Cara Monetize YouTube dan Syarat Monetisasi YouTube

Tutorial cara monetize YouTube beserta syarat monetisasi youtube agar bisa menghasilkan uang dari channel YouTube anda. Dapatkan penghasilan passive income dengan cepat dan mudah dari berbisnis youtube!
Cara Monetize YouTube dan Syarat Monetisasi YouTube

Bagi anda yang ingin mendapatkan uang dari video-video yang anda upload di YouTube, maka terlebih dahulu anda harus memonetize channel YouTube anda sehingga bisa mulai mendapatkan uang dari YouTube.

Dalam artikel ini akan kami berikan langkah-langkah lengkap bagaimana cara memonetisasi YouTube anda serta syarat-syarat yang harus dipenuhi agar akun YouTube bisa mulai dimonetize.

Daftar isi artikel ini :

Cara Monetize YouTube

Untuk memonetize YouTube anda agar bisa mulai mendapatkan uang, ada beberapa langkah yang harus dijalankan. Yaitu :

1. Aktifkan Monetisasi Account Anda

Pertama-tama, anda harus mengaktifkan monetisasi account YouTube anda, silahkan ikuti langkah berikut :

  • Login ke account YouTube anda.
  • Di pojok kanan atas halaman, klik icon account anda, lalu pilih Creator Studio.
  • Di menu sebelah kiri halaman, klik Channel lalu pilih Status and Features.
  • Di pilihan Monetization, klik Enable.
  • Baca dan setujui syarat dan ketentuan dari YouTube Partner Program.

monetize youtube - mendaftar adsense

2. Mendaftarkan Diri di Adsense

Untuk bisa menjalankan monetisasi youtube, anda harus mempunyai account Google Adsense. Jika anda sudah memiliki account Google Adsense, anda bisa melewati langkah ini. Namun jika belum, berikut ini cara mendaftar account Adsense :

Ketika membuat account Adsense untuk digunakan di YouTube, jangan mendaftarkan diri langsung di situs Adsense karena permohonan anda akan ditolak. Daftarlah Adsense dari menu yang ada di account YouTube anda.

  • Login ke account YouTube anda.
  • Kunjungi halaman : http://www.youtube.com/account_monetization
  • Pilih menu sign up for AdSense. Anda akan dialihkan ke halaman pendaftaran Google AdSense.
  • Pastikan anda telah login menggunakan account Google yang ingin anda daftarkan untuk AdSense.
  • Setujui persyaratan pendaftaran AdSense.
  • Isi informasi yang diminta, lalu submit permohonan pendaftaran anda.
  • Setelah permohonan pendaftaran anda diterima. Anda perlu menunggu proses verifikasi sampai permohonan anda disetujui. Proses verifikasi bisa memakan waktu 1 sampai 2 hari kerja.
  • Anda akan dihubungi melalui email apabila AdSense menyetujui pendaftaran anda.
  • Setelah disetujui, ID AdSense anda akan langsung terhubung dengan account YouTube Anda.

monetisasi youtube - selesai mendaftar adsense untuk youtube

3. Atur Setelan Monetisasi YouTube

Langkah selanjutnya, anda harus mengatur settingan monetisasi untuk channel YouTube anda. Ikuti langkah berikut ini :

  • Login ke account YouTube anda.
  • Buka halaman : http://www.youtube.com/account_monetization
  • Check pilihan monetize for all your existing and future videos.
    mengatur settingan monetize youtube
  • Pilih jenis iklan apa sajakah yang ingin anda tampilkan di video anda.
  • Klik Save.

memenuhi persyaratan monetize youtube

4. Tunggu Sampai Persyaratan Terpenuhi

Setelah semua proses monetisasi YouTube diatas berhasil anda lakukan dengan benar, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menunggu sampai channel anda memenuhi batas minimal persyaratan monetisasi youtube.

Setelah batas persyaratan tercapai, monetisasi akan langsung berjalan dan anda akan mulai mendapatkan uang untuk setiap tayangan video milik anda.

Syarat Monetisasi Youtube (Update Terbaru)

Semakin banyaknya orang yang mendapatkan banyak uang dengan monetize di youtube, maka youtube membuat beberapa kebijakan baru untuk memfilter orang-orang yang memanfaatkan cara-cara yang tidak lazim untuk meraup banyak keuntungan dari youtube dengan membuat aturan baru tentang cara monetize youtube channel.

Termasuk salah satu peraturan barunya yaitu, sebuah account hanya bisa memonetize video yang mereka upload setelah account tersebut memiliki minimal 4.000 jam waktu tonton dari seluruh video yang telah diupload.

Sehingga, untuk saat ini aturan persyaratan minimal agar channel youtube bisa di monetisasi adalah :

  • Memiliki minimal 4.000 jam waktu tonton video dari semua video yang diupload di account tersebut dalam waktu 12 bulan terakhir.
  • Mendapatkan minimal 1.000 subscriber channel youtube dalam waktu 12 bulan terakhir.

Tapi belum selesai sampai disini, meskipun telah memenuhi kedua syarat diatas. Namun sebelum proses monetisasi diaktifkan, YouTube sekali lagi akan melakukan review terhadap channel tersebut.

tips cara cepat memenuhi syarat monetisasi youtube

Jika terbukti channel anda melakukan sesuatu hal yang dilarang, seperti mengupload video atau konten yang memiliki hak cipta, maka proses monetisasi akan ditolak dan channel anda tidak bisa menampilkan iklan.

Namun, jika channel anda berhasil melewati tahap review dari YouTube, maka secara otomatis iklan akan muncul setiap video anda ditonton, dan anda akan mendapatkan bayaran untuk setiap iklan yang ditayangkan tersebut.

Tips Cara Cepat Memenuhi Syarat Monetisasi Youtube

Mengingat banyaknya pertanyaan yang masuk ke kami mengenai keluhan akan susahnya disetujui untuk mengikuti program monetisasi youtube, berikut ini kami berikan beberapa tips cara cepat memenuhi syarat monetisasi YouTube agar account anda bisa disetujui dan anda bisa mulai mendapatkan uang dari setiap video anda ditonton.

Buat Video yang Berkualitas

buat video berkualitas tinggi

Youtube semakin hari semakin pintar berkat teknologi-teknologi dan algoritma mereka yang selalu diupdate. Yang terbaru, youtube bahkan bisa mendeteksi apabila sebuah video yang diupload merupakan video duplikat atau video yang sudah ada di youtube. Jika anda terdeteksi mengupload video duplikat, itu bisa membahayakan channel youtube anda.

Untuk itu sebisa mungkin buatlah video yang berkualitas. Atau dalam arti lain adalah video yang benar-benar anda adalah pembuatnya dengan tidak mengambil dari sumber lain terutama yang memiliki hak cipta.

Buat Video yang Berdurasi Panjang

Dengan aturan terbaru dari youtube, waktu menonton video menjadi lebih penting dibandingkan sekedar jumlah view video. Hal ini terlihat dari aturan baru dimana suatu channel baru bisa di monetisasi jika videonya telah ditonton minimal sebanyak 4.000 jam.

Untuk itu, agar bisa membuat anda melampaui batas minimum waktu tontonan, sebisa mungkin buat video yang berdurasi agak panjang sehingga bisa meningkatkan waktu tayang. Hindari membuat video dengan durasi dibawah 1 menit, karena hitungan sederhananya, jika anda membuat video 1 menit maka untuk mencapai threshold 4.000 jam maka video anda perlu ditonton sebanyak 240.000 kali! Jumlah yang tentunya memerlukan banyak kerja keras untuk mencapainya.

Namun coba bandingkan jika video yang anda unggah berdurasi minimal 5 menit, maka untuk mencapai batas 4.000 jam anda cukup memerlukan penonton sebanyak 48.000, yang meskipun memang masih cukup banyak, namun tidak sebanyak jika video anda hanya berdurasi 1 menit.

Tapi, perlu diingat kembali poin pertama, bahwa video anda harus berkualitas. Jangan sekedar memperpanjang durasi video namun tidak memiliki makna atau lebih parah lagi berupa spam dimana anda menambahkan waktu tambahan 3-4 menit hanya sekedar berisi ucapan terima kasih. Jadi penambahan waktu video juga tetap harus memperhatikan kualitas video. Jika video anda ternyata hanya memerlukan waktu 2-3 menit dan tidak bisa diperpanjang durasinya, maka tidak masalah.

Lakukan Keyword Research Sebelum Membuat Video

Jika anda pernah berkecimpung di dunia SEO, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah keyword research. Keyword research atau riset kata kunci ternyata juga merupakan faktor penting sama seperti pada SEO website/blog, namun, seringkali dilupakan oleh para Youtuber.

Pada intinya, keyword research akan menentukan kata kunci apa yang memiliki volume pencarian yang tinggi, atau dengan kata lain merupakan kata kunci yang banyak diminati atau dicari oleh orang-orang.

Setelah menemukan kata kunci dengan volume tinggi, selanjutnya anda bisa membuat video tentang kata kunci tersebut. Nantinya, video tersebut kemungkinan besar akan memiliki banyak tayangan penonton, karena memang kata kunci yang anda gunakan banyak dicari orang baik di search engine google maupun di kolom pencarian youtube.

Gunakan Judul dan Deskripsi Video yang Menarik untuk Meningkatkan CTR

Seringkali saya menemukan banyak video-video yang berkualitas di YouTube, namun sayangnya memiliki views yang sangat sedikit dikarenakan judulnya tidak menarik. Jangan sampai anda melakukan kesalahan yang serupa.

Ingat, judul merupakan hal pertama yang dilihat orang saat memilih video di YouTube. Untuk itu, jika judul video anda tidak menarik, maka orang akan cenderung memilih video lain yang memiliki judul yang lebih menarik.

Anda bisa mencoba masuk ke statistik channel youtube anda dan lihat angka CTR atau Click Through Rate masing-masing video yang sudah anda upload.

Jika anda menemukan video dengan CTR dibawah 5%, artinya video tersebut kurang memiliki presentasi judul yang menarik, sehingga, meskipun video anda sering muncul di hasil pencarian YouTube, namun orang-orang jarang mengklik video anda.

Untuk itu, sebisa mungkin rubah judul video-video yang memiliki CTR dibawah 5%. Sebagai inspirasi, anda bisa mencoba melihat video-video kompetitor dan coba untuk mencontoh judul yang mereka gunakan, dan jika perlu dimodifikasi sehingga lebih menarik lagi.

Sedangkan untuk deskripsi, hal ini sangat memegang peranan penting terhadap SEO video anda. Jika anda ingin video anda bisa muncul di posisi atas hasil pencarian YouTube, maka anda harus membuat deskripsi video yang tidak hanya menarik, namun juga jelas, bukan hasil copy paste, dan memiliki panjang minimal 300 kata. Semakin panjang maka semakin baik.

Pakai Thumbnail Video yang Menarik

Selain judul, hal lain yang dilihat user yang mencari video di YouTube adalah thumbnail. Thumbnail dapat diibaratkan seperti pandangan pertama orang terhadap video anda.

Jika anda menggunakan thumbnail yang buruk, maka orang cenderung malas untuk membuka video tersebut. Untuk itu, usahakan menggunakan thumbnail yang menarik dan eye catching sehingga membuat orang penasaran dan akhirnya menonton video anda.

Praktek terbaik adalah dengan mendesain gambar thumbnail secara khusus, dan tidak menggunakan thumbnail hasil screenshot dari isi video anda.

Manfaatkan Fitur Cards

Cards merupakan suatu fitur bawaan youtube, dimana dengan menggunakan cards, anda bisa menambahkan tombol di dalam video anda.

Banyak cara untuk memanfaatkan cards ini, diantaranya untuk mempromosikan video anda yang lain dengan memasang link ke video tersebut, atau untuk menampilkan tombol subscribe agar penonton video anda bisa mensubscribe channel anda dengan sekali klik dari dalam video.

Selain cara diatas, masih banyak sekali cara memanfaatkan cards untuk menambah views dan subscribe channel anda. Silahkan berkreasi dan berinovasi sampai anda bisa menemukan formula yang pas.

Namun satu hal penting, jangan berlebihan menggunakan cards, karena jika terlalu banyak muncul di video, orang akan terganggu dan besar kemungkinan memilih berhenti menonton video tersebut.

Buat Playlist

Playlist merupakan strategi yang jitu untuk mendapatkan banyak views video dari satu orang pengunjung yang sama.

Bayangkan, jika anda tidak membuat playlist. Seorang penonton video kemungkinan hanya akan melihat 1 video anda saja.

Namun berbeda jika mereka menontonnya dalam sebuah playlist. Katakan anda memiliki playlist yang terdiri dari 20 video, maka 1 orang bisa menonton keseluruhan video dan tentu saja ini bisa meningkatkan jumlah waktu tayang channel anda.

Jawablah Pertanyaan dan Komentar Pengunjung

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para YouTuber adalah mereka tidak memperdulikan pertanyaan dan komentar para penonton video mereka, atau bahkan tidak jarang dari mereka yang mendisable kolom komentar sehingga penonton tidak bisa menulis pertanyaan atau komentar atas video yang mereka upload.

Tahukah anda, bahwa dengan rutin menjawab pertanyaan dan membalas komentar, bisa meningkatkan engagement antara anda selaku pemilik channel dengan penonton. Dan, seringkali cara ini efektif untuk meningkatkan jumlah subscriber.

Ingat, untuk bisa memonetisasi channel, anda perlu memiliki setidaknya 1000 subscriber, untuk itu dengan cara ini, anda seharusnya bisa mendapatkan beberapa tambahan subscriber cukup hanya dengan aktif membalas komentar yang tentunya tidak akan memakan waktu yang lama.

Share Video dan Channel YouTube di Media Lain

share video youtube ke sosial media

Tips terakhir dan merupakan salah satu tips yang paling efektif adalah anda harus aktif melakukan share atau promosi video yang anda upload ke media lain. Jika anda memiliki blog atau website, embed lah setiap video ke blog anda.

Jika anda mempunyai akun media sosial yang memiliki banyak follower atau teman seperti facebook, instagram maupun twitter, anda juga wajib membagikan video anda di account-account tersebut.

Share video ke media sosial, blog maupun website memiliki dua keuntungan.

Pertama, anda akan mendapatkan traffic atau penonton yang datang dari media sosial dimana anda membagikan video anda.

Kedua, dengan melakukan share, anda akan mendapatkan backlink yang mengarah ke video anda. Semakin banyak backlink yang dimiliki suatu video, akan menaikan rating video tersebut sehingga bisa muncul di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian video di youtube maupun di halaman hasil pencarian search engine seperti google dan bing.

Trik Meningkatkan Penghasilan dari YouTube

tips dan trik meningkatkan penghasilan dari youtube

Jika anda telah berhasil melakukan monetisasi channel youtube anda, permasalahan berikutnya yang sering datang adalah jumlah pendapatan dari youtube yang tidak memuaskan anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini kami memberikan beberapa trik hasil sharing kami dengan para YouTuber tentang bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilan channel YouTube anda.

1. Posting Video Secara Reguler

Kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan YouTuber adalah memposting banyak video sekaligus, lalu mengambil jeda sangat lama sebelum memposting video berikutnya.

Jika anda ingin serius berbisnis YouTube, anda harus memposting video secara reguler, misalnya minimal seminggu sekali.

Dengan mengupload video secara reguler, anda akan membangun reputasi channel anda. Sehingga efeknya, anda akan bisa mendapatkan lebih banyak subscriber. Karena sebagian besar subscriber lebih senang melakukan subscribe terhadap channel yang aktif, ketimbang channel yang jarang mengupload video baru.

2. Optimalkan Tag

Seringkali kita mengabaikan kolom Tag pada saat mengupload video. Ternyata, kolom ini bisa memberikan dampak yang cukup signifikan dalam menentukan pendapatan anda dari YouTube.

Sebabnya, karena youtube menganalisis tag yang anda gunakan sebagai bahan memilih tayangan iklan apa yang akan ditampilkan di video anda.

Anda bisa melakukan keyword research untuk mendapatkan kata kunci/keyword dengan CPC atau Cost Per Click yang tinggi sesuai dengan topik video anda, dan menambahkannya ke kolom tag saat mengupload video tersebut.

Dengan begitu, anda akan mendapatkan iklan dengan bayaran lebih tinggi yang akan dipasang di video anda.

3. Bangun Reputasi Channel Anda

Jika anda sering memperhatikan iklan di YouTube, anda bisa melihat bahwa channel-channel ternama yang sudah memiliki reputasi yang tinggi seringkali menayangkan iklan-iklan dari brand-brand terkenal.

Disini lain, channel-channel yang tidak memiliki reputasi, seringkali hanya mendapatkan iklan-iklan dari produk yang bahkan kita sering tidak pernah tahu sebelumnya.

Ya, reputasi sangat penting dalam faktor pemilihan iklan yang akan ditayangkan pada video suatu channel. Dan tentu saja, iklan dari brand terkenal akan membayar pemilik channel tersebut jauh lebih besar dibandingkan iklan yang “antah berantah”.

Untuk itu, anda harus meningkatkan reputasi channel anda. Jadilah channel paling terdepan untuk tema yang anda pilih. Bangun reputasi yang baik, perbanyak subsbcriber, dan upload video-video yang berkualitas tinggi.

Sehingga, seiring waktu berjalan, reputasi channel anda akan bertambah baik, dan iklan-iklan dengan bayaran tinggi akan “mampir” ke video anda.

4. Aktifkan Semua Jenis Iklan

Saat mengaktifkan monetisasi channel, anda diharuskan memilih jenis iklan apa saja yang akan ditayangkan di video anda. Ada 4 jenis iklan yang saat ini tersedia, yaitu iklan Display Ads, Overlay Ads, Sponsored Cards dan Skippable Video Ads.

Untuk memaksimalkan pendapatan anda, anda harus mengaktifkan semua jenis iklan ini. Jika karena sengaja atau tidak anda menonaktifkan salah satu atau beberapa jenis iklan yang ada, maka rubahlah setinggan tersebut, dan aktifkan seluruh iklan yang tersedia.

5. Promosi, Promosi, dan Promosi

Banyak orang beranggapan bahwa untuk mendapatkan uang dari youtube cukup dengan mengupload video, lalu membiarkannya dan tinggal menunggu hasil pendapatan dari video tersebut.

Konsep ini memang benar, namun hal tersebut hanya berlaku untuk channel yang sudah memiliki puluhan bahkan ratusan ribu subscriber dan memiliki reputasi yang terkenal.

Jika anda baru memulai perjalanan anda di bisnis youtube, maka anda harus bekerja keras, terutama dalam hal promosi.

Jadi, tidak ada istilah cukup menunggu setelah mengupload video. Namun yang harus anda lakukan, adalah terus mempromosikan video tersebut semaksimal mungkin.

Ada banyak sekali cara untuk mempromosikan video YouTube anda, cara termudah adalah dengan melakukan share link video di sosial media anda. Cara lain adalah mengembeed atau memasukkan video tersebut di blog maupun website yang anda miliki.

Selain cara diatas, anda bisa mengeksplorasi segala kemungkinan untuk berpromosi, sehingga video tersebut bisa mendapatkan banyak view dan juga mendapatkan penghasilan yang memuaskan.

Alternatif Monetisasi Youtube Selain Adsense

alternatif monetizing youtube

Update syarat terbaru monetisasi dari google memang banyak membuat pebisnis youtube terutama yang baru memulai geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, persyaratan 4000 jam tayangan video dan 1000 subscriber tentunya bukanlah sesuatu yang mudah dicapai.

Jika anda adalah salah satu diantaranya, jangan khawatir, masih banyak jalan menuju roma!

Selain menggunakan monetisasi default dari YouTube yaitu Adsense, ada banyak cara lain yang bisa anda manfaatkan untuk monetize youtube anda, baik untuk sementara sampai anda memenuhi syarat dari youtube, maupun bahkan bisa untuk selamanya, karena beberapa orang sukses menerapkan metode monetizing lain dan mendapatkan hasil yang jauh lebih besar diatas program monetisasi default dari YouTube.

Berikut ini beberapa metode monetisasi alternatif untuk channel youtube yang bisa anda gunakan :

Monetisasi Menggunakan Ads Network Selain AdSense

Selain menggunakan AdSense, yang notabene adalah Ads Network default monetizing YouTube, anda bisa memonetisasi channel youtube anda menggunakan Ads Network lain, salah satu yang paling banyak diminati adalah dengan menggunakan AdRev.

Untuk menggunakan AdRev sebagai sarana untuk monetisasi channel anda, caranya sangat mudah. Pertama-tama, anda harus mendaftarkan diri di situs AdRev.

Selanjutnya, anda bisa mengikuti step-step yang diperlukan untuk menghubungkan account AdRev anda dengan channel YouTube anda. Setelah berhasil, maka adrev akan menampilkan iklan di video yang anda upload, dan anda akan mendapatkan bayaran dari AdRev untuk iklan-iklan tersebut.

Monetizing Youtube Menggunakan Program Affiliate atau CPA

Metode yang satu ini merupakan metode favorit untuk alternatif memonetisasi youtube, karena dengan menggunakan program affiliate atau CPA, pendapatan yang didapatkan bisa lebih besar dibandingkan dengan menggunakan AdSense – jika dilakukan dengan benar, tentunya.

Jika anda sudah mengetahui dan memahami cara kerja program afiliasi atau bahkan pernah menjalankannya, maka bukan hal yang sulit tentunya untuk menerapkannya menggunakan channel youtube anda.

Namun apabila anda sama sekali tidak memiliki clue tentang program afiliasi, berikut ini kami berikan gambaran singkatnya.

Program afiliasi adalah program yang diadakan oleh beberapa situs guna meningkatkan penjualan situs tersebut. Nantinya, kita sebagai mitra afiliasi bisa memasarkan produk-produk yang mereka jual, dan apabila ada produk atau jasa yang terjual melalui link afiliasi kita, maka kita akan mendapatkan imbalan berupa komisi.

Sangat sederhana bukan?

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mengkombinasikannya dengan channel youtube? Berikut kami berikan langkah-langkahnya :

Langkah-Langkah Menjalankan Bisnis Afiliasi Menggunakan YouTube

Pertama-tama, anda harus mendaftarkan diri di program afiliasi. Saat ini, banyak sekali program afiliasi yang tersedia baik lokal maupun mancanegara.

Anda bisa membaca artikel berikut ini untuk melihat daftar program afiliasi yang bisa anda ikuti : https://inflazz.com/bisnis-afiliasi/10-program-affiliate-indonesia-terbaik-2018/

Sebisa mungkin, pilih program afiliasi yang memiliki produk dengan topik yang mirip dengan topik channel anda. Misalkan, anda memiliki channel youtube yang membahas masalah fashion, anda bisa mengikuti program afiliasi dari situs e-commerce fashion.

Setelah terdaftar, anda bisa mendapatkan link afiliasi baik itu link yang mengarah langsung ke situs utama, maupun link afiliasi yang mengarah ke produk tertentu.

Selanjutnya, anda bisa menempatkan link afiliasi di video-video di channel anda. Link bisa ditempatkan di deskripsi video, atau didalam video menggunakan fitur cards yang tersedia di youtube.

Namun, cara diatas seringkali kurang efektif, karena akan jarang sekali penonton video anda yang akan tertarik dan mengklik link afiliasi yang anda pasang.

Cara yang lebih efektif yaitu anda membuat sebuah video baru yang fokus pada produk atau situs afiliasi yang anda pasarkan. Contohnya, anda bisa membuat video review mengenai suatu produk, dan di akhir video serta di deskripsi video, anda bisa mencantumkan link afiliasi sehingga mereka yang tertarik dengan review anda dan ingin membeli produk tersebut, bisa mengklik link yang anda pasang.

Dan setelah mereka melakukan pembelian, maka anda bisa mendapatkan komisi dari situs afiliasi tersebut.

Monetizing Youtube dengan Menjual atau Menyewakan Link

menyewakan backlink dari video youtube

Cara lain selain menggunakan program afiliasi dan CPA adalah dengan menjual atau menyewakan link untuk ditempatkan di video anda.

Sejak lama, youtube telah dikenal sebagai salah satu Web 2.0 dimana link dari youtube dapat meningkatkan rating SEO sebuah website.

Untuk itu, banyak sekali pemilik website yang berlomba-lomba menaruh link di video youtube terutama video yang memiliki banyak views guna meningkatkan rangking website mereka.

Anda bisa memanfaatkan hal ini, dengan menawarkan kepada para pemilik web untuk menaruh link di video anda.

Bayaran yang bisa didapat sangat bervariasi tergantung beberapa hal, diantara lain topik video anda, lalu kualitas video, serta jumlah tayangan yang dimiliki video tersebut. Semakin baik video anda, maka para webmaster akan berani membayar semakin mahal untuk bisa menempatkan link di video tersebut.

Alternatif Video Sharing Platform Selain Youtube Untuk Mendapatkan Uang

Jika anda sudah mencoba namun tidak kunjung memenuhi syarat monetisasi youtube, lalu anda juga sudah mencoba alternatif monetisasi lain namun tidak juga berhasil, jalan paling akhir yang bisa anda lakukan adalah menggunakan platform video sharing lain selain YouTube.

Ya, ternyata, selain YouTube, ada banyak platform lain yang bisa digunakan untuk mengupload video yang anda buat, dan tentunya, dapat menghasilkan uang untuk anda.

Berikut kami berikan beberapa alternatif platform jika memang anda sudah putus asa dengan YouTube :

1. Dailymotion

mendapatkan uang dari dailymotion

Dailymotion merupakan platform dimana anda bisa berbagi video yang anda buat untuk ditayangkan kepada para penonton di jaringan milik Dailymotion. Disini, sama seperti YouTube, anda bisa mendapatkan uang untuk setiap video yang anda unggah. Keunggulan dari Dailymotion yaitu mereka memberikan data statistik yang sangat lengkap untuk setiap video, termasuk data pendapatan yang detail dan rinci.

Selain itu, tampilannya yang user friendly membuat siapapun bisa dengan mudah mengatur video mereka di Dailymotion. Tidak hanya itu, fitur live stream dan juga fitur edit dan pemotongan video tersedia disini, sehingga anda tidak perlu repot menggunakan software untuk mengedit video anda.

2. BridTV

BridTV adalah platform/software pemutar video online yang tersedia untuk berbagai perangkat. Mereka memberikan kesempatan kepada siapapun, baik profesional maupun amatir untuk mengunggah video mereka disini.

Tidak hanya itu, BridTV juga menawarkan kesempatan untuk memonetisasi video yang anda unggah, sehingga nantinya iklan akan ditayangkan di dalam video anda. Dan, hasil keuntungan dari iklan akan dibagi antara anda selaku pemilik video dengan BridTV dengan persentase bagi hasil 60% – 40%, cukup menarik bukan?

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 17 Februari 2018 | Share artikel ini di :