Pengertian SEO – Apa itu SEO?

Pengertian SEO - Apa itu SEO? Mengenali secara lengkap tentang SEO serta apa pengaruhnya untuk website.
Pengertian SEO – Apa itu SEO?

Apa Itu SEO?

Seringkali banyak sekali pebisnis online ataupun pemilik website yang menanyakan seo itu apa? Untuk itu diartikel ini akan kami jelaskan secara detail mengenai apa itu seo, manfaat seo, cara kerja seo, cara menggunakan seo, contoh tes seo, serta biaya untuk melakukan seo.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang jika diartiken ke bahasa indonesia berarti optimalisasi mesin pencari. Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa itu SEO, terlebih dahulu anda harus memahami tentang mesin pencari atau search engine. Search engine adalah suatu mesin yang berisi kumpulan database halaman website dari seluruh penjuru dunia. Kita sebagai user bisa menggunakan search engine untuk mencari halaman website yang sesuai dengan keinginan kita. Misalkan kita ingin mencari website yang membahas mengenai SEO, kita bisa mengetikkan “Pengertian SEO” di mesin pencari, dan mesin pencari tersebut akan menampilkan ratusan bahkan ribuan halaman yang membahas tentang SEO.

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja search engine? Search engine memiliki bot yang disebut spider, bot ini merupakan suatu mesin yang akan menjelajahi seluruh website/internet untuk mengumpulkan data-data dan halaman website untuk kemudian menyimpannya di dalam database search engine. Dan akhirnya ketika seseorang mencari di search engine dengan suatu kata kunci tertentu, search engine akan mencari di dalam database mereka halaman website mana yang paling relevan/sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Dengan fungsinya yang sangat vital ini, bisa dibilang search engine merupakan website yang paling penting dalam dunia internet saat ini. Karena data membuktikan, ketika seseorang ingin mencari sesuatu di internet baik itu mencari artikel, berita, mencari barang, dan mencari apapun itu, 98% pengguna internet akan mencarinya melalui search engine.

Tahukah anda bahwa search engine tidak hanya google saja, namun ada banyak search engine lain seperti Yahoo, Bing, MSN, Altavista, Duckduckgo, dan puluhan bahkan ratusan search engine lain. Namun tentunya search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet adalah google.

Kembali ke pengertian SEO, setelah memahami apa itu search engine dan bagaimana search engine bekerja, kita bisa mengetahui bahwa mesin pencari memiliki peran yang sangatlah vital dalam dunia internet. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, 98% pengunjung internet menggunakan mesin pencari untuk mencari website yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. SEO atau search engine optimization merupakan suatu teknik atau ilmu yang digunakan untuk mengoptimasi atau mengoptimalkan website anda agar supaya bisa muncul di posisi atas hasil pencarian di search engine sehingga orang-orang yang mencari di search engine akan masuk/mengunjungi website anda.

Untuk memudahkan pemahaman anda kita gunakan contoh sebagai berikut : Misalkan anda mempunyai sebuah website yang menjual baju anak. Ketika ada orang yang sedang mencari baju anak secara online, maka dia akan masuk ke google dan mengetikkan baju anak di kolom pencarian dan google akan menampilkan halaman-halaman hasil pencarian berupa website-website yang menjual baju anak. Tanpa menggunakan SEO, sebuah website anda akan muncul di halaman ke 10 bahkan lebih dari hasil pencarian, yang bisa dibilang hampir mustahil website anda akan diklik oleh pengunjung tersebut. Dengan menggunakan SEO, anda akan mengoptimalkan website anda sehingga website anda akan muncul di halaman pertama bahkan di posisi pertama hasil pencarian sehingga membuat peluang website anda diklik sangat besar.

Siapa Sajakah yang Membutuhkan SEO

Selanjutnya setelah memahami seo itu apa, kita akan membahas mengenai sebenarnya siapa saja yang butuh atau perlu memahami dan menerapkan SEO.

Pemilik Website

Jika anda memiliki website baik untuk kepentingan bisnis online, toko online maupun hanya sekedar untuk profil perusahaan atau organisasi anda, anda membutuhkan SEO untuk membuat situs web anda mendapatkan lebih banyak traffic/pengunjung organik hasil dari pencarian search engine google dan search engine lainnya.

Pemilik Blog

Tidak hanya website. Jika anda memiliki sebuah blog gratis yang anda gunakan untuk mencari uang ataupun hanya sekedar menyalurkan hobi menulis anda, anda pun harus mengoptimalkan seo untuk blog anda untuk bisa dibaca oleh lebih banyak orang.

Youtuber/Pebisnis Youtube

Ya, seringkali orang menyangka bahwa seo hanya berlaku untuk sebuah blog/website, ternyata tidak. Salah satunya adalah youtuber. Jika anda merupakan pebisnis youtube, youtuber atau hanya sekedar iseng-iseng senang mengupload video anda di youtube, anda membutuhkan SEO yang bisa meningkatkan jumlah view/tontonan video anda.

Manfaat SEO

Setelah memahami tentang cara kerja seo, selanjuntnya kita akan membahas mengenai manfaat seo. Apa saja sebenarnya manfaat SEO sehingga begitu banyak webmaster / internet marketeer yang berjuang keras mengoptimalkan search engine optimization website mereka? Berikut ini beberapa diantaranya :

Menaikkan Posisi di Halaman Mesin Pencari

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya diatas, dengan menggunakan optimasi seo yang baik maka akan membuat website anda mampu berada di posisi halaman pertama atau bahkan posisi pertama halaman hasil pencarian google untuk kata kunci tertentu. Tanpa mengoptimalkan search engine optimization situs anda, maka akan sangat sulit bahkan hanya untuk mencapai halaman pertama.

Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Ketika website anda bisa berada di posisi teratas halaman hasil pencarian google, maka secara otomatis jumlah pengunjung website anda pun akan meningkat. Karena pengguna google yang mencari di search engine tentunya cenderung akan lebih memilih untuk mengklik website yang berada di posisi pertama, dibandingkan dengan website yang berada di halaman ke 2 atau lebih.

Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang meremehkan pengunjung dari search engine dan lebih memilih menggunakan metode promosi lain seperti sosial media ataupun promosi berbayar. Perlu anda tahu, bahwa sampai detik ini, sumber pengunjung terbanyak tetaplah dari search engine. Jadi jika anda merupakan seorang pebisnis online dan sama sekali tidak peduli dengan search engine optimization web anda, maka anda telah kehilangan peluang pengunjung dan penghasilan yang sangat besar dari search engine.

Cara Menggunakan SEO

SEO secara umum terbagi atas dua jenis, yaitu seo on page dan seo off page, yang akan dijelaskan dibawah ini :

Seo on Page

Pengertian seo on page – seo on page merupakan optimasi web/situs untuk search engine yang dilakukan pada halaman website anda. Untuk mengoptimalkan seo on page situs web anda, yang perlu anda lakukan hanyalah mengedit halaman situs anda dengan pengaturan tertentu sehingga bisa lebih optimal dan mendapatkan ranking yang tinggi di halaman hasil pencarian google.

Meskipun terdengar sederhana, faktanya ada puluhan bahkan ratusan faktor penting pada website anda yang menentukan apakah website anda bisa mendapatkan ranking yang tinggi ataupun tidak. Berikut ini beberapa part/bagian penting dari website anda yang harus anda optimasi untuk seo on page.

Title / Judul Halaman

Bagian ini merupakan bagian paling penting dalam seo on page, yaitu apa title/judul dari halaman website anda. Untuk melihat title halaman website anda, anda bisa membuka halaman situs anda dan title dari halaman tersebut akan muncul di bagian tab browser. Atau anda juga bisa melihat title halaman anda dengan melihat source code html halaman website anda dan melihat tag title, nah judul website anda terletak diantara tag title di kode html halaman website anda.

Lalu kenapa title ini penting? Karena title merupakan judul utama yang menjelaskan tentang apa halaman tersebut, dan spider atau bot dari search engine akan menggunakan title sebagai informasi utama mengenai suatu halaman website.

Untuk mengoptimasi title anda, yang perlu anda lakukan adalah mengubahnya sedemikian rupa sehingga menjadi relevan dengan isi dari halaman tersebut. Misalnya ketika anda memiliki suatu halaman website yang berisi produk-produk baju olahraga, tentunya anda harus menggunakan title yang mengandung kata “baju olahraga”, dan ketika anda tidak menggunakan kata yang sesuai dengan isi halaman tersebut maka ini dapat menurunkan peringkat anda di halaman hasil pencarian.

Meta Description

Selanjutnya setelah title, faktor penting lainnya adalah meta description. Memang, meta description ini tidak akan ditampilkan pada halaman website anda, namun robot dari search engine akan melihat ini sebagai penjelasan mengenai apa isi dari website anda. Untuk mengecek meta description halaman website anda, anda harus melihat source code nya untuk kemudian melihat tag meta dengan name description. Isi dari meta description ini terletak di bagian content pada tag tersebut.

Heading

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah heading di halaman website anda. Heading merupakan tag judul yang terdiri dari H1 hingga H6, dengan H1 merupakan judul utama, dan H6 merupakan sub judul terakhir. Untuk mengoptimasi tag heading website anda, anda harus menggunakan kata kunci utama didalam tag heading anda dan gunakan sebanyak mungkin judul yang relevan dan saling berkaitan antara H1 hingga H6.

Content

Konten merupakan isi dari suatu halaman website, dan disini akan ditulis segala sesuatu tentang halaman website tersebut. Untuk mendapatkan optimasi seo on page yang baik, anda perlu membuat konten yang berkualitas, bukan hasil copy paste dari website lain, dan memiliki panjang yang cukup.

Selain itu, anda juga perlu menggunakan multimedia didalam content anda sehingga membuat konten anda lebih “rich”, seperti memasukkan gambar yang relevan dan juga video. Semakin lengkap dan detail suatu konten membahas sesuatu di halaman website, maka bisa semakin baik ranking website anda di search engine.

Page Speed / Waktu Loading Website

Banyak sekali webmaster yang tidak memperdulikan faktor ini, padahal saat ini waktu loading website menjadi faktor penting di mata google. Jadi, jangan heran jika website anda memerlukan waktu loading mencapai 10 detik, website anda akan terlempar jauh di halaman hasil pencarian google.

Idealnya, waktu yang diperlukan untuk membuka sebuah halaman website adalah tidak lebih dari 3 detik. Untuk itu, jika waktu loading website anda dirasa terlalu lama, anda bisa mengoptimasinya dengan membuang content yang tidak diperlukan, mengurangi ukuran halaman website, mengoptimize gambar dan masih banyak metode lainnya.

Struktur Website

Suatu website yang ingin mendapatkan rating pencarian google yang tinggi haruslah memiliki struktur yang terorganisir dengan baik. Ciri suatu website yang memiliki struktur baik adalah para pengunjungnya bisa menjangkau halaman-halaman di dalam website tersebut dengan mudah. Jika website anda hanya terdiri dari 10-20 halaman, tentunya akan jauh lebih mudah mengorginize strukturnya dibandingkan ketika website anda sudah memiliki ratusan halaman.

Selain item-item diatas, masih banyak lagi faktor lainnya yang sangat mempengaruhi kualitas seo on page situs anda. Namun karena di awal artikel ini hanya berisikan tentang pengertian search engine optimization, maka untuk cara mengoptimasi seo on page website anda akan kami jelaskan lebih detail lagi di artikel selanjutnya.

Inti dari seo on page adalah bagaimana membuat halaman website anda BERKUALITAS, baik dimata search engine maupun dimata para pengunjung situs anda.

Selanjutnya setelah memahami pengertian seo on page, kita akan lanjut kepada bagian lain dari seo yaitu seo off page.

Seo off page

Jika seo on page menunjukkan seberapa berkualitasnya website anda, maka seo off page berguna untuk menunjukkan popularitas website anda dimana search engine.

Berita baiknya, pada seo off page hanya bergantung dari 1 faktor, namun berita buruknya, faktor ini seringkali menjadi kesulitan bagi para webmaster.

Backlink

Ya, backlink menjadi satu-satunya faktor yang menentukan dalam optimasi seo off page. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs anda, maka google ataupun search engine lain akan melihat bahwa semakin baik popularitas website anda, dan website dengan popularitas yang besar tentunya akan lebih diprioritaskan untuk berada di posisi pertama halaman hasil pencarian google dibandingkan dengan halaman website yang tidak memiliki backlink sama sekali atau dalam arti lain tidak populer.

Namun meskipun hanya satu faktor, namun banyak faktor-faktor penting turunan dari backlink ini. Diantaranya yaitu kualitas dari suatu backlink, sumber backlink, anchor text backlink, posisi penempatan backlink, relevansi backlink.

Untuk membahas panjang lebar mengenai backlink semata tentunya artikel ini tidak akan cukup, oleh karena itu akan kita bahas mengenai backlink di artikel lain selanjutnya.

Biaya SEO

Pertanyaan yang sering diajukan kepada kami yaitu berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan SEO suatu website? Jawabannya sangat bervariasi.

Tidak sedikit pebisnis online yang mengoptimalkan SEO blog/web mereka tanpa modal dan bisa menghasilkan traffic/pengunjung website yang sangat banyak dan menghasilkan banyak uang untuk mereka. Disini lain, tidak jarang kami menemukan website yang mengeluarkan biaya besar untuk SEO situs mereka namun masih tidak mampu bersaing dan menggeser website yang tidak mengeluarkan biaya untuk SEO dari peringkat pertama google.

Sehingga bisa disimpulkan, biaya memang bukan menjadi faktor utama pendukung kesuksesan SEO suatu website, namun jika anda memiliki dana, tentunya semuanya bisa menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan ketika anda mengoptimalkan SEO tanpa modal.

Contoh Hasil Tes Search Engine Optimization

Contoh SEO On Page

Untuk lebih memahami tentang SEO, berikut kami berikan hasil tes untuk seo on page dari website inflazz menggunakan tools dari seositecheckup :

hasil tes seo on page website inflazz

Dari contoh diatas bisa dilihat bahwa rating Search Engine Optimization on page untuk halaman utama website inflazz mendapatkan score 97 dari 100 yang berarti sudah sangat baik. Usahakan agar seo on page anda bisa mendapatkan rating lebih dari 70 untuk membuat situs anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di halaman hasil pencarian google.

Contoh SEO Off Page

Sedangkan untuk SEO off page, anda bisa menggunakan tools dari MOZ untuk mengecek popularitas website anda. Berikut ini contoh hasil tes dari website inflazz untuk seo off page :

hasil tes seo off page website inflazz

Dari hasil cek menggunakan tools moz didapatkan bahwa website inflazz mempunyai domain authority atau popularitas 24 dari 100. Angka ini didapatkan berkat 4.900 backlink yang mengarah ke situs inflazz. Perlu diketahui bahwa untuk domain authority minimal untuk suatu website adalah 20. Artinya, jika website anda mempunyai authority dibawah 20, anda perlu meningkatkannya dengan menambah jumlah backlink dari situs lain yang mengarah ke situs anda.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 6 Februari 2018 | Share artikel ini di :