8 Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

8 cara agar artikel cepat terindex Google sehingga blog/website anda bisa mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya.
8 Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Pernahkah anda membuat sebuah artikel di Blog atau Website anda, namun artikel tersebut tidak kunjung mendapatkan pengunjung dari Google? Kemungkinan besar artikel tersebut belum terindex di Google, sehingga tidak akan muncul di halaman hasil pencarian ketika seseorang mencari informasi di Google.

Dalam artikel ini akan kami berikan 8 cara yang tidak hanya membuat artikel anda terindex di Google, namun juga untuk membuat artikel anda bisa terindex dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan jam!

Daftar isi Artikel ini :

Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google

Berikut ini 8 cara yang bisa anda lakukan agar halaman artikel website/blog anda bisa terindex dengan cepat di mesin pencari Google.

1. Submit Artikel ke Google Melalui Google Search Console

Cara paling cepat dan efektif untuk membuat artikel anda terindex di Google adalah dengan mendaftarkannya langsung ke google melalui tools Google Search Console.

Jika anda belum memiliki account Google Search Console, anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu dan daftarkan website anda. Untuk mendaftarkan diri di Google Search Console anda bisa mengklik link ini.

Setelah masuk ke account Search Console, anda bisa mengklik menu URL Inspection, masukkan alamat URL halaman artikel, lalu tekan enter.

Jika artikel tersebut memang belum terindex, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

cara membuat artikel terindex menggunakan google search console

Klik tombol Request Indexing untuk meminta kepada Google untuk mengindex halaman tersebut.

pengecekan indexing artikel

Tunggu selama 1-2 menit, Google akan melakukan pengecekan terhadap artikel terlebih dahulu. Jika berhasil, maka tampilan seperti dibawah ini akan muncul :

permintaan request indexing berhasil

Halaman artikel anda berhasil ditambahkan ke antrian untuk dimasukkan ke index Google.

Setelah ini, anda bisa menunggu sampai artikel tersebut terindex dengan sempurna di Google. Waktu sampai akhirnya artikel bisa terindex sangat bervariasi tergantung beberapa faktor. Untuk mempercepat proses pengindexan, anda bisa melakukan cara-cara selanjutnya yang akan kami jelaskan dibawah ini.

2. Pastikan Halaman Artikel Bisa di Terindex

Kami seringkali menemukan kasus ini, dimana pemilik website sudah menunggu berhari-hari bahkan berbulan-bulan namun halaman website mereka tidak kunjung terindex oleh Google. Ternyata, ada satu hal penyebab hal tersebut, yaitu website/halaman website yang dia miliki ternyata memiliki settingan yang memang melarang Google untuk mengindex nya.

Cara paling mudah untuk mengecek hal ini adalah dengan melihat source code halaman website anda, atau tekan control+U saat membuka halaman website anda di browser.

Periksa halaman website anda terutama dibagian awal antara tag head. Jika anda menemukan kode seperti ini :

<meta name=”robots” content=”noindex”>

Maka anda dalam masalah, karena tag ini bertujuan untuk memberitahu kepada Google dan search engine lain untuk tidak mengindex halaman website tersebut.

Untuk merubahnya, anda bisa merubah settingan di CMS atau template website anda jika memang ada pengaturan untuk ini. Atau jika tidak, anda bisa melakukan hardcode dan merubah kode HTML website anda, dan menghapus kata “noindex” pada tag robots kode HTML halaman website anda.

Dengan menghapus “noindex”, artinya website anda sudah memperbolehkan Google untuk mengindex halaman tersebut.

3. Pastikan Artikel Memenuhi Persyaratan Indexing Google

Setiap bulannya, Google melakukan crawl atau pengecekan terhadap miliaran halaman website, namun dari jumlah ini tidak sampai dari 50% yang akhirnya bisa terindex di Google. Mengapa? Karena Google menerapkan batasan kualitas halaman website untuk diindex di database mereka.

Dengan kata lain, halaman yang tidak memenuhi standar kualitas dari Google tidak akan terindex di database Google sampai pemilik halaman website tersebut mau melakukan perubahan dan memenuhi kriteria yang diinginkan oleh Google.

Seperti dikutip dari halaman resmi Google, berikut ini beberapa kriteria yang harus anda penuhi agar halaman artikel anda bisa terindex di Google :

  • Buat artikel berkualitas hasil tulisan anda sendiri, bukan artikel hasil copy paste atau hasil auto-generated menggunakan software.
  • Buat artikel dengan panjang minimum 300 kata, semakin panjang isi artikel, semakin baik.
  • Jangan memasukkan banyak kata kunci/keyword yang tidak relevan dengan artikel untuk mencoba memanipulasi Google.
  • Jangan membuat artikel yang bertujuan untuk mempromosikan produk afiliasi namun tanpa memberikan nilai lebih di dalam artikel.
  • Pastikan tidak ada virus, trojan ataupun malware di dalam halaman artikel/webstie anda.

Jika anda bisa mengikuti kriteria-kriteria yang diinginkan oleh Google, maka tinggal menunggu waktu sampai artikel anda akan bisa terindex. Namun ternyata jika anda melanggar salah satu dari kriteria Google, maka perbaiki terlebih dahulu hal tersebut karena jika tidak akan sulit untuk membuat artikel anda terindex.

4. Optimize On-Page SEO Halaman Artikel

Setelah memastikan artikel anda memenuhi persyaratan minimum dari Google, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses indexing adalah dengan mengoptimalkan halaman artikel anda dengan teknik SEO On-Page.

Berikut ini beberapa teknik SEO on-page sederhana yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk mempercepat halaman artikel anda terindex di Google.

Tips On-Page SEO #1 : Percepat Waktu Loading Halaman Artikel

Crawler Google memiliki waktu timeout ketika mengcrawl suatu halaman website. Artinya, jika halaman artikel anda memiliki waktu loading yang cukup lama, bisa jadi Google akan melewati halaman anda.

Disisi lain, Google saat ini sangat concern terhadap load time website. Termasuk salah satunya mempertimbangkan waktu loading website sebagai salah satu faktor penentu ranking website.

Untuk itu, anda wajib memiliki halaman website yang bisa dibuka dalam waktu yang cepat, baik ketika dibuka menggunakan perangkat desktop maupun perangkat mobile.

Untuk mempercepat waktu loading halaman, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Cara paling mudah dan efektif adalah dengan mengurangi berat beban halaman website dengan mengecilkan ukuran gambar. Selain itu anda bisa membuang gambar-gambar yang dirasa tidak terlalu penting dari halaman artikel anda.

Tips On-Page SEO #2 : Pastikan Halaman Artikel Responsive

Saat ini, sebagian besar pengguna internet menggunakan perangkat mobile nya untuk mengakses internet. Untuk itu, Google sangat menginginkan website-website yang terindex di database mereka bisa dibuka dengan mudah oleh para pengguna smartphone.

Sehingga, anda perlu memastikan bahwa halaman artikel anda responsive atau bisa diakses dari perangkat apapun. Tidak hanya itu, pastikan juga halaman website tersebut enak dan nyaman dibaca menggunakan perangkat smartphone yang berlayar kecil.

Pastikan juga tampilan halaman tidak berantakan atau melebihi ukuran layar smartphone.

Tips On-Page SEO #3 : Pastikan Tidak Ada Error di Halaman Artikel

Segala bentuk error, seperti HTML error, CSS error maupun javascript error dapat menurunkan kualitas halaman artikel anda di mata Google. Untuk itu, pastikan tidak ada error apapun di halaman website/artikel anda.

Jika anda memang membuat desain website sendiri, tentu mudah bagi anda untuk memperbaiki error-error yang muncul. Namun jika anda tidak mengerti sama sekali tentang coding website, anda bisa menghire freelance untuk membantu memperbaiki error di halaman website anda.

Tips On-Page SEO #4 : Pastikan Judul Halaman Tidak Sama Dengan Halaman Lain

Dalam menentukan topik/isi dari suatu halaman website, pertama kali Google akan melihat judul halaman atau title dari halaman website tersebut.

Untuk itu, anda harus memastikan halaman artikel yang ingin anda index di Google memiliki judul yang unik, atau dalam artian lain tidak memiliki judul yang sama persis dengan halaman lain dari website anda.

Karena jika hal itu terjadi, google akan menilai halaman tersebut sebagai duplikat, dan kemungkinan besar tidak akan mengindex halaman website yang memiliki judul yang sama.

5. Buat Internal Linking dari Halaman Artikel Lain

Untuk membantu mempercepat proses indexing, anda bisa membuat internal linking dari beberapa halaman lain website anda ke artikel yang ingin anda index. Dengan bantuan internal linking ini, akan membuat halaman artikel tersebut memiliki value yang tinggi sehingga Google kemungkinan besar akan menambahkannya kedalam index mereka.

Namun perlu diingat jangan membuat terlalu banyak internal linking atau sampai membuat link dari seluruh halaman website anda ke satu halaman artikel, karena hal tersebut juga bisa berdampak kurang baik.

Paling tidak, buat 5-10 link ke halaman artikel yang ingin anda index. Dan usahakan buat link dari halaman yang memiliki topik yang mirip dengan halaman target.

6. Promosikan Artikel ke Sosial Media

Sosial signal saat ini memiliki pengaruh yang cukup besar dimata Google. Jika suatu artikel banyak di share di sosial media, hal tersebut bisa menjadi suatu asumsi bagi Google bahwa artikel tersebut menarik.

Untuk itu, anda bisa memanfaatkan hal ini dengan melakukan share halaman artikel yang ingin anda index ke sosial media anda. Jangan lupa juga untuk meminta kepada teman-teman anda untuk melakukan like atau share juga artikel tersebut sehingga artikel anda akan terlihat semakin populer, dan google akan mengindexnya dengan lebih cepat.

7. Tambahkan Artikel ke Sitemap

Sitemap merupakan suatu file xml yang berisi daftar isi dari halaman website. Sitemap ini juga yang digunakan oleh google untuk melihat isi-isi dari sebuah halaman website.

Untuk itu, anda bisa menambahkan artikel baru yang ingin anda index kedalam file sitemap website anda.

Jika anda menggunakan wordpress dan menggunakan plugin seperti Yoast! anda sangat beruntung, karena setiap anda membuat artikel baru di situs anda, maka otomatis artikel tersebut akan dimasukkan kedalam file sitemap.

Namun jika tidak, anda bisa menambahkannya sendiri dengan mengedit file sitemap website anda.

8. Ping Artikel

Ping merupakan salah satu cara untuk memberitahu Search Engine termasuk Google bahwa sebuah website memiliki halaman baru. Untuk itu anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat halaman artikel baru anda bisa diindex dengan cepat oleh Google.

Beberapa website yang bisa anda gunakan untuk melakukan ping antara lain :

  • Pingomatic.com
  • Pingler.com
  • Pingoat.com
  • Feedshark.branbliss.com

Namun ingat, jangan terlalu berlebihan melakukan ping website karena hal tersebut bisa berakibat website anda terlihat spammy. Untuk itu, hanya lakukan ping ketika anda membuat sebuah halaman baru, dan jangan lakukan terus menerus secara berulang kali.

Cara Mengecek Apakah Artikel Sudah Terindex di Google

Setelah melakukan panduan cara cepat terindex Google diatas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengecek apakah artikel tersebut sudah terindex di Google atau belum.

Ada 2 cara mudah yang bisa digunakan untuk mengecek apakah suatu artikel sudah masuk kedalam database index Google, berikut kedua cara tersebut :

1. Menggunakan Google Search Console

Jika anda sudah memiliki account Google Search Console, maka anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan tools tersebut karena bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Berikut ini langkah-langkah mengecek apakah artikel sudah terindex Google menggunakan tools Google Search Console :

  • Login ke Account Google Search Console Anda.
  • Klik menu URL Inspection.
  • Masukkan alamat URL halaman artikel anda.
  • Jika muncul tulisan “URL is on Google”, berarti halaman tersebut sudah terindex di Google.
    cara mengecek apakah artikel sudah terindex di google
  • Namun jika muncul tulisan “URL is not on Google”, berarti halaman anda belum terindex.

2. Menggunakan Search Engine Google

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Google Search. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Google Search, atau ketik google.com di browser anda.
  • Ketik site:urlartikelanda di kolom pencarian, ganti “urlartikelanda” dengan alamat URL halaman website yang ingin anda cek.
  • Klik tombol search.
  • Apabila Google mengeluarkan hasil berupa 1 result, berarti halaman tersebut sudah terindex di Google. cara mengecek artikel terindex menggunakan google search
  • Namun apabila hasilnya 0 result, berarti halaman tersebut belum di masukkan kedalam index Google
Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 21 November 2018 | Share artikel ini di :