Cara Beriklan di Instagram Tanpa Kartu Kredit

Panduan lengkap cara beriklan di Instagram tanpa kartu kredit, sehingga anda bisa mempromosikan produk anda melalui Instagram dengan mudah dan cepat.
Cara Beriklan di Instagram Tanpa Kartu Kredit

Terkadang kartu kredit menjadi halangan bagi suatu pihak yang dalam menyelesaikan pembayaran. Masih banyak orang yang tidak memiliki kartu kredit baik karena tidak bisa atau tidak mau. Bagi pelaku usaha, kartu kredit menjadi penting untuk dimiliki dan disediakan dalam usahanya.

Beberapa pembeli ada yang akan menggunakan kartu kredit untuk menyelesaikan pembayarannya. Selain itu, kartu kredit banyak digunakan untuk pembayaran dalam platform besar seperti Instagram.

Instagram menjadi salah satu platform yang menggunakan kartu kredit untuk pembayaran yang terjadi di dalam platformnya, salah satunya dalam kegiatan beriklan.

Namun, jangan khawatir. Saat ini di Instagram sudah bisa membuat iklan tanpa menggunakan kartu kredit.
Para pelaku usaha kecil dan menengah dapat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Instagram ini dengan maksimal.

Pengoptimalan layanan promosi dapat mengoptimalkan pula penjualan yang dilakukan. Kemudahan semakin dirasakan oleh pelaku usaha kecil dan menengah karena hanya dengan kartu debet bahkan menggunakan bank lokal seperti Bank Mandiri, pelaku usaha dapat mempromosikan usahanya.

Sebelum menayangkan iklan, Anda harus mengatur tagihan pembayaran untuk iklan yang ditayangkan di Facebook maupun Instagram. Aturlah jumlah batas tagihan pada setiap iklan yang Anda tayangkan, hal ini akan menghindarkan Anda dari saldo yang terkuras habis untuk pengiklanan.

BERAPA BIAYA IKLAN DI INSTAGRAM?

Sekian banyak iklan bermunculan saat seseorang membuka Instagram, sebenarnya berapakah biaya iklan di Instagram? Berdasarkan situs sproutsocial.com, biaya beriklan di Instagram dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan.

Rata-rata biaya untuk setiap klik di Instagram berkisar antara $0,70 dan $0,80. Dalam kenyataannya, biaya iklan di Instagram lebih besar dari biaya rata-rata tersebut. Besaran biaya bergantung pada beberapa indikator diantaranya jenis kelamin, usia, hari penyangan, bulan, dan perangkat yang digunakan seperti Android atau IOS.

Ada sebuah mekanisme yang menentukan jumlah biaya iklan yang harus dibayarkan seseorang sebelum iklannya ditayangkan. Mekanisme itu dapat disebut dengan lelang. Penonton iklan menjadi barang yang akan dilelangkan.

Seluruh pelaku usaha dengan target penonton yang sama harus bersaing menawarkan biaya iklan yang tinggi supaya dapat memenangkan lelang ini. Namun, tidak semua lelang dengan tawaran biaya tertinggi yang akan menang.

Instagram juga melihat isi konten dalam iklan yang akan ditayangkan. Konten yang relevan dan berkualitas tinggi akan mendapatkan nilai yang tinggi serta berpeluang memenangkan lelang.

4 CARA BERIKLAN DI INSTAGRAM :

Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan dalam beriklan di Instagram di antaranya adalah langsung melalui aplikasi Instagram, melalui aplikasi Facebook, Facebook Ads Manager, dan Facebook Power Editor.

1.MEMASANG IKLAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat iklan langsung melalui aplikasi Instagram :

  1. Pastikan Anda memiliki akun Instagram bisnis. Instagram bisnis dapat Anda miliki dengan mengubah pengaturan profilnya.
  2. Pilihlah metode pembayaran yang Anda inginkan. Metode pembayaran ini terbagi menjadi tiga yaitu kartu kredit, kartu debet, dan PayPal.
  3. Unggah sebuah foto, video, atau cerita yang akan Anda jadikan iklan di akun Instagram Anda.
  4. Setelah postingan Anda sudah terunggah, pada postingan tersebut klik tombol “promosikan” yang berwarna biru dan berada di bawah kanan postingan.
  5. Kemudian pilih “Dapatkan lebih banyak kunjungan profil dan situs web”. Anda dapat memiliki untuk menambah jumlah pengikut Instagram atau mengarahkan penonton iklan ke toko Anda.
  6. Anda dapat menjangkau penonton iklan dalam suatu lokasi tertentu lalu mengarahkannya untuk menghubungi Anda sekarang.
  7. Anda juga dapat memilih kelompok penonton iklan Anda berdasarkan minat, usia, dan jenis kelamin.
  8. Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan pemilihan kelompok, Anda dapat memilih opsi otomatis dan Instagram akan mengarahkan iklan Anda kepada pengguna berdasarkan daftar pengikut Anda saat itu.
  9. Untuk biaya iklan, besaran biaya iklan yang harus Anda bayarkan tergantung pada pengiklan lain yang menargetkan penonton iklan yang sama dengan Anda. Semakin banyak jumlah pengiklan dengan target yang sama, maka persaingan akan semakin tinggi pula.
  10. Anda dapat mengantisipasi tingginya persaingan iklan ini dengan membuat konten iklan yang relevan dan menarik.
  11. Untuk membuat anggaran iklan Instagram, Anda dapat mengaturnya di pengaturan profil dengan memilih pengaturan default atau menetapkan anggaran iklan. Masukanlah anggaran iklan yang wajar, jangan terlalu kecil karena Instagram tidak mengizinkannya.

2.MEMASANG IKLAN INSTAGRAM DARI FACEBOOK

Dalam metode yang kedua, Anda dapat melakukan promosi usaha langsung melalui platform Facebook yang dapat diunduh di App Store atau Google Play. Berikut ini langkah-langkah mudah yang harus dilakukan oleh Anda :

  1. Pastikan usaha Anda sudah memiliki Facebook Fans Page. Setelah itu, buatlah sebuah postingan di Facebook Fans Page tersebut. Untuk memaksimalkan postingan, gunakanlah konten gambar, textlink, atau bahkan video supaya postingan terlihat sangat menarik. Sesuaikan pula isi konten dengan target konsumen usaha Anda. Headline dan desain visual juga mampu menarik orang untuk melihat iklan yang telah dibuat.
  2. Langkah selanjutnya adalah memilih gambar dan melengkapi keterangan untuk memudahkan konsumen paham terhadap iklan yang dibuat. Lengkapi keterangan dengan menambahkan informasi penting seperti nomor telepon, nomor WhatsApp, alamat email, atau kontak lain yang dapat dihubungi.
  3. Setelah semua konten sudah lengkap, tayangkan iklan tersebut dengan mengklik tombol “Boost Post” yang terletak di bawah konten. Satu hal yang harus diketahui yaitu gambar yang terdapat dalam iklah tidak boleh lebih dari 25% dari konten yang berbentuk teks. Konten yang terlalu banyak memuat gambar akan ditolak oleh Facebook dan Instagram.
  4. Untuk mempromosikan pula iklan yang telah Anda buat di Instagram, centang kotak “Run promotion on Instagram”. Maka iklan Anda akan tayang di kedua platform tersebut. Namun, Anda juga bisa mengatur iklan Anda hanya untuk ditayangkan di Facebook atau hanya di Instagram. Semuanya bisa diatur.
  5. Terdapat 3 pilihan target penonton yang terbagi menjadi “Orang yang meyukai halaman Anda”, “Orang yang menyukai halaman Anda dan teman-teman mereka”, dan “Orang yang Anda pilih melalui penargetan”. Anda dapat menentukan opsi yang dipilih sesuai kebutuhan usaha Anda.
  6. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol “Boost” untuk benar-benar menayangkan iklan Anda ke banyak orang.

3.MEMASANG IKLAN INSTAGRAM MENGGUNAKAN FACEBOOK ADS MANAGER

Metode iklan ini biasa digunakan oleh pelaku usaha yang sudah pro. Sebaiknya pelaku usaha yang masih terbilang pemula jangan membuat iklan menggunakan metode yang satu ini. Terdapat banyak hal yang akan menyeleksi iklan yang Anda buat.

Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan metode ini dalam menyangkan iklan Anda, berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pastikan usaha Anda sudah memiliki situs web tempat semua produk Anda dijual. Selanjutnya, pilihlah “Lalu Lintas” dengan tujuan berkampanye.
  2. Sekilas Anda akan melihat pengaturan penonton iklan yang sama seperti metode yang lain. Namun, perhatikanlah dengan lebih detail. Berbagai menu akan muncul untuk memperkecil target penonton iklan dengan mengelompokkannya berdasarkan perilaku, minat, dan demografi.
  3. Apabila Anda juga mengatur lokasi, Anda dapat memilih opsi baru untuk target penonton iklan yaitu “Orang-orang yang tinggal di sana, “Orang-orang yang bepergian ke sana”, atau “Orang-orang yang berada di lokasi tersebut baru-baru ini”.
  4. Anda juga dapat memilih target penonton berdasarkan “Orang-orang yang mengunjungi situs web Anda”, “Orang-orang yang mengambil tindakan spesifik di aplikasi Anda”, “Orang-orang yang berinteraksi dengan merek Anda secara offline”, “Orang-orang yang terlibat dengan konten Facebook dan Instagram Anda”, serta “Orang-orang yang sudah menjadi pelanggan Anda”. Pemilihan penonton iklan ini mampu memberikan tingkat keterlibatan dan konversi yang tinggi.
  5. Dalam menggunakan metode iklan ini, Anda memerlukan Pixel Facebook dalam menargetkan penonton iklan khusus yang terdiri dari pengunjung di situs web Anda. Pixel Facebook wajib dipasang pada situs web usaha Anda. Jika situ web tersebut diberdayakan oleh X-Cart, Anda dapat langsung menggunakan bantuan peneglola Google Tag atau add-on E-Commerce BookBook yang siap pakai dan tersedia di Bisnis X-Cart, Multvendor, dan Ultimate. Namun, jika situs web Anda diberdayakan oleh platform lain, menambahkan Pixel Facebook juga tidak masalah.
  6. Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur penempatan iklan melalui tombol “Edit Penempatan” dan pilih Instagram.
  7. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada pilihan untuk memilih penayangan iklan berdasarkan OS perangkat pengguna. Pengaturan ini lebih bermanfaat bagi pelaku usaha yang memiliki usaha di bidang aplikasi atau permainan.
  8. Kemudian Anda diwajibkan memilih jenis biaya dan anggaran dari iklan yang akan ditayangkan. Anda dapat memilih anggaran harian atau seumur hidup dan mengatur jadwal penayangan iklan.
  9. Setelah semua pengaturan iklan selesai, selanjutnya Anda akan membuat iklan yang akan ditayangkan. Format iklan terbagi menjadi 4 jenis yaitu Carousel, Gambar Tunggal, Video Tunggal atau Penanyangan Slide, dan Koleksi. Selain keempat format iklan tersebut, terdapat beberapa format iklan lain, namun format iklan yang lain tidak dapat digunakan untuk beriklan di Instagram.
  10. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat tautan ke dalam tombol-tombol tindakan dan menulis teks yang menarik. Kemudian Anda dapat meninjau iklan Anda.
  11. Setelah itu, klik tombol “Konfirmasi”. Iklan yang Anda buat akan diverifikasi terlebih dahulu. Apabila sudah memenuhi kebijakan periklanan di Facebook, iklan Anda langsung ditayangkan.

4.MEMASANG IKLAN MENGGUNAKAN FACEBOOK POWER EDITOR

Facebook Power Editor menjadi metode yang paling canggih untuk digunakan dalam beriklan.

Beberapa langkah yang harus dilakukan sama dengan metode beriklan menggunakan Facebook Ads Manager, seperti dalam pembuatan dan pengaturan iklan. Untuk metode ini, tidak semua orang dapat menggunakannya seperti metode yang lain.

Pemahaman mengenai metode Facebook Power Editor harus dimiliki oleh seseorang yang berniat menjadi guru periklanan Facebook.

Bagi Anda yang ingin menggunakan untuk iklan usaha Anda sendiri, sebaiknya Anda menggunakan ketiga metode periklanan yang lain karena metode tersebut lebih mudah dipahami dan digunakan oleh pelaku usaha secara umum.

MEMBAYAR IKLAN TANPA MENGGUNAKAN KARTU KREDIT

Instagram semakin memudahkan penggunanya dalam menikmati setiap layanan yang disediakan. Instagram juga mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah supaya lebih mudah mengembangkan usahanya. Salah satu bukti yang ditunjukkan Instagram adalah dengan menyediakan pembayaran iklan tanpa menggunakan kartu kredit.

Saat ini, terdapat berbagai metode pembayaran yang dapat dipilih seseorang dalam beriklan di antaranya yaitu menggunakan kartu debet, kredit, dan PayPal. Kartu debet menjadi metode pembayaran yang dapat dipilih oleh semua orang.

Dengan metode menggunakan kartu kredit, seseorang dapat menyelesaikan pembayaran dengan transfer melalui bank lokal atau ATM Bersama. Langkah-langkah yang harus dilakukan pun sangat mudah di antaranya:

  1. Pilihlah “ATM dan Bank Transfer” pada saat memilih metode pembayaran. Pilihan ini akan muncul ketika mata uang yang Anda gunakan sudah diubah ke dalam IDR.
  2. Kemudian masukkan jumlah pembayaran iklan Anda.
  3. Langkah terakhir adalah memasukkan 16 digit kode yang muncul pada saat Anda akan menyelesaikan pembayaran di Internet Banking atau ATM. Setelah semua langkah sudah dilakukan, iklan Anda akan segera ditayangkan.

Berbagai pilihan metode beriklan dengan kesulitan yang berbeda-beda menjadi pilihan yang menarik bagi seorang pelaku usaha. Pelaku usaha tidak perlu lagi mempromosikan produknya untuk ditayangkan di televisi dengan biaya yang lebih mahal.

Saat ini para pelaku usaha dapat memanfaatkan layanan beriklan yang disediakan berbagai platform media sosial. Harga yang ditawarkan lebih murah serta sasaran penonton iklan lebih luas dan tepat jika dibandingkan dengan beriklan di televisi.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 20 Januari 2019 | Share artikel ini di :