Cara Agar Video Youtube Kita ada Dihalaman Pertama Pencarian Youtube

Cara Agar Video Youtube Kita ada Dihalaman Pertama Pencarian Youtube

Tutorial Cara Agar Video Youtube Kita ada Dihalaman Pertama

Pernahkan anda mengupload video di youtube, namun ternyata view dari video tersebut tidak bertambah-tambah. Padahal anda yakin bahwa video yang anda upload lebih menarik, lebih bermanfaat, dan juga lebih berkualitas dibandingkan dengan video lain yang sejenis.

Salah satu penyebab utamanya adalah karena video anda tidak tampil di halaman pertama hasil pencarian video di youtube maupun di search engine. Jika video anda berada di halaman belakang, misalnya halaman ke 10 hasil pencarian video di youtube, maka tentu saja tidak akan ada yang menonton video anda.

Namun ceritanya akan berbeda bila video anda berada di halaman pertama, atau bahkan di posisi pertama video yang ditampilkan ketika seseorang mencari video di youtube. Otomatis, video anda akan menjadi video yang kemungkinan besar akan ditonton oleh orang tersebut.

Jika anda memiliki kasus seperti ini, jangan khawatir, dalam artikel ini akan kami berikan tutorial langkah-langkah agar video anda bisa berada di halaman pertama hasil pencarian youtube.

Riset Keyword Youtube

Tahapan ini seringkali dilewatkan ketika mengupload video di youtube. Padahal, riset keyword merupakan salah satu kunci penting jika anda ingin video anda berada di halaman pertama hasil pencarian youtube.

Untuk anda yang belum tau, riset keyword adalah melakukan suatu riset mengenai kata kunci apa yang akan dioptimalkan untuk satu video yang akan diupload. Hasil dari riset keyword adalah satu atau beberapa kata kunci yang akan digunakan sebagai kata kunci utama untuk video youtube.

Kata kunci yang digunakan sebagai hasil dari riset kata kunci yaitu kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna youtube namun memiliki tingkat kompetisi yang rendah. Sehingga, anda bisa dengan mudah meraih halaman pertama untuk pencarian dengan kata kunci tersebut.

Nantinya kata kunci yang anda pilih hasil dari riset akan digunakan di beberapa elemen di video youtube anda, seperti pada judul, deskripsi serta tag video.

Riset keyword seharusnya dilakukan sebelum mengupload suatu video. Namun jika memang anda sudah terlanjur mengupload video, tidak masalah, riset keyword masih bisa dilakukan. Nantinya anda bisa mengganti judul serta deskripsi video yang sudah anda upload dengan menggunakan kata kunci hasil penemuan anda dari proses riset keyword.

Untuk mengetahui langkah-langkah melakukan riset keyword youtube, anda bisa membacanya di halaman berikut : Cara riset keyword youtube.

Optimasi Kata Kunci Video Youtube

Langkah ini bisa anda lakukan setelah anda melakukan tahapan sebelumnya yaitu riset keyword. Setelah mendapatkan beberapa kata kunci utama, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengoptimasi video youtube anda dengan kata kunci tersebut.

Optimasi keyword dapat dilakukan dengan cara menempatkan kata kunci anda di judul video, deskripsi serta tag video.

Agar bisa lebih memahami bagian ini, mari kita gunakan contoh.

Misalkan anda membuat video tentang “Cara agar video youtube bisa berada di halaman pertama”. Dan hasil keyword research memberikan hasil kata kunci sebagai berikut :

Tutorial membuat video muncul di halaman pertama youtube

Maka, yang harus anda lakukan adalah membuat kata kunci diatas berada di judul, deskripsi serta tag video. Hasilnya adalah sebagai berikut :

Judul/Title Video : Tutorial membuat video muncul di halaman pertama youtube dengan mudah dan cepat.

Deskripsi Video : Dalam video Tutorial membuat video muncul di halaman pertama youtube, akan dijelaskan mengenai cara-cara bagaimana membuat video youtube anda bisa berada di halaman pertama hasil pencarian youtube sehingga bisa mendapatkan lebih banyak views atau penonton video anda………..

Tag : Tutorial membuat video muncul di halaman pertama youtube, membuat video di halaman pertama youtube, cara membuat video berada di halaman pertama youtube, cara agar video berada di halaman pertama,…….

Dari contoh diatas bisa dilihat, bahwa kita menggunakan kata kunci utama pada semua elemen video youtube.

Setelah memasukkan kata kunci, selanjutnya kita harus mengoptimasi deskripsi video. Meskipun telah menggunakan kata kunci, anda tetap harus membuat deskripsi video anda sepanjang mungkin. Disarankan menulis deskripsi minimal 300 kata. Semakin panjang semakin baik. Jika deskripsi anda cukup panjang, anda bisa mengulang kata kunci sebanyak 2-3 kali di dalam deskripsi video untuk lebih mengoptimalkan kata kunci tersebut.

Sedangkan pada kolom tag, selain kata kunci utama, anda bisa memasukkan sebanyak mungkin keyword lain yang berkaitan dengan kata kunci utama. Gunakan minimal 5 tag atau lebih untuk hasil yang lebih baik.

Buat Backlink Video

Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap posisi video anda di halaman pencarian youtube.

Jika anda belum paham, backlink berarti sebuah link dari website/situs lain yang mengarah ke halaman video youtube anda. Contoh sederhananya, ketika anda melakukan share video di acount sosial media anda seperti facebook, yang anda share adalah backlink. Dan ketika seseorang tertarik melihat dan mengklik backlink tersebut, maka dia akan diarahkan ke halaman youtube video anda.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke video anda, menunjukkan bahwa semakin populer video tersebut. Sehingga, youtube akan menempatkan video tersebut di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian youtube.

Ada banyak sekali cara untuk membuat backlink untuk video youtube, berikut ini beberapa diantaranya :

Sharing di Sosial Media Anda – Cara ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan backlink, namun tentunya jumlah backlink yang akan dihasilkan sangat terbatas, tergantung dari jumlah sosial media yang anda miliki.

Menaruh link di website/blog anda – Jika anda memiliki situs maupun blog pribadi, anda bisa memasukan link video youtube anda di blog atau website anda.

Menaruh Backlink di Kolom Comment Blog – Cara selanjutnya adalah anda bisa membagikan backlink video anda di blog atau website yang memperbolehkan pengunjungnya untuk memberikan comment. Namun ingat, hindari melakukan spam karena justru akan membahayakan reputasi video anda.

Membagikan Backlink di Forum – Jika anda sering berdiskusi di forum-forum, maka tidak ada salahnya membagikan link video anda di forum yang anda ikuti untuk mendapatkan backlink.

Share Backlink di Situs Tanya Jawab – Situs jenis ini juga bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink. Carilah pertanyaan dari orang-orang yang jawabannya ada di video anda. Setelah itu, jawab pertanyaan tersebut, dan cantumkan link video anda.

Membagikan Video anda di Situs Document Sharing – Cara lain yang bisa anda lakukan adalah menshare video anda di situs document sharing lain selain youtube, setelah itu anda bisa mencantumkan link video anda di youtube di deskripsi video tersebut.

Perbaiki Kualitas Video

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan guna meningkatkan posisi video anda yaitu memperbaiki kualitas video. Kualitas disini bukan berarti kualitas tampilan seperti 480p ataupun 720p, tetapi kualitas dari isi video tersebut.

Artinya, anda harus membuat video yang memang bermanfaat dan disukai banyak orang. Kenapa? Karena dengan membuat video yang berkualitas, para penonton video anda akan me-like video anda. Dan youtube tentu saja mempertimbangkan hal ini sebagai faktor penentuan peringkat video.

Jadi, semakin banyak orang yang me-like video milik anda, maka posisi video anda akan terus naik di halaman pencarian youtube hingga akhirnya bisa naik ke halaman pertama bahkan ke posisi pertama.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 13 Agustus 2018 | Share artikel ini di :