9 Cara Meningkatkan CTR Adsense

9 Cara meningkatkan CTR adsense yang bisa di praktekan sekarang juga untuk melipat gandakan penghasilan website ataupun blog anda.
9 Cara Meningkatkan CTR Adsense

Mengenal CTR Adsense

Pelajari bagaimana cara meningkatkan CTR google adsense di blog atau website anda. CTR atau Click Through Rate merpakan faktor penting penentu jumlah penghasilan adsense anda.

Google adsense sampai saat ini masih menjadi primadona para pemilik website maupun blog untuk mendapatkan penghasilan dari website mereka. Sebagai platform monetizing yang dimiliki oleh google, tentunya menjadi suatu jaminan dan garansi tersediri bagi adsense. Dengan menggunakan google adsense, pemilik website dapat menampilkan iklan di web mereka, dan ketika pengunjung mengklik iklan tersebut, maka pemilik website akan mendapatkan bayaran dari adsense.

Apa itu CTR Google Adsense?

CTR merupakan singkatan dari Click Through Rate yang berarti rasio klik tayangan. Perhitungan CTR sangatlah mudah. Contohnya, website anda menayangkan iklan kepada pengunjung sebanyak 100 kali, dan ada 3 pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka click through rate anda yaitu 3 / 100 * 100% = 3%.

Semakin tinggi skor CTR anda, berarti lebih besar penghasilan yang akan anda dapatkan.

Pentingnya CTR untuk Website

Untuk para webmaster yang menggunakan adsense, tentunya ada beberapa cara untuk meningkatkan penghasilan adsense. Diantaranya yaitu menaikkan jumlah pengunjung / traffic website, ataupun dengan meningkatkan CTR. Lalu, cara manakah yang paling efektif?

Mari kita gunakan contoh kasus. Anda merupakan seorang pemilik website yang memiliki pengunjung 1.000 orang perhari, dengan CTR 2% yang berarti iklan adsense di website anda di klik 20 kali sehari. Anggaplah CPC atau Cost Per Click atau penghasilan yang anda dapatkan dari setiap klik sejumlah Rp 2.000 / klik, maka penghasilan website anda dalam sehari adalah 20 x 2.000 = Rp 40.000.

Jika anda ingin meningkatkan penghasilan website anda menjadi Rp 80.000 sehari, apa yang harus anda lakukan?

Pertama yaitu dengan meningkatkan traffic/pengunjung website, itu berarti anda harus meningkatkan pengunjung website sebanyak 2x lipat dari 1.000 orang menjadi 2.000 orang perhari. Sehingga penghasilan website anda akan menjadi 2.000 x 2% x 2.000 = Rp 80.000

Lalu, apakah meningkatkan pengunjung website hingga 2x lipat ini mudah? Tentu saja tidak, banyak sekali hal yang harus dilakukan, seperti meningkatkan seo website anda, mendapatkan lebih banyak backlink, menulis lebih banyak content/artikel berkualitas, mempromosikan website anda lebih sering, dan masih banyak lagi hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan jumlah pengunjung hingga 2x lipat.

Dan, meskipun anda sudah melakukan hal-hal tersebut, seperti kita tahu bahwa mendapatkan peningkatan pengunjung website tentunya tidak bisa dilakukan dengan instan. Diperlukan waktu berbulan-bulan bahkan mungkin setahun lebih hingga mendapatkan jumlah traffic 2x lipat dari traffic website anda sekarang.

Lalu ada cara kedua, yaitu dengan meningkatkan CTR adsense anda.

Dengan meningkatkan CTR dari 2% menjadi 4%, dengan jumlah pengunjung website yang sama, anda bisa mendapatkan penghasilan 1.000 x 4% x 2.000 = Rp 80.000. Sudah sesuai target, bukan?

Dan untuk meningkatkan CTR tidak serumit dan sesulit meningkatkan traffic website. Selain itu, bisa dilakukan dengan cepat sehingga tidak memerlukan waktu bulanan seperti ketika anda memilih meningkatkan pengunjung website.

Berapa CTR Adsense yang Optimal?

Lalu pertanyaan yang mungkin anda tanyakan selanjutnya adalah, sebenarnya berapa % CTR yang optimal untuk adsense? Jawabannya sangat bervariasi, namun menurut pengalaman kami serta pengalaman para pemain adsense, angka 4-6% sudah merupakan angka yang cukup bagus.

Jika angka CTR anda dibawah 4%, berarti iklan adsense anda kurang optimal dan masih bisa dioptimalkan lagi. Disisi lain, jika CTR anda lebih dari 6%, maka anda harus sedikit berhati-hati. Karena CTR yang terlalu besar seringkali menjadi signal bagi google untuk mengecek situs anda.

Jika anda tidak melakukan hal-hal yang dilarang seperti mengklik iklan sendiri ataupun menempatkan iklan di posisi terlarang seperti iklan melayang maupun popup, maka anda tidak perlu takut meskipun nilai CTR anda tinggi karena mungkin memang traffic/pengunjung webisite anda berkualitas.

Namun jika ternyata memang ditemukan pelanggaran, maka account adsense anda akan di block selamanya dan anda tidak akan bisa lagi mengikuti program google adsense.

Meningkatkan CTR Adsense

Setelah memahami tentang CTR google adsense, selanjutnya kita masuk ke 9 cara untuk meningkatkan CTR Adsense website ataupun blog anda.

1. Pilih Lokasi Penempatan Iklan yang Optimal

Faktor lokasi penempatan iklan merupakan faktor yang terdengar sederhana namun ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap CTR adsense website anda.

Untuk memperoleh hasil yang optimal, tempatkan iklan adsense di lokasi yang dekat dengan artikel atau isi dari halaman website anda. Berikut ini beberapa lokasi yang memberikan CTR yang tinggi :

Tepat dibawah judul utama halaman website

Diantara paragraf didalam artikel

Diakhir artikel

Sidebar teratas di website

Didalam header website

2. Atur Warna Iklan

Warna iklan merupakan faktor lainnya yang memberikan pengaruh terhadap CTR iklan anda. Sebisa mungkin, gunakan warna yang kontras untuk iklan adsense sehingga pengunjung website anda bisa melihat iklan yang anda pasang. Namun, sebisa mungkin juga untuk tetap menggunakan konsep warna yang sesuai dengan warna tema website anda sehingga iklan tetap terlihat natural dan merupakan satu kesatuan dengan website anda.

3. Pilih Ukuran Iklan yang Optimal

Setiap website tentunya memiliki hasil yang berbeda-beda untuk setiap ukuran iklan yang digunakan karena tergantung dari beberapa hal, seperti tampilan website, serta karakteristik pengunjung website.

Untuk itu, anda harus melihat dari data di google adsense anda, ukuran iklan manakah yang paling banyak di klik di website anda. Setelah mengetahui data ini, anda bisa merubah ukuran iklan yang tidak efektif dan menggantinya dengan ukuran iklan yang paling efektif.

4. Optimalkan Iklan untuk Mobile

Saat ini sebagian besar pengunjung website datang dari mobile. Artinya, anda harus mengoptimalkan iklan anda agar bisa terlihat dan di klik pengunjung website yang menggunakan smartphone atau hp.

Untuk mengoptimalkan iklan di mobile, anda harus mengatur tampilan website anda menjadi mobile responsive dimana tampilan website akan menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang digunakan pengunjung website.

5. Memperbaiki Konten / Artikel

Percaya atau tidak, kualitas dari artikel di website sangatlah memiliki pengaruh penting dalam CTR adsense, dan sayangnya banyak orang yang tidak peduli dan tidak paham kenapa konten berkaitan langsung dengan CTR adsense.

Ilustrasinya sebagai berikut : Jika website anda memiliki konten yang berkualitas, maka ketika seseorang pengunjung membuka halaman webstite anda maka ia akan tertarik membaca seluruh konten sampai selesai. Hal ini berarti pengunjung tersebut akan menghabiskan waktu lebih lama di website anda, dimana semakin lama pengunjung berada di website anda maka semakin besar peluang pengunjung tersebut mengklik iklan adsense.

Disisi lain, jika artikel di website anda kurang menarik, begitu pengunjung melihat website anda dan mendapati isi artikel situs anda tidak berkualitas, mereka akan keluar dan mencari website lain yang menyediakan artikel yang lebih baik.

Masuk akal bukan? Untuk itu, cobalah untuk memperbaiki kualitas dari postingan atau artikel website anda, dan cek kenaikan CTR adsense anda setelah selesai memperbaiki kualitas artikel.

6. Perbaiki Kecepatan Website Anda

Tanpa anda sadari, tahukah anda bahwa tidak jarang banyak pengunjung website anda yang membatalkan membuka website karena waktu loading website yang terlalu lama, terutama untuk website yang menggunakan adsense karena harus diakui iklan adsense cukup membebani waktu loading website.

Ketika ada pengunjung yang membuka situs anda namun membatalkannya karena loading website yang terlalu lama, anda telah kehilangan potensi penghasilan dari adsense.

Untuk itu, cobalah perbaiki kecepatan website anda. Upayakan website anda bisa ditampilkan secara utuh dalam waktu kurang dari 3 detik.

7. Maksimalkan Jenis Iklan Berbeda

Google adsense terus memperbaharui koleksi jenis iklan mereka setiap saat. Untuk itu, usahakan anda untuk rutin mengecek jika ada jenis iklan baru dan cobalah untuk menerapkannya di website anda.

Beberapa jenis iklan yang ada saat ini diantaranya ad between feed, mathing content ads, between page ads, dan masih banyak lagi.

8. Tampilkan Iklan yang Relevan

Data membuktikan, iklan yang relevan dengan isi dari website memberikan hasil CTR yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan iklan yang tidak relevan. Contohnya, jika website anda membahas tentang review handphone terbaru, maka iklan adsense produk handphone akan lebih banyak di klik dibandingkan jika adsense menampilkan iklan produk fashion.

Ada banyak cara untuk membuat adsense menampilkan iklan yang relevan dengan website anda, diantaranya dengan mengoptimalkan konten website, judul website, meta tag website dan juga menggunakan section targeting.

9. Kurangi Ad Blindness

Ad blindness merupakan kondisi dimana seseorang pengunjung yang sudah sering mengunjungi website anda, telah mengetahui titik-titik dimana iklan anda berada dan tidak akan memperhatikan iklan tersebut.

Jika situs anda memiliki banyak pengunjung rutin, maka anda memiliki pekerjaan rumah yaitu mengurangi Ad Blindness. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin merotasi atau merubah posisi iklan secara berkala.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 17 Agustus 2018 | Share artikel ini di :