Cara Mempercepat Loading Blog Anda

Blog anda lemot? Jangan takut, berikut kami berikan cara mempercepat loading blog anda sehingga bisa terbuka dalam waktu kurang dari 3 detik!
Cara Mempercepat Loading Blog Anda

Tutorial Cara Mempercepat Loading Blog

Dalam artikel kali ini, akan kami berikan cara-cara untuk mempercepat waktu loading blog anda dengan mudah dan bisa langsung anda praktekan sekarang juga!

Kenapa Anda Harus Mempercepat Loading Blog?

Sebelum melanjutkan, ada baiknya terlebih dahulu anda harus mengetahui mengapa mempercepat waktu loading dari blog merupakan suatu hal yang sangat penting namun seringkali dikesampingkan atau bahkan dilupakan oleh para pemilik blog.

Mengurangi Bounce Rate – Bounce rate secara sederhana dapat diartikan sebagai pengunjung yang batal mengunjungi website anda. Salah satu faktornya adalah karena waktu loading dari blog anda terlalu lama.

Ketika waktu loading terlalu lama, sebagian besar orang akan membatalkan membuka blog tersebut. Jika mereka menggunakan google untuk masuk ke blog anda, maka mereka akan kembali lagi ke google dan mencari blog/website lain.

Tentu saja ini bisa menjadi suatu kerugian yang cukup besar untuk pemilik blog.

Meningkatkan SEO – Secara teknis, google saat ini telah mempertimbangkan waktu loading sebuah website untuk menjadi salah satu faktor penentu ranking atau peringkat website tersebut di halaman search engine.

Jadi, jika ranking blog anda tidak kunjung naik di halaman search engine google, ada kemungkinan salah satu penyebabnya adalah waktu loading blog yang buruk. Dengan memperbaiki hal ini, bisa menaikkan ranking blog anda yang akan berimbas dengan bertambahnya pengunjung blog.

Cek Kecepatan Blog Anda

Pertama-tama, yang perlu anda lakukan sebelum membuat blog anda loading lebih cepat, anda harus mengetahui terlebih dahulu kecepatan loading blog anda saat ini. Ada banyak sekali tools gratis yang bisa digunakan untuk mengukur kecepatan loading blog, salah satu yang kami rekomendasikan adalah gtmetrix yang bisa anda kunjungi disini.

Setelah membuka website gtmetrix, anda hanya perlu memasukkan alamat blog anda, dan menekan tombol analyze.

Tunggu beberapa detik, maka hasil analisa web anda akan keluar.

Berikut ini contoh hasil tes gtmetrix untuk website inflazz :

cek kecepatan blog inflazz

Anda bisa melihat hasil kecepatan loading blog di kolom Fully Loaded Time.

Idealnya, sebuah blog harus bisa dibuka secara 100% dalam waktu maksimal 3 detik. Lebih dari itu, maka anda harus secepatnya memperbaiki kecepatan load blog anda.

Jika anda perhatikan pada hasil pengujian menggunakan gtmetrix, selain memberikan hasil berupa waktu loading blog, terdapat pula hasil total page size serta request. Total page size berarti ukuran dari halaman website/blog anda, dan request berarti jumlah file seperti gambar, file css, file javascript dan seluruh file yang digunakan pada halaman tersebut.

Kedua faktor ini juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan kecepatan blog anda. Logika sederhananya, semakin besar ukuran file halaman blog anda, semakin lama waktu loading untuk membuka halaman anda. Sama halnya dengan semakin banyak jumlah file / request, maka semakin memakan waktu pula untuk halaman blog anda bisa terbuka dengan sempurna.

Catat atau simpan hasil tes kecepatan blog anda, untuk nantinya akan anda gunakan sebagai perbandingan setelah melakukan optimasi kecepatan blog.

Cara Mempercepat Waktu Loading Blog

1. Kurangi Gambar yang Tidak Diperlukan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya diatas, jumlah file serta ukuran total halaman blog memiliki pengaruh langsung terhadap waktu loading blog. Maka untuk itu salah satu solusinya adalah dengan mengurangi gambar di blog anda.

Dengan mengurangi jumlah gambar, maka jumlah file yang diload serta ukuran total halaman blog anda akan berkurang dan ini tentu saja akan mempercepat waktu loading blog anda.

Namun hal ini bukan berarti anda harus menghapus semua gambar dari blog anda. Anda tetap bisa menggunakan gambar, namun dalam jumlah yang optimal dan tidak terlalu banyak. Maksimal 4-5 gambar pada umumnya sudah cukup baik.

2. Optimize Gambar Anda

Ketika memang ada gambar yang tidak bisa anda hilangkan dari blog anda karena memang anda butuh untuk menampilkan gambar tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah mengoptimalkan gambar tersebut.

Mengoptimalkan gambar berarti mengkompress gambar anda sehingga ukurannya lebih kecil namun tetap tidak merubah kualitas dari gambar tersebut. Ketika ukuran gambar lebih kecil, maka otomatis besar ukuran/size halaman blog anda akan berkurang.

Untuk mengoptimalkan dan mengkompress file gambar anda, anda bisa menggunakan plugin atau mengkompress gambar secara online menggunakan situs seperti compressor.io.

3. Sesuaikan Ukuran Gambar

Masih berhubungan dengan gambar, selain melakukan kompresi dan optimasi gambar, yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan ukuran gambar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan blog anda.

Contohnya sebagai berikut : Anda memiliki sebuah gambar yang ditampilkan di halaman blog dengan ukuran 500 x 500 piksel, namun ternyata ukuran file gambar tersebut adalah 1200 x 1200 piksel yang berarti ukuran gambar jauh lebih besar daripada yang ditampilkan. Maka yang bisa anda lakukan adalah meresize ukuran gambar menjadi yang dibutuhkan di blog yaitu 500 x 500 piksel dengan menggunakan aplikasi editing gambar di komputer/laptop anda seperti photoshop, lalu menguploadnya kembali ke blog anda.

Karena, semakin besar ukuran gambar ternyata memiliki ukuran file yang lebih besar juga. Dan ingat, ketika halaman blog anda dibuka, gambar yang diload adalah gambar asli yang berukuran penuh, sebelum nantinya dirubah oleh browser sesuai ukuran yang ditampilkan.

4. Hapus Plugin/Widget yang Tidak Perlu

Seringkali, untuk membuat blog terlihat menarik, kita sebagai blogger senang menambahkan plugin ataupun widget sebanyak mungkin ke halaman blog. Namun ternyata hal ini memiliki dampak yang kurang baik, terutama dari sisi waktu loading blog.

Ketika banyak plugin yang terpasang, maka semakin banyak pula fungsi yang harus dijalankan ketika halaman blog anda dibuka oleh pengunjung, dan hal ini tentu saja semakin menambah berat waktu loading blog.

Untuk itu, lebih bijak lah dalam memilih plugin ataupun widget apa yang akan dipasang di blog anda. Jika memang tidak terlalu penting, anda bisa menghapuskan plugin tersebut untuk lebih meringankan kinerja blog.

5. Pilih Template Blog yang Ringan

Ternyata, template juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kecepatan load sebuah blog.

Untuk memilih template mana yang memiliki waktu loading terbaik, tentunya anda harus melakukan pengujian untuk masing-masing template. Cobalah memilih dari beberapa template, manakah yang memberikan hasil waktu loading tercepat, dan anda bisa menggunakan template tersebut.

6. Kurangi Jumlah Iklan

Ketika anda memonetize blog anda dengan iklan seperti google adsense, maka beban blog tersebut akan bertambah berat karena setiap blog dibuka, diperlukan script, gambar serta file tambahan lain yang akan ditampilkan sebagai iklan.

Tentu saja, mengurangi jumlah iklan bisa berdampak terhadap penghasilan anda. Untuk itu, cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah melihat data hasil iklan dari blog anda. Hapuslah iklan di lokasi yang tidak efektif, misalkan dibagian bawah halaman blog, dan tetap pertahankan iklan yang berada di lokasi yang menguntungkan.

7. Kurangi Jumlah Post yang Ditampilkan di Homepage

Ciri khas dari suatu blog adalah menampilkan recent post atau postingan terbaru di halaman depan blog. Jika anda ingin meningkatkan kecepatan halaman homepage blog anda, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah post yang ditampilkan di halaman depan ini.

Jangan takut untuk mengurangi jumlah post di homepage, karena biasanya blog memiliki fitur pagination, sehingga pengunjung bisa menekan tombol next untuk melihat posting lain dari anda.

Untuk melakukan ini, tentunya caranya akan berbeda-beda untuk setiap platform blog, namun pada umumnya yang perlu anda lakukan adalah masuk ke halaman admin blog dan merubahnya di menu setting.

8. Disable Avatar/Display Picture Fitur Komen

Jika anda mengaktifkan fitur komen, dimana pengunjung blog anda bisa ikut memberikan komen di blog anda, maka anda bisa mencoba menonaktifkan fitur avatar/display picture. Karena avatar merupakan gambar yang bisa membebani waktu loading website.

Terutama jika blog anda sudah memiliki ratusan komen dari ratusan pengunjung berbeda, berarti pengunjung blog anda harus mengunduh ratusan avatar setiap membuka halaman blog dan ini bisa menambah waktu loading secara signifikan.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 15 Agustus 2018 | Share artikel ini di :