Cara Mencairkan Uang dari YouTube

Panduan step-by-step cara mencairkan uang dari youtube dengan cepat, mudah dan aman.
Cara Mencairkan Uang dari YouTube

YouTube merupakan salah satu situs terpopuler saat ini. YouTube berisikan berbagai macam video gratis yang bisa ditonton oleh siapapun baik secara online maupun offline.

Setiap harinya, jumlah penonton video di YouTube sangatlah banyak dan hal itu menjadi alasan jumlah pembuat video YouTube selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Fenomena tersebut menjadikan YouTube sebagai salah satu situs penghasil uang terbesar yang ada saat ini. Penghasilan yang mampu diperoleh seorang pembuat video YouTube dapat mencapai angka ratusan juta setiap bulannya.

Apabila Anda memiliki hobby membuat dan mengedit video, YouTube dapat Anda manfaatkan sebagai sarana menambah penghasilan anda.

Jika anda telah memiliki channel di YouTube yang sudah menghasilkan uang namun bingung bagaimana untuk mencairkan uang yang telah anda dapatkan tersebut, di artikel ini akan kami berikan langkah-langkah untuk mencairkan uang dari YouTube.

Daftar isi artikel ini :

Syarat Mencairkan Uang dari YouTube

Harus Anda ketahui bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi jumlah penghasilan dari unggahan video di channel YouTube Anda, yaitu video yang berperan sebagai alat untuk menambah penghasilan dan akun Google Adsense yang berperan sebagai pengelola iklan dan penghasilan dari video-video YouTube Anda.

Kedua faktor tersebut saling berpengaruh terhadap penghasilan YouTube Anda. Selain itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda mendapatkan penghasilan dari YouTube. Berikut ini persyaratan video YouTube yang dapat menambah penghasilan Anda :

1.Setiap video harus terhubung dengan akun Google Adsense yang Anda miliki.

Ini merupakan syarat pertama dan utama yang harus Anda penuhi. Video dan Google Adsense menjadi dua faktor penting yang saling berhubungan.

Apabila Anda tidak menghubungkan video YouTube Anda dengan Google Adsense, Anda tidak dapat membuat video YouTube Anda memberikan penghasilan atau dalam bahasa lain anda tidak dapat memonetize video anda.

2.Setelah video YouTube, hubungkan pula akun YouTube Anda dengan Google Adsense.

Video dan akun YouTube merupakan dua hal berbeda yang semuanya harus Anda hubungkan dengan akun Google Adsense. Mekanisme penghubungan video dan akun YouTube dengan Google Adsense sangat mudah.

Saat ini sudah banyak artikel-artikel yang membahas hal tersebut. Anda dapat mempelajari dan mengikuti cara yang dijelaskan pada artikel-artikel yang tersebar di dunia maya.

3.Verifikasikan akun Google Adsense Anda dengan PIN.

Tidak hanya Google Adsense, semua media sosial akan mewajibkan penggunanya untuk memverifikasikan akun sebelum bisa menggunakannya. Pada umumnya, verifikasi dilakukan menggunakan PIN yang akan dikirim ke email yang Anda cantumkan pada akun Google Adsense Anda.

Sebelum bisa memanfaatkan akun Google Adsense secara maksimal, Anda harus memverifikasikan akun Anda dengan PIN yang akan diberikan pihak Google.

4.Penghasilan dari YouTube baru bisa Anda cairkan ketika jumlah penghasilan sudah mencapai $100 atau setara dengan Rp1.500.000 apabila nilai tukar Rupiah sebesar Rp15.000/Dolar US.

Jenis akun YouTube Adsense di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu dengan mata uang Dolar US ($) dan Rupiah (IDR).

Namun apabila Anda melakukan pendaftaran akun YouTube Adsense dalam beberapa tahun belakangan ini, akun YouTube Adsense Anda akan otomatis berjenis IDR karena YouTube sudah memberlakukan Google Country yang membedakan jenis akun berdasarkan asal negara pendaftarnya.

Google Adsense akan otomatis menghitung setiap tambahan uang yang Anda dapatkan. Ketika jumlah penghasilan Anda sudah mencapai $100, Anda baru bisa mencairkan uang Anda. Ini merupakan kebijakan yang sudah disepakati dengan YouTube dan Google Adsense.

Angka tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan yang ditetapkan. Pencairan uang dapat Anda lakukan dengan menggunakan akun Google Adsense.

Setiap pertengahan bulan uang Anda akan ditambahkan otomatis ke dalam akun Google Adsense Anda, dan pihak Google akan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda bahwa uang sudah ditambahkan ke akun Google Adsense Anda. Kemudian Anda dapat mencairkannya pada rentang tanggal 21-25 setiap bulannya.

Beberapa Cara Mencairkan Uang dari YouTube

Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam proses pencairan uang dari YouTube. Metode-metode tersebut di antaranya yaitu menggunakan EFT (Electronic Fund Transfer), Western Union (WU), Wire Transfer (Transfer Kawat/Transfer Bank), Cek, dan SEPA.

Akan tetapi, di Indonesia hanya tersedia dua metode yang dapat digunakan yaitu dengan Western Union dan transfer bank. Untuk akun YouTube Adsense berjenis Dolar US, Anda dapat menggunakan kedua metode tersebut. Namun apabila akun YouTube Adsense berjenis IDR, Anda hanya bisa melakukan pencairan dengan metode transfer bank. Berikut ini penjelasan dan tata cara menggunakan kedua metode tersebut.

A.Mencairkan Uang Menggunakan Western Union

Western Union adalah pihak ketiga yang menjadi perantara dalam pencairan uang Anda. Anda dapat mencairkan uang melalui agen-agen Western Union seperti kantor pos, indomaret, pegadaian, dan yang lainnya.

Pada metode ini, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Akan tetapi, banyak agen yang justru meminta biaya pencairan, hal ini termasuk jenis pungutan liar (pungli).

Untuk benar-benar terhindar dari biaya pencairan, pilihlah kantor pos yang menjadi agen Western Union paling aman. Western Union memiliki nilai tukarnya tersendiri, Anda dapat melihat fluktuasi nilai tukar melalui situs resmi Western Union.

Dengan Western Union, Anda tidak memerlukan rekening bank. Anda hanya harus memenuhi beberapa persyaratan mudah di antaranya :

  1. Mengubah pengaturan metode pembayaran pada akun Google Adsense Anda menjadi Western Union. Ini menjadi langkah pertama dan utama yang harus Anda lakukan.
  2. Setelah itu, persiapkan kartu identitas seperti KTP atau SIM. Kartu identitas menjadi dokumen utama yang dibutuhkan. Nama yang tertera di kartu identitas dengan nama yang tertera pada akun Google Adsense Anda harus sama.
  3. Jangan lupa untuk mencetak bukti pembayaran yang dikirimkan oleh pihak Google kepada akun Google Adsense Anda. Di dalam bukti pembayaran berisi kode MTCN atau yang biasa disebut PIN Pencarian yang akan digunakan saat pencairan uang. PIN Pencairan harus Anda rahasiakan dari orang lain karena itu menjadi satu-satunya akses untuk melakukan pencairan uang. Apabila PIN Pencairan diketahui oleh orang lain, maka orang itu mendapat akses terhadap uang Anda.
  4. Kemudian pergilah ke agen Western Union terdekat. Di sana Anda akan diberikan formulir pencairan yang berlogo Western Union dan Anda wajib mengisi formulir pencairan tersebut.
  5. Setelah persyaratan di atas sudah Anda penuhi, serahkan semua dokumen tersebut kepada agen Western Union yang Anda kunjungi. Selanjutnya agen akan memproses pencairan uang Anda. Proses ini hanya memakan waktu beberapa menit saja.

B.Mencairkan Uang di YouTube Menggunakan Transfer Rekening

Metode wire transfer atau yang biasa dikenal dengan transfer bank bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki akun YouTube Adsense berjenis IDR. Metode ini menjadi yang paling mudah dan aman untuk dilakukan daripada metode yang lainnya.

Syarat utama dari metode ini adalah akun rekening bank yang akan digunakan. Rekening bank bisa milik Anda sendiri ataupun milik orang lain seperti orang tua atau saudara. Berbeda dengan metode Western Union, dalam metode transfer bank Anda akan dikenakan biaya administrasi.

Besaran biaya administrasi yang dibebankan akan berbeda-beda sesuai dengan kebijakan setiap bank. Penghasilan YouTube Anda akan ditambahkan secara otomatis ke rekening bank yang tercantum pada akun YouTube Anda.

Ketika sudah masuk ke dalam rekening bank, pencairan uang dilakukan dengan mekanisme yang sama seperti pengambilan uang dari rekening bank pada umumnya.

Dalam metode ini, Anda juga dapat mengambil uang menggunakan ATM atau kartu kredit yang Anda miliki.

Untuk mengubah pengaturan metode pembayaran pada akun Google Adsense Anda menjadi transfer bank, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :

  1. Bukalah pengaturan akun Google Adsense Anda dan ubahlah metode pembayaran menjadi “Transfer kawat ke rekening bank”.
  2. Isilah informasi yang dibutuhkan dalam pengaturan dengan benar. Informasi terdiri dari nama pemilik rekening, kode bank, dan nomor rekening yang akan digunakan.
  3. Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Kode verifikasi dikirimkan ke rekening bank yang Anda gunakan dalam rentang waktu 1-10 hari dan berupa uang berjumlah 3 digit yang dikirim ke dalam rekening. Setelah itu, masukkan kode (besaran jumlah yang Anda terima) ke dalam akun Google Adsense Anda lalu klik tombol Verify atau Verifikasi. Kemudian akun Google Adsense Anda sudah terverifikasi.

Kedua metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Secara umum, metode dengan transfer bank lebih baik dan aman untuk dipilih. Walaupun dikenakan biaya administrasi bank, metode menggunakan transfer bank jauh lebih mudah untuk Anda gunakan daripada Western Union.

Setiap bulannya Anda tidak perlu datang ke agen Western Union dan memberikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Uang Anda juga lebih aman karena tidak perlu Anda bawa dalam bentuk cash.

Namun, apabila Anda bersedia sedikit direpotkan demi bebasnya biaya pencairan, Anda dapat memilih metode pencairan dengan Western Union.

Berapa Lama Proses Pencairan Uang dari YouTube?

Periode pembayaran yang dilakukan oleh Google Adsense adalah bulanan. Google akan mengirim uang ke dalam akun Google Adsense Anda sekitar tanggal 21, namun semua bergantung pada hari kerja.

Apabila saldo Anda pada tanggal tersebut belum mencapai batas yang ditentukan, maka uang belum dapat Anda cairkan. Setiap metode memiliki waktu proses pencairan yang berbeda-beda.

Pada metode pencairan menggunakan Western Union, waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat daripada menggunakan metode transfer bank.

Hanya dalam hitungan menit setelah proses pencairan selesai dilakukan, uang sudah dapat Anda terima. Hal yang perlu Anda ketahui dari metode Western Union yaitu apabila Anda tidak mencairkan uang dalam waktu 60 hari, maka uang tersebut akan kembali ke dalam saldo Google Adsense Anda dan Anda baru bisa mencairkannya pada bulan berikutnya.

Untuk pencairan uang menggunakan transfer bank, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. Durasi waktu berdasarkan kebijakan setiap bank.

Pada umumnya, waktu pencairan akan lebih lama 1-3 hari terutama jika Anda melakukan pencairan langsung di bank. Total waktu yang Anda butuhkan sekitar 15 hari mulai dari transfer bank sampai uang masuk ke dalam rekening Anda.

Ditulis oleh : Admin | Tanggal Terbit : 12 Januari 2019 | Share artikel ini di :