Mengenal Keyword Research Sebagai Kunci Optimasi SEO

  • Inflazz
  • SEO
  • Mengenal Keyword Research Sebagai Kunci Optimasi SEO
Mengenal Keyword Research Sebagai Kunci Optimasi SEO

Survey kami membuktikan, sebagian besar para pebisnis online seringkali melewatkan tahapan Keyword Research dalam tahapan mengoptimasi website/blog mereka. Padahal tahapan ini, meskipun berada di tahapan awal/perencanaan, merupakan tahapan yang penting untuk bisa sukses menghasilkan banyak traffic dan uang ke situs anda, apapun metode dan jenis bisnis online anda.

Apa yang dimaksud dengan keyword research?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keyword research, pertama-tama anda harus memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan keyword research.

Keyword sendiri berarti kata kunci. Kata kunci merupakan kata/kalimat utama yang digunakan untuk setiap halaman situs anda.

Untuk mempermudah pemahaman, mari kita gunakan contoh.

Misalkan anda memiliki sebuah situs yang menjual produk kerajinan tangan, maka kata kunci atau keyword yang anda gunakan untuk halaman utama situs tersebut antara lain sebagai berikut :

kerajinan tangan

produk kerajinan tangan

jual produk kerajinan tangan

kerajinan tangan murah

toko kerajinan tangan

toko kerajinan tangan terlengkap

Kata-kata kunci tersebut umumnya akan diletakkan di bagian-bagian penting halaman situs, seperti pada bagian judul atau title, bagian heading, dan juga didalam konten artikel didalam halaman tersebut.

Kata kunci ini nantinya merupakan petunjuk kepada mesin pencari, termasuk google, tentang apakah yang dibahas di halaman situs anda. Sehingga ketika ada seseorang yang mencari kata kunci tersebut di kolom pencarian google, maka google akan menampilkan situs anda kedalam salah satu hasil pencariannya.

Disisi lain, research berarti penelitian. Bisa disimpulkan, keyword research merupakan penelitian untuk menentukan kata kunci apa yang nantinya akan anda gunakan untuk website anda sehingga bisa mendapatkan hasil yang paling optimal.

Mengapa hal ini diperlukan?

Tanpa melakukan keyword research, anda bisa saja dihadapkan dengan kompetisi yang sangat ketat namun memiliki potensial traffic yang rendah, hal ini akan berdampak kepada 2 hal :

Pertama, anda akan sulit mencapai posisi pertama bahkan halaman pertama untuk kata kunci tersebut.

Kedua, jika seandainya anda berhasil mencapai posisi pertama atau halaman pertama, traffic yang masuk ke website anda akan sangat sedikit jumlahnya.

Mencegah hal tersebut, maka diperlukan sebuah proses yang dinamakan keyword research sebelum anda menentukan akan menggunakan kata kunci apa untuk setiap halaman di website anda.

Paham? Jika tidak, mari kita gunakan contoh.

Misalkan anda mempunyai website yang menjual produk smartphone Samsung Seri S8. Setelah melakukan keyword research, anda menemukan data-data sebagai berikut :

Samsung seri S8 : 10k / mo | Competiton 80%.

Beli Samsung seri S8 : 1k / mo | Competition 70%.

Samsung seri S8 Murah : 1k / mo | Competition 20%.

Diantara ketiga keyword tersebut, keyword mana yang akan anda gunakan?

Jika anda merupakan website yang relatif masih baru dan tidak mempunyai banyak budget untuk promosi serta optimasi SEO, sangatlah bijak jika anda memilih untuk bersaing di keyword “Samsung seri S8 Murah” karena keyword ini memiliki 1.000 pencarian perbulan dan persaingan yang hanya 20%. Jika anda memilih “Samsung seri s8”, memang keyword ini memiliki lebih banyak pengunjung potensial yaitu 10.000 pencarian perbulan namun persaingannya juga sangat ketat sehingga membutuhkan banyak modal, biaya serta waktu untuk bisa tampil di posisi 1 ataupun halaman 1.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 13 Juli 2018 | Share artikel ini di :