Cara Menambahkan Subtitle di YouTube

Tutorial cara menambahkan subtitle di YouTube sehingga bisa membuat video YouTube anda lebih menarik dan lebih banyak ditonton orang.
Cara Menambahkan Subtitle di YouTube

YouTube menjadi salah satu platform yang setiap harinya dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai negara.

Popularitas YouTube disebabkan oleh berbagai jenis video menarik dan bermanfaat di dalamnya. Setiap menit terdapat sekitar 72 jam video baru diunggah ke YouTube.

Jumlah pembuat video atau yang biasa disebut dengan YouTuber selalu meningkat, hal ini karena penghasilan yang bisa didapatkan sangat besar. Penghasilan itu berasal dari iklan yang muncul dalam setiap video.

Tingginya jumlah video, pembuat video, dan penonton di YouTube dari berbagai negara dengan bahasa yang berbeda-beda menjadikan subtitle begitu penting. Subtitle mampu memberikan peringkat yang lebih tinggi pada video.

Dengan adanya subtitle, akan lebih banyak kata kunci yang dapat digunakan dan semakin tingginya penonton yang terlibat serta video yang dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menambahkan subtitle ke dalam sebuah video di YouTube yaitu dengan menggunakan alat Subtitle YouTube, file yang dimiliki, dan transkrip otomatis YouTube.

1. Menggunakan Alat Subtitle YouTube

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan alat subtitle YouTube :

1.Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke akun YouTube yang dimiliki. Klik tombol “Masuk” atau “Sign In” seperti lingkaran merah dalam gambar.

cara menggunakan alat subtitile youtube

2.Jika sudah masuk ke dalam akun YouTube yang dimiliki, klik tombol “Saluran Saya” atau “My Channel” yang terdapat di bagian atas samping.

3.Setelah berada di halaman YouTube pribadi yang dimiliki, klik tombol “Pengelola Video” atau “Video Manager” yang terdapat di kiri atas. Selain itu, halaman ini dapat diakses melalui tombol Akun Anda dan klik “Creator Studio” atau “Pembuat Studio” lalu klik “Pengelola Video”.

4.Setelah halaman berisi video yang telah diunggah, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “Edit” yang berada di sebelah video yang akan ditambahkan subtitle kemudian klik “Subtitles/CC”.

cara memakai alat subtitle youtube

5.Halaman antarmuka subtitle akan muncul dan selanjutnya klik “Tambahkan Teks Baru” atau “Add new subtitles or CC” dan untuk memasukkan subtitle klik “Buat teks terjemahan baru atau teks tertutup” atau “Create new subtitles or CC” yang berada di kanan video antarmuka subtitle.

menambahkan subtitle youtube

membuat teks terjemahan subtitle

6.Langkah selanjutnya adalah memilih bahasa terjemahan. Langkah ini memungkinkan video untuk ditonton oleh penonton dari negara dan penonton dengan keterbatasan fisik.

7.Putarlah video dan jeda pada waktu subtitle ingin ditambahkan. Putar ulang untuk mendengarkan kata-kata yang diucapkan sebelum memasukkan teks.

8.Untuk memasukkan teks, klik tombol “+” berwarna biru di sebelah area teks. Kemudian subtitle akan muncul di transkrip dan di garis waktu yang berada di bawah video.

9.Atur panjang subtitle yang berada di garis waktu saat video terjeda. Untuk mengubah titik awal dan waktu berhenti penampilan subtitle, klik dan seret bilah di kedua sisi subtitle.

mengatur panjang subtitle youtube

10.Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mempublikasikan video. Setelah penambahan subtitle pada video selesai diatur, klik tombol “Terbitkan” atau “Publish” dan subtitle akan muncul dalam video.

cara publish subtitle youtube

2. Mengunggah Subtitle YouTube Menggunakan File

Metode kedua yang dapat digunakan untuk menambahkan subtitle adalah dengan menggunakan file yang dimiliki. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

1.Bukalah aplikasi pengedit teks seperti Notepad yang terdapat dalam Windows dan TextEdit yang terdapat dalam Mac. Keduanya merupakan pengedit teks gratis. Namun, pengedit teks jenis apapun dapat digunakan.

2.Setelah aplikasi terbuka, ketiklah subtitle yang diinginkan dan simpan file tersebut menggunakan sebuah format yaitu nomor subtitle, cap waktu, dan baris yang berbeda pada setiap teks.

Untuk cap waktu memiliki format khusus yaitu jam:menit:milidetik, contoh 01:15:05: 00. Gambar berikut merupakan contoh sebuah kalimat yang ditempatkan dalam video pada cap waktu 1 jam, 15 menit, dan 5 detik.

membuat subtitle menggunakan file

3.Langkah selanjutnya adalah menyimpan file subtitle yang telah dibuat dengan mengklik tomol “File” lalu klik “Save As” dan pilih format file ekstensi SubRip atau srt yang menjadi format umum pada subtitle video. Kemudian masukkan nama file tersebut dengan diakhiri “.srt”, contohnya “Subtitle Bahasa Indonesia.srt”.

4.Setelah file subtitle selesai dibuat, klik “Simpan Sebagai Jenis” atau “Save As” dan klik tombol “Semua File” yang berada di bawah kolom nama file. Kemudian semua jenis file akan muncul.

5.Langkah selanjutnya adalah mengatur file dengan format SubRip supaya dapat berfungsi baik dengan mengklik menu “Encoding”, pilih “UTF-8”, lalu klik “Simpan” atau “Save” dan pengaturan penyimpanan file terlihat dalam gambar.

membuat subtitle youtube dari file

6.Kemudian lakukan langkah yang sama sepert metode pertama yaitu mengklik “Pengatur Video” atau “Video Manager” pada akun YouTube yang dimiliki. Selain itu, langkah ini bisa dilakukan dengan memilih Akun Saya dan mengklik “Pembuat Studio” atau “Creator Studio” dan mengklik “Pengatur Video” atau “Video Manager”.

7.Klik tombol “Ubah” atau “Edit” yang berada di sebelah video yang ingin ditambahkan subtitle, serta klik tombol “Subtitle/CC” dan halaman antarmuka subtitle akan muncul.

8.Klik tombol “Tambah Teks Baru” atau “Add new subtitles or CC” dan pilih “Unggah File” atau “Upload a file”, kemudian pilih jenis file subtitle yang diinginkan pada menu popup yang muncul.

mengunggah subtitle youtube menggunakan file

9.Pilih “File Terjemahan” dan jendela untuk memilih file akan terbuka.

mengunggah file terjemahan subtitle youtube

10.Carilah file yang akan dipilih lalu klik “Unggah” atau “Upload”. Kemudian file subtitle akan berada di garis waktu dan transkrip video.

11.Aturlah subtitle sesuai yang diinginkan. Ubah cap waktu dengan mengklik dan menarik bilah di kedua sisi subtitle di garis waktu video.

12.Setelah pengaturan subtitle selesai, tampilkan video dengan mengklik tombol “Terbitkan” atau “Publish”.

3. Menggunakan Transkrip Otomatis YouTube

Metode terakhir yang dapat digunakan untuk menambahkan subtitle ke dalam video yang dimiliki adalah dengan menggunakan transkrip otomatis oleh YouTube.

Langkah-langkahnya hampir mirip dengan metode yang lain, hanya terdapat beberapa perbedaan di tengah-tengah. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan transkrip otomatis YouTube:

1.Pastikan YouTube sudah masuk ke dalam akun yang dimiliki kemudian klik “Akun Saya” atau “My Channel”. Langkah awal ini sama saja dengan langkah awal di metode yang lain.

2.Kemudian klik tombol “Pengelola Video” atau “Video Manager” yang berada atas sebelah kanan. Selain itu dapat juga dilakukan dengan mengklik ikon Akun Saya dan mengklik “Creator Studio” atau “Pembuat Studio” dan mengklik “Video Manager” atau “Pengelola Video”.

3.Pada video yang ingin ditambahkan subtitle, klik tombol “Edit” yang berada di sebelah video kemudian klik “Subtitle/CC”. Lalu halaman antarmuka subtitle akan muncul.

4.Klik “Tambahkan Teks Baru” atau “Add new subtitles or CC “ dan klik “Transkripsikan dan sinkronkan otomatis” atau “Transcribe and auto-sync”. Kemudian area untuk menambahkan teks subtitle akan muncul di sebelah video.

membuat transkrip youtube otomatis

5.Pilihlah bahasa yang ingin dijadikan subtitle.

6.Kemudian transkripkan video ke dalam are teks subtitle tersebut. Ketiklah semua kalimat yang diucapkan. Pada langkah ini, tidak perlu mengkhawatirkan masalah waktu.

7.Setelah teks subtitle selesai diketik, klik “Set Timings” atau “Atur Waktu”, maka YouTube akan otomatis menyinkronkan teks subtitle dengan waktu video.

membuat subtitle youtube menggunakan transkrip otomatis

8.Sesuaikanlah waktu dengan mengklik dan menyeret bilah di kedua sisi subtitle.

9.Langkah terakhir adalah menampilkan video dengan mengklik tombol “Terbitkan” atau “Publish” yang berada di sebelah kanan halaman.

Manfaat Menambah Subtitle di Video YouTube

Setelah berbagai langkah dijelaskan dengan metode yang berbeda-beda. Sebenarnya apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh pembuat video atau penonton video dengan adanya subtitle?

Secara garis besar, terdapat 3 manfaat utama yang akan dirasakan di antaranya:

1.Subtitle video akan menjadikan pembuat video mendapat penonton yang lebih banyak.

Setiap kalimat yang terdapat dalam subtitle video akan terbaca dan terindeks oleh YouTube dan Google. Oleh kedua platform tersebut, subtitle dianggap sebagai gambaran video berupa teks yang akurat, mesin pencarian pun dapat memahami konten yang ada dalam video.

Untuk video dengan durasi yang pendek yaitu sampai dengan 5 menit, ketiklah seluruh transkrip video ke dalam kolom deskripsi karena itu menjadi hal yang diperhatikan oleh algoritme mesin pencarian.

Lalu, untuk video dengan durasi yang panjang lebih dari 5 menit, buatlah transkrip yang singkat, padat, dan jelas dalam menggambarkan konten video. Kemudian masukkan transkrip itu ke dalam kolom deskripsi.

Selain itu, buatlah kata kunci dan frasa yang unik dari transkrip video tadi dan tambahkan sebagai tag atau masukkan ke dalam kolom deskripsi dan taruh di bawah judul “Topik”.

Hal perlu diketahui adalah teks otomatis oleh YouTube tidak akan terbaca dan diindeks oleh YouTube maupun Google. Ini dikarenakan teks otomatis tersebut memiliki tingkat kesalahan yang tinggi.

2.Subtitle video dapat menambah waktu keterlibatan penonton.

Keterlibatan penonton di YouTube dapat terlihat dengan cara berkomentar, berlangganan, dan menonton. Menurut penelitian yang dilakukan oleh PC Magazine dan Google, subtitle video terbukti dapat menambah waktu keterlibatan dan jumlah penonton dalam sebuah video.

Hal ini merupakan bagian dari Search Engine Optimization (SEO) yang berhasil dimanfaatkan dengan baik.

3.Subtitle video merupakan solusi dari masalah aksesbilitas.

Sebanyak lebih dari 41% video di YouTube sulit dipahami tanpa menggunakan suara atau bantuan teks. Ini dikarenakan oleh penonton yang memiliki keterbatasan fisik seperti tuli dan kemampuan berbahasa setiap orang yang ber-beda.

Dengan adanya subtitle, penonton yang tuli akan mudah memahami maksud dari sebuah video. Selain itu, penonton yang memiliki masalah pemahaman bahasa juga lebih mudah memahami maksud video karena berbagai bahasa dapat digunakan menjadi subtitle video.

Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah pembuat video untuk menambahkan subtitle ke dalam videonya, terutama pembuat video yang merupakan sebuah lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, pebisnis, penyiar, dan pembuat video yang menargetkan penonton dari berbagai negara.

Masalah aksesbilitas ini juga diatur dalam undang-undang mengenai aksesbilitas dan kebijakan internal dalam sebuah platform.

Langkah-langkah menambahkan subtitle video yang mudah dan begitu banyaknya manfaat yang dirasakan baik oleh penonton video dan pembuat video menjadikan subtitle dalam sebuah video begitu penting.

Mulai saat ini, jangan lupa tambahkan subtitle dalam setiap video yang diunggah ke dalam berbagai platform terutama YouTube agar semakin banyak orang yang memahami maksud video yang telah dibuat.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 12 Januari 2019 | Share artikel ini di :