Kerja Online – Kerja Sampingan dan Freelance Online

Panduan kerja online, kerja freelance online serta kerja sampingan online baik untuk pemula maupun profesional.

Artikel Terbaru Seputar Kerja Online

Projects.co.id - Situs Kerja Online
Projects.co.id - Situs Kerja Online

Mengenal Projects, situs kerja online resmi indonesia yang terbukti membayar para freelancer indonesia.

Cara Mendaftar Menjadi Penulis Online
Cara Mendaftar Menjadi Penulis Online

Panduan cara mendaftar menjadi penulis online dibayar dollar maupun rupiah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Daftar lowongan kerja penulis lepas online sekarang juga.

10 Ide Kerja Sampingan Online Untuk
10 Ide Kerja Sampingan Online Untuk

Cara memulai kerja sampingan online untuk karyawan maupun pelajar dengan mudah dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Kerja Online Input Data dari Rumah
Kerja Online Input Data dari Rumah

Dapatkan penghasilan tambahan dari internet dengan kerja online input data dari rumah.

Kerja Online Dibayar Dollar
Kerja Online Dibayar Dollar

Tutorial cara kerja online dibayar dengan dollar. Dapatkan penghasilan tambahan dollar dengan bekerja online dari rumah.

Seputar Kerja Online dan Freelance Online

Kerja freelance online merupakan solusi bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet namun tetap tidak meninggalkan pekerjaan/bisnis utama anda. Perlu diketahui bahwa kerja online berbeda dengan bisnis online yang juga banyak kita bahas di situs ini. Pada bisnis online, pada umumnya anda memerlukan sedikit modal serta membutuhkan waktu hingga bisnis online anda bisa menghasilkan uang, namun ketika bisnis online anda sudah berhasil settle, anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi dan bisa mendapatkan passive income bahkan ketika anda sedang berlibur. Disisi lain, dengan melakukan kerja online anda tidak memerlukan modal apa-apa dan anda bisa langsung mendapatkan penghasilan begitu pekerjaan anda selesai. Namun apabila anda tidak bekerja, anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Banyak sekali tawaran kerja online di internet, namun tentunya banyak juga para freelancer atau pekerja online yang saling berebut untuk mendapatkan proyek atau pekerjaan tersebut. Untuk itu agar bisa sukses di kerja online dan mendapatkan rate/bayaran yang mahal, anda perlu membangun reputasi anda. Apabila reputasi anda sudah bagus, maka para pemberi kerja lah yang akan mencari anda, bukan sebaliknya.

Bagi anda yang merasa tidak memiliki skill maupun kemampuan di bidang internet, jangan takut, ada banyak sekali kategori pekerjaan online yang bisa anda lakukan. Bahkan pekerjaan-pekerjaan yang bisa dibilang siapapun bisa mengerjakannya seperti input data atau menulis artikel pun banyak tersedia, namun tentunya dengan rate bayaran yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan kemampuan khusus.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan saat memulai kerja online adalah menentukan bidang apa yang akan anda fokuskan. Sebisa mungkin fokuslah hanya pada satu bidang pekerjaan, jangan mudah tergiur dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Karena semakin lama, skill dan kemampuan anda dibidang tersebut akan lebih terasah sehingga anda akan semakin mahir, dan berbanding lurus dengan hal ini, maka bayaran andapun akan semakin tinggi.

Sistem ataupun metode pembayaran kerja online umumnya terbagi dua, yaitu pembayaran berbasis fixed price dan juga pembayaran berbasis rate/hour. Pada kategori fixed price, anda akan mendapatkan bayaran yang sudah ditentukan diawal untuk setiap proyek/pekerjaan. Sedangkan pada sistem rate/hour, anda akan dibayar tergantung dengan berapa lama anda mengerjakan pekerjaan tersebut. Misalkan rate/hour yang disetujui oleh anda dan pemberi kerja adalah 5$/jam, maka apabila pekerjaan tersebut selesai dikerjakan selama 10 jam, maka anda akan mendapatkan bayaran sebesar 50$.

Kerja Freelance Online vs Pekerjaan Offline, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Mana yang lebih baik: freelancing atau bekerja secara offline? Jawabannya tidak sederhana. Mereka masing-masing memiliki pro dan kontra, dan mana yang tepat untuk Anda tergantung pada kepribadian Anda dan bagaimana Anda ingin bekerja. Jadi untuk membantu Anda membuat keputusan, disini anda bisa melihat bagaimana perbandingan antara keduanya.

1.Fleksibilitas

Seorang freelance memiliki tingkatan fleksibilitas yang lebih tinggi ketimbang para pekerja offline. Dimana online freelance bisa mendapatkan waktu libur kapan saja yang ia mau, sedangkan para pekerja offline akan terikat pada banyak hal dan peraturan majikan atau perusahaan tempat mereka bekerja. Sebagai online freelancer, Anda umumnya memiliki lebih banyak fleksibilitas. Anda dapat mengatur jam Anda sendiri, mengambil dan memilih tugas Anda, menambah atau mengurangi jam Anda, dan bekerja di sekitar kehidupan keluarga dan komitmen sosial.

Selama Anda memenuhi tenggat waktu yang disepakati, Anda dapat mengambil cuti sepanjang hari dan bekerja di malam hari jika Anda mau. Jika Anda menyukai struktur dan baik-baik saja dengan terikat pada jadwal harian, maka pekerjaan offline adalah pekerjaan yang cocok. Jika Anda ingin membuat jam sendiri, atau memiliki banyak komitmen di luar pekerjaan yang mengharuskan Anda mengambil cuti, maka freelancing adalah pilihan yang bagus.

2.Kantor

Sebagai online freelancer, Anda tidak harus berurusan dengan kantor. Untuk satu hal, Anda tidak terikat dengan perusahaan tertentu, tetapi memiliki banyak bos di banyak organisasi. Dan bahkan jika Anda memiliki klien tetap, Anda biasanya terpisah dari website manapun. Anda sering bekerja dari jarak jauh. Sedangkan pekerja offline akan selalu berhubungan dengan kantor dan tempat kerja yang telah ditetapkan.

3.Manfaat

Salah satu keuntungan besar dari pekerjaan offline adalah akses ke tunjangan seperti asuransi kesehatan, waktu liburan berbayar, cuti orangtua, dan pensiun atau skema pensiun lainnya. Hal-hal itu dapat membuat perbedaan besar bagi kesejahteraan dan kesehatan finansial Anda, dan juga bagi keluarga Anda. Perusahaan sering mengatur acara untuk karyawan dan menyediakan hal-hal seperti keanggotaan gym gratis, kafetaria perusahaan bersubsidi, dan akses ke berbagai diskon dan gratisan.

Mereka juga sering memiliki anggaran untuk pelatihan, sehingga Anda dapat mengembangkan keterampilan Anda dengan sepeser pun dari perusahaan. Umumnya, sebagai online freelancer, Anda bekerja untuk diri Anda sendiri. Anda harus mengatur asuransi kesehatan Anda sendiri, Anda tidak dibayar ketika Anda mengambil cuti, dan Anda harus merencanakan pensiun Anda sendiri. Ketika datang ke pelatihan, itu tanggung jawab Anda juga.

4.Kontrol

Di perusahaan, Anda memiliki bos, dan orang itu memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan. Anda juga harus bekerja sesuai aturan organisasi (baik tertulis maupun tidak tertulis), yang bisa sangat luas. Jadi pada nilai nominal, Anda memiliki lebih sedikit kontrol atas pekerjaan Anda daripada yang Anda lakukan sebagai online freelancer.

Tapi itu tidak jelas. Jika Anda memiliki bos yang baik, dia akan memberi Anda otonomi, dan ketika Anda naik lebih tinggi di jajaran, jumlah kontrol yang Anda miliki atas pekerjaan Anda akan meningkat. Anda masih akan bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan sesuatu. Anda memiliki kontrol penuh sebagai pekerja lepas. Anda memilih apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak. Jika tugas tertentu tidak menarik minat Anda, Anda dapat dengan mudah menolaknya. Nah, inilah beberapa perbandingan antara online freelance dan pekerja offline.