10 Cara Mengambil Video di Instagram

Tutorial 10 Cara yang bisa digunakan untuk mengambil video di Instagram anda ataupun Instagram orang lain dengan mudah.
10 Cara Mengambil Video di Instagram

Rasanya masyarakat jaman sekarang, terutama pada fase remaja dan dewasa awal, tidak ada yang belum pernah membuat video di Instagram.

Instagram merupakah salah satu media sosial paling besar dengan pengguna dari berbagai kalangan dan kategori. Anda dapat mengunggah foto, video, dan teks dengan berbagai fitur yang ada.

Dalam Instagram juga tersedia berbagai foto dan video apapun yang Anda cari. Banyak masyarakat yang melihat tingkat popularitas seseorang melalui Instagramnya. Banyak pula masyarakat yang terkenal karena Instagram dan mendapatkan uang dari Instagram.

Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang menganggap bahwa Instagram merupakan media sosial yang tidak baik karena beragamnya konten yang tersebar di Instagram.

Begitu banyaknya masyarakat yang membuat dan mengunggah video melalui Instagram, sehingga video-video tersebut menjadi penting karena berisi kejadian penting dalam hidup. Instagram bisa Anda sebut sebagai sebuah album digital.

Sebagai album, tentu Anda akan melihat kembali foto dan video dahulu yang pernah anda unggah. Instagram telah menyediakan fitur yang mampu memberikan solusi bagi kebutuhan Anda tersebut. Saat ini, Instagram telah memiliki fitur arsip dan unduh untuk semua foto dan video yang Anda unggah, baik di story maupun feed.

Selain dari Anda sendiri, semua video dan foto yang teman Anda unggah juga dapat Anda unduh. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih detail mengenai pengambilan video dari Instagram dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Langkah-langkah yang dibutuhkan sangat mudah dan tersedia dalam beberapa metode yang dapat Anda lakukan. Anda hanya perlu memilih metode yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan. Anda dapat mengambil video dari Instagram dengan menggunakan pihak ketiga atau aplikasi lain yang tersedia di Android atau IOS.

Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan :

1.Pengunduh Video untuk Instagram

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengambil konten dari Instagram. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh dan mengunggah video Instagram hanya dengan satu ketukan.

Salah satu fitur yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah mampunya mengunduh tag dari setiap video yang ada. Seperti namanya, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk video di Instagram saja. Video yang sudah Anda unduh akan tersimpan secara otomatis ke ponsel Anda.

Untuk saat ini aplikasi pengunduh video untuk Instagram hanya tersedia di Android saja. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dengan mengunduhnya di PlayStore.

2.IFTTT

Aplikasi IFTTT merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengunduh video dari Instagram dan menyimpannya ke dalam cloud pada platform dropbox. Dropbox merupakan platform penyedia cloud seperti Google Drive yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file yang Anda miliki, baik foto, video, dokumen, dan yang lainnya.

Dropbox bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mengunduhnya pada ponsel Android atau IOS Anda. Namun untuk dropbox gratis, hanya tersedia dengan kapasitas 2 GB saja. Apabila Anda ingin kapasitas yang lebih besar, Anda dapat menggunakan versi bisnis yang berbayarnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi IFTTT, Anda hanya diperlukan memiliki 3 akun pada platform yang berbeda-beda yaitu akun IFTTT, akun Instagram, dan akun Dropbox. Nantinya semu video yang Anda unduh di Instagram akan tersimpan secara otomatis dalam akun Dropbox Anda.

Aplikasi IFTTT lebih cocok untuk digunakan sebagai aplikasi back up supaya Anda tidak kehilangan video-video Anda yang terdapat di Instagram. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan tersedia dalam tiga versi yaitu Android, IOS, dan Web. Sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan aplikasi IFTTT.

3.PostGraber

Tidak seperti IFTTT, aplikasi PostGraber hanya tersedia dalam versi web saja. Anda hanya bisa menggunakan platform ini dengan komputer yang Anda miliki atau browser pada ponsel Anda. Walau demikian, aplikasi ini memiliki keunggulan daripada aplikasi lain pada umumnya.

Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini Instagram memiliki fitur untuk mengunggah banyak foto atau video dalam satu postingan. Aplikasi PostGraber sangat cocok bagi Anda yang cukup sering mengunggah banyak foto atau video dalam sekali posting.

Apabila aplikasi lain hanya mampu mengunduh salah satu konten Instagram saja dalam sebuah posting, maka PostGraber mampu mengunduh semua konten di Instagram dalam satu posting. Namun postingan tersebut harus bersifat publik. PostGraber tidak bisa digunakan untuk mengunduh konten Instagram pada akun pribadi.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu mengcopy URL pada postingan Instagram yang akan Anda unduh. Langkah yang harus Anda lakukan adalah membuka postingan menggunakan aplikasi Instagram, kemudian copy URL postingan tersebut.

Setelah itu, Anda buka alamat situs PostGraber melalui browser ponsel atau komputer Anda, dan terakhir adalah mempaste URL tersebut dalam situs PostGraber, lalu klik Go. Apabila Anda sudah melakukan semua cara dengan benar, langkah selanjutnya biarkan PostGraber bekerja menyelesaikan proses pengunduhannya.

4.Dredown

Seperti halnya PostGraber, platform Dredown juga hanya tersedia dalam versi web. Awalnya platform ini bernama Instadown, namun saat ini berubah nama menjadi Dredown. Walau demikian, platform ini tetap menjadi salah satu platform asli pengunduh video Instagram yang kuat. Cara pengunaan Dredown hampir sama dengan PostGraber.

Anda membutuhkan URL untuk mengunduh konten Instagram yang Anda inginkan. Tidak menggunakan copy paste dalam pengunduhan menggunakan Dredown, URL hanya perlu Anda tarik ke dalam kotak yang muncul ketika Anda membuka alamat situs Dredown. Kemudian Anda klik tombol Dredown dan dalam beberapa detik saja proses pengunduhan akan berjalan.

Walaupun sekilas terlihat mirip, namun Dredown memiliki keunggulan dibandingkan dengan PostGraber. Dengan menggunakan Dredown, Anda tidak hanya bisa mengunduh konten dari Instagram, Dredown mampu mengunduh konten dari banyak media sosial lain.

Media sosial tersebut adalah YouTube, Facebook, Keek, Twitter, Twitch, Vine, Vimeo, Metacafe, Vevo, Kohtakte, dan Tumblr. Proses pengunduhan semua media sosial tersebut menggunakan langkah-langkah yang sama. Jadi Anda tidak akan dibuat pusing dengan Dredown.

5.Regrammer

Apabila semua platform yang sudah dibahas hampir semuanya tidak dapat diunduh menggunakan IOS, platform yang satu ini justru hanya tersedia di IOS. Regrammer merupakan sebuah platform berbasis IOS yang dapat digunakan untuk mengunduh video dari Instagram.

Mungkin sekilas platform ini terlihat biasa dan sama saja dengan aplikasi serupa pada umumnya. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa semua fitur yang terdapat dalam platform Regrammer benar-benar gratis. Anda tidak akan dikenakan biaya untuk menggunakan semua fitur yang tersedia.

Dalam platform ini tersedia beberapa iklan, namun iklan tersebut dijamin tidak akan membuat Anda terganggu. Regrammer dapat Anda gunakan untuk mengunduh video dan menyimpannya ke ponsel Anda atau mengunggah ulang postingan tersebut menggunakan nama Anda sendiri.

Platform ini banyak digunakan oleh pengguna Instagram dan menjadi salah satu platform paling populer.

6.OG Instagram

OG Instagram merupakan aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh ponsel Android. Namun tidak dengan mengunduhnya dari PlayStore, OG Instagram hanya bisa Anda unduh melalui situs yang harus Anda buka menggunakan ponsel Android Anda.

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis. OG Instagram memiliki fungsi utama untuk mengunduh dan menyimpan video dari Instagram ke dalam ponsel Anda. Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur lain yang tersedia di Instagram seperti mengikuti tagar, menggunakan lebih dari satu akun dalam ponsel yang sama, melihat foto profil pengguna Instagram, dan membagikan URL sebuah postingan ke aplikasi eksternal lainnya.

7.Gramblast

Gramblast hanya tersedia dalam versi web dan dapat Anda gunakan secara gratis. Banyak platform pengambil video dari Instagram yang tersedia dalam versi web. Hal ini karena lebih mudah menggunakan alamat situs dibandingkan harus mengunduh terlebih dahulu yang akan memakan banyak memori.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan pun mirip dengan platform versi web yang lain. Dalam aplikasi Gramblast, Anda dapat menyimpannya ke perangkat Anda atau mengunggahnya kembali ke dalam media sosial Anda yang lainnya.

8.Savefromweb (Web)

Platform yang satu ini mungkin sangat familiar bagi Anda. Platform Savefromweb merupakan situs yang berfungsi mengambil berbagai konten dari Instagram.

Tidak hanya video, Anda juga dapat mengunduh album, foto, gambar profil, dan cerita dari Instagram. Anda hanya memerlukan URL dan melakukan copy paste ke dalam alamat situs Savefromweb lalu klik unduh untuk memulai proses pengunduhannya.

Konten yang Anda unduh akan secara otomatis tersimpan dalam perangkat Anda.

9.InstaSave

Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui ponsel Android atau IOS Anda. InstaSave merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengambil konten dari Instagram. Dalam InstaSave, yang Anda perlukan hanya URL postingan dan proses copy paste pada umumnya.

Selain mengunduh, dengan menggunakan InstaSave Anda juga dapat menghapus konten Instagram yang ingin Anda hapus langsung dari aplikasi ini.

InstaSave versi IOS berbeda dengan InstaSave versi Android. Pada versi IOS, Anda diharuskan menghubungkan akun Instagram Anda dengan aplikasi InstaSave. Dengan menghubungkan keduanya, itu berarti Anda memberikan izin bagi InstaSave untuk mengakses Instagram Anda.

Setiap konten Instagram yang Anda sukai baik foto maupun video akan tersimpan dan ditampilkan dalam beranda InstaSave Anda. Tampilan beranda tersebut juga dapat Anda atur karena tersedia dalam beberapa format misalnya tampilan klasik.

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti pengguna lain. Platform ini dapat berperan sebagai pihak ketiga untuk mengakses Instagram.

10.Quick Reposter: Repost Photo

Aplikasi yang terakhir bernama Quick Reposter dan hanya tersedia di IOS. Fungsi dari aplikasi ini melebihi namanya yang hanya menunjukan untuk memposting ulang saja. Aplikasi ini dapat juga digunakan untuk menyimpan konten Instagram ke dalam perangkat Anda.

Anda hanya perlu mengundh aplikasi ini dari App Store dan menghubungkannya dengan akun Instagram Anda. Setelah Anda sudah menghubungkan akun Instagram Anda, Anda perlu mengklik tombol “posting ulang tautan yang disalin” yang terletak di bawah sebelah kiri layar.

Untuk menyimpan konten Instagram ke dalam aplikasi ini, Anda hanya perlu menyalin link tautan tersebut. Setelah konten Instagram telah selesai disimpan, Anda memiliki pilihan untuk mengirim ulang ke akun Instagram Anda atau menyimpannya ke perangkat Anda.

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis, namun iklan akan diberlakukan saat Anda melakukan pengunduhan menggunakan Quick Reposter. Anda tidak perlu khawatir karena iklan yang terdapat dalam aplikasi ini tidak akan mengganggu fungsi dan proses pengunduhan Anda.

Selain sepuluh aplikasi di atas, tentunya terdapat aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk mengambil konten dari Instagram. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda hanya perlu memilih dengan bijak aplikasi seperti apa yang pas untuk Anda.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 12 Januari 2019 | Share artikel ini di :