktivitas dengan nyaman.

Dengan potensi blog yang besar di masa depan, tentunya Anda tidak ingin ketinggalan untuk menulis blog, bukan?

Jika benar, maka Anda dapat mengikuti cara menulis blog lewat HP dalam berbagai platform yang terkenal dengan mudah seperti di bawah ini:

Menulis Blogspot Lewat HP

Blogspot merupakan salah satu platform untuk blogging secara gratis melalui perangkat yang didukung, salah satunya ialah HP bertipe Android. Sebelum mulai menulis blog, Anda harus memasang aplikasi Blogger melalui Play Store.

Aplikasi sebesar 1,5 MB milik Google ini melibatkan fitur dan tampilan sederhana yang cukup jelas bahkan bagi pengguna awam.

Ketika aplikasi berhasil dipasang, Anda perlu membuat akun blogging melalui email dan password untuk blog. Supaya notifikasi dari aktivitas blogging lebih mudah dilihat dan dicari, Anda disarankan untuk membuat email baru khusus untuk blog.

Saat menemui form mengenai informasi pembayaran, sebagai pemula Anda dapat menekan tombol “lain kali” untuk melewati isian tersebut.

Sebelum menulis blog, Anda harus sudah masuk atau “sign in” pada akun blogging yang telah dibuat. Pengguna yang baru memiliki akun akan diarahkan untuk melengkapi profil seorang blogger. Pengguna yang ingin menampilkan nama samaran atau nama singkat sebaiknya memilih laman profil singkat atau profil blogger.

Sementara pengguna yang ingin menunjukkan nama asli sesuai akun email dapat memilih profil google plus (Google+).

Untuk melengkapi fitur blog, Anda dapat memilih button “buat blog baru”. Setelahnya, Anda akan menjumpai kolom untuk menentukan alamat dan judul blog sesuai dengan ketersediaan URL. Hal ini dilakukan sampai nama blog yang dipilih berhasil atau masih tersedia. Lalu, Anda dapat memilih latar atau template dari belasan pilihan yang disediakan.

Blogger juga menyediakan pilihan untuk membuat domain blog dengan rentang harga beragam sesuai keperluan pemakaian domain. Namun jika belum mau mencoba Anda juga boleh melewati kolom tersebut dengan menekan tombol silang (X) di bagian pojok kanan kolom.

Saat ingin memulai penulisan blog, Anda dapat memilih ikon pensil pada bagian atas setelah berhasil masuk ke aplikasi melalui akun blogging. Nantinya, sarana untuk menulis blog akan muncul dengan fitur sederhana seperti kolom judul, isi konten blog, label, input gambar, dan lokasi.

Untuk menyimpan, menghapus, dan mengunggah blog maka Anda dapat memanfaatkan tiga ikon berbeda di bagian atas tampilan layar sesuai dengan tujuan Anda.

Menulis WordPress Menggunakan HP

Sama halnya dengan blogspot, langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengunduh aplikasi WordPress pada Play Store. Meskipun ukurannya jauh lebih besar dari Blogger yaitu sebesar 16 MB tetapi aplikasi ini memiliki fitur lebih lengkap dan tampilan yang lebih segar dengan warna biru cerah.

Dibandingkan dengan blogspot, WordPress menyediakan akses lebih mendetail untuk para blogger supaya mampu mengetahui perkembangan aktivitas blog miliknya.

Hal ini dapat dilihat dari menu statistik pengunjung, komentar, aktivitas, media, notifikasi, situs yang diikuti, dan lain-lain. Setiap menu tidak menyulitkan pengguna dari segi visual dengan adanya ikon tersendiri serta mudah diingat.

Tidak seperti Blogspot, pemilik akun WordPress tidak dibatasi untuk mengelola akun sehingga tidak perlu berjaga-jaga melakukan backup konten jika sewaktu-waktu konten dianggap melanggar syarat dan ketentuan.

Selain itu, pada WordPress tersedia ribuan pilihan template gratis sehingga tampilan blog tidak akan terlihat pasaran.

Sebelum membuat blog, Anda perlu membuat akun WordPress melalui email khusus blogging. Anda juga akan diminta untuk menentukan nama situs dan nama tampilan pada blog sampai berhasil.

WordPress juga memberikan pilihan nama domain dengan variasi paket harga untuk para blogger yang serius dan ingin menekuni dunia blogging untuk personal, premium, dan bisnis.

Penulisan blog pada WordPress dapat dimulai dengan menekan ikon bagian terbawah tampilan yang terletak di tengah yaitu simbol kotak dan plus (+). Lalu, tampilan akan berubah menjadi kolom judul dan kolom isi konten blog.

Untuk merubah setelan huruf dan mengunggah gambar, Anda dapat mengotak-atik aneka ikon pada bagian bawah layar. Setelah selesai menulis, penyimpanan draf maupun penerbitan posting dapat dilakukan dengan tombol pada bagian kanan atas tampilan.

Menulis di Tumblr Lewat HP

Platform Tumblr untuk blogging memang tidak setenar Blogspot dan WordPress, tetapi sayang jika tidak dijajal sama sekali. Aplikasi sebesar 18MB yang bisa diinstal pada Google Play ini terbilang unik karena identik dengan visual apik dalam penyuguhan informasi yang muncul sejak awal tampilan.

Tampilan atau user interface dari aplikasi Tumblr untuk Android terlihat ceria karena mengombinasikan banyak warna. Gaya ala anak muda ini akan membuat pengguna Tumblr lebih bersemangat dan tetap mengikuti perkembangan tren melalui beranda.

Bahkan banyak pengguna yang memeroleh inspirasi untuk membuat konten blog dari tren tersebut.

Mirip dengan WordPress, Anda wajib membuat akun Tumblr melalui email yang telah terverifikasi. Menariknya, Tumblr memberi pilihan berbagai bidang yang diminati seperti Technology, Art, Sports, dan lain-lain di bagian awal setelah membuat akun.

Hal ini bertujuan untuk membantu Anda dalam menerima konten resmi Tumblr yang berkaitan dengan bidang tersebut. Konten yang diposting pada beranda Anda pun bukan sembarang konten biasa karena sudah menjadi konten rekomendasi dan disertai gambar yang menarik.

Untuk memulai menulis blog lewat Tumblr, Anda harus menekan ikon pensil berwarna putih dan berlatar biru pada bagian pojok kanan bawah tampilan beranda. Lalu, tampilan beranda akan berubah menjadi pilihan jenis konten yang akan diunggah dimana Anda harus memilih jenis “teks” yang berwarna putih.

Terakhir, Anda akan menjumpai kolom judul, konten, dan berbagai ikon untuk melakukan modifikasi pada konten blog.

Pada Tumblr, Anda tidak harus memosting blog saat itu juga. Artinya, Anda bisa memasukkan blog pada antrean, penjadwalan, postingan secara privat, atau sekedar disimpan menjadi draf. Bahkan, Tumblr juga dapat membagikan blog Anda melalui Twitter maupun mendapatkan link setiap postingan dengan mudah.

Dari penjelasan mengenai tiga platform blogging paling populer di atas, tentunya Anda mampu memilih platform mana yang paling tepat untuk Anda. Hal ini dapat disesuaikan dengan biaya, selera, kemudahan, dan tujuan blogging masing-masing orang.

Maka sudah seharusnya tidak ada alasan bagi Anda untuk takut dan berpikir bahwa blogging merupakan hal yang sulit. Selamat menulis blog lewat platform yang didukung oleh handphone dengan cara di atas, ya!

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 20 Januari 2019 | Share artikel ini di :