3 Cara Mendapatkan Uang dari Grup Facebook

Panduan cara mendapatkan uang dari grup Facebook. Manfaatkan grup Facebook anda menjadi mesin penghasil uang!
3 Cara Mendapatkan Uang dari Grup Facebook

Tahukah anda bahwa selain berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan teman, Facebook juga dapat Anda gunakan untuk menambah penghasilan.

Berbagai cara dan strategi berbeda dapat dilakukan untuk mendapatkan uang dari Facebook.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur grup Facebook. Apabila Anda merupakan seorang pengelola grup Facebook atau memiliki sebuah grup dengan jumlah member yang potensial, maka artikel ini merupakan artikel yang tepat bagi Anda.

Perlu diingat, bahwa untuk mendapatkan penghasilan yang optimal, anda haruslah memiliki grup yang beranggotakan lebih dari 10.000 orang.

Jika ternyata anda memiliki grup dengan jumlah anggota yang lebih kecil, anda memang tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan mengikuti cara-cara yang akan kami berikan, namun tentunya tidak akan sebesar penghasilan mereka yang memiliki grup yang jauh lebih besar.

Untuk itu, selain menerapkan cara-cara mendapatkan uang dari group facebook yang akan kami bagikan dibawah ini, anda juga harus tetap memaintenance grup tersebut sehingga bisa memiliki lebih banyak anggota yang tergabung untuk kemudian nantinya bisa memberikan anda lebih banyak uang.

Mari kita mulai tutorial kali ini. Berikut ini 5 cara mendapatkan uang dari group facebook yang sudah terbukti dan bisa anda terapkan di grup anda :

Cara ke 1: Mencari Sponsor Berbayar untuk Grup Facebook

Sebuah grup facebook terutama grup yang memiliki banyak anggota merupakan sebuah wadah yang sangat potensial bagi banyak sponsor, terutama jika grup tersebut memiliki anggota yang merupakan target market dari sponsor tersebut.

Misalnya, grup dengan anggota pecinta hewan peliharaan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan sponsor dari perusahaan aksesoris hewan ataupun makanan hewan peliharaan.

Untuk lebih memudahkan mitra iklan dan sponsor dalam melihat kesamaan target yang dimiliki, Anda dapat membuat halaman “tentang” yang menjelaskan detail grup Facebook Anda.

Dalam halaman tersebut juga harus dijelaskan mengenai target anggota grup Anda, kategori dan minat anggota dalam grup yang Anda kelola, dan hal lain yang dirasa perlu.

Hal kedua yang membuat mitra iklan atau sponsor tertarik kepada grup Facebook Anda adalah aktivitas yang terjadi di dalam grup. Grup yang sangat aktif akan menghilangkan minat mitra iklan dan sponsor karena hal ini dapat menimbun pesan mereka. Mereka juga tidak akan tertarik pada grup yang dianggap hanya berisi spam dengan konten yang jelek.

Sebagai admin, sudah menjadi tugas Anda untuk memantau dan mengatur segala hal yang masuk ke dalam grup Facebook Anda.

Setelah memastikan bahwa grup anda memiliki anggota/member dengan kategori yang spesifik, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan sponsor adalah sebagai berikut :

1. Berikan Proposal Kerjasama Kepada Calon Sponsor Potensial

Untuk mempercepat proses, anda bisa melakukan langkah proaktif dengan memberikan penawaran kerjasama kepada calon-calon sponsor potensial.

Menggunakan contoh sebelumnya, jika grup anda berisi para pencinta hewan peliharaan, anda bisa menghubungi para pemilik toko online yang menjual aneka aksesoris hewan ataupun makanan hewan.

Berikan penawaran yang menarik dan realistis kepada mereka, serta tonjolkan kelebihan dan benefit yang akan mereka dapatkan dengan beriklan di grup anda.

Untuk awal, anda bisa memberikan dalam bentuk paket, misalkan Rp 1.000.000 untuk 3x posting promo tiap hari selama sebulan, atau paket-paket lainnya.

Jika menggunakan metode ini, anda harus aktif mencari calon sponsor, karena tidak semua sponsor yang anda tawarkan akan berminat untuk berpromosi di grup anda.

2. Menunggu Sponsor

Jika anda malas untuk mencari dan memfollow up calon sponsor, langkah lain yang bisa dilakukan adalah menunggu.

Ya, menunggu.

Dalam artian, anda cukup memberikan informasi di grup bahwa grup tersebut menerima tawaran kerjasama sponsorship, dan anda hanya perlu menunggu sampai calon sponsor yang berminat menghubungi anda.

Namun untuk bisa mendapatkan sponsor dengan cara ini, anda harus terus menerus mempromosikan grup anda, sehingga ketika grup tersebut semakin terkenal dan memiliki lebih banyak anggota, maka tinggal menunggu waktu saja sampai akhirnya para sponsor akan berdatangan.

Cara ke 2 : Manfaatkan dan Jual Aset di Dalam Grup Anda

Di dalam fitur grup sendiri, banyak hal-hal yang dapat dimanfaatkan untuk bisa mendatangkan uang. Salah satunya adalah dengan membuat aset baru yang dapat Anda jadikan wadah atau alat menambah penghasilan.

Salah satu contoh aset tersebut adalah email setiap anggota yang terdapat dalam grup Facebook Anda. Email akan bermanfaat dalam kegiatan pemasaran.

Aset lainnya yang bisa anda manfaatkan adalah nomer telefon, anda bisa meminta para anggota grup untuk mendaftarkan nomer telefon mereka.

Selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang adalah menjual aset tersebut. Ya, diluaran sana banyak sekali para marketing yang membutuhkan database baik berupa email ataupun nomer telefon guna kepentingan pemasaran mereka.

Anda bisa menawarkan database yang anda miliki untuk dijual kepada mereka.

Cara ke 3 : Menghasilkan Uang Melalui Produk yang Anda Jual Sendiri ke Dalam Grup Facebook Anda

Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki grup Facebook berskala kecil dan menengah. Anda dapat membuat sendiri iklan produk Anda untuk dijual kepada anggota grup. Produk yang dijual harus memiliki kesamaan dengan minat para anggota grup Facebook Anda.

Dengan cara ini, uang yang Anda dapatkan berasal dari produk yang dibeli oleh anggota. Buatlah iklan semenarik mungkin dan tetapkan harga yang sesuai dengan anggota grup Facebook Anda. Selain itu, buatlah strategi pemasaran yang baik. Anda dapat memanfaatkan daftar email yang telah Anda kumpulkan.

Secara umum, terdapat dua cara untuk mendapatkan uang dari grup Facebook yang Anda kelola yaitu melalui mitra iklan dan sponsor serta memasarkan produk yang Anda jual sendiri. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki kualitas grup Facebook Anda dari segala sisi.

Setelah hal ini sudah Anda lakukan, Anda dapat melakukan langkah selanjutnya yang lebih spesifik seperti yang telah dijelaskan di atas. Penting bagi Anda untuk memberitahu kepada anggota Anda bahwa iklan yang ada dalam grup Facebook Anda merupakan iklan bersponsor. Hal ini dilakukan supaya anggota grup Anda dapat memahami dan mentoleransi setiap iklan yang muncul dalam grup Facebook tersebut.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 20 Januari 2019 | Share artikel ini di :