Cara Riset Keyword Untuk Meningkatkan Pengunjung Website

  • Inflazz
  • SEO
  • Apa itu keyword dan bagaimana cara riset keyword
Cara Riset Keyword Untuk Meningkatkan Pengunjung Website

Tutorial Riset Keyword Lengkap

Pengertian Keyword dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan keyword?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keyword research, pertama-tama anda harus memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan keyword.

Keyword atau kata kunci adalah kata atau kalimat yang digunakan sebagai fokus utama untuk setiap halaman website anda.

Untuk mempermudah pemahaman, mari kita gunakan contoh.

Contoh Kata Kunci :

Misalkan anda memiliki sebuah situs yang menjual produk kerajinan tangan, maka kata kunci atau keyword yang anda gunakan untuk halaman utama situs tersebut antara lain sebagai berikut.

kerajinan tangan

produk kerajinan tangan

jual produk kerajinan tangan

kerajinan tangan murah

toko kerajinan tangan

toko kerajinan tangan terlengkap

Kata-kata kunci tersebut umumnya akan diletakkan di bagian-bagian penting halaman situs, seperti pada bagian judul atau title, bagian heading, dan juga mungkin perlu anda ulang beberapa kali didalam konten atau artikel di halaman tersebut.

Fungsi Keyword pada Search Engine

fungsi keyword pada search engine adalah untuk memberikan petunjuk kepada mesin pencari, termasuk google, tentang apakah yang dibahas di halaman situs anda. Sehingga ketika ada seseorang yang mencari kata kunci tersebut di kolom pencarian google, maka google akan menampilkan situs anda kedalam salah satu hasil pencariannya.

Kembali menggunakan contoh diatas, ketika anda misalnya menggunakan keyword ‘jual produk kerajinan tangan’ beberapa kali di halaman anda, maka search engine seperti google akan mengetahui bahwa halaman tersebut merupakan halaman dimana anda menjual produk kerajinan tangan.

Sehingga, ketika ada orang yang mencari di google dan mengetikan kalimat ‘jual produk kerajinan tangan’ di kolom pencarian, maka google akan memasukan situs anda sebagai salah satu situs di halaman hasil pencarian.

Pengertian Long Tail Keyword

Jika anda telah memahami tentang keyword, selanjutnya kita akan membahas tentang long tail keyword. Mungkin anda sering mendengar long tail keyword namun masih belum mengerti. Long tail keyword adalah keyword yang memiliki panjang lebih dari 5 kata.

Long tail keyword saat ini banyak digunakan karena memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih mudah dibandingkan menggunakan keyword yang lebih pendek. Namun tentunya diperlukan riset menggunakan long tail keyword tool gratis untuk bisa mendapatkan long tail keyword yang memiliki volume pencarian yang tinggi perbulannya.

Arti Riset Keyword

Setelah memahami tentang keyword beserta fungsinya, sekarang kita akan membahas mengenai keyword research. Research atau riset berarti penelitian. Bisa disimpulkan, keyword research atau riset kata kunci adalah penelitian untuk menentukan kata kunci apa yang nantinya akan anda gunakan untuk website anda sehingga bisa mendapatkan hasil yang paling optimal.

Dalam suatu riset keyword, ada beberapa data yang bisa didapatkan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih keyword atau kata kunci apa yang akan anda gunakan untuk website anda, data-data tersebut diantaranya :

Jumlah pencarian kata kunci perbulan

Hal paling penting yang dihasilkan dalam riset keyword adalah jumlah pencarian untuk setiap kata kunci perbulannya. Dengan mendapatkan data ini, anda bisa fokus ke kata kunci yang memiliki banyak pencarian dan tidak membuang waktu anda dengan menggunakan kata kunci yang tidak memiliki pencarian sama sekali.

Contoh jumlah pencarian kata kunci perbulan :

kata kunci A : 10.000 pencarian/bulan

kata kunci B : 1.000 pencarian/bulan

kata kunci C : tidak ada pencarian

Dari data diatas tentu mudah untuk disimpulkan bahwa anda hanya perlu fokus terhadap kata kunci A dan B, serta melupakan kata kunci C karena tidak ada orang atau hanya sedikit sekali orang yang mencari di google menggunakan kata kunci tersebut.

Kompetisi / Tingkat persaingan kata kunci

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tingkat kesulitan atau kompetisi untuk setiap kata kunci. Masing-masing kata kunci memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, tergantung dari beberapa hal.

Contohnya :

Kata kunci A digunakan oleh website-website ternama dengan jutaan pengunjung perbulannya.

Kata kunci B sebagian besar digunakan oleh blog-blog gratisan.

Dari hasil riset kompetisi sederhana diatas bisa dilihat bahwa kata kunci A memiliki tingkat kompetisi yang jauh lebih sulit dibandingkan dengan kata kunci B. Untuk itu, lebih realistis bagi anda untuk bisa lebih fokus pada kata kunci B karena lebih mudah merebut posisi halaman pertama dari blog-blog atau situs gratisan dibandingkan dengan harus bersaing dengan website ternama yang memiliki modal besar.

Trend kata kunci

Data selanjutnya merupakan data optional yang sebenarnya jarang dipakai saat melakukan riset keyword tapi sebenarnya cukup bisa bermanfaat jika digunakan dengan benar. Yaitu, melihat trend kata kunci.

Kata kunci memiliki trend tertentu, terkadang naik tinggi, terkadang bisa turun drastis. Contohnya yaitu kata kunci ‘piala dunia’.

Seperti kita tau, piala dunia diadakan setiap 4 tahun sekali. Jadi cukup mudah untuk memprediksi trend kata kunci ini, dimana jumlah pencarian google untuk keyword ‘piala dunia’ akan naik setiap tahun piala dunia digelar, dan akan melonjak pesat 1 bulan sampai selesainya piala dunia. Namun, setelah itu trend nya akan turun drastis ke level yang cukup rendah sampai nantinya akan naik lagi ketika momen piala dunia kembali diadakan.

Jika anda bisa mendapatkan trend dari sebuah kata kunci dimana anda bisa memprediksi suatu kata kunci akan melonjak pencariannya, maka anda bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk mengambil momen dan mendapatkan lonjakan pengunjung ke situs anda.

Fungsi Riset Keyword untuk Search Engine

Mengapa hal riset keyword diperlukan?

Tanpa melakukan keyword research, anda bisa saja dihadapkan dengan kompetisi yang sangat ketat namun memiliki potensial traffic yang rendah, hal ini akan berdampak kepada 2 hal :

Pertama, anda akan sulit mencapai posisi pertama bahkan halaman pertama untuk kata kunci tersebut.

Kedua, jika seandainya anda berhasil mencapai posisi pertama atau halaman pertama, traffic yang masuk ke website anda akan sangat sedikit jumlahnya.

Mencegah hal tersebut, maka diperlukan sebuah proses yang dinamakan keyword research sebelum anda menentukan akan menggunakan kata kunci apa untuk setiap halaman di website anda.

Survey kami membuktikan, sebagian besar para pebisnis online seringkali melewatkan tahapan Keyword Research dalam tahapan mengoptimasi website/blog mereka. Padahal tahapan ini, meskipun berada di tahapan awal/perencanaan, merupakan tahapan yang penting untuk bisa sukses menghasilkan banyak traffic dan uang ke situs anda, apapun metode dan jenis bisnis online anda.

Siapa Saja yang Memerlukan Riset Keyword

Jika anda termasuk salah satu orang dibawah ini :

Pemilik situs/website

Pemilik blog

Pemilik account youtube

Yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung ke website, blog ataupun video youtube anda, maka anda wajib memahami dan menerapkan riset keyword pada setiap halaman blog, halaman website dan setiap video youtube anda.

Contoh Penerapan Keyword Research

Misalkan anda mempunyai website yang menjual produk smartphone Samsung Seri S8. Setelah melakukan keyword research, anda menemukan data-data sebagai berikut :

Samsung seri S8 : 10k / mo | Competiton 80%.

Beli Samsung seri S8 : 1k / mo | Competition 70%.

Samsung seri S8 Murah : 1k / mo | Competition 20%.

Diantara ketiga keyword tersebut, keyword mana yang akan anda gunakan?

Jika anda merupakan website yang relatif masih baru dan tidak mempunyai banyak budget untuk promosi serta optimasi SEO, sangatlah bijak jika anda memilih untuk bersaing di keyword “Samsung seri S8 Murah” karena keyword ini memiliki 1.000 pencarian perbulan dan persaingan yang hanya 20%. Jika anda memilih “Samsung seri s8”, memang keyword ini memiliki lebih banyak pengunjung potensial yaitu 10.000 pencarian perbulan namun persaingannya juga sangat ketat sehingga membutuhkan banyak modal, biaya serta waktu untuk bisa tampil di posisi 1 ataupun halaman 1.

Tutorial Langkah-Langkah Melakukan Keyword Research

Diluaran sana saat ini banyak tersedia jasa riset keyword yang bisa anda gunakan jika memang anda tidak memiliki waktu untuk melakukan riset sendiri. Namun sebaiknya, meskipun anda berencana menggunakan jasa riset keyword anda tetap harus memahami bagaimana cara kerja riset keyword yang baik dan benar yang akan kami jelaskan selanjutnya.

Setelah memahami tentang riset keyword, sekarang akan kami jelaskan langkah-langkah detail untuk melakukan keyword research secara gratis. Cara riset keyword ini tidak hanya bisa digunakan untuk halaman website, tetapi juga untuk hal lain seperti riset keyword youtube video.

Untuk memudahkan pemahaman anda, kami akan memberikan contoh yang akan langsung diterapkan. Dalam hal ini kita akan melakukan keyword research sebagai tahap perencanaan pembuatan suatu website yang berisi kumpulan gambar-gambar desain rumah.

Langkah 1 : Menentukan Keyword Utama

Pertama-tama, anda harus menentukan keyword utama untuk halaman website yang akan anda buat. Untuk contoh kasus kita, maka beberapa ide keyword utama yang bisa digunakan antara lain :

desain rumah minimalis
gambar rumah minimalis
gambar rumah
arsitektur rumah modern
desain rumah terbaru

Anda bisa mengumpulkan sebanyak mungkin ide keyword yang berhubungan dengan website yang anda buat disini. Simpan ide keyword utama ini untuk nantinya akan digunakan di tahap selanjutnya.

Langkah 2 : Gunakan tools riset keyword gratis dari google adwords

Untuk bisa melakukan langkah ini, anda perlu memiliki sebuah account google adwords. Jangan khawatir, account adwords bisa anda buat secara gratis dan anda bisa menggunakan keyword planner gratis dengan account adwords anda.

Setelah memiliki account adwords, cara menggunakan google keyword tool gratis adalah sebagai berikut : login ke halaman member adwords, lalu klik menu tools, dan pilih keyword planner. Setelah itu klik pilihan find keywords, dan copy pastekan keyword utama yang anda dapatkan di langkah sebelumnya.

Berikut contoh screenshot hasil pencarian keyword di google adwords keyword planner menggunakan ide keyword diatas :

keyword tool gratis - google keyword tool indonesia

Dari hasil pencarian didapatkan 2000 lebih ide keyword yang related dengan keyword utama yang kita masukkan ke google keyword tools indonesia. Selain kata kunci, ada beberapa kolom penting dari hasil pencarian ini, berikut penjelasannya :

Avg. Monthly Searches – Adalah jumlah pencarian perbulannya untuk masing-masing kata kunci. Google adwords memang tidak memberikan angka detail, namun memberikannya dalam range. Tapi ini sudah bisa menjadi suatu gambaran apakah keyword atau kata kunci tersebut banyak digunakan atau tidak ada yang mencarinya sama sekali.

Competition – Kolom competition terdiri dari beberapa hasil, yaitu low, medium dan high. Namun perlu diingat, kolom competition ini merupakan kompetisi dari pemasang iklan di google adwords untuk suatu kata kunci, bukan kompetisi untuk hasil pencarian di google. Artinya, ketika suatu keyword memiliki competition high, berarti banyak pemasang iklan yang memasang iklan mereka di halaman google ketika kata kunci tersebut digunakan.

Top of Page Bid – Penawaran yang dilakukan oleh pemasang iklan di adwords untuk bisa berada di posisi paling atas hasil pencarian google untuk masing-masing kata kunci.

Kembali ke proyek kita, setelah mengetahui cara menggunakan google keyword planner dan menggunakannya untuk mendapatkan list keyword, sekarang telah mendapatkan pilihan 2000 lebih kata kunci yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk keyword website anda. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan filter untuk menentukan kata kunci mana saja yang mungkin bisa anda gunakan, caranya dengan menentukan jumlah minimum search/bulan nya dan memilih kata kunci yang memang masih berhubungan dengan website anda.

Dalam contoh ini, kita hanya akan menggunakan kata kunci dengan pencarian diatas 1.000 pencarian perbulan, dan didapatkan list seperti contoh dibawah ini :

Gambar rumah impian (1k – 10k / bulan)
Model rumah terbaru (1k – 10k / bulan)
Sketsa rumah minimalis (1k – 10k / bulan)
Desain rumah terbaru (1k – 10k / bulan)
Desain rumah idaman (1k – 10k / bulan)
Rumah minimalis 1 lantai (1k – 10k / bulan)
Gambar rumah minimalis modern (1k – 10k / bulan)
Model rumah minimalis terbaru (1k – 10k / bulan)
Model rumah sederhana (10k – 100k / bulan)
Desain rumah sederhana (10k – 100k / bulan)

Untuk contoh kami hanya mengambil 10 keyword, tapi pada prakteknya nanti anda harus mengambil sebanyak mungkin kata kunci selama kata kunci tersebut memiliki volume pencarian per bulan yang memadai serta masih berhubungan dengan tema website anda.

Idealnya, di tahap kedua ini anda harus memiliki setidaknya 20-30 kata kunci untuk setiap halaman website yang akan anda buat.

Mengapa anda harus mengambil sebanyak mungkin kata kunci? Karena di tahap selanjutnya, akan dilakukan filtering lagi guna menghapus kata kunci yang memiliki tingkat kompetisi yang sulit dimana pada tahap selanjutnya ini akan banyak kata kunci yang akan kita hapuskan dari daftar kita.

Langkah 3 : Menentukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci.

Tahapan ini merupakan tahapan terakhir dan merupakan tahapan yang paling krusial. Karena setelah mengetahui kuantitas pencarian untuk setiap kata kunci, anda juga harus mengetahui tingkat kesulitannya. Percuma anda menargetkan kata kunci dengan 1 juta pencarian perbulan namun harus bersaing dengan website-website besar yang memiliki modal sangat banyak.

Untuk memudahkan, sebenarnya ada banyak tools yang tersedia untuk menentukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci, namun sebagian besar tools-tools tersebut berbayar dan banyak juga dari mereka yang tidak memberikan hasil yang begitu akurat.

Oleh karena itu di tutorial ini akan dijelaskan cara manual untuk menentukan tingkat kesulitan sebuah website. Selain bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat, anda juga bisa lebih memahami fundamental atau pondasi penting dari tingkat kompetisi suatu kata kunci, sehingga ketika nantinya anda memutuskan menggunakan software setidaknya anda sudah mengerti bagaimana cara kerjanya.

Ok, mari kita mulai. Dari langkah sebelumnya diatas kita sudah mendapatkan 10 calon kata kunci yang akan kita gunakan, dengan pencarian perbulan minimal 1000 pencarian per kata kunci. Sekarang kita akan mengecek tingkat kesulitan untuk masing-masing kata kunci. Untuk contoh ini kita gunakan satu kata kunci yaitu “gambar rumah impian”

Buka situs google, lalu masukkan kata kunci pencarian sebagai beriktu :

intitle:”gambar rumah impian”

Ganti kata kunci gambar rumah impian dengan kata kunci yang anda. Hasil pencarian google akan menampilkan tampilan seperti berikut :

Contoh kata kunci iklan

Poin penting yang harus anda lihat adalah jumlah hasil seperti yang ditunjukan oleh tanda panah diatas. Untuk contoh ini kita lihat bahwa ada 836 halaman website yang menggunakan judul sesuai kata kunci kita yaitu “gambar rumah impian” sehingga anda harus bersaing dengan 836 halaman untuk bisa mencapai posisi pertama di halaman hasil pencarian.

Jumlah ini tergolong medium, artinya anda masih mempunyai peluang untuk bisa mencapai setidaknya halaman pertama atau bahkan posisi pertama namun dibutuhkan effort lain seperti membangun backlink yang berkualitas ke halaman website anda dan juga anda harus mempunyai konten berkualitas. Sebisa mungkin, cari kata kunci dengan hasil dibawah 100 untuk lebih meningkatkan peluang anda mencapai rangking 1 hasil pencarian google, dan jangan pernah gunakan kata kunci dengan hasil lebih dari 5.000 sehingga anda tidak membuang waktu berharga anda untuk bersaing di kata kunci yang sangat sulit.

Cara diatas merupakan salah satu contoh melakukan riset kompetisi kata kunci, masih ada banyak cara dan langkah lain untuk melakukan riset sehingga anda bisa lebih mantap memilih kata kunci untuk website anda dan anda bisa menemukan kata kunci yang sangat mudah dan bisa mendapatkan ranking dengan cepat.

Namun berhubung caranya sangat panjang, kami menuliskannya kedalam sebuah ebook. Namun jangan khawatir, ebook tersebut kami berikan gratis untuk bisa anda download, baca dan praktekan sehingga anda bisa menjadi master riset kata kunci dan bisa menguasai rangking 1 google dengan sangat mudah.

Klik disini untuk mendownload ebook tutorial riset kompetisi keyword.

Setelah melalui tahapan ke tiga ini, anda mungkin akhirnya hanya akan mendapatkan sisa 3-5 kata kunci dengan kompetisi yang mudah. Pada akhirnya, sisa kata kunci inilah yang nantinya akan digunakan sebagai kata kunci utama untuk halaman website yang akan anda buat.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 13 Juli 2018 | Share artikel ini di :