Cara Mengisi Tag di Youtube Serta Manfaatnya

Tutorial cara mengisi tags di YouTube dengan benar dan rasakan manfaatnya untuk meningkatkan views serta penghasilan video anda.
Cara Mengisi Tag di Youtube Serta Manfaatnya

Video Tags atau seringkali disebut YouTube tags adalah kata atau frase yang diberikan oleh pemilik video untuk memberi tahu kepada YouTube tentang apa isi dari video tersebut.

Sejak awal kemunculan YouTube, tags selalu menjadi salah satu faktor penentu ranking di halaman hasil pencarian YouTube.

Oleh karena itu, sangatlah disayangkan apabila seorang YouTuber tidak mengoptimalkan Tags videonya, karena hal tersebut sama saja dengan membuang-buang kesempatan video tersebut untuk mendapatkan banyak views organik.

Dalam artikel kali ini akan kami jelaskan secara detail langkah-langkah cara mengisi tag di YouTube dengan optimal. Sehingga, ranking video tersebut bisa terdongkrak naik dan pada akhirnya akan mengdapatkan banyak views.

Daftar isi artikel ini :

Manfaat Tags di YouTube

Berikut ini beberapa manfaat dari tags video di YouTube :

  • Memberi tahu YouTube serta Search Engine seperti Google tentang apa isi,topik dan kategori dari video tersebut.
  • Meningkatkan posisi Video di halaman hasil pencarian YouTube serta Google.
  • Meningkatkan jumlah organic view video.
  • Lebih banyak view = lebih besar penghasilan dari YouTube.

Melihat beberapa manfaat diatas, tentunya sangat disayangkan jika anda menyepelekan kolom Tags video YouTube anda.

Cara Mengisi Tags YouTube Dengan Benar

Sebelum mengisi tags video anda, pertama-tama anda harus mengerti terlebih dahulu tentang bagaimana mengisi tags video YouTube anda dengan baik dan benar sehingga bisa memberikan hasil yang optimal.

Berikut ini beberapa aturan yang harus anda ikuti guna mengoptimalkan tags anda.

#1. Tag Paling Awal = Keyword Paling Utama

urutan tags keyword

YouTube sangat memperhatikan urutan tags, artinya, semakin awal sebuah tags maka tags tersebut akan bernilai lebih tinggi dibandingkan dengan tags-tags selanjutnya.

Artinya, anda perlu menyimpan keyword atau kata kunci utama yang ingin anda targetkan untuk video anda pada posisi tags paling awal. Untuk tags-tags selanjutnya, anda bisa mengisinya dengan kata kunci lain yang relevan namun bukan merupakan target utama anda.

#2. Gabungkan Keyword yang Umum hingga Detail

Misalkan anda membuat sebuah video yang membahas mengenai cara mendapatkan uang dari youtube menggunakan android, maka keyword atau kata kunci utama yang bisa anda masukkan sebagai tags adalah “cara mendapatkan uang dari youtube menggunakan android”.

Tags ini sangat detail dan spesifik, dan anda bisa menempatkannya di posisi tags pertama di video anda.

Untuk tags selanjutnya, anda bisa menggunakan kata kunci yang lebih general seperti “cara mendapatkan uang dari youtube”.

Dengan mengkombinasikan keyword yang detail maupun general di tags, akan membuat YouTube lebih memahami tentang apa isi dari video anda, dan pada umumnya akan memberikan rangking atau posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

#3. Hindari Memasukkan Tags yang Tidak Berhubungan dengan Video

Memang perlu diakui, bahwa semakin banyak tags yang anda masukkan untuk sebuah video maka akan memberikan hasil yang lebih baik.

Namun perlu diingat, anda perlu mengisi tags-tags tersebut dengan kata kunci yang memang relevan dengan topik dari video tersebut.

Jangan sampai karena anda ingin mengisi banyak tags, anda memasukkan kata kunci yang tidak ada hubungannya dengan video anda. Karena justru hal ini bisa membahayakan rating video anda, karena YouTube akan kebingungan untuk menentukan apa sebenarnya isi maupun topik dari video tersebut.

Imbasnya, video dengan banyak tags yang tidak berhubungan akan mendapatkan rangking yang rendah di halaman hasil pencarian YouTube.

Cara Mendapatkan List Tags untuk Video

Setelah memahami bagaimana cara mengisi tags YouTube dengan benar, selanjutnya anda perlu mendapatkan ide-ide kata kunci atau keyword yang akan anda masukkan ke kolom Tags video anda. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, yaitu :

#1. Mendapatkan Ide Tags Menggunakan YouTube Search Suggestion

Cara pertama yaitu anda bisa mendapatkan ide untuk tags video anda menggunakan YouTube Search Suggestion.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu membuka halaman YouTube, dan mengetikkan kata kunci utama anda di kolom pencarian.

Selanjutnya, YouTube akan mengeluarkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci utama anda. Anda bisa mencatat kata kunci tersebut untuk selanjutnya digunakan dalam Tags Video anda.

Contohnya bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :

mendapatkan ide tags menggunakan youtube suggestion

#2. Mendapatkan Ide Tags Menggunakan Google Search Suggestion

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Google Search Suggestion. Cara ini sangat mirip dengan cara sebelumnya, hanya bedanya apabila sebelumnya kita menggunakan YouTube, kali ini kita menggunakan search engine Google.

Untuk mendapatkan ide kata kunci untuk tags menggunakan Google Search Suggestion, pertama-tama anda bisa membuka halaman website Google. Selanjutnya ketik kata kunci utama video anda, maka Google akan menampilkan ide-ide kata kunci yang related dengan kata kunci utama anda.

Catat kata-kata kunci ini untuk nantinya digunakan pada tags video anda.

Contohnya bisa dilihat seperti pada gambar berikut ini :

mendapatkan tags menggunakan google search

#3. Mendapatkan Ide Tags Menggunakan Google Related Searches

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menambah perbendaharaan ide tags untuk video anda adalah dengan menggunakan Google Related Searches.

Untuk menggunakan metode ini, buka halaman website Google. Ketikkan kata kunci utama video anda, lalu tekan tombol search.

Selanjutnya di halaman hasil pencarian, scroll halaman hingga bagian paling bawah. Nanti anda bisa menemukan keyword-keyword yang berhubungan dengan keyword utama anda, kumpulkan keyword ini untuk digunakan pada Tags video.

Contohnya bisa dilihat pada gambar berikut :

cara mendapatkan tags dari related search google

#4. Mendapatkan Ide Tags Menggunakan Tools

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengumpulkan ide tags untuk video anda adalah dengan menggunakan tools. Salah satu tools gratis untuk mendapatkan ide tags adalah Rapidtags.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Anda cukup memasukkan kata kunci utama anda, maka tools Rapidtags akan mengeluarkan beberapa ide kata kunci yang bisa anda gunakan untuk tags video anda.

Contohnya seperti berikut :

mendapatkan tags youtube menggunakan tools generator

Menentukan Tags yang Akan Digunakan

Setelah mendapatkan banyak ide tags menggunakan metode-metode diatas, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memilih tags mana sajakah yang akan dimasukkan ke video anda.

Pertama-tama, yang harus anda lakukan adalah menyortir ide-ide tags yang anda dapatkan. Buang tags yang sekiranya tidak berhubungan dengan topik video.

Setelah mendapatkan kumpulan tags yang memang related atau berhubungan dengan isi video, langkah selanjutnya adalah mengurutkan tags tersebut.

Ada dua aturan yang bisa diikuti untuk menentukan urutan tags, yaitu :

1. Tempatkan Tags yang Paling Menjelaskan isi Video di Posisi Paling Atas.

Artinya, tempatkan kata kunci yang paling sesuai dengan isi video di posisi tags paling atas. Semakin sedikit hubungan antara suatu tags dengan isi video, maka tempatkan tags tersebut di posisi paling bawah.

2. Tempatkan Tags Paling Spesifik di Posisi Paling Atas.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya diatas, anda harus mengkombinasikan antara tags yang menjelaskan secara detail tentang video tersebut dengan tags yang bersifat lebih general.

Pada penempatannya, anda bisa memasukkan tags yang paling spesifik di posisi paling atas, selanjutnya semakin general sebuah tags, anda bisa menempatkannya semakin bawah di kolom tags video YouTube anda.

Setelah mengurutkan urutan tags, anda bisa memasukkannya kedalam video anda.

Memasukkan Tags ke Video

Ada dua cara memasukkan tags ke video di YouTube, yaitu :

1. Memasukkan Tags ke Video Saat Mengupload

Jika anda belum mengupload video, maka anda bisa menambahkan tags pada saat mengupload video tersebut. Caranya sangat mudah, yaitu :

  • Login ke Account YouTube anda.
  • Masuk ke menu channel anda.
  • Klik tombol create video or post. Lalu klik upload video.
  • Pilih video yang ingin anda upload.
  • Sambil menunggu video anda selesai diupload, anda bisa menambahkan tags di kolom tags yang tersedia.
  • Setelah video selesai diupload, klik tombol publish.

2. Memasukkan Tags ke Video yang Sudah Diupload

Untuk memasukkan tags ke video yang sudah diupload ke channel YouTube, caranya adalah sebagai berikut :

  • Login ke Account YouTube.
  • Masuk ke menu channel anda.
  • Klik tombol YouTube Studio.
  • Di halaman YouTube Studio, klik menu Video di sebelah kiri halaman.
  • Klik judul Video yang ingin anda tambahkan Tags.
  • Masukkan tags di kolom tags yang tersedia.
  • Klik Save.
Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 25 November 2018 | Share artikel ini di :