Cara Mempromosikan Website di Facebook

Langkah-langkah cara mempromosikan website di Facebook sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung website dengan cepat!
Cara Mempromosikan Website di Facebook

Era digital membawa perubahan dalam sebagian besar aspek kehidupan, salah satunya ialah pemasaran produk. Beragam jenis produk milik Anda akan lebih tinggi peminatnya dengan bukti penjualan atau pencapaian melalui media sosial yang menjadi ciri era digital.

Salah satu produk yang dimaksud ialah situs online atau website. Sebagai wadah untuk meletakkan ide maupun produk bisnis, website menjadi sarana populer yang fleksibel untuk dipromosikan.

Salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk tempat pemasaran website adalah Facebook. Dengan pengguna yang diprediksi akan terus meningkat, banyak orang tidak ragu untuk memosting link website pada akun Facebook mereka.

Harapannya tak lain ialah supaya meraih pencapaian berupa jumlah pengunjung, target penjualan, pencarian rekan, dan lain sebagainya. Pernahkah Anda mencobanya atau mulai tertarik untuk mencoba?

Jika iya, maka inilah langkah lebih lanjut atas ketertarikan Anda. Dengan menerapkan berbagai cara mempromosikan website di Facebook di bawah ini secara benar, nantinya Anda akan mampu mendapatkan hasil atas tujuan dibuatnya website tersebut.

1.Memanfaatkan halaman (Facebook Page)

Adanya halaman atau Facebook Page kerap digunakan pemilik website untuk menimbulkan rasa penasaran pengguna Facebook. Sebuah lapak tersendiri yang memfasilitasi cara promosi dengan adanya pengelompokan jenis website ini menjadi penanda berapa banyak orang yang antuasias atau menjadi penggemar website Anda.

Adapun pengelompokan yang dimaksud ialah penentu apakah website Anda termasuk sebagai ikon seorang individu, bisnis, perusahaan, merek, kejadian, bahkan komunitas.

Halaman Facebook memiliki berbagai manfaat yang terhubung dengan website itu sendiri. Misalnya, terdapat informasi atau berita singkat mengenai website seperti terjadi error jaringan untuk platform website dapat ditayangkan pada halaman karena menimbulkan postingan yang bersifat spam, tidak bisa diunggah, atau tidak berarti penting jika muncul pada website.

Adanya keunggulan Facebook Page daripada sarana lain seperti kebebasan mengunggah gambar, video, avatar, URL, dan deskripsi singkat akan mampu merepresentasikan website yang sebenarnya sehingga cukup efektif menjadi sarana promosi.

Facebook page juga menjadi tempat berinteraksi antara pemilik website dengan orang lain seperti penyampaian kritik, pujian, dan saran. Hal ini akan menarik minat pengguna yang sekedar mengunjungi halaman Anda untuk meninjau terlebih dahulu seperti apa website Anda.

Jika ada komentar positif, mereka akan lebih yakin untuk memberikan tanda suka atau likes pada halaman Facebook.

2.Memanfaatkan Facebook Advertising (Ads)

Menjadi cara berbayar yang ditampilkan pada hampir seluruh pengguna Facebook, fasilitas Ads akan lebih berprospek tinggi untuk menjangkau kalangan luas dan baru. Jika Anda masih memiliki dana terbatas, Anda tetap dapat memilih Facebook Ads yang gratis tetapi hanya ditampilkan secara terbatas.

Namun tidak ada salahnya untuk berinvestasi untuk pengiklanan mengingat sebaran pengguna Facebook yang besar.

Facebook Ads mampu untuk menargetkan kalangan terbatas misalkan hanya untuk gender, minat, dan usia tertentu. Dengan demikian kemunculan website akan lebih tepat sasaran sehingga jika belum terpasarkan dengan baik berarti ada yang salah dengan konten website Anda.

Maka dengan memastikan bahwa kualitas konten website selalu baik dan menarik menjadi tugas wajib yang seharusnya dilakukan.

Untuk membuat iklan yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal penting yang dimaksud ialah pemilihan gambar dan judul yang menggugah minat, penempatan iklan yang benar, dan memastikan bahwa ikan dapat dilihat pada perangkat mobile.

Umumnya, pemasangan iklan yang dianggap paling strategis ialah pada Newsfeed. Tetapi jika merasa kurang cocok Anda dapat mencoba penempatan iklan terlebih dahulu sebelum benar-benar memasangnya.

3.Memberikan penawaran menarik

Dengan adanya penawaran menarik berupa potongan harga, hadiah kecil-kecilan, dan lain sebagainya akan membuat orang ingin untuk mendapatkannya. Namun sebaiknya Anda memberikan suatu persyaratan yang melibatkan promosi secara mudah.

Jika cara berpartisipasi untuk mendapatkan penawaran sangat sulit dan rumit, maka calon peserta akan malas dan berpikir bahwa Anda tidak tulus dalam memberikan penawaran.

Cara yang umum dilakukan ialah giveaway, memberikan potongan harga atau diskon, memberikan kupon undian berhadiah, dan lain-lain. Sebagai metode pemasaran, calon peserta dapat melakukan tantangan seperti menyukai Facebook Page, menekan tombol “Share” di timeline mereka, menandai sejumlah teman, atau membuat postingan unik mengenai kelebihan website Anda.

4.Memanfaatkan kustomisasi

Bertujuan untuk mengarahkan pengguna Facebook menuju website Anda, pentingnya kustomisasi terbukti menjadi cara promosi yang ampuh. Hal ini sekaligus menjadi solusi atas persaingan ketat dari ratusan halaman Facebook yang tidak kalah menarik dan unik.

Bahkan Anda juga dapat mengintegrasikan antara Facebook page, website, dan aplikasi penjualan.

Untuk melakukan kustomisasi, Anda dapat membuat template landing page atau halaman yang pertama kali dikunjungi menggunakan template CSS (Cascading Style Sheet). Langkah ini juga lebih baik jika diiringi dengan pembuatan tombol yang mengarah pada link langsung website Anda serta memasang kode Social Plugins berupa aspek Facebook di halaman website.

Terdapat beragam pilihan bentuk layout, tipe tombol, lebar piksel, dan metode penyuguhan mode likers, shares, embedded posts, tombol ikuti, kolom komentar, dan tombol suka sesuai selera yang ingin ditampilkan pada website.

5.Memanfaatkan jaringan

Melalui lingkaran pertemanan Anda, promosi sebuah website menjadi hal yang wajar dan mudah mendapatkan kesan positif. Bahkan mereka juga tidak akan segan untuk memberikan komentar positif pada Facebook Page karena merasa mengenali langsung pemilik website.

Langkah awal yang harus dilakukan ialah menuliskan link Facebook page dan website pada profile Facebook atau menambahkan tombol sosial media pada profil email yang mengarah menuju Facebook.

Cara tepat berikutnya untuk mampu memanfaatkan jaringan ialah melakukan sosialisai langsung kepada orang yang memiliki minat terhadap kategori website Anda. Hal yang paling sering dilakukan ialah mengomentari postingan beranda mereka dengan ajakan untuk menyukai Facebook Page Anda.

Perlu diingat bahwa Anda sebaiknya tidak melakukan spam atau mengajak secara berlebihan bahkan memaksa. Cara ini jelas mengganggu kenyamanan dan privasi calon penyuka halaman Anda.

Untuk membawa nuansa yang baik pada jaringan pertemanan Facebook, Anda perlu sering memperbarui halaman Facebook dengan konten yang relevan dan menarik. Tentunya konten ini harus memiliki suatu tombol “Share” atau “Bagikan” yang mudah dikenali langsung.

Biasanya, pengunjung akan tertarik jika konten disertai dengan suatu gambar berukuran besar yang mewakili isi konten. Adapun ukuran yang disarankan ialah 1200 x 628. Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda tidak membuat konten “clickbait” atau judul yang menipu dan berbeda secara total dengan konten.

Dalam menerapkan cara promosi website lewat Facebook di atas, Anda perlu mengenali langkah mana yang paling efektif dan cukup berpotensi tetapi masih perlu ditingkatkan lagi. Jika memungkinkan, Anda juga boleh menanyai orang terdekat mengenai keapikan website sekaligus mengetahui cara promosi apa yang paling berhasil terhadap mereka. Semoga berhasil, ya!

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 20 Januari 2019 | Share artikel ini di :