Pengertian Backlink Website – Apa itu Backlink Website?

Pengertian backlink website - apa itu backlink? Cari tau mengenai backlik serta kegunaan, fungsi,manfaat serta contoh backlink.
Pengertian Backlink Website – Apa itu Backlink Website?

Pengertian Backlink Website

Dihalaman ini akan dijelaskan mengenai backlink, contohnya serta penggunaannya di website. Selain itu, akan kita jelaskan mengapa backlink sangat penting untuk keperluan SEO yang bisa meningkatkan peringkat suatu website di halaman hasil pencarian google.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang hal tersebut, ada baiknya anda terlebih dahulu memahami tentang apa itu backlink agar bisa mengikuti penjelasan selanjutnya dibawah.

Apa itu Backlink Website?

Pertanyaan apa itu backlink website seringkali ditanyakan oleh mereka yang baru berkecimpung di dunia website. Namun, hal tersebut wajar dan para pebisnis online sangat penting untuk memahami mengenai backlink sebelum beranjak lebih dalam mempelajari hal-hal lain dalam bisnis online terutama bisnis menggunakan website.

Apa itu backlink? Backlink adalah sebuah link dari website lain yang mengarah ke website anda. Jika seseorang ataupun bot/mesin mengakses suatu website dan mengklik link anda di website tersebut, mereka akan diarahkan untuk membuka website anda.

Fungsi dari backlink adalah untuk memudahkan navigasi pengguna internet sehingga mereka tidak harus mengetik ulang halaman suatu website ketika ingin berpindah ke halaman lain ataupun website lain. Bisa dibayangkan internet tanpa backlink? Kita akan sangat kerepotan dan mungkin bisa jadi internet tidak akan bisa menjadi sepopuler saat ini tanpa adanya backlink.

Backlink bisa berupa teks, naked url, ataupun juga gambar. Backlink yang menggunakan text sering juga disebut anchor text, merupakan backlink yang berupa tulisan biasa seperti ‘klik disini’, dan ketika diklik akan mengarah ke situs lain. Sedangkan backlink berupa naked url adalah backlink yang menampilkan alamat website penuh. Dan terakhir adalah link dalam gambar, dimana ketika anda mengklik suatu gambar, browser anda akan berpindah kehalaman website lain.

Contoh Backlink

Untuk lebih mudah memahami mengenai backlink, berikut kami berikan contoh backlink yang sangat sederhana. Dibawah ini kami membuat link yang menuju ke website wikipedia :

Link ke Wikipedia

Dengan mengklik link tersebut diatas, anda akan diarahkan oleh browser anda untuk pindah dari website ini menuju website wikipedia. Anda bisa mencobanya dengan mengklik link tersebut diatas untuk bisa lebih memahami lagi fungsi dari backlink.

Jenis-jenis link

Secara umum, ada 2 jenis link. Yaitu internal link dan eksternal link. Internal link adalah link yang menuju ke halaman-halaman lain di satu situs yang sama. Contoh dari internal link yaitu link-link yang berada di suatu menu website. Sedangkan jenis link yang kedua yaitu eksternal link yaitu link yang menuju ke website lain. Contohnya seperti link wikipedia diatas.

Internal link lebih berfungsi sebagai navigasi dalam satu website. Dengan adanya internal link, akan memudahkan para pengunjung untuk berpindah halaman didalam suatu website menuju ke halaman yang diinginkan.

Berikut ini contoh backlink berjenis internal yang mengarah ke halaman lain di website ini :

Contoh internal link

SEO Backlink

Dalam dunia SEO, backlink seo adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan posisi suatu website di halaman hasil pencarian suatu mesin pencari. Tanpa memiliki backlink, website dengan konten berkualitas sekalipun akan sulit untuk berada di posisi yang tinggi di halaman pencarian google.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ini dikarenakan google melihat backlink sebagai suatu ranking faktor yang sangat penting untuk menilai popularitas suatu website. Logika sederhananya sebagai berikut, ketika ada ratusan atau bahkan ribuan link yang mengarah ke sebuah alamat website, maka google akan menilai website tersebut lebih populer dibandingkan dengan website yang tidak memiliki link yang mengarah ke alamat website tersebut.

Memang, saat ini google dan juga seo sudah berkembang pesat dibandingkan beberapa tahun lalu. Dulu, backlink dengan jumlah banyak bisa membuat suatu website “nongkrong” di peringkat pertama hasil pencarian google. Namun sekarang, google tidak hanya melihat kuantitas dari backlink, namun juga dari kualitasnya. Artinya, sebuah backlink yang mengarah ke situs anda dari sebuah situs ternama jauh lebih berarti dibandingkan dengan 1000 backlink dari website antah berantah.

Selain backlink external, internal link juga dapat membantu meningkatkan seo website anda. Mengapa? Karena dengan internal link yang baik, maka website anda pun akan memiliki struktur yang baik. Dengan memiliki struktur yang baik, akan saling memperkuat halaman-halaman website anda dari segi ranking google.

Untuk bisa memanfaatkan peran backlink secara maksimal guna meningkatkan seo website anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda membuat backlink yang mengarah ke situs anda, diantaranya adalah :

Kualitas Backlink – Seperti sudah dijelaskan sebelumnya diatas, saat ini kualitas dari backlink jauh lebih penting dibandingkan dengan kuantitas. Jadi, sangat lebih baik anda meluangkan waktu anda guna mendapatkan backlink dari situs situs ternama dibandingkan dengan mendapatkan banyak backlink dari situs-situs yang tidak terkenal atau lebih bahaya lagi anda mendapatkan backlink dari situs spam.

Relevansi Backlink – Melangkah lebih jauh lagi, selain kualitas yang harus diperhatikan dalam membuat backlink adalah relevansi. Artinya, anda harus sebisa mungkin membuat backlink di halaman website yang memiliki topik yang relevan dengan topik website anda. Contohnya anda memiliki situs tentang makanan, backlink yang anda dapatkan dari situs makanan lain akan bernilai jauh lebih tinggi dibandingkan ketika anda mendapatkan backlink dari situs yang membahas tentang otomotif.

Anchor Text Ratio – Anchor text merupakan kata-kata yang digunakan dalam link anda. Anchor text ini sangat penting untuk menunjukkan kepada search engine tentang apa halaman website yang dituju oleh suatu link. Contohnya, ketika membuat backlink untuk suatu situs makanan, anda bisa menggunakan anchor text seperti “Website Resep Makanan Terbaru” atau sejenisnya. Namun perlu diingat anda harus menggunakan anchor text yang berbeda-beda guna menghindari deteksi spam google, dan sekali-kali gunakan anchor text organik seperti “klik disini” bahkan gunakan juga naked url ataupun gambar sebagai anchor.

Demikian artikel mengenai pengertian backlink. Jika anda ingin memahami lebih lanjut mengenai backlink, anda bisa membaca artikel tentang tips cara mendapatkan backlink berkualitas disini.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 12 Februari 2018 | Share artikel ini di :
Artikel Selanjutnya Tips dan Trik SEO Buat Blog
Artikel Sebelumnya Pengertian SEO – Apa itu SEO?