Pengertian Niche Blog – Apa itu Niche?

Pengertian Niche Blog – Apa itu Niche?

Pengertian Niche Blog

Jika anda baru terjun ke dunia internet marketing atau baru memulai blogging dan anda sering membaca-baca tutorial serta panduan blogging, mungkin anda sering mendengar kata niche namun tidak begitu paham maksudnya.

Jadi, apa itu niche blog? niche blog adalah konsep atau tema dari sebuah blog. Dan karena berupa konsep, niche ini tidak akan dituliskan secara gamblang di setiap blog, namun pada umumnya kita bisa melihat niche suatu blog hanya dengan melihat isi dari blog tersebut.

Contoh niche blog sangatlah banyak, anda bisa menemukan blog yang memiliki niche teknologi, bisnis, bisnis online, traveling, masakan/kuliner, otomotif, olahraga dan masih banyak lagi contoh niche blog lainnya.

Pemilihan niche idealnya dilakukan pada tahap perencanaan sebelum anda membuat blog. Dengan menyusun niche, berarti anda mulai mempersiapkan konsep serta kerangka dari blog yang akan dibuat. Hal ini bisa memudahkan anda kedepannya dalam menulis postingan serta artikel-artikel di blog tersebut.

Namun jangan takut anda kekurangan topik ketika memilih suatu niche, karena selain niche, seringkali blog-blog memiliki sub niche yang membahas lebih spesifik terhadap topik tersebut.

Berikut contoh konsep niche untuk sebuah blog.

Niche Blog :

Wisata di Bali

Sub Niche :

Wisata Pantai di Bali

Wisata Budaya di Bali

Rekomendasi Hotel di Bali

Restoran di Bali

Bisa dilihat, dari satu niche diatas bisa didapat beberapa sub niche dan jumlah diatas masih bisa bertambah banyak sesuai kreatifitas anda.

Fungsi Niche Blog

Dengan menentukan niche atau konsep dari sebuah blog, akan membuat blog tersebut lebih terkonsep sehingga pembaca akan lebih nyaman ketika membuka blog tersebut karena memiliki konsep yang jelas.

Artinya, ketika seorang pengunjung masuk ke blog yang memiliki niche smartphone, maka ia tidak akan menemukan artikel lain di blog tersebut yang membahas sesuatu yang tidak berhubungan sama sekali dengan smartphone.

Dengan memiliki niche yang jelas, suatu blog akan lebih terlihat bonafit dan terpercaya dimata pengunjungnya. Dan bukan tidak mungkin, jika memang pengunjung tersebut tertarik dan memiliki minat yang besar pada niche tersebut, ia akan membookmark blog anda dan akan mengunjungi blog anda secara rutin.

Selain untuk pengunjung, fungsi niche juga memiliki manfaat terhadap search engine. Ingat, search engine terutama google terus berkembang setiap harinya, dan saat ini, google sangat concern terhadap relevansi suatu blog/website.

Artinya, ketika suatu blog mempunyai suatu niche dan artikel-artikel di blog tersebut hanya membahas topik yang berhubungan dengan niche yang digunakan, maka google akan menilai blog ini memang fokus pada niche tersebut dan “menganggap” blog ini expert untuk niche nya dan akan memberikan ranking yang tinggi.

Sebaliknya, ketika menemukan suatu blog yang tidak memiliki niche yang jelas, seperti hari ini menulis posting tentang kesehatan, kemarin menulis posting tentang otomotif, dan besok lusa akan mempublikasikan posting tentang traveling, maka blog seperti ini tidak memiliki relevansi yang jelas dan sulit untuk mendapatkan peringkat pencarian google yang baik.

Memilih Niche

Dalam memilih niche, ada banyak pertimbangan yang harus diambil, diantaranya :

Seberapa paham anda tentang niche yang akan digunakan – Hindari memilih niche yang anda tidak paham sama sekali tentang niche tersebut. Sebaliknya, gunakan niche dimana anda betul-betul mengerti bahkan mungkin anda adalah seorang pakar atau expert di bidang/niche tersebut.

Cek kompetitor – Tujuan pembuatan blog adalah mendapatkan pengunjung, untuk itu ketika memilih suatu niche, anda harus melihat seberapa sulit kompetitor pada niche yang sama. Hindari memilih niche dengan banyak kompetitor terutama kompetitor-kompetitor yang berupa perusahaan besar dengan website yang bonafit. Jadi, carilah niche yang masih jarang orang menggunakannya sebagai tema atau topik blog mereka.

Cek apakah niche tersebut ada peminatnya? – Jika anda menemukan niche yang masih jarang digunakan sebagai topik suatu blog, namun ternyata sangat sedikit orang yang tertarik terhadap niche tersebut, maka cobalah mencari topik atau niche lain. Carilah niche yang memiliki banyak calon pengunjung potensial, atau paling tidak anda bisa memprediksi kedepannya akan banyak orang yang mencari postingan tentang niche yang anda buat.

Cara Menggunakan Niche Blog

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya diatas, niche adalah tahap perencanaan dalam membuat suatu blog, dan tidak akan digunakan atau dituliskan secara gamblang di blog tersebut.

Sehingga, cara menggunakan niche bukan berarti menulis niche anda di blog, tetapi menggunakan niche sebagai panduan anda dalam membuat kategori serta menulis artikel di blog anda.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 15 Agustus 2018 | Share artikel ini di :