Cara Monetize Youtube dan Syarat Monetisasi Youtube

Cara Monetize Youtube dan Syarat Monetisasi Youtube

Tutorial Cara Monetize Youtube

Update – Aturan Cara Mengaktifkan Monetize Youtube Terbaru

Semakin banyaknya orang yang mendapatkan banyak uang dengan monetize di youtube, maka youtube membuat beberapa kebijakan baru untuk memfilter orang-orang yang memanfaatkan cara-cara yang tidak lazim untuk meraup banyak keuntungan dari youtube dengan membuat aturan baru tentang cara monetize youtube channel.

Termasuk salah satu peraturan barunya yaitu, sebuah account hanya bisa memonetize video yang mereka upload setelah account mereka memenuhi syarat-syarat atau cara mengaktifkan monetize youtube sebagai berikut :

Memiliki minimal 4.000 jam waktu tonton video dari semua video yang diupload di account tersebut dalam waktu 12 bulan terakhir.

Mendapatkan minimal 1.000 subscriber channel youtube dalam waktu 12 bulan terakhir.

Setelah memenuhi syarat tersebut, barulah account anda bisa mendaftarkan diri untuk bisa dilakukan monetisasi youtube. Tapi belum selesai sampai disini, akun anda terlebih dahulu harus direview oleh tim youtube sebelum akhirnya monetize akun youtube anda bisa diaktifkan.

Bagi para youtuber yang telah berpengalaman dan memiliki channel youtube yang sudah “tua” tentunya hal tersebut diatas tidaklah menjadi halangan. Namun, untuk para pemula tentu syarat baru yang ditetapkan tersebut bisa dikatakan cukup berat dan memerlukan banyak perjuangan agar bisa mencapainya.

Namun, bagi anda yang tetap ingin mencoba peruntungan di bisnis youtube, sebenarnya ada beberapa solusi untuk agar video anda tetap bisa menghasilkan uang sembari menunggu monetize youtube anda bisa memenuhi syarat. Diantarnya adalah memanfaatkan program affiliate atau CPA.

Di artikel selanjutnya kami akan memberikan tutorial bagaimana memanfaatkan youtube untuk bisa langsung menghasilkan uang tanpa monetize resmi dari youtube. Stay Tuned!

Tutorial Memonetize Youtube

Cara monetize youtube sebenarnya sangatlah mudah, dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara detail langkah demi langkah untuk membuat account youtube anda bisa mulai menghasilkan uang dari setiap tayangan video anda.

Sebelum memulai, pertama-tama anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana monetize youtube bekerja.

Saat anda memonetize youtube anda, setiap video yang anda upload bisa anda request untuk monetize. Jika video anda disetujui, maka video tersebut bisa mulai menghasilkan uang. Uang dihasilkan dari iklan yang ditempatkan di video atau di halaman video anda. Jadi, ketika seseorang melihat video anda dan iklan ditayangkan, maka anda akan mendapatkan uang. Maka untuk mendapatkan banyak uang dari youtube, video anda harus ditonton oleh banyak orang.

Untuk membuat video anda disetujui oleh youtube untuk di monetize, anda harus memegang hak cipta untuk keseluruhan bagian dari video anda. Contohnya, jika anda membuat video dan memasukkan sebuah lagu sebagai soundtrack video tersebut, namun anda tidak memiliki lisensi atau hak cipta dari lagu yang anda masukkan, maka video tersebut tidak bisa mengikuti program monetize youtube. Untuk itu agar video anda bisa diterima untuk bergabung ke program monetize, sebisa mungkin anda harus membuat video yang original dan 100% merupakan hasil karya anda sendiri berikut dengan sound atau lagu yang anda masukkan kedalam video tersebut.

Jika video anda lolos untuk mengikuti monetizing, maka iklan akan ditampilkan di video anda. Pada umumnya ada 2 jenis iklan yang akan ditampilkan, yaitu iklan video yang tampil sebelum video anda dimulai, dan iklan banner. Untuk iklan video, anda akan mendapatkan bayaran untuk setiap 1000 penonton. Sedangkan untuk iklan banner, anda baru akan mendapatkan uang apabila iklan banner tersebut di klik oleh penonton video anda.

Iklan yang akan ditampilkan bersama dengan video anda akan ditentukan secara otomatis berdasarkan beberapa faktor, diantaranya kategori video anda, judul video, deskripsi dan faktor-faktor lain. Jadi misalkan anda membuat suatu video mengenai otomotif, maka youtube monetisasi akan menampilkan iklan yang berhubungan dengan otomotif di video anda, misalnya iklan mobil baru ataupun iklan aksesoris otomotif.

Langkah-langkah Monetize Youtube Anda

Pertama-tama, yang perlu anda lakukan adalah login ke account youtube anda. Apabila anda belum mempunyai account youtube, anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Selanjutnya setelah berhasil login, cara mengaktifkan monetisasi youtube adalah dengan cara pilih menu channel setting, lalu cari tombol enable monetization , klik tombol tersebut.

Langkah selanjutnya yaitu anda harus menyetujui syarat dan ketentuan dari monetize youtube. Baca dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku, jika anda menyetujuinya, klik tombol accept.

Setelah proses monetize selesai, anda bisa masuk ke menu upload untuk melihat daftar video yang sudah anda upload ke account/channel youtube anda. Disamping video, anda bisa melihat tombol hijau dengan tanda dollar yang berarti video tersebut bisa anda monetize. Jika ada video yang tidak bisa anda monetize dikarenakan masalah lisensi, maka video tersebut akan muncul di tab copyright notice.

Langkah terakhir yaitu anda harus menghubungkan account youtube monetisasi dengan account google adsense. Jika anda sudah memiliki account google adsense, anda bisa langsung menghubungkannya dengan channel youtube anda. Namun jika belum, anda bisa mendaftar terlebih dahulu ke program google adsense. Jangan takut, pendaftaran google adsense gratis. Namun anda memerlukan beberapa data yang valid seperti account bank serta alamat surat menyurat yang benar untuk proses validasi account anda.

Setelah sukses menghubungkan youtube dengan adsense, maka selamat, anda sudah memiliki channel youtube yang termonetize! Mulai saat ini, anda akan mendapatkan penghasilan setiap video anda ditonton. Jangan lupa untuk mempromosikan video agar ditonton banyak orang agar anda bisa memberikan penghasilan yang lebih banyak.

Demikian tutorial cara monetize youtube anda, semoga bermanfaat. Anda bisa membaca artikel-artikel lain seputar youtube dan bisnis online lainnya hanya di inflazz.com. Selamat membaca!

Tips Cara Mengaktifkan Monetisasi Youtube agar Disetujui

Mengingat banyaknya pertanyaan yang masuk ke kami mengenai keluhan akan susahnya disetujui untuk mengikuti program monetisasi youtube, berikut ini kami berikan beberapa tips cara monetize youtube sehingga account anda bisa disetujui dan anda bisa mulai mendapatkan uang dari setiap video anda ditonton.

Buat Video yang Berkualitas – Youtube semakin hari semakin pintar berkat teknologi-teknologi dan algoritma mereka yang selalu diupdate. Yang terbaru, youtube bahkan bisa mendeteksi apabila sebuah video yang diupload merupakan video duplikat atau video yang sudah ada di youtube. Jika anda terdeteksi mengupload video duplikat, itu bisa membahayakan channel youtube anda.

Untuk itu sebisa mungkin buatlah video yang berkualitas. Atau dalam arti lain adalah video yang benar-benar anda adalah pembuatnya dengan tidak mengambil dari sumber lain terutama yang memiliki hak cipta.

Buat Video yang Berdurasi Panjang – Dengan aturan terbaru dari youtube, waktu menonton video menjadi lebih penting dibandingkan sekedar jumlah view video. Hal ini terlihat dari aturan baru dimana suatu channel baru bisa di monetisasi jika videonya telah ditonton minimal sebanyak 4.000 jam.

Untuk itu, agar bisa membuat anda melampaui batas minimum waktu tontonan, sebisa mungkin buat video yang berdurasi agak panjang sehingga bisa meningkatkan waktu tayang. Hindari membuat video dengan durasi dibawah 1 menit, karena hitungan sederhananya, jika anda membuat video 1 menit maka untuk mencapai threshold 4.000 jam maka video anda perlu ditonton sebanyak 240.000 kali! Jumlah yang tentunya memerlukan banyak kerja keras untuk mencapainya.

Namun coba bandingkan jika video yang anda unggah berdurasi minimal 5 menit, maka untuk mencapai batas 4.000 jam anda cukup memerlukan penonton sebanyak 48.000, yang meskipun memang masih cukup banyak, namun tidak sebanyak jika video anda hanya berdurasi 1 menit.

Tapi, perlu diingat kembali poin pertama, bahwa video anda harus berkualitas. Jangan sekedar memperpanjang durasi video namun tidak memiliki makna atau lebih parah lagi berupa spam dimana anda menambahkan waktu tambahan 3-4 menit hanya sekedar berisi ucapan terima kasih. Jadi penambahan waktu video juga tetap harus memperhatikan kualitas video. Jika video anda ternyata hanya memerlukan waktu 2-3 menit dan tidak bisa diperpanjang durasinya, maka tidak masalah.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 17 Februari 2018 | Share artikel ini di :