Cara Bermain Saham Bagi Pemula

Ingin menjadi seorang trader saham? Berikut kami berikan panduan cara bermain saham bagi pemula sehingga anda bisa mulai merasakan manisnya profit dari investasi saham.
Cara Bermain Saham Bagi Pemula

Istilah “bermain saham” mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kegiatan investasi atau menanamkan uang dalam bentuk kepemilikan atas suatu perusahaan ini menjadi tren global yang diprediksi terus meningkat.

Bagaimana tidak, keuntungan yang diperoleh melalui analisis yang tepat dan faktor keberuntungan menjadi pemikat masyarakat dari berbagai kalangan. Ditambah lagi dengan caranya yang fleksibel atau bisa dilakukan dimana saja sehingga tidak sedikit orang ingin belajar bermain saham.

Sebenarnya apa arti bermain saham itu sendiri? Simak penjelasan mengenai seluk beluk bermain saham bagi pemula di bawah ini, ya!

Pengertian Bermain Saham

Saham merupakan tanda atau bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha. Bermain saham berarti kegiatan menjual dan membeli saham pada pasar modal yang disebut bursa efek.

Sebagai pemilik perusahaan, pemegang saham berhak mengklaim keuntungan atas penghasilan dan kekayaan perusahaan.

Prinsip jual dan beli saham melihat dari fluktuasi harga guna meraih keuntungan dari selisih beli jual yang dipelajari melalui analisis teknikal dan fundamental. Informasi mengenai rekomendasi saham juga dapat diperoleh dari perusahaan sekuritas dan manajer investasi.

Maka untuk memeroleh keuntungan secara berkala dengan orientasi jangka panjang menjadi mudah terealisasikan.

Tahapan Bermain Saham

Dalam bermain saham, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan yang meliputi:

1.Mendaftar pada perusahaan sekuritas

Daftarkan diri Anda pada perusahaan sekuritas untuk membuka rekening saham. Hal ini dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi kantornya atau secara online dengan mengisi form yang disediakan pada website perusahaan sekuritas.

Terdapat berbagai dokumen yang wajib diserahkan sebagai persyaratan pembukaan rekening saham seperti kartu identitas, NPWP, dan lain-lain.

Ketika proses pendaftaran rekening akan tersedia pilihan rencana investasi sesuai dengan kondisi ekonomi, rencana jangka waktu investasi, kesediaan risiko, dan tujuan investasi. Hal ini akan membantu menunjukkan jenis investasi yang cocok bagi Anda.

Sebagai pemula, Anda perlu bertanya mengenai alur bermain saham yang biasa difasilitasi oleh perusahaan sekuritas secara jelas dan detail.

2.Menyetorkan deposit

Ketika pembukaan rekening telah berhasil, Anda dapat menyetorkan deposit awal sesuai dengan budget untuk mengaktifkan rekening saham. Adapun jumlah minimumnya bergantung pada aturan perusahaan sekuritas, mulai dari Rp 100.000 maupun jumlah lain yang lebih besar.

Cara untuk menyetorkan deposit dapat dilakukan melalui transfer maupun tunai. Untuk masuk ke akun saham online sekaligus menikmati fasilitas dan informasi, Anda akan mendapatkan ID, kata kunci, PIN, dan kartu akses KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Semua akses ini akan diberikan jika penyetoran deposit telah sukses.

3.Download aplikasi perusahaan sekuritas

Sebagai platform untuk bermain saham, aplikasi trading harus dipasang pada perangkat pribadi yang telah dikembangkan oleh perusahaan sekuritas. Pada umumnya, aplikasi trading dapat dijalankan pada PC/laptop, smart phone, dan melalui website dengan bantuan koneksi internet.

Setelah memasang aplikasi, Anda perlu mengenali fitur dan istilah di dalamnya supaya dapat memanfaatkan aplikasi dengan sebaik mungkin.

4.Mulai bermain saham

Setelah sukses masuk pada aplikasi saham online, Anda dapat mulai bertransaksi saham. Hal ini berarti Anda dapat menerapkan analisis teknikal dan analisis fundamental terhadap saham sehingga Anda mampu mengenali waktu yang tepat untuk menjual dan membeli saham.

Dalam beraktivitas seperti pemantauan harga saham dan jual beli saham secara berkala membutuhkan komitmen yang berkelanjutan sehingga Anda terbiasa dan terus belajar dari pengalaman.
Tips

Sebagai instrumen investasi berisiko tinggi, Anda sebaiknya berhati-hati dalam mengambil keputusan selama bermain saham.

Langkah yang sangat disarankan bagi pemula ialah belajar dari buku, internet, bertanya kepada ahli, mencoba simulasi bermain saham, dan lain-lain. Setelah merasa cukup paham, barulah Anda mencoba bermain saham yang sesungguhnya.

Tips Bermain Saham

Simak tips penting selama bermain saham sebagai berikut ini:

Pilih beberapa perusahaan yang sudah terbukti

Seorang pemula saham sebaiknya memilih satu atau dua perusahaan yang terkenal akan kinerja apik dari segi keuangan hingga harga saham yang tidak fluktuatif.

Memulai bermain saham dengan modal yang tidak terlalu besar juga dapat diterapkan sebagai proses pembiasaan yang tidak berisiko besar.

Dengan demikian kemungkinan rugi akan lebih kecil sehingga Anda tetap bersemangat untuk bermain saham dan belajar hal baru.

Tidak malas untuk mengetahui berita ekonomi

Sebagai investor, Anda harus mengurangi rasa malas untuk membaca berita ekonomi terutama mengenai sektor yang menjadi kepemilikan saham Anda.

Hal ini sangat bermanfaat untuk memprediksi naik turunnya nilai saham dalam jangka waktu tertentu hingga mencari potensi perusahaan baru. Perlu diketahui pula bahwa keadaan pasar saham selalu bergantung dengan kondisi perekonomian nasional.

Adapun pertanda positif untuk berinvestasi ialah ketika pasar sedang normal atau booming. Saat pasar mengalami depresi karena situasi politik dalam negeri atau ekonomi global, Anda sebaiknya menjual saham dan menjauhi pembelian saham baru.

Belajar mengendalikan emosi

Dalam menggeluti bidang saham, Anda tidak akan asing dengan perubahan harga saham secara tiba-tiba dimana membuat Anda menjadi untung atau rugi.

Pada awalnya kewajaran ini mungkin menguji mental dan pikiran, tetapi kelamaan Anda akan terbiasa. Maka pentingnya pengendalian emosi untuk kejadian yang tidak diinginkan berguna supaya tetap mampu berpikir jernih dalam pengambilan keputusan berikutnya.

Sikap panik, marah, dan trauma tidak akan membuat Anda belajar untuk mengenali situasi penting yang mungkin mengarah pada potensi keuntungan.

Rekomendasi broker saham online untuk pemula

Broker atau perusahaan sekuritas ialah pihak yang memiliki wewenang untuk melakukan jual beli efek di bursa saham. Pentingnya pilihan broker khususnya bagi pemula terkait dengan aspek yang diberikan dalam pelayanannya seperti fasilitas, komisi, dan lain-lain.

Untuk itulah terdapat beberapa rekomendasi dalam menentukan broker saham online untuk pemula sebagai berikut:

Telah tersertifikasi

Sebagai pihak penyedia jasa untuk bermain saham, Anda perlu memeriksa sertifikasi perantara perdagangan efek atau WPPE (Wakil Perantara Perdagangan Efek) oleh Bursa Efek Indonesia.

Situs yang dapat dikunjungi ialah https://www.idx.co.id/investor/perusahaan-sekuritas-di-kota-anda/ untuk mengetahui perusahaan sekuritas dengan sertifikasi.

Memiliki fasilitas yang baik

Demi kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi, berbagai fasilitas yang disediakan broker menjadi pertimbangan penting untuk pemula.

Fasilitas yang dimaksud ialah aplikasi yang jelas dan nyaman penggunaannya, laporan dana, laporan tahunan, dan fasilitas margin. Hal ini berarti sekuritas memberi bunga margin rendah dengan limit trading yang tinggi. Nantinya Anda akan lebih mudah meraih untung atau profit.

Sering memberikan edukasi

Adanya edukasi berupa pemberian informasi dan konsultasi mengenai saham harian secara intensif menjadi daya tarik pemula.

Dengan komunikasi yang baik, bantuan ini akan bermanfaat jika Anda belum sempat melakukan analisis atau menjadi panduan sederhana. Sebagai gambaran sekilas, Anda dapat melihat penjelasan pada sosial media perusahaan sekuritas maupun testimoni dari orang lain.

Jumlah setoran awal

Pertimbangan menurut jumlah setoran awal juga tak kalah penting terutama bagi Anda yang memiliki dana tidak terlalu banyak.

Selain budget yang memenuhi batas setoran awal, Anda juga perlu memerhatikan kemudahan setoran hingga penarikan dana.

Nilai komisi transaksi dan biaya lain

Setiap perusahaan sekuritas menetapkan persen komisi dari setiap transaksi serta biaya untuk menarik atau menambah dana jika rekening tabungan berbeda dengan rekening saham. Ada pula perusahaan yang menetapkan biaya tambahan untuk penyuguhan informasi pasar secara real-time.

Nominal setiap kebutuhan dana ini berbeda-beda sesuai kebijakan perusahaan sehingga pemula dapat memilih biaya yang relatif rendah.

Wawasan saham bagi pemula menjadi hal penting untuk dimengerti dan diterapkan selama bermain saham. Selain itu, seorang pemula harus memiliki semangat belajar yang tinggi dan optimis akan keberhasilan dalam jangka panjang.

Yuk, jangan ragu untuk bermain saham sejak muda secara tepat supaya lebih bermanfaat.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 20 Januari 2019 | Share artikel ini di :
Artikel Sebelumnya Cara Deposit di IQ Option