25+ Cara Menambah Viewers YouTube Dengan Cepat dan Mudah!

Tutorial cara menambah viewers YouTube dengan mudah. Tingkatkan jumlah penonton YouTube anda dengan cepat menggunakan metode-metode yang sudah kami buktikan sendiri!
25+ Cara Menambah Viewers YouTube Dengan Cepat dan Mudah!

Tutorial Cara Menambah Viewers Youtube Dengan Cepat

Mendapatkan banyak view merupakan tujuan para pemilik channel YouTube, karena dengan semakin banyak view, semakin banyak pula uang yang bisa anda dapatkan dari youtube. Tidak hanya itu, reputasi channel anda akan bertambah dan akan lebih dikenal banyak orang.

Namun pada kenyatannya, meningkatkan view YouTube tidak semudah yang dibayangkan. Banyak YouTuber yang memutuskan berhenti mencari penghasilan dari YouTube karena views yang mereka dapatkan tidak bertambah secara signifikan, atau bahkan tidak bertambah sama sekali – begitu juga dengan penghasilannya.

Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membuat artikel ini agar bisa membantu para YouTuber yang sedang berjuang meningkatkan views dan pendapatan mereka di YouTube.

Tips-tips di artikel ini merupakan rangkuman dari pengalaman kami selama bertahun-tahun mengembangkan beberapa channel youtube, baik sebagai pemilik maupun sebagai konsultan, serta dikombinasikan dengan tips dari beberapa rekan kami yang telah sukses mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah dari YouTube.

Selamat Membaca!

Daftar isi artikel ini :

20 Cara Menambah Viewers YouTube Secara Alami

Kategori ini merupakan cara meningkatkan jumlah penonton youtube anda dengan cara yang alami dan aman, karena tidak akan melanggar aturan atau syarat dari google. Namun dengan cara ini, tentu saja akan diperlukan lebih banyak waktu dan effort namun anda akan mendapatkan view dari penonton yang betul-betul nyata/real, yang tentunya bisa memberikan nilai lebih ke channel youtube anda.

Secara umum, cara-cara meningkatkan view video di YouTube terbagi dua jenis. Pertama, adalah dengan metode yang biasa disebut dengan metode whitehat.

Metode whitehat biasa diartikan sebagai metode alami yang legal, artinya, anda tidak akan terkena hukuman atau penalti atau bahkan banned dari YouTube jika menggunakan metode ini.

Meningkatkan view YouTube menggunakan metode whitehat memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan, berikut diantaranya :

Kelebihan Metode WhiteHat
  • Channel dan akun YouTube anda akan aman dan terhindar dari ancaman pinalti hingga banned.
  • View yang anda dapatkan adalah view dari penonton asli/nyata.
  • Setiap view yang didapatkan akan menghasilkan penghasilan yang lebih besar.
  • Bisa dilakukan secara gratis tanpa mengeluarkan modal sepeserpun.
Kekurangan Metode WhiteHat
  • Membutuhkan effort yang lebih besar.
  • Efek seringkali baru terasa dalam jangka panjang.

Jika anda ingin serius berbisnis YouTube, maka sangat sangat disarankan untuk menggunakan metode WhiteHat. Karena, jika anda menggunakan metode blackhat, ada potensi channel anda akan terkena masalah dikemudian hari, dan semua kerja keras yang telah anda lakukan akan terbuang percuma.

Mari kita lanjutkan.

Berikut ini cara-cara serta tips dan trik yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan jumlah view youtube secara organik menggunakan metode whitehat :

1. Lakukan Keyword Research Sebelum Membuat Video

Langkah ini merupakan langkah terpenting sebelum membuat sebuah video yang akan di upload di channel YouTube. Namun sayangnya, mayoritas orang melewati tahapan ini.

Bagi anda yang belum pernah mendengar, keyword research atau riset keyword merupakan suatu proses mencari kata kunci utama untuk video yang akan anda buat.

Tujuan dari keyword research adalah untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang besar, dimana berarti ada banyak orang yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tersebut baik di kolom search youtube maupun di mesin pencari seperti Google.

Tujuan selanjutnya adalah untuk mencari kata kunci yang memiliki tingkat kompetisi yang rendah. Artinya, tidak banyak video lain yang menggunakan kata kunci tersebut. Jikapun ada, anda bisa membuat video yang jauh lebih berkualitas dibanding video lain yang menggunakan kata kunci yang sama.

Bayangkan ketika anda sudah bersusah payah memilih suatu kata kunci dan membuat video serta menguploadnya ke YouTube. Namun ternyata, kata kunci yang anda gunakan hanya dicari oleh kurang dari 10 orang perbulan.

Maka hasilnya? View video tersebut tentunya tidak akan lebih dari 10 views perbulan, itupun jika seluruh orang yang mencari menggunakan kata kunci tersebut mengklik video anda.

Lalu bagaimana cara melakukan riset keyword untuk youtube? Dikarenakan penjelasan cara riset keyword ini cukup panjang, maka kami membuatnya di artikel lain. Silahkan klik disini untuk membaca tutorial lengkap cara melakukan keyword research untuk youtube.

Setelah melakukan riset keyword, anda akan mendapatkan kata kunci utama yang akan anda gunakan untuk membuat video. Selanjutnya, kata kunci tersebut harus anda gunakan di judul, deskripsi serta tag video tersebut.

Jika anda memilih keyword yang tepat, video anda akan mendapatkan banyak views bahkan tanpa anda perlu melakukan promosi apapun!

Tips Riset Keyword YouTube

  • Pilih keyword yang memiliki tingkat kompetisi yang rendah
  • Pilih keyword yang memiliki banyak pencarian perbulan
  • Gunakan keyword di Judul, Deskripsi dan Tags video

2. Gunakan Gambar Thumbnail yang Menarik

Gambar thumbnail merupakan hal pertama yang dilihat ketika video anda muncul di hasil pencarian. Tahukah anda bahwa dengan memakai gambar thumbnail yang menarik, bisa meningkatkan CTR (Click Through Rate) atau jumlah pengunjung yang mengklik video anda hingga 100% atau dalam artian mencapai 2x lipat dari jumlah sebelumnya!

Permasalahannya, ketika mengupload video, youtube akan memberikan pilihan thumbnail yang merupakan hasil screenshot dari video tersebut. Dan seringkali, pilihan-pilihan yang tersedia dari screenshot video ini kurang begitu menarik karena tidak mampu mendeskripsikan keseluruhan video dengan baik.

Namun jangan khawatir, sebenarnya anda bisa mengupload custom thumbnail untuk video yang anda buat. Sehingga, anda bisa membuat sebuah gambar thumbnail khusus yang menarik untuk ditampilkan sebagai thumbnail video anda.

Untuk mengaktifkan fitur custom thumbnail ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

Verifikasi Akun Anda

Untuk bisa menggunakan custom thumbnail, anda harus memverifikasi akun youtube anda terlebih dahulu. Langkah-langkahnya yaitu :

  1. Login ke account youtube anda
  2. Buka halaman https://www.youtube.com/verify
  3. Pilih negara, dan metode verifikasi (Via panggilan telepon atau via sms)
  4. Masukkan nomer handphone anda
  5. Klik Submit.
  6. Tunggu beberapa saat sampai kode verifikasi dikirim ke handphone anda melalui cara yang anda pilih sebelumnya
  7. Masukkan kode verifikasi di halaman selanjutnya
  8. Klik Submit.

Jika anda memasukkan kode verifikasi dengan benar, maka akun youtube anda akan berhasil terverifikasi.

Aktifkan Fitur Custom Thumbnail

Selanjutnya, anda bisa masuk ke halaman https://www.youtube.com/features.

Pada kotak Custom Thumbnail, klik tombol enable.

Selamat, anda telah berhasil mengaktifkan fitur custom thumbnail. Maka selanjutnya, anda bisa mengubah thumbnail video anda menggunakan gambar yang anda buat sendiri.

Tips Membuat Thumbnail Video Youtube

  • Buat gambar thumbnail yang tajam dengan resolusi minimal 1280 x 720 piksel
  • Jika channel anda memiliki logo, tambahkan logo tersebut di setiap thumbnail video anda
  • Buat gambar yang terlihat professional. Jika perlu, hire desainer grafis khusus untuk membuatkan thumbnail semua video anda
  • Pastikan gambar thumbnail mampu menjelaskan mengenai isi dari video
  • Jangan takut melakukan trial and error. Rubah gambar thumbnail video apabila dirasa belum mampu meningkatkan angka CTR (Click Through Rate).

3. Optimasi Judul Video

Sebuah judul video YouTube yang baik haruslah memenuhi 2 syarat berikut :

1. Judul video menarik sehingga membuat orang penasaran dan ingin mengklik video tersebut.
2. Menggunakan keyword/kata kunci yang tepat sehingga video bisa muncul di halaman hasil pencarian.

Mari kita bahas lebih detail mengenai kedua hal tersebut.

Judul video yang menarik

Dengan membuat judul video yang menarik, akan membuat angka CTR atau Click Through Rate video anda tinggi. Artinya, ketika video anda muncul baik di halaman hasil pencarian ataupun di rekomendasi video, orang-orang akan tertarik mengklik video anda dibandingkan video lain karena judul video anda lebih menarik.

Ada banyak cara untuk membuat judul video yang menarik, tergantung dari jenis video yang anda upload.

Salah satunya adalah menambahkan kata-kata pendukung yang menarik, seperti :

Wajib Lihat! …..
….. Terbukti!
….. Terbaru!
….. Update Terbaru 2018!

dan masih banyak lagi kata-kata pendukung tambahan yang bisa ditambahkan di judul video sehingga dapat terlihat lebih menarik dan memancing orang yang melihat untuk mengklik video anda.

Gunakan Kata Kunci yang Tepat di Judul

Di tips nomer 1 diatas, kami sudah menjelaskan mengenai riset kata kunci atau keyword research. Kata kunci hasil dari riset tersebut haruslah anda gunakan pada judul video anda.

Hal ini bertujuan agar ketika seseorang mencari di kolom pencarian youtube maupun mencari di search engine, video anda bisa muncul. Dan, apabila anda melakukan riset keyword dengan tepat, video anda bisa muncul di posisi pertama yang tentunya bisa mendapatkan banyak klik dan views.

Tips Mengoptimalkan Judul Video Youtube

  • Gunakan judul yang menarik perhatian sehingga meningkatkan CTR
  • Gunakan judul yang deskriptif / menjelaskan tentang isi video
  • Usahakan judul video tidak lebih dari 70 karakter
  • Gunakan kata kunci yang tepat hasil dari keyword research di judul video

4. Optimasi Deskripsi Video

Kolom deskripsi video seringkali dianggap sepele, padahal kolom ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi anda. Diantaranya yaitu :

Meningkatkan User Engagement

Dengan memberikan deskripsi yang jelas dan menarik tentang video maupun channel anda, orang akan tertarik untuk melakukan subscribe terhadap channel anda.

Semakin banyak subscriber yang anda miliki, maka secara otomatis anda memiliki semakin banyak calon penonton video, dan tentu saja akan meningkatkan views video anda baik video lama maupun video baru yang anda upload di kemudian hari.

Sarana Promosi Account Sosial Media Anda

Memang hal ini tidak akan berdampak langsung terhadap views video yang anda miliki. Namun, dengan mempromosikan account sosial media anda di deskripsi video, seperti account instagram, twitter, facebook dan account media sosial lainnya, anda akan mendapatkan banyak tambahan followers baru.

Nantinya, ketika anda mengupload sebuah video baru di youtube, anda bisa mempromosikannya di account sosial media anda, dan ketika anda memiliki banyak followers, maka banyak dari mereka yang akan melihat dan menonton video tersebut.

Meningkatkan SEO Video YouTube Anda

Kolom deskripsi merupakan kolom yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan SEO atau Search Engine Optimization video anda.

Jika SEO Video anda teroptimasi dengan baik, maka video anda bisa muncul di posisi teratas hasil pencarian di youtube serta di hasil pencarian mesin pencari seperti google dan bing.

Untuk membuat deskripsi video anda optimal untuk SEO, anda harus menulis deskripsi video yang detail, panjang, serta mencantumkan kata kunci (Hasil keyword research di tips nomer 1) kedalam deskripsi video anda.

Tips Optimasi Kolom Deskripsi Video Youtube

  • Cantumkan account media sosial anda untuk mendapatkan tambahan followers
  • Buat deskripsi yang menarik tentang channel anda untuk mendapatkan subscriber
  • Tulis minimal 300 kata di deskripsi video
  • Cantumkan 2-3x kata kunci/keyword utama anda di dalam deskripsi

5. Optimalkan Tags

Tags adalah kumpulan kata kunci yang menjelaskan tentang isi video anda. Semakin banyak tags yang anda masukkan ke dalam sebuah video, maka semakin banyak kesempatan video tersebut bisa muncul di hasil pencarian user youtube.

Namun permasalahannya adalah seringkali kita kehabisan ide untuk mencari tags lain yang berhubungan dengan video yang anda unggah. Berikut ini kami berikan cara untuk mendapatkan related tags yang sesuai dengan video anda.

1. Menggunakan YouTube Search Suggestion

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan YouTube search suggestion. Caranya sangat mudah, anda cukup mengetikkan kata kunci utama anda di kolom search youtube. Nantinya youtube akan mengeluarkan kumpulan suggestion atau saran kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci yang anda masukkan.

mendapatkan tags youtube menggunakan search suggeestion

2. Menggunakan Google Search Suggestion

Cara ini mirip dengan cara sebelumnya, hanya bedanya, jika sebelumnya kita menggunakan kolom pencarian youtube. Kali ini kita akan menggunakan kolom pencarian google.

Buka halaman google.co.id, masukkan kata kunci utama anda, dan google akan mengeluarkan suggestion kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci utama anda tersebut.

mencari tags youtube menggunakan google

3. Menggunakan Related Searches di Google

Kembali menggunakan google. Lakukan pencarian menggunakan kata kunci utama anda. Lalu lakukan scroll hingga ke bagian bawah halaman hasil pencarian.

Disana anda bisa menemukan related searches, atau kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci utama anda.

mendapatkan tags dari related searches google

Setelah mengumpulkan banyak kata kunci/keyword tambahan menggunakan ketiga cara diatas, anda bisa memasukkannya ke kolom tags di video anda. Apabila dirasa masih kurang, anda bisa mengulangi cara-cara diatas dengan menggunakan kata kunci yang berbeda atau menggunakan salah satu kata kunci yang telah didapat sebelumnya.

Tips Mengoptimalkan Tags Video

  • Gunakan sebanyak mungkin tags untuk setiap video (Minimal 30 tags)
  • Gunakan Tags yang related/berhubungan dengan video

6. Buat Playlist untuk Video Anda

Tahukah anda bahwa playlist sangatlah powerfull untuk meningkatkan view video-video anda. Bayangkan, dengan playlist, anda bisa langsung mendapatkan view untuk semua video yang anda masukkan ke dalam playlist tersebut.

Bayangkan jika anda memasukkan 10 video kedalam 1 playlist, dan seseorang memutar playlist anda. Maka anda akan berpotensi mendapatkan view untuk kesepuluh video yang ada di playlist tersebut.

Anda bisa membuat playlist untuk video-video yang memiliki topik yang sama. Masukkan video yang paling berkualitas sebagai video utama, dan anda bisa menyelipkan video-video lain anda yang mungkin kurang populer untuk membantu mendongkrak views video-video tersebut.

Salah satu contoh channel yang sukses memanfaatkan playlist adalah channel milik penyanyi accoustic Boyce Avenue. Bisa anda lihat dari gambar dibawah, mereka membuat playlist untuk setiap jenis lagu cover yang dibuat. Dan ternyata, sebagian besar view yang didapat merupakan hasil dari playlist-plalist ini.

contoh channel youtube yang memanfaatkan playlist untuk mendapatkan view

Tips Menggunakan Playlist Untuk Meningkatkan View

  • Gunakan Kata Kunci/Keyword di Judul Playlist Anda (Lagi, gunakan keyword research di tips pertama untuk menentukan keyword)
  • Isi deskripsi playlist dengan jelas, lengkap dan detail. Serta gunakan kembali kata kunci di deskripsi playlist anda.
  • Pilih thumbnail playlist yang menarik
  • Simpan video terbaik anda sebagai video pembuka playlist, sehingga orang akan tertarik untuk menonton keseluruhan isi playlist anda.
  • YouTube memberikan fitur memotong video untuk playlist, anda bisa memotong bagian-bagian yang dirasa tidak perlu di video yang anda masukkan di playlist, sehingga penonton bisa lebih nyaman menonton playlist anda.

7. Bagikan Video Anda di Sosial Media

Selain bisa menambah jumlah view karena ditonton oleh teman-teman serta followers anda di sosial media, anda juga bisa meningkatkan rating video anda karena secara otomatis anda telah menambahkan backlink yang mengarah ke video anda, dan sampai saat ini backlink masih menjadi salah satu faktor penting penentu ranking suatu video di search engine.

Untuk membagikan link video di sosial media anda sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka video youtube anda yang ingin anda bagikan linknya, lalu klik tombol share dibawah tampilan player video.

Setelah itu, anda bisa memilih jenis sosial media mana yang ingin anda share video tersebut. Maka secara otomatis video akan di share di account sosial media yang anda pilih.

Tips Membagikan Video di Sosial Media

  • Bagikan video menggunakan account anda yang memiliki banyak followers
  • Bagikan setiap video yang telah anda upload
  • Beri komentar/deskripsi yang menarik saat membagikan link video sehingga orang tertarik melihat video anda

8. Embed Video YouTube ke Blog/Website Anda

Jika anda memiliki sebuah blog atau website, anda bisa memasukkan video anda ke blog/website milik anda. Saat ini banyak tersedia widget ataupun plugin untuk memasukkan video ke blog yang bisa anda gunakan dengan sangat mudah. Sehingga ketika ada pengunjung yang datang ke website anda, mereka bisa menonton video anda dan hal ini tentunya meningkatkan view anda.

Namun usahakan untuk mengembed video pada halaman yang memang berkaitan dengan isi video tersebut. Misalnya anda membuat video tentang cara melakukan reparasi handphone. Tentunya anda harus memasukkan video tersebut di halaman blog/website yang memang membahas tentang reparasi handphone.

Jika situs anda tidak memiliki halaman yang berkaitan, anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Mengisi beberapa paragraf konten di halaman tersebut, dan memasukkan video youtube anda.

Selain berfungsi untuk meningkatkan view, mengembed sebuah video di blog bisa membantu meningkatkan rating dari video tersebut sehingga bisa mendapatkan posisi yang lebih tinggi di hasil pencarian youtube.

Tips Memasukkan Video Youtube ke Blog

  • Gunakan plugin untuk memudahkan proses memasukkan video
  • Masukkan video di halaman yang memiliki topik yang sama dengan isi video
  • Atur autoplay on sehingga ketika halaman blog/website terbuka, video akan langsung diputar

9. Selalu Balas Komentar Video Anda (Termasuk Komentar Negatif)

Dengan selalu membalas komen yang dituliskan penonton video anda, hal ini menunjukkan bahwa anda peduli kepada audiens anda. Dan ketika anda membalas komen mereka, orang cenderung akan merasa lebih dihargai, dan kemungkinan besar akan menonton video lain dari anda atau melakukan subscribe channel anda.

Dan tidak jarang pula jika memang video anda bagus, mereka akan merekomendasikannya kepada rekan-rekan mereka. Sehingga anda bisa mendapatkan promosi gratis untuk video anda.

Satu hal yang paling penting, jangan ragu untuk meminta. Setiap selesai membalas komentar, anda bisa menambahkan kata-kata seperti : “jangan lupa untuk subscribe channel ini yaa..”, atau “jangan lupa untuk melihat video-video lain di channel ini”.

Terkesan sederhana, namun cara ini terbukti efektif.

Tips Membalas Komentar Video

  • Selalu balas komentar apapun, baik yang positif maupun negatif
  • Rekomendasikan video lain anda sambil membalas komentar
  • Minta orang-orang untuk mensubscribe channel anda melalui komentar

10. Tambahkan Intro dan Penutup di Video

Untuk meningkatkan engagement penonton video anda, cobalah untuk menambahkan intro dan/atau penutup di video anda yang berisi ajakan untuk mensubscribe channel ataupun menyukai video anda. Cara ini memang terkesan sederhana, namun ternyata cukup berhasil.

Semakin banyak subscriber, tentunya anda akan mendapatkan semakin banyak view karena para subscriber anda akan datang lagi dan lagi ke channel anda setiap anda mengupload video baru. Disisi lain, dengan semakin banyak yang me-like video anda, maka rating video anda akan semakin menanjak.

Tips Intro dan Penutup Video

  • Buat intro yang singkat, namun jelas dan to the point
  • Sebisa mungkin jelaskan keunggulan channel anda di intro/penutup video sehingga orang tertarik untuk melakukan subscribe
  • Tambahkan logo channel anda pada intro atau penutup untuk meningkatkan branding channel anda

11. Gunakan Transkrip Video

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Discovery Digital Networks, ditemukan fakta bahwa video yang memiliki transkrip rata-rata memiliki views 13.48% lebih banyak dibandingkan dengan video tanpa transkrip dalam waktu 14 hari pertama sejak diupload.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, video yang memiliki transkrip memiliki views 7.32% lebih banyak dibandingkan video tanpa transkrip.

Perbedaan yang cukup signifikan, bukan?

Pertanyaannya, mengapa hanya sekedar transkrip saja bisa membuat views video berbeda begitu banyak?

Transkrip Meningkatkan SEO

Masih dari riset yang sama, ditemukan bahwa google ketika mengindex suatu halaman video YouTube, google juga memasukkan transkrip video tersebut sebagai teks kedalam database mereka.

Bayangkan jika sebuah video memiliki transkrip yang terdiri dari 500 kata, maka halaman youtube video tersebut mendapatkan tambahan konten sebanyak 500 kata.

Jika anda pernah membaca atau memahami tentang SEO, maka satu aturan baku mengenai SEO yaitu semakin banyak konten, semakin baik suatu halaman di mata search engine.

Jadi, cukup dengan menambah transkrip, maka halaman video youtube tersebut sudah memiliki konten yang jauh lebih banyak dibandingkan halaman kompetitornya yang tidak memiliki transkrip.

Belum lagi jika ternyata di dalam transkrip video tersebut banyak terdapat keyword/kata kunci potensial yang bisa lebih mendongkrak rating video di halaman hasil pencarian google.

Transkrip Dapat Memperbesar Audiens Video

Menurut data WHO, ada sekitar 5% populasi di dunia ini yang mengalami gangguan pendengaran.

Dengan menggunakan transkrip di video anda, anda bisa menjangkau 5% orang-orang ini untuk menonton video anda, karena mereka bisa terbantu dengan adanya transkrip video sehingga bisa memahami isi video dengan mudah.

Transkrip Membuat Video Anda bisa Ditonton Dimanapun

Pernahkah anda menonton video namun karena situasi yang tidak memungkinkan sehingga membutuhkan transkrip? Contohnya adalah :

Menonton video di tempat ramai seperti di dalam kereta atau bis
Menonton video di perpustakaan dimana anda tidak bisa memutar video dengan volume yang besar
Menonton video di tengah perkuliahan (Jangan ditiru!)
dan masih banyak lagi tempat lainnya

Untuk situasi-situasi seperti diatas, peran transkrip sangatlah penting. Karena penonton tidak bisa mendengarkan suara dari video secara jelas ataupun tidak bisa memperbesar volume video.

Jika anda menambahkan transkrip untuk video anda, maka anda bisa mendapatkan tambahan views dari orang-orang dengan kondisi tersebut diatas.

Tips Membuat Transkrip Video

  • Buat transkrip secara manual sesuai dengan isi video
  • Jika perlu, tambahkan beberapa keyword/kata kunci di dalam transkrip video anda
  • Buat transkrip sejelas mungkin sehingga penonton yang harus menonton tanpa suara sekalipun bisa memahami isi video anda.

12. Gunakan Fitur Cards

Cards merupakan fitur bawaan YouTube, dimana anda bisa menambahkan tombol beserta link di dalam video anda, dan mengaturnya untuk tampil pada waktu yang anda tentukan.

Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui ataupun malas menggunakan fitur ini, padahal fitur cards ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan jumlah view maupun meningkatkan subscriber channel anda.

Anda bisa menambahkan cards untuk memberikan rekomendasi video lain yang berhubungan, sehingga penonton bisa mengklik tombol cards tersebut untuk melihat video lain anda. Ataupun menambahkan cards sebagai tombol subscribe tambahan.

Tips Menggunakan Fitur Cards

  • Gunakan cards pada video untuk memberikan rekomendasi video lain yang mirip atau berhubungan dengan video tersebut
  • Jangan terlalu banyak menggunakan cards karena dapat membuat penonton terganggu
  • Tampilkan cards di akhir-akhir video setelah inti/bagian utama dari video terlewati

13. Buat Video Berkualitas Tinggi

Yang dimaksud dengan video berkualitas tinggi tidak hanya video yang dibuat dengan format full HD dengan ketajaman diatas 720P, namun juga kualitas dari “isi” video tersebut tidak kalah pentingnya.

Ketika akan membuat sebuah video, sangat disarankan anda melakukan riset kompetitor terlebih dahulu. Lakukan pencarian di YouTube tentang topik yang akan anda buat. Pelajari video-video tersebut, dan pastikan anda membuat video yang jauh lebih baik.

Jika anda tidak bisa membuat video yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor yang sudah ada, saran kami cobalah cari topik lain dimana anda bisa membuat video yang paling berkualitas untuk topik tersebut.

Tips Membuat Video Berkualitas Tinggi

  • Buat video dengan rasio 16:9.
  • Buat video dengan minimum kedalaman 720P atau 1280 x 720 piksel.
  • Buat isi video yang lebih baik dibandingkan dengan video lain yang sejenis.
  • Jika sulit membuat video yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor, lebih baik mencari topik lain.
  • Menurut hasil riset, durasi ideal sebuah video di YouTube adalah antara 4-6 menit, jadi buatlah video dengan durasi ini.

14. Upload Video Baru Secara Rutin

Algoritma YouTube terbaru membuktikan bahwa semakin aktif sebuah channel, maka video-video di channel tersebut akan mendapatkan rating yang lebih tinggi dibandingkan dengan channel yang pasif atau bahkan sudah tidak pernah mengupload video baru lagi.

Hal ini disebabkan karena YouTube ingin lebih menghargai para membernya yang aktif, dibandingkan dengan mereka yang hanya sekedar “hit and run”.

Untuk itu, uploadlah video secara rutin. Semakin sering anda mengupload video baru, semakin baik. Namun ingat, tetap jangan lupakan kualitas dari video yang diupload.

Tips Upload Video Baru Secara Rutin

  • Buat jadwal teratur mengupload video, misalnya seminggu sekali setiap hari jumat
  • Tetap jaga kualitas video meskipun harus terus menerus membuat video baru

15. Buat Backlink ke Video

Backlink merupakan sebuah link di suatu halaman website yang mengarah ke halaman youtube video anda.

Pada dunia SEO, backlink merupakan suatu faktor penting yang menentukan peringkat suatu halaman website di mesin pencari seperti Google atau Bing. Dan hal ini juga berlaku sama untuk video youtube.

Namun perlu diperhatikan, jangan pernah sekalipun membuat backlink yang bersifat spam. Karena backlink spam atau backlink dengan kualitas yang sangat rendah, tidak akan meningkatkan rating video, sebaliknya, akan membahayakan rating video youtube anda.

Untuk itu, fokuslah untuk membuat backlink yang berkualitas tinggi. Beberapa contoh jenis backlink berkualitas yang bisa anda buat antara lain :

  • Backlink dari dalam artikel di blog/website – anda bisa mendapatkannya dengan melakukan guest posting di blog orang lain atau blog milik rekan anda.
  • Backlink dari blog comment – namun pastikan komentar yang anda tulis merupakan komentar yang bermanfaat, bukan sekedar copy paste ataupun komentar spam.
  • Backlink dari situs tanya jawab seperti quora.
  • Backlink dari video youtube di channel lain – anda bisa bekerja sama dengan pemilik channel untuk bertukar link.
  • Dan masih banyak jenis backlink berkualitas lainnya…

Satu hal lain yang perlu diperhatikan, buatlah backlink di halaman website yang memiliki topik yang sama. Misalkan, anda mempunyai video tentang bisnis online, maka buatlah backlink di website yang membahas tentang bisnis online.

Jangan membuat backlink di website yang membahas tentang hal lain, travel atau wisata misalnya, karena backlink anda nantinya tidak akan berpengaruh banyak terhadap rating video anda.

Tips Membuat Backlink ke Youtube

  • Buat backlink yang berkualitas, hindari membuat backlink yang terkesan spammy
  • Buat backlink dari website dengan topik yang sama dengan isi video youtube
  • Sebisa mungkin, dapatkan contekstual backlink karena backlink jenis ini merupakan backlink yang bernilai paling tinggi

16. Fokus Mencari Subscriber

Selain fokus mencari tambahan views sebanyak mungkin, anda juga harus fokus mencari tambahan subscriber-subscriber baru. Dengan memiliki banyak subscriber, anda akan mendapatkan banyak views dengan mudah karena setiap anda mengupload video baru, subscriber anda akan mendapatkan pemberitahuan dan kemungkinan besar akan menonton video anda.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mencari subscriber. Cara termudah adalah anda bisa membagikan link subscribe channel anda ke account sosial media anda.

Cara lain adalah untuk selalu mempromosikan dan meminta penonton video untuk melakukan subscribe menggunakan deskripsi di video ataupun menggunakan cards.

Tips Mencari Subscriber

  • Mendapatkan subscriber jauh lebih berharga dibandingkan dengan mendapatkan views, karena dari 1 subscriber, anda bisa mendapatkan banyak views termasuk ketika mengupload video baru.
  • Ajaklah teman-teman atau keluarga anda untuk mensubscribe channel anda.
  • Promosikan channel anda di sosial media yang anda miliki.

17. Buat Intro Untuk Channel Anda

Buatlah intro yang menarik untuk memperkenalkan anda atau channel anda kepada setiap pengunjung halaman channel anda. Jelaskan kelebihan dan keunggulan channel anda dibandingkan dengan channel-channel sejenis lainnya.

Nantinya, intro ini akan dijalankan secara otomatis ketika seseorang masuk ke halaman channel anda. Dan dengan intro yang menarik, mereka kemungkinan besar akan melakukan subscribe channel tersebut.

Tips Intro Channel YouTube

  • Buat video intro yang singkat namun jelas mendeskripsikan mengenai channel anda.
  • Buat intro yang menarik sehingga membuat orang ingin melakukan subscribe.
  • Jelaskan kelebihan-kelebihan channel anda di dalam video intro.

18. Optimalkan Deskripsi Channel

Sama seperti video, Channel juga memiliki kolom deskripsi. Anda bisa mengisi kolom deskripsi ini dengan penjelasan yang detail mengenai channel milik anda.

Disini anda bisa menjelaskan tentang topik-topik apa saja yang akan anda buat video nya, lalu alasan mengapa video anda merupakan video terbaik untuk topik tersebut, dan banyak hal lain yang bisa membuat pengunjung penasaran dan akhirnya memutuskan ingin melakukan subscribe channel anda.

Tips Mengoptimalkan Deskripsi Channel

  • Buat deskripsi yang detail, lengkap dan jelas.
  • Buat deskripsi yang terdiri dari minimum 300 kata.
  • Cantumkan link account sosial media anda di deskripsi channel untuk meningkatkan engagement.
  • Tulis deskripsi yang terlihat profesional.

19. Jangan Sekali-kali Melanggar Aturan Hak Cipta

YouTube semakin hari semakin concern dengan masalah pelanggaran hak cipta. Jika channel anda pernah terbukti melanggar hak cipta, meskipun hanya mendapatkan peringatan, namun hal tersebut sudah mencederai reputasi channel anda dimata YouTube.

Untuk itu, jangan pernah sekalipun melanggar aturan ini. Gunakan segala sesuatu materi di video anda yang bebas dari hak cipta, termasuk potongan video, gambar serta musik.

Untungnya saat ini ada banyak situs yang menyediakan berbagai materi yang bebas anda gunakan tanpa hak cipta, termasuk YouTube pun menyediakan beberapa koleksi musik yang bisa anda gunakan di video anda tanpa anda akan terkena masalah pelanggaran hak cipta.

20. Bekerjasama Dengan YouTuber Lain

Cara terakhir ini merupakan cara yang memang sedikit sulit karena membutuhkan skill negosiasi ataupun jaringan pertemanan yang baik, namun jika berhasil, akan mendongkrak reputasi serta views video-video di channel anda dengan sangat cepat!

Ya, caranya yaitu dengan bekerjasama bersama YouTuber lain yang sudah lebih terkenal. Istilah lainnya yaitu berkolaborasi.

Anda bisa mencari YouTuber lain di topik yang anda buat, dan ajak mereka untuk berkolaborasi.

Cara Mendapatkan Viewers Youtube Dengan Cepat Menggunakan Metode Blackhat

Selanjutnya, kita akan masuk ke kategori lain cara memperbanyak viewers di youtube. Perlu diingat sebelumnya bahwa cara-cara yang akan kita gunakan disini bukan merupakan suatu hal yang legal, dan ada kemungkinan bisa membuat channel anda mendapatkan rating yang kurang baik bahkan hingga di banned. Untuk itu harap bijak ketika memilih menggunakan cara-cara ini karena kami tidak bertanggung jawab terhadap resiko apapun yang mungkin terjadi terhadap akun anda.

Berikut ini beberapa cara mendapatkan viewers youtube dengan cepat :

Menggunakan Addmefast – Cara menggunakan addmefast youtube ini sangatlah sederhana, konsepnya yaitu anda mendapatkan poin untuk setiap kegiatan yang ditugaskan, dan anda bisa menukarkan poin tersebut dengan viewers youtube anda. Jadi bisa dibilang yang dilakukan disini adalah saling bertukar view, dimana anda menonton video youtube milik orang lain, dan nantinya orang lain akan menonton video anda. Namun kelebihan dari addmefast adalah anda bisa menentukan dari negara mana orang yang boleh menonton video anda, sehingga apabila anda ingin video anda hanya ditonton oleh orang dari indonesia, maka anda bisa mensetting indonesia di target anda.

Kelebihan dari addmefast yaitu anda bisa mendaftarkan diri dan meningkatkan view video anda dengan gratis. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk menonton video orang lain guna mendapatkan poin, anda bisa membeli poin yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah view video anda. Selain itu, addmefast juga memiliki versi aplikasi penambah viewer youtube di android dan iphone, sehingga anda tidak hanya bisa menjalakan addmefast menggunakan laptop/komputer, tetapi juga menggunakan handphone anda.

Kekurangan dari addmefast adalah waktu menonton video hanyalah 30 detik saja, jadi ketika video anda sudah ditonton 30 detik, hal ini sudah dianggap selesai. Sehingga untuk anda yang mengejar jumlah waktu tayangan, perlu memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan waktu tontonan yang tinggi. Sistem di addmefast juga merupakan sistem bidding, dimana jika anda membid dengan nilai yang rendah, maka penambahan view video anda akan berjalan cepat.

Menggunakan growviews – Grow views memiliki cara kerja yang kurang lebih sama dengan addmefast. Bedanya, jika addmefast menggunakan sistem bidding, growviews menggunakan sistem 1:1 dimana untuk setiap 1 video yang anda tonton, anda bisa mendapatkan 1 view juga untuk video anda.

Untuk mendapatkan lebih banyak view tanpa harus repot-repot menonton video orang, anda juga bisa membeli credit di growviews dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan membeli kredit di growviews, anda bisa menggunakannya sebagai cara mendapatkan viewers youtube dengan cepat bahkan hingga ribuan views perharinya.

Alasan Kenapa Anda Harus Meningkatkan Jumlah Viewer Youtube Anda

Ada beberapa alasan mengapa anda atau para youtuber berkeinginan untuk meningkatkan jumlah viewers mereka, diantaranya adalah sebagai berikut :

Agar bisa Mendaftar di Google Adsense – Saat ini youtube beserta google adsense memberikan syarat yang cukup ketat untuk seorang youtuber agar bisa mendapatkan uang dari account youtube, yaitu account tersebut harus telah memiliki minimal 10.000 penonton dari video-video yang diupload. Untuk mendapatkan jumlah sebanyak ini tentu tidak mudah dan memerlukan waktu yang cukup lama apabila anda menunggu 10.000 orang menonton video anda.

Update – Google membuat aturan baru, saat ini untuk bisa memonetize channel youtube, tidak lagi dilihat dari jumlah view atau penonton video, tetapi dari jumlah waktu tayangan. Saat ini, diberlakukan batas minimal 4.000 jam tayangan video dalam 12 bulan terakhir untuk bisa mendaftarkan channel anda di program monetizing youtube.

Untuk Mendapatkan Lebih banyak Penghasilan – Bagi anda yang memiliki account youtube yang sudah di monetize, lebih banyak penonton tentunya berarti lebih banyak penghasilan untuk anda.

Untuk Membuat Account Youtube anda Lebih Terkenal – Sudah bukan merupakan hal yang asing saat ini dimana banyak youtuber yang bisa menjadi artis terkenal. Jika anda adalah salah satu dari youtuber yang ingin menjadi terkenal, maka tentunya anda harus memiliki banyak viewers karena jika tidak, orang-orang tidak akan mengenal anda.

Mendapatkan viewers youtube dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat tentu bukan pekerjaan mudah. Anda harus banyak melakukan promosi serta video anda harus benar-benar berkualitas dan menarik sehingga banyak orang menonton video hasil upload-an anda. Namun jika anda kesulitan untuk melakukan promosi serta video yang anda upload tidak bisa cukup viral hingga ditonton banyak orang, jangan takut, anda bisa menggunakan trik cara menambah viewers youtube yang akan dijelaskan di artikel ini untuk mendapatkan banyak viewers youtube.

Kenapa Viewer Youtube Tidak Bertambah

Pertanyaan ini sering diajukan oleh para youtuber pemula kepada kami, kenapa viewer youtube tidak bertambah? berikut ini beberapa alasan yang mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa jumlah penonton video anda tidak kunjung bertambah :

Salah Memilih Keyword

Salah pemilihan keyword untuk video dapat berakibat fatal. Ya, salah satu akibat paling nyata nya adalah video tersebut tidak akan mendapatkan views. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, keyword merupakan faktor penting dari sebuah video. Jika anda salah memilih keyword, misalnya memilih keyword dengan volume pencarian yang sangat rendah atau bahkan tidak ada yang mencari menggunakan keyword tersebut, maka bisa dipastikan view video tersebut akan sangat rendah.

Kesalahan lain adalah memilih keyword dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Contohnya yaitu anda memilih sebuah keyword, namun ternyata ada ribuan channel youtube lain yang membuat video dengan keyword yang sama, sehingga persaingan yang ada akan sangat sengit.

Jika channel anda sudah memiliki reputasi yang baik, mungkin video anda bisa bersaing. Namun jika channel anda tergolong masih baru, maka tentunya sangat sulit untuk mengalahkan video dengan keyword yang sama dari channel-channel yang sudah jauh lebih populer.

View Tidak Terhitung

Kurang Promosi

Banyak yang beranggapan, bahwa begitu selesai mengupload video maka selesai pula lah tugas mereka. Ini merupakan kekeliruan yang fatal. Setelah video selesai diupload, anda masih harus melakukan banyak hal lain guna meningkatkan view dari video tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan promosi.

Ada banyak sekali cara untuk mempromosikan video youtube, mulai dari promosi yang berbayar hingga promosi gratis menggunakan sosial media yang anda miliki. Tentunya anda bisa memilih jenis promosi yang anda lakukan sesuai dengan budget yang anda miliki.

Judul dan Thumbnail Video Kurang Menarik

video tidak dioptimasi untuk seo

video tidak terindex di google

Cara Membuat View YouTube Terhitung

BONUS! Cara Rahasia Menambah Viewer YouTube Dengan Cepat dan Aman!

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 15 Februari 2018 | Share artikel ini di :