Tutorial Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Tutorial bagaimana cara mendapatkan uang dari google adsense untuk pemula. Nikmati penghasilan passive income dari bisnis google adsense.
Tutorial Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Tutorial Bisnis Google Adsense

Pengertian Google Adsense

Sebelum memulai tutorial bagaimana cara mendapatkan uang dari google adsense, akan kita jelaskan terlebih dahulu pengertian google adsense. Google adsense merupakan salah satu program milik google yang bisa dimanfaatkan oleh anda yang memiliki website untuk menghasilkan uang menggunakan website anda. Cara kerja dari google adsense sangatlah sederhana, anda sebagai pemilik website menyediakan tempat/space di website anda kepada google adsense. Kemudian, google adsense akan mencarikan iklan untuk dipasang di tempat tersebut. Nantinya, apabila iklan tersebut di klik oleh pengunjung website anda, anda akan mendapatkan sejumlah bayaran yang akan diakumulasikan setiap bulannya. Sangat mudah bukan? Konsep ini merupakan konsep cost per click, dimana anda akan mendapatkan penghasilan setiap iklan tersebut di klik oleh pengunjung/visitor website anda.

Untuk bisa mengikuti program google adsense, anda diharuskan sudah memiliki website terlebih dahulu. Bagi anda yang baru akan memulai bisnis online dengan google adsense, anda sangatlah beruntung. Beberapa tahun yang lalu, google adsense hanya akan menerima website berbahasa inggris sehingga untuk mendaftar di program google adsense anda diharuskan memiliki website berbahasa inggris agar bisa diterima. Namun saat ini, google adsense sudah bisa menerima website berbahasa indonesia, sehingga kita bisa lebih mudah untuk mendaftar dan diterima untuk bergabung ke program penghasil uang google adsense.

Ok, selanjutnya kita akan membahas tentang pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para netizen, yaitu bagaimana cara mendapatkan uang dari google adsense.

Untuk bisa mulai bisnis google adsense, pertama-tama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan diri ke program adsense dengan langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mendaftar di Google Adsense

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk bisa mendaftar ke program google adsense anda diwajibkan untuk memiliki website terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki website, silahkan terlebih dahulu membuat website anda. Karena tanpa website, tutorial cara mendapatkan uang dari google adsense ini akan sia-sia dan tidak bisa dijalankan.

Untuk langkah awal, anda bisa mencoba menggunakan website gratis terlebih dahulu. Namun ketika memilih menggunakan website gratis, anda harus berhati-hati ketika memilih platform karena tidak semua platform mengizinkan penggunaan iklan adsense. Salah satu platform website/blog gratis yang bisa digunakan yaitu blogspot atau blogger, karena platform ini merupakan platform yang juga dimiliki oleh google dan memiliki sistem google adsense yang telah terintegrasi.

Namun jika anda memiliki dana lebih, anda bisa membuat sebuah website sederhana untuk bisnis google adsense ini, karena dengan memiliki website, akan mempermudah anda menjalankan bisnis ini. Pengalaman kami, anda bisa membuat website sederhana dengan modal yang cukup terjangkau yaitu sekitar 200-300 ribu untuk membuat sebuah website yang sudah cukup mumpuni untuk memulai bisnis adsense.

Setelah website anda jadi (baik itu website berbayar ataupun blog gratis), anda perlu terlebih dahulu mengisi website tersebut dengan konten atau artikel-artikel yang memang berkualitas dan bukan merupakan hasil copy paste dari website lain. Mengapa? Hal ini untuk mempermudah dan mempercepat peluang anda diterima untuk ikut kedalam program adsense, karena saat ini google cukup selektif dalam memilih mitra baru untuk bisa ikut program mereka. Jangan lupa juga untuk mempromosikan website anda ini ke berbagai akun sosial media serta forum ataupun tempat-tempat lain di internet untuk bisa mendapatkan pengunjung, semakin banyak pengunjung website, maka semakin besar kemungkinan anda bisa diterima di program google adsense.

Jika anda sudah memiliki website, langkah selanjutnya adalah mendaftar ke program google adsense, caranya yaitu kunjungi situs adsense disini, lalu klik menu sign up now. Anda akan diarahkan ke halaman pembbukaan account google adsense, silahkan isi data selengkap mungkin. Setelah mendaftar, aplikasi pendaftaran anda akan di review terlebih dahulu oleh pihak google. Waktu review bervariasi antara 1 – 14 hari kerja. Setelah permohonan anda diterima, anda bisa langsung melakukan setting google adsense di website anda dan website anda bisa langsung mulai menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk anda.

Cara Menggunakan Google Adsense

Setelah sukses terdaftar sebagai member program google adsense, anda bisa langsung melakukan setting iklan adsense di website anda. Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam cara menggunakan google adsense adalah login ke halaman member google adsense. Di dalam halaman member, klik menu my ads lalu klik tombol add new ads. Di halaman new ads ini akan muncul pilihan jenis iklan apa yang akan anda buat, berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis iklan di google adsense :

Jenis iklan dalam bisnis google adsense

Text and Display Ads

Jenis iklan ini merupakan jenis iklan paling umum dan paling sering digunakan sebagai cara menggunakan google adsense. Iklan ini merupakan iklan text atau gambar banner yang bisa anda simpan di bagian manapun dari website anda. Jika anda baru mencoba program google adsense, sangat disarankan anda menggunakan jenis iklan ini karena proses dan cara setting nya sangatlah mudah.

Matched Content

Jenis iklan matched content merupakan jenis iklan yang akan ditampilkan beserta dengan related post pada website anda. Jenis iklan ini memerlukan setting yang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan text dan display ads.

In-feed Ads

Apakah website anda memiliki tampilan berupa list baik itu list postingan terbaru atau list produk terbaru? In-feed ads bekerja dengan menyelipkan iklan kedalam list di website anda tersebut.

In-article Ads

Jenis iklan ini merupakan salah satu iklan yang paling efektif karena banyak di klik oleh pengunjung website. In-article ads bekerja dengan memasukkan iklan kedalam artikel di website anda, sehingga saat pengunjung membaca isi artikel website anda, mereka akan melihat iklan ini didalam artikel.

Selanjutnya setelah anda menentukan jenis iklan mana yang akan anda pasang di website anda, silahkan klik iklan tersebut untuk masuk ke menu setting iklan. Pada contoh kali ini kita akan menggunakan jenis iklan text and display ads. Klik pada pilihan text and display ads, maka anda akan diarahkan ke halaman setting iklan.

Cara Menggunakan Google Adsense - Setting iklan google adsense

Dihalaman setting ini,silahkan lakukan penyetelan iklan sesuai dengan keinginan anda seperti memilih ukuran iklan, tampilan warna, dan berbagai setting lain. Setelah selesai, anda bisa menekan tombok save and get code. Google akan mengenerate code khusus yang selanjutnya harus anda pasang di halaman website anda untuk menampilkan iklan. Silahkan copy code tersebut untuk nantinya akan kita masukkan ke website anda.

Contoh code iklan google adsense

Memasukkan Kode Iklan Adsense di Website Anda

Setelah memiliki kode iklan, langkah selanjutnya adalah memasangnya di website anda. Jika anda mengikuti tutorial kami dari awal dan membuat website anda menggunakan wordpress, maka langkah-langkah memasukkan kode iklan google ini akan sangat mudah. Berikut ini kami tunjukkan cara-cara memasukkan kode iklan google adsense pada website berbasis wordpress di beberapa tempat berbeda di halaman anda. Website yang anda buat tidak menggunakan cms dan hanya menggunakan html murni, maka anda perlu mengedit file halaman website anda melalui control panel atau menggunakan ftp.

Memasukkan Iklan di Dalam Artikel

Jika anda ingin memasukkan iklan google ke dalam artikel atau post yang anda buat, caranya sangat mudah. Anda cukup masuk ke menu post di menu wordpress anda. Lalu copy paste kan kode iklan google yang sudah anda biat di dalam kolom konten post anda. Namun ingat, anda harus mengklik tab text terlebih dahulu karena kode iklan tidak akan berjalan jika anda dalam mode visual. Anda bisa menempatkan kode iklan sebelum isi artikel anda untuk menempatkan iklan google di bagian atas, atau setelah isi artikel untuk memposisikan iklan tersebut dibawah setelah artikel anda selesai. Atau anda juga bisa menempatkannya ditengah-tengah artikel anda. Untuk memudahkan anda berikut kami berikan contoh gambarnya :

Contoh kode adsense untuk wordpress

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, menggunakan metode ini iklan google anda hanya akan muncul di halaman dimana anda memasukkan kode google tersebut, dan tidak akan muncul dihalaman lainnya. Jika anda ingin iklan google muncul di semua halaman, anda perlu memasukkan kode google satu persatu kedalam seluruh postingan di website anda.

Jika website anda menggunakan html, anda bisa mendownload file html halaman yang akan anda pasang iklan adsensenya, kemudian edit dan masukkan kode adsense tersebut di bagian halaman yang ingin anda munculkan iklan adsense, lalu save dan upload kembali file html ke server/hosting anda.

Memasukkan Iklan Google di Sidebar Menggunakan Widget

Cara berikut ini merupakan cara yang paling mudah untuk memasukkan iklan google anda dan bisa tampil di seluruh halaman website anda. Caranya masuk ke menu appareance di halaman admin wordpress anda, dan klik menu widget. Pilih jenis widget Html, lalu drag widget tersebut ke kolom sidebar (Tergantung kepada jenis tema anda, ada juga tema wordpress yang tidak mendukung widget sidebar). Copy pastekan kode iklan google adsense di widget html tersebut, lalu klik save. Maka iklan google akan tampil di sidebar (Samping) seluruh halaman website anda.

Pada umumnya, google memerlukan waktu antara 15 menit – 1 jam untuk menganalisa website anda sebelum iklan anda bisa muncul. Analisa diperlukan untuk menentukan jenis iklan apa yang akan ditampilkan di halaman website anda. Silahkan cek secara berkala website anda sampai akhirnya iklan google muncul. Jika iklan sukses tayang, maka selamat! Website anda sudah bisa mulai menghasilkan uang!

Memasukkan Iklan Google Menggunakan Auto Ads

Berbeda dengan metode-metode diatas dimana anda harus menetukan sendiri dimana letak dari iklan google adsense akan ditayangkan di website/blog anda, saat ini google mengeluarkan fitur baru yaitu auto ads yang akan mempermudah semua step diatas.

Dengan auto ads, google sendirilah yang akan menentukan dimana letak iklan anda. Hal ini berdasarkan analisa dari engine google untuk mengetahui dimana letak yang paling potensial di situs anda untuk dipasangi iklan.

Untuk memasang kode auto ads, sangatlah mudah. Anda bisa login ke halaman google adsense anda, pilih pilihan auto ads, dan dapatkan kode auto ads. Setelah itu, yang perlu anda lakukan hanyalah memasukkan kode tersebut di tag head seluruh halaman website anda yang ingin anda tampilkan iklan google adsense. Simpan, dan tunggu 15-30 menit, maka iklan google adsense akan muncul di halaman website anda tanpa anda perlu mengatur letak-letak dari iklan tersebut. Kelebihan lain dari autoads adalah sistem ini akan mampu mendeteksi berapa jumlah iklan yang sesuai dengan halaman website anda. Jika anda memiliki halaman yang panjang, maka iklan yang ditampilkan akan cukup banyak.

Cara Mengambil Uang dari Google Adsense

Setelah sukses memasang iklan adsense di situs anda, dan anda sudah mulai menghasilkan uang, maka pertanyaan selanjutnya yang muncul di benak anda adalah bagaimana cara mengambil uang dari google adsense. Jawabannya sederhana, ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan untuk mengambil uang hasil bisnis google adsense anda :

Pertama, menggunakan western union. Cara ini sangat mudah dan simpel, karena yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan request penarikan dana, setelah itu anda akan mendapatkan selembar print out tanda terima dana yang bisa anda print dan bawa ke outlet western union terdekat dari rumah anda. Tunjukkan bukti tersebut beserta dengan identitas anda seperti ktp atau sim, dan uang dari google adsense langsung bisa anda tarik secara tunai saat itu juga. Beberapa outlet yang menerima pencairan western union diantaranya bank, kantor pos, dan juga beberapa minimarket.

Cara kedua menggunakan wire transfer atau transfer dari rekening bank google ke rekening bank anda. Cara ini memang lebih simpel, namun ada beberapa konsekuensi diantaranya membutuhkan waktu yang agak lama karena transfer yang dilakukan beda negara. Selain itu biaya yang dikenakan untuk setiap pencairan pun cukup besar. Jadi, hanya gunakan cara ini ketika anda sudah mendapatkan jumlah penghasilan yang cukup besar dari adsense. Jika penghasilan anda belum terlalu besar, disarankan menggunakan metode lain.

Demikian tutorial tentang cara mendapatkan uang dari google adsense. Untuk artikel lanjutan mengenai cara meningkatkan penghasilan google adsense, bisa anda baca di halaman ini.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 28 Januari 2018 | Share artikel ini di :