Cara Membuat Toko Online Dengan Blogspot

Tutorial lengkap cara membuat toko online dengan blogspot. Ya, dengan menggunakan blog gratisan, anda bisa membuat sendiri toko online untuk bisnis anda.
Cara Membuat Toko Online Dengan Blogspot

Selain situs marketplace, ternyata blogspot bisa Anda gunakan untuk membuat toko online milik Anda sendiri. Bagi Anda yang senang menulis blog, hobi ini menjadi lebih bermanfaat dan menghasilkan lebih banyak uang.

Dengan membuatnya semenarik mungkin melalui konten-konten serta informasi berkualitas, toko online Anda memiliki peluang besar dikunjungi banyak orang. Kegiatan menulis blog atau yang lebih dikenal dengan blogging mampu menjaga hubungan Anda dengan konsumen yang Anda miliki.

Apakah itu Blog?

Blog dengan alamat situs blogger.com merupakan salah satu platform untuk menulis yang dikeluarkan oleh pihak Google. Platform ini bersifat online dan gratis, Anda hanya bisa menggunakan platform ini bila terhubung ke internet.

Dengan blog, peran serta kehadiran Anda di dunia maya lebih terlihat karena adanya karya yang dapat dilihat banyak orang. Blog menjadi salah satu platform hebat yang Google miliki. Dalam Blog, terdapat berbagai fungsi yang dapat memberikan manfaat begitu besar.

Blogger.com diciptakan oleh seseorang bernama Pyra Labs, namun pada tahun 2003 dibeli oleh pihak Google. Semenjak itu, blog menjadi bagian tidak terpisahkan dari Google dan memiliki pengguna yang banyak.

Bermacam-macam fungsi dimanfaatkan oleh para pengguna blog, mulai dari bercerita kehidupan sehari-hari, membuat tulisan yang sengaja ditujukan untuk orang lain, hingga membangun dan mengembangkan bisnis yang dimilikinya. Bisnis-bisnis itu terbagi menjadi beragam sektor maupun industri. Pebisnis akan membuat blog yang berkualitas untuk menarik kunjungan para konsumennya.

Mulai bisnis Anda dengan Blog

Apabila Anda tidak termasuk ke dalam besarnya jumlah pengguna Blog itu, Anda tidak perlu khawatir. Blog mudah untuk Anda pelajari, syaratnya hanya butuh ketekunan dalam mempelajarinya.

Setelah Anda mengetahui seperti apa Blog itu, Anda akan dibuat tekejut dengan pencapaian yang mampu dicapai dengan platform ini. Fungsi lain yang sangat penting untuk Anda ketahui dari Blog yaitu manfaat Blog yang dapat memasukkan uang tambahan dengan fitur Google Adsense yang dimiliki.

Selain itu, tidak ada biaya perawatan yang harus Anda keluarkan untuk toko online yang Anda miliki. Tidak seperti website lain, Blog bersifat gratis pada hampir semua hal termasuk biaya perawatan situs.

Secara umum, para pebisnis menggunakan Blog untuk membagikan segala informasi yang berhubungan dengan produk atau jasanya, mendapatkan lebih banyak konsumen serta penghasilan, dan memperlihatkan kualitas perusahaan dalam industri yang digeluti.

Selain itu, dengan semakin banyaknya konten yang dibuat, maka peringkat bisnis di mesin pencari Google akan meningkat. Dengan peringkat bisnis, kemudahaan bisnis Anda untuk dicari konsumen akan terlihat.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis dengan Blog :

1.Membuat akun Blog

Ini menjadi langkah pertama dan utama bagi Anda. Blog merupakan salah satu platform yang dimiliki oleh Google, maka Gmail, yang merupakan email keluaran Google, wajib Anda miliki. Blog dan segala fiturnya hanya bisa Anda gunakan dengan akun Gmail.

Bagi Anda yang belum memiliki akun Gmail, Anda dapat membuatnya dengan mudah melalui situs gmail.com. Ikuti saja alur yang diarahkan oleh Gmail. Anda hanya perlu mengisi berbagai informasi mengenai data pemilik email seperti nama, alamat email, tanggal lahir, dan kata sandi.

Apabila Anda telah memiliki akun Gmail sebelumnya, Anda dapat langsung masuk ke dalam situs blogger.com.

2.Berikan nama pada toko online Anda

Identitas menjadi hal yang sangat penting apabila bisnis Anda ingin dikenal banyak orang. Tentukanlah nama bisnis yang menarik serta mudah diingat. Sebaiknya, nama bisnis disesuaikan dengan bidang bisnis tersebut.

Pemberian nama juga menjadi hal yang penting dalam sebuah Blog. Berikanlah nama Blog yang sama dengan nama bisnis, hal ini akan memudahkan konsumen Anda mencari toko online Anda.

Walaupun tidak ada salahnya, namun sebaiknya Anda memisahkan Blog bisnis dengan Blog pribadi Anda. Anda dapat menautkan kedua akun Blog Anda sehingga kunjungan terhadap keduanya tetap besar.

Memisahkan Blog bisnis dengan Blog pribadi juga dimaksudkan agar toko online Anda tetap memiliki identitas yang khas. Selain itu, nama pemilik toko dengan nama bisnis biasanya berbeda. Hal ini semakin menguatkan alasan bagi Anda memisahkan setiap akun yang Anda miliki.

3.Gunakan fitur Google Checkout pada Blog Anda

Untuk menjadikan Blog yang Anda miliki menjadi sebuah toko online, Anda perlu menggunakan sebuah fungsi bernama Google Checkout Gadget. Pastikan Anda telah membuat akun Google Checkout.

Kemudian, integrasikan daftar poduk atau jasa yang Anda jual dalam spreadsheet dengan Blog Anda. Lalu, jangan lupa untuk bergabung dalam program Toko Terpercaya yang diadakan oleh Google.

4.Tentukan template untuk toko online Anda

Template merupakan sebuah tampilan pada toko online Anda. Jumlah template yang disediakan oleh pihak Google sangat terbatas dan bersifat sederhana.

Namun, tidak sesedikit yang Anda kira. Google menyediakan ratusan template yang bisa Anda gunakan untuk toko online Anda.

Pilihlah template yang sesuai dengan konsep bisnis Anda. Hindari template yang bertolak belakang dengan produk atau jasa yang Anda jual, karena hal ini dapat mengurangi daya tarik toko online Anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan template yang menarik untuk toko online Anda, Anda dapat mencarinya di situs-situs eksternal yang menyediakan template secara gratis. Terdapat lebih banyak pilihan template yang menarik dan kreatif jika dibandingkan dengan template bawaan Blog.

Namun, untuk memasang template tersebut tentu tidak mudah. Ada beberapa langkah dan ini mirip pengkodingan yang harus Anda lakukan. Artikel yang membahas tentang langkah-langkah tersebut mudah Anda temukan di dunia maya.

5.Membuat postingan secara rutin dalam akun toko online Anda

Apabila ketiga langkah pertama telah Anda lakukan dengan benar, Anda bisa mulai mengisi toko online Anda dengan berbagai konten menarik seputar produk atau jasa yang Anda jual.

Anda dapat membuat sebuah postingan berupa tulisan, gambar, video, link, dan yang lainnya. Semua fitur dalam Blog dapat Anda manfaatkan dengan maksimal. Tidak ada yang membatasi jumlah tulisan, gambar, atau link dalam sebuah postingan di Blog. Oleh karena itu, buatlah setiap konten menjadi semenarik mungkin.

Apabila Anda membutuhkan lebih banyak format dalam sebuah pos Anda, Anda bisa memanfaatkan Google Documents. Google Documents merupakan salah satu platform untuk membuat dokumen yang diciptakan oleh Google.

Dengan Google Documents, Anda akan ada lebih banyak format yang bisa digunakan dan kemudian Anda tinggal menghubungkannya dengan Blog Anda. Anda dapat menggunakan fitur HTML untuk mengedit dokumen tersebut.

Konten pertama yang harus Anda buat adalah mengenai bisnis Anda. Berikan informasi sedetail mungkin mengenai perusahaan, produk, dan ketentuan lainnya dalam toko online Anda. Walaupun detail, tetap buat konten yang padat.

Konten yang terlalu bertele-tele biasanya mengurangi daya tarik konsumen untuk mengunjungi toko online Anda. Anda dapat menggunakan gambar atau video untuk membuat sebuah konten yang detail namun padat. Perbarui Blog Anda secara berkala. Unggah postingan secara rutin terutama jika ada perubahan pada ketentuan toko online dan produk atau jasa yang Anda jual.

6.Hubungkan toko online Anda dengan beberapa metode pembayaran

Penyelesaian pembayaran menjadi kegiatan paling dalam transaksi jual beli. Sudah seharusnya setiap toko online menentukan metode pembayaran apa saja yang dapat dilakukan.

Jika bisnis Anda merupakan sebuah bisnis baru dan menargetkan masyarakat lokal sebagai konsumen, Anda dapat menggunakan metode pembayaran lokal pada umumnya. Namun, apabila target konsumen Anda berskala internasional, salah satu metode yang dapat Anda gunakan adalah PayPal, Visa, atau Mastercard.

Aturlah toko online Anda supaya konsumen dapat menyelesaikan pembayaran dengan berbagai pilihan metode. Anda dapat mengintegrasikan toko online Anda dengan metode pembayaran tersebut misalnya PayPal. Hal ini akan memudahkan kedua pihak.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengintegrasikan toko online Anda dengan metode pembayaran adalah dengan masuk ke dalam akun atau rekening yang digunakan, kemudian navigasikan terhadap tombol dengan urutan sebagai berikut Alat Jual Saya – Jual Online – Pembaruan – Preferensi Penjualan – Buat Tombol Baru.

Ketika Anda selesai melakukan setiap langkah tersebut dengan benar, maka sebuah HTML akan muncul. Kemudian HTML ini harus Anda tempelkan ke toko online Anda tersebut. Setelah itu, tombol metode pembayaran akan muncul secara otomatis dalam toko online Anda.

7.Maksimalkan fitur Google Adsense pada toko online Anda

Google Adsense merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh Google untuk menambah penghasilan dari setiap akun pada masing-masing platform yang Anda miliki. Selain mendapatkan uang dari produk atau jasa yang Anda jual, toko online Anda juga dapat menghasilkan uang dari Google Adsense.

Semakin banyak kunjungan pada toko online Anda, uang yang Anda dapatkan melalui Google Adsense akan semakin besar. Apabila Anda menggunakan Google Adsense, iklan akan dimunculkan pada toko online Anda. Iklan tersebut akan muncul di tempat yang memungkinkan pada template yang sedang Anda gunakan. Iklan tidak akan memperburuk dan mengganggu tampilan toko online Anda.

8.Promosikan toko online Anda pada setiap media sosial yang dimiliki

Apabila semua langkah telah Anda lakukan dengan baik dan benar, langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mempromosikan toko online Anda pada semua media sosial yang Anda miliki. Langkah ini dilakukan agar banyak orang yang mengetahui toko online yang telah Anda buat.

Promosi ini memiliki peran yang sangat besar dan dapat mempengaruhi kesuksesan toko online Anda. Selain itu, dengan adanya promosi di berbagai media sosial, peringkat toko online Anda pada mesin pencari Google akan meningkat.

Delapan langkah tersebut mudah untuk Anda lakukan dan dapat membantu Anda dalam membuat toko online menggunakan blogspot sampai mengembangkannya. Toko online berbasis blogspot ini dapat Anda kelola dari telepon pintar yang Anda miliki. Dengan berbagai keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan, tidak ada lagi hal yang bisa Anda jadikan alasan untuk tidak membuat toko online dengan blogspot.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 20 Januari 2019 | Share artikel ini di :