Berapa Besar Penghasilan Youtube Per View?

Ingin tahu seberapa besar penghasilan youtube per view? Temukan jawabannya disini.
Berapa Besar Penghasilan Youtube Per View?

Berapa Penghasilan Youtube per View?

Bagi anda yang baru memulai bisnis youtube ataupun ingin mencoba menjalankan bisnis menjadi youtuber, salah satu pertanyaan yang mungkin timbul dalam benak anda adalah berapa besar penghasilan yang bisa didapatkan untuk setiap kali video youtube yang anda upload ditonton? Di artikel ini kami akan memberikan jawaban untuk pertanyaan ini secara lengkap dan detail.

Jawaban dari pertanyaan ini sangatlah variatif tergandung dari banyak faktor. Namun salah satu faktor paling utama adalah dari negara mana penonton video anda, karena ternyata rate iklan untuk setiap negara berbeda-beda.

Jika anda membuat video berbahasa inggris dan ditonton oleh penonton dari Amerika atau Eropa, maka anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Namun jika video anda hanya ditonton oleh pengunjung dari Indonesia, maka jumlah yang akan anda dapatkan menjadi jauh lebih kecil.

Faktor lain yang menentukan besaran penghasilan youtube per view anda adalah niche atau tema video anda. Jika video anda membahas segala sesuatu tentang, misalnya dunia keuangan dan perbankan, maka anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar karena rate iklan untuk tema ini memang cukup besar. Namun jika video anda membahas sesuatu yang tidak memiliki banyak pengiklan, maka rate yang akan anda dapatkan menjadi lebih kecil. Faktor ini terutama sangat mempengaruhi penghasilan anda untuk jenis iklan banner yang berbasis pay per click, dimana anda akan mendapatkan bayaran dari youtube untuk setiap penonton video anda mengklik iklan banner tersebut.

Jadi, Berapa Rata-rata Penghasilan Youtube per View?

Ada 2 jenis iklan berbeda di youtube, yaitu iklan berbasis roll out video yaitu iklan video yang umumnya ditampilkan sebelum penonton menonton video anda, dan iklan banner. Berikut penghasilan untuk masing-masing jenis iklan :

Iklan rollout – Jika anda menargetkan pengunjung video dari negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa, maka anda bisa mendapatkan penghasilan antara 5$ hingga 10$ per 1000 view atau penonton video anda. Jadi jika video anda ditonton 1.000.000 kali oleh mayoritas penonton dari Amerika, anda bisa mendapatkan penghasilan sebesar 5.000$ sampai dengan 10.000$. Namun jika video anda ditonton oleh penonton dari Indonesia, penghasilan yang anda dapatkan berkisar dari 0,5$ sampai dengan 1$ per 1000 video. Sehingga untuk 1.000.000 kali video anda ditonton, anda bisa meraup penghasilan antara 500$ sampai dengan 1000$.

Iklan Banner – Iklan banner memberi anda pendapatan dari 2 jenis aksi berbeda. Pertama adalah dari jumlah view, lalu yang kedua adalah dari jumlah klik iklan. Jadi, keuntungan dari iklan banner adalah selain anda bisa mendapatkan uang untuk setiap video youtube anda ditonton orang, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan apabila iklan banner tersebut diklik oleh penonton yang menonton video anda.

Penghasilan per view dari iklan banner di youtube untuk target penonton dari negara maju yaitu berkisar antara 0,8$ – 1$ per 1000 penonton. Sedangkan untuk penonton dari indonesia anda bisa mendapatkan antara 0,1$ sampai dengan 0,5$ per 1000 penonton video anda. Memang terkesan kecil, namun anda bisa mendapatkan tambahan lain seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu pendapatan dari klik banner. Untuk rate pendapatan dari klik banner selain bergantung dari negara asal penonton, juga tergantung dari jenis iklan yang ditampilkan. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, misalkan anda membuat video mengenai finance dan keuangan, dan iklan banner yang dipasang adalah iklan jasa keuangan yang bernilai klik tinggi, anda bisa mendapatkan penghasilan hingga 2$ – 3$ untuk setiap kali iklan banner tersebut diklik. Namun jika iklan yang dipasang di website anda bernilai rendah, maka anda bisa saja hanya mendapatkan 0,1$ untuk setiap kali klik nya.

Tips dan Trik Menambah Penghasilan Youtube

Setelah mengetahui range penghasilan per view yang bisa anda dapatkan dari youtube, kami memberikan beberapa tips dan trik yang bisa anda ikuti untuk membantu anda menambah jumlah penghasilan anda dari youtube.

Perbanyak Promosi – Seperti kita tau, jumlah penghasilan anda akan sangat tergantung dari banyaknya penonton yang anda dapatkan. Oleh karena itu, anda harus melakukan promosi video anda dengan gencar sehingga bisa menambah view youtube anda. Ada banyak sekali cara promosi video youtube, diantaranya dengan memanfaatkan sosial media ataupun dengan menggunakan SEO.

Targetkan Penonton dari Negara-negara Maju – Jika anda memiliki kemampuan bahasa inggris yang cukup fasih, cobalah untuk membuat video dengan target penonton dari luar negeri yang tentunya bisa memberikan penghasilan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan penghasilan yang anda dapatkan dari penonton dalam negeri.

Pilih Niche/Tema Video dengan CPC Tinggi – Untuk memaksimalkan penghasilan dari iklan banner di youtube anda, anda bisa membuat video dengan tema yang memberikan penghasilan CPC (Cost Per Click) yang tinggi.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 17 Februari 2018 | Share artikel ini di :